Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat dan Sesuai

Menjelaskan beberapa cara dengan penerapan langkah-langkah dalam memilih tipe atau merk ban mobil yang tepat dan sesuai kebutuhan

Tips Memilih Ban Mobil – Selain mesin, tentu saja komponen penting dari mobil adalah ban. Karena, ban memegang peran penting dalam menunjang performa mobil di medan jalan saat dikendarai.

Meski mesin bagus dan berkualitas namun jika ban sedang dalam masalah maka secara otomatis performa mobil pun akan menurun. Hal ini tentu saja perlu mendapat perhatian bagi para pemilik mobil.

Di sisi lain, penggunaan ban mobil yang sesuai pun juga akan mendung aktivitas performa mobil saat dikendarai di jalanan. Sehingga, tak heran jika ban yang dipilih sesuai maka dipastikan akan mampu mendukung performa berkendara.

Tips Memilih Ban Mobil

Ada beberapa tips memilih ban mobil yang bisa Anda pelajari dan terapkan untuk menunjang hal tersebut. Mengingat, saat ini banyak sekali merk ban mobil yang dijual di pasaran.

Jika Anda masih awam dan pemula dalam memahami ban mobil, tentu perlu untuk mengikuti tips memilih ban mobil yang tepat dimana akan Mas Sena jelaskan pada segmen kali ini.

Mau tahu lebih lengkapnya? Tak perlu berlama-lama, mari kita simak bersama ulasan mengenai tips memilih ban mobil terbaik dan tepat.

Tips Memilih Ban Mobil

Ada beberapa cara atau tips memilih ban terbaik sebagai sarana untuk mendapatkan ban yang sesuai spesifikasi mobil, jenis mobil, dan kebutuhan. Berikut untuk ulasan lengkapnya.

Memilih Ban Mobil Harian

Pemilihan Ban Sesuai Tipe Standar Pabrik

Salah satu tips memilih ban mobil yang tepat adalah jangan sampai salah memilih tipe ban. Maka dari itu, pilihlah ban mobil yang sesuai dengan tipe.

Karena, setiap mobil memiliki tipe serta ukuran yang merupakan standar dari pabrik. Yang mana, biasanya untuk tipe ban standar pabrikan tampak terukir pada bagian plakat laci atau pintu.

Jadi, dalam hal ini memang sangat perlu sekali untuk memperhatikan rekomendasi ban mobil terbaik standar pabrikan.

Di sisi lain, pemilihan ban mobil terbaik juga bisa melihat petunjuak pada penggunaan serta penyertaan tipe dan juga ukuran ban.

Umumnya, tipe ban tersebut terlihat melalui kombinasi kode. Seperti P 215/55 R17 93V yang mana ada huruf “P” yang tak lain kode dari Passenger dengan arti bahwa mobil tersebut didesain untuk mengangkut orang.

Ban Sesuai dengan Ukuran Ban

Di samping itu, tips memilih ban mobil yang tepat juga bisa dengan melihat ukuran ban yang pas. Artinya Anda harus benar-benar memahami beberapa kode yang terukir di bagian samping dari permukaan ban.

Contohnya saja misalnya kode ban mobil 205/55 R16 91V yang mana berarti angka 25 merupakan lebar tapak ban dalam satuan mm. Kemudian, angka 55 tersebut merupakan sinyal dari aspek rasio daripada ketebalan ban. Lalu, untuk angka 16 di situ merupakan diameter velg mobil dalam satuan inci.

Dari sini, jika akan melakukan penggantian ban maka Anda peru untuk memahami ukuran ban yang sesuai agar tidak terlalu lebar atau mungkin kekecilan.

Oleh karena itu, pemilihan ukuran ban yang sesuai adalah tips yang perlu untuk Anda lakukan untuk menunjang performa dalam berkendara.

Ban yang Sesuai Ukuran Velg

Selain daripada itu, tips memilih ban mobil terbaik adalah dengan memilih ban yang disesuaikan lebar velg.

Memang, secara umum ban mobil dengan ukuran tapak lebar bakal memiliki daya cengkram yang lebih kuat dengan percepatan maksimal.

Namun, sebaiknya pilihlah ban yang memiliki ukuran sama dengan velg. Hal ini tentu akan menunjang sistem pengendaraan yang lebih aman dan sesuai kapasitas mesin yang dibawa mobil.

Pilih Ban Tahun Produksi Baru

Untuk menunjang keawetan dan menjaga performa mesin mobil maka diperlukan pemilihan ban terbaik pada mobil. Seperti dengan memilih ban tahun produksi terbaru.

Ini merupakan tips memilih ban mobil terbaik yang bisa Anda lakukan. Dimana, untuk menerapkan pemilihan ban ini, Anda perlu memahami kode yang tertera pada ban.

Misalnya saja seperti kode 0418. Dari kode yang tertera tersebut,apabila ditafsirkan maka pada angka 04 yang berarti waktu dibuat ban di minggu ke empat.

Sedangkan, pada angka berikutnya adalah angka 18 yang berarti bahwa pada tahun berapa ban itu diproduksi. Jadi, untuk kode 0418 berarti bahwa ban tersebut merupakan produk tahun produksi pada minggu ke–3 tahun 2018.

Nah, dalam memilih ban, selain tipenya Anda juga harus memilih kondisi ban yang baru. Melalui pemahaman kode ban tersebut maka secara otomatis Anda bisa menilai mana ban yang baru dan mana ban dengan produksi lama.

Kode Ban Mobil

Beli Ban di Tempat Resmi dan Terpercaya

Lalu, menginjak tips memilih ban mobil terbaik yang lain, sangat disarankan untuk membeli ban di toko khusus ban yang resmi dan tentunya terpercaya.

Hal ini ditujukan supaya ban yang Anda pilih memiliki kualitas terbaik dan memiliki jaminan orisinil. Sehingga, meskipun harganya umumnya lebih mahal, setidaknya Anda memilih ban yang memiliki masa pakai lebih lama atau awet dibandingkan ban yang notabene kelas “KW”.

Pilih Ban dengan Pola dan Alur Desain yang Sesuai

Nah, salah satu tips memilih ban mobil yang bisa dilakukan yakni dengan memilih ban dengan melihat pola atau alur dari desain ban yang disesuaikan kebutuhan.

Kebutuhan dalam hal ini adalah medan jalan. Misalnya, untuk jalanan basah pada daerah dengan curah hujan yang tinggi, maka pola desain V yang memiliki daya gesek tinggi sangatlah cocok.

Pemilihan pola ban yang sesuai dan cocok di sini tentu saja tak lepas dari perhatian atas keselamatan berkendara.

Pasalnya, pola desain alur ban sendiri sangat berpengaruh pada gesekan ban dengan medan jalan yang dilalui. Jika gesekan yang terjadi kecil maka secara hukum fisika, resiko mobil tergelincir pun akan sangat besar.

Oleh sebab itu, pilih ban yang sesuai dengan medan jalan yang sering untuk Anda lalui. Ini merupakan salah satu tips terbaik dalam memilih ban mobil guna menunjang performa dalam berkendara.

Pertimbangkan Ketebalan Ukuran Ban Mobil

Mempertimbangkan ketebalan dari ukuran ban mobil juga termasuk langkah terbaik dalam menerapkan tipe memilih ban mobil.

Karena, ketebalan ban sangat berpengaruh pada keawetannya saat dikendarai. Jika sering digunakan maka ban akan terkikis secara perlahan dari waktu ke waktu karena gesekan.

Nah, bila Anda suka travelling melewati medan terjal dan bergeronjal maka pilih ban yang memiliki ketebalan tinggi. Hindari pemilihan ban yang tipis karena nantinya justru akan merusak rangka velg mobil. Begitu juga sebaliknya.

Ban Mobil Terbaik

Jika kita menelisik beberapa tips memilih ban mobil di atas, agaknya memang suatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Karena hanya tergantung pada pengetahuan kita dalam melihat kondisi ban, baik dari segi ukuran, tipe dan tahun produksi melalui ukirannya, serta ketebalannya. Dari situ, Anda tentu bisa memahami bagaimana jenis ban yang cocok dan sesuai untuk mobil Anda.

Sekian dari Mas Sena mengenai ulasan dari tips memilih ban mobil terbaik. Dari informasi ini, Mas Sena berharap bisa membantu kawan-kawan dalam memilih ban mobil terbaik.

Bagan