Tips Membeli Mobil dengan Budget Terbatas

Cara jitu membeli mobil dengan budget yang minim dan pas-pasan

Tips Membeli Mobil – Memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi, tentu menjadi keinginan bagi sebagian besar orang. Tak ayal bilamana tak sedikit orang yang kini mulai banyak melirik mobil dari berbagai merk.

Apalagi, banyak produsen yang mulai menelurkan tipe mobil yang menyasar di berbagai segmen dengan variasi harga yang cukup kompetitif.

Namun, hanya saja tak sedikit orang yang terpaksa menahan keinginan memiliki mobil karena terkendala budget yang terbatas dan minim.

Tapi jangan khawatir mengingat kali ini kita akan bersama-sama mengulas tentang tips membeli mobil dengan budget terbatas atau minim. Dimana, tips tersebut bisa Anda terapkan dengan mudah menyesuaikan harga serta kemampuan finansial.

Tips Membeli Mobil Dengan Budget Minim

Sehingga, dengan adanya budget yang tersedia, tetap saja Anda bisa membeli mobil. Di sinilah letak pentingnya memahami tips membeli mobil dengan budget minim dan terbatas.

Lalu, bagaimana sih trik yang tepat untuk membeli mobil dengan budget yang sesuai itu?

Tenang kawan, berikut Mas Sena akan uraikan mengenai tips membeli mobil dengan budget terbatas dan minim yang bisa Anda terapkan di rumah.

Tips Membeli Mobil dengan Budget Terbatas

Di bawah ini adalah berbagai trik atau tips membeli mobil dengan budget terbatas. Antara lain adalah sebagai berikut.

Membeli Mobil Dana Terbatas

Pilih Mobil yang Tepat Sasaran

Maksudnya, Anda harus benar-benar bisa memilih dan sanggup membeli mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Di sisi lain, pastikan pula bahwa mobil tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh keluarga sehingga bisa menjadi kendaraan transportasi yang bermanfaat.

Ini tentu tips membeli mobil dengan budget terbatas yang perlu untuk Anda pertimbangkan. Sehingga, Anda tidak akan merasa rugi dan banyak menguras biaya.

Hindari memilih mobil yang hanya sekedar untuk menunjang prestige semata namun minim fungsi. Usahakan membeli mobil yang sanggup menunjang aktivitas keseharian Anda dan bermanfaat untuk keluarga.

Dengan demikian maka mobil yang Anda beli tidak sia-sia karena memiliki peran yang tepat.

Belilah Mobil sesuai Anggaran

Tips membeli mobil dengan budget terbatas berikutnya adalah dengan memilih mobil yang disesuaikan dengan anggaran.

Hindari membeli mobil yang harganya melebihi dari kemampuan finansial Anda. Hal ini dilakukan supaya nantinya Anda tidak gagal dalam membeli mobil karena terkendala finansial.

Memilih Mobil Murah untuk Membeli Mobil Keinginan

Kemudian, tips membeli mobil dengan budget terbatas yang bisa Anda lakukan yakni membeli mobil baru atau second dengan harga murah.

Tak apa Anda membeli mobil yang belum sesuai keinginan, setidaknya bisa digunakan untuk menunjang aktivitas keseharian Anda.

Langkah pembelian mobil murah ini juga bisa dijadikan “batu loncatan”. Dimana, sebelum mendapat mobil yang sesuai keinginan, Anda bisa memilih mobil yang harganya tidak mahal.

Nantinya, jika budget yang ada sudah mencukupi, mobil tersebut bisa dijual kembali dan uangnya bisa dijadikan tambahan untuk membeli mobil baru yang sesuai keinginan.

Ajukan Simulasi Kredit Mobil

Jika Anda memang punya keinginan besar membeli mobil yang di luar budget sekarang agaknya Anda perlu mengajukan simulasi kredit mobil.

Ini memang menjadi tips membeli mobil dengan budget terbatas. Karena, pembayaran dilakukan dengan sistem kredit atau cicilan yang biasanya dibayarkan per bulan dengan tenor waktu tertentu.

Untuk menerapkan tips ini, disarankan Anda memilih sebuah bank atau lembaga keuangan untuk melakukannya secara langsung, hal ini untuk memastikan besaran cicilan pasti yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Lakukan cara ini pada beberapa bank atau lembaga peminjaman lain sebagai pembanding. Disarankan untuk memilih bank yang memiliki kredibilitas tinggi dengan bunga yang rendah sehingga bisa menekan pengeluaran.

Memilih Mobil Murah

Hindari Masa Cicilan Panjang

Kemudian, tips membeli mobil dengan budget terbatas bisa dilakukan dengan cara memilih masa cicilan pendek atau sedang ketika mengajukan simulasi kredit pembelian mobil.

Karena, jumlah cicilan yang kecil akan berbanding lurus dengan masa cicilan yang panjang dan bunga cicilan yang juga besar.

Maka dari itu, menghindari masa cicilan yang panjang akan mempermudah keuangan bagi Anda semua untuk menghindari bunga yang tinggi.

Nah, untuk menghindari biaya angsuran yang tinggi, Anda bisa menyiasati hal ini dengan cara membayar uang muka yang lebih besar dari ketentuan bank atau lembaga pembiayaan yang akan Anda gunakan jasa peminjamannya.

Pilih Mobil Second

Memilih mobil second adalah cara terbaik dari tips membeli mobil dengan budget terbatas yang bisa Anda lakukan.

Anda bisa membeli mobil bekas dengan merk yang sesuai keinginan. Jadi tidak harus baru.

Misalnya ingin membeli mobil Avanza, tentu Anda tidak perlu membeli mobil yang baru. Anda bisa membeli mobil bekas Avanza yang tentu harganya jauh lebih murah ketimbang membeli baru.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan mobil impian Anda. Tentu saja, harus ada kesabaran sebelum Anda mendapatkan mobil yang lebih baru.

Di sisi lain, cara ini cukup efektif untuk menunjang keinginan Anda dalam membeli mobil sesuai selera.

Memilih Suku Bunga Ringan saat Kredit

Tips membeli mobil dengan budget terbatas bisa Anda lakukan dengan memilih suku bunga yang paling ringan di antara beberapa bank yang Anda pertimbangkan.

Cara ini tentu saja dilakukan guna menekan biaya angsuran setiap bulannya sehingga tidak akan banyak keluar dana ketika pembayaran secara kredit.

Maka dari itu, bukan hal yang salah jika Anda melakukan negosiasi dengan pihak bank, barangkali mereka memiliki penawaran yang fleksibel dan membuat Anda jauh lebih hemat serta mudah melakukan pembayaran cicilan.

Riset Mobil dengan Harga yang Paling Murah

Di sisi lain, jika budget Anda pas-pasan, usahakan untuk mencari mobil (mobil bekas) yang memiliki rentang harga paling murah.

Hal ini tentunya menjadi salah satu trik untuk menekan biaya pengeluaran budget ketika akan membeli mobil.

Namun, tentunya Anda juga harus jeli dalam memilih. Usahakan untuk melihat kisaran harga, jika harganya murah namun masih dalam batas harga pasar maka bisa menjadi pilihan.

Akan tetapi, jika harganya jauh berada di bawah harga pasaran maka Anda perlu berhati-hati. Karena, bisa saja mobil dalam kondisi yang sudah rusak atau tak menutup kemungkinan merupakan mobil bodongan.

Cara Membeli Mobil Dengan Budget Pas Pasan

Meneliti secara detail beberapa tips membeli mobil dengan budget terbatas di atas, sudah barang tentu Anda menjadi lebih memahami bagaimana “mengakali” untuk membeli mobil yang sesuai dana.

Dengan kata lain, trik ini merupakan cara jitu untuk mendapatkan mobil impian tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya sekaligus. Namun, tetap saja semua butuh proses.

Nah, satu lagi tips yang bisa Anda lakukan adalah dengan jalan menabung. Langkah ini memang akan memakan waktu yang sangat lama. Akan tetapi, cukup efektif karena kita akan memiliki dana yang memang disiapkan untuk membeli mobil impian sebelumnya.

Demikian ulasan singkat dari Mas Sena mengenai beberapa trik atau tips membeli mobil dengan budget terbatas yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di tips otomotif lain dari Mas Sena.

Bagan