Tips Memilih Mobil Double Cabin Bekas agar Tidak Tertipu

Memilih mobil double cabin bekas harus berhati-hati supaya tidak mudah tertipu dan terhindar dari salah membeli mobil bekas tambang.

Tips Membeli Mobil Double Cabin Bekas – Sebagai seorang pecinta mobil maco, tentu saja pick up double cabin menjadi model yang banyak dipilih dan diincar oleh para konsumen.

Hanya saja, terkadang harganya yang relatif sedikit mahal menjadikan banyak orang berpikir dua kali untuk membelinya.

Salah satu solusinya adalah dengan membeli mobil double cabin bekas. Karena, dinilai harganya jauh lebih murah ketimbang membeli yang baru.

Ini banyak dilakukan oleh teman-teman kita di luaran sana, terutama bagi para penggemar mobil off-road.

Maka tidak heran bila saat ini tidak sedikit beberapa showroom di beberapa daerah banyak yang menjual mobil double cabin second dengan aneka pilihan dan merk sesuai selera konsumen.

Tips Memilih Mobil Double Cabin Bekas

Namun, hanya saja jika Anda punya keinginan membeli pick up double cabin second ini, harus tahu trik supaya tidak salah pilih.

Mengingat, untuk menghindarkan dari salah membeli kendaraan bekas tambang atau proyek, karena kendaraan sudah pasti tidak dalam kondisi prima.

Wajar, mobil tipe ini banyak digunakan sebagai kendaraan untuk mendukung transportasi di area tambang, terutama di daerah dengan medan offroad seperti di Kalimantan.

Nah, berikut cara yang tepat atau tips memilih mobil double cabin bekas agar tidak salah pilih mobil bekas tambang.

Tips Memilih Mobil Double Cabin Bekas yang Tepat

Dalam penerapannya, memang banyak sekali pick up double kabin bekas yang beredar di pasaran. Nah, agar Anda tidak salah beli mobil bekas tambang, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Memilih Mobil Pick Up Double Cabin

Cek Bodi secara Keseluruhan

Hal pertama dalam memilih mobil pick up double cabin second yang harus diperhatikan adalah melihat dan mengecek seluruh area bodi pada mobil tersebut.

Pastikan bahwa tidak banyak korosi di beberapa bagian bodi yang berbahan material besi. Karena, jika banyak terjadi karatan pada beberapa sektor bodinya, tentu saja itu memberikan indikasi bahwa mobil tersebut sering terkena air lumpur di medan offroad.

Selain itu, cek bodi secara keseluruhan. Apakah banyak goresan atau tidak, terutama di bagian bawah bodinya.

Bila banyak goresan maka itu menandakan bahwa mobil sering digunakan melewati medan yang berlumpur dan banyak bebatuan di sekitaran jalan. Sehingga, ada indikasi jika mobil ini sering digunakan untuk melewati medan yang penuh bebatuan.

So, cermat dan telitilah dalam melihat kondisi pasti dari bodi pada mobil pick up double cabin yang hendak akan Anda beli dan pastikan bahwa kondisi bodinya masih mulus dan tidak banyak ditemukan bagian yang mengalami korosi/karatan.

Periksa Bagian Kaki-Kaki

Di sisi lain, dalam memilah mobil double cabin, Anda juga harus mampu memilih kondisi mobil dengan bagian kaki-kaki yang normal.

Maka dari itu, Anda harus bisa melihat dan mengecek bagian kaki-kaki daripada pick up double cabin bekas yang hendak Anda beli.

Cek dan pastikan apakah ada bekas tanah merah atau lumpur yang mengering di sela kaki-kaki dan mesin.

Bila Anda menemui ada bekas lumpur mengering di sektor sela-sela kaki maka itu menjadi sebuah indikasi yang kemungkinan bekas mobil tambang.

Jangan lupa lihat komponen kaki-kaki yang lain adakah yang rusak, longgar, atau hilang. Karena, biasanya mobil bekas tambang, kondisi kaki-kakinya ada yang longgar menunjukkan terlalu sering digunakan melewati medan off road berlumpur.

Bila memang ditemui beberapa hal di atas, tanyakan kepada penjual. Kemungkinan jika ada beberapa bukti tersebut, penjual akan mengatakan yang sejujurnya apakah mobil tersebut bekas tambang atau bukan.

Pastikan Sasis Tidak Ada yang Keropos/Bekas Las

Anda juga harus melakukan pengecekan pada bagian sasis mobil. Dimana, langkah ini merupakan salah satu tips membeli mobil double cabin bekas supaya tidak salah beli yang bekas tambang.

Karena, pada umumnya mobil yang sering digunakan sebagai trasportasi tambang, sangat rentan terhadap kekeroposan di bagian sasis. Sehingga, banyak bekas las yang ada di sekitaran sambungan sasis.

Bila Anda menemui ada bekas tambalan bekas las di sasis, atau bahkan mungkin bekas patah juga keropos sebaiknya lupakan membeli kendaraan tersebut.

Mobil yang sering digunakan untuk tambang memang sangat berat. Hal itu biasanya berdampak pada keadaan bagian sasis yang sudah mulai melemah dan membuatnya lebih berpotensi mengalami patah.

Jika demikian, tentu akan memakan banyak biaya perbaikan ke depannya. So, cermati bagian sasis dari mobil double cabin tersebut.

Double Cabin Bekas Tambang

Pastikan Bodi Masih dalam Kondisi Presisi

Langkah lain untuk mengecek mobil double cabin bekas adalah dengan melihat posisi bodi dari mobil itu sendiri.

Bila Anda menemui bahwa kondisi bodi kendaraan tampak kurang presisi, misalnya terlihat miring ke kiri atau ke kanan maka kemungkinan besar bodi kendaraan sudah melebihi batas optimal penggunaannya.

Jika kondisinya seperti ini, Anda harus mempertimbangkan dua kali karena ke depan sangat berpotensi timbulnya beberapa kerusakan, terutama di bagian bodi yang mungkin pernah mengalami benturan.

Oleh sebab itu, sebelum membeli, cek dan pastikan bahwa kondisi posisi bodi masih dalam keadaan presisi. Sehingga, Anda tidak salah beli.

Periksa Bagian Permesinan

Satu di antara beberapa langkah tepat dalam memilih mobil pick up double cabin bekas adalah dengan memeriksa bagian sektor dapur pacunya.

Anda bisa mengecek kondisi secara fisik dari tiap komponen mesin dari mobil ini. Pastikan tidak ada kabel yang getas karena sangat berpotensi menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan.

Di sisi lain, lihat bagian komponen mesin itu sendiri, apakah ada bekas lumpur atau tidak. Biasanya, mobil double cabin yang digunakan bekas tambang, akan banyak bekas tanah merah kering yang masuk ke bagian kap mesin.

Periksa juga kondisi suara mesin mobil itu sendiri. Jika suara sangat kasar dan ada getaran yang begitu terasa saat mesin dihidupkan itu pertanda ada masalah pada mesin, termasuk bagian peredam getaran dalam kabin.

Dari hal tersebut, tentu Anda harus jeli dalam melihat dan meneliti setiap bagian permesinan dari kondisi mobil double cabin second yang hendak dibeli agar ke depannya, jika jadi dibeli tidak akan menimbulkan berbagai masalah, terutama dari sektor ruang pacunya.

Double Cabin Bekas

Selain dari beberapa langkah atau tips di atas, cara terbaik untuk memilih mobil double cabin bekas/second adalah dengan mengajak sahabat atau kerabat yang paham akan pick up doube cabin tersebut untuk turut melakukan pengecekan.

Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam memilih mobil mana yang memang bukan bekas kendaraan tranportasi tambang. Karena, tentu teman/kerabat Anda yang paham akan kondisi mobil, akan mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya dari mobil itu.

Nah, bagaimana kawan? Apakah sudah paham beberapa trik dalam memilih pick up maco ini? Tentu saja semua itu perlu pertimbangan dan ada konsekwensi sendiri.

Demikian tadi ulasan mengenai tips memilih mobil double cabin bekas yang bisa Anda terapkan. Semoga bisa menjadi sumber informasi yang tentu membawa manfaat buat teman-teman semua.

Bagan