Tips Menabung untuk Membeli Mobil

Kiat-kiat menabung yang efektif agar bisa membeli mobil baru

Tips Menabung untuk Membeli Mobil – Memiliki kendaraan mobil, tentu saja menjadi impian yang diinginkan oleh banyak orang. Hanya saja, dikarenakan harganya yang mahal, membuat orang berpikir dua kali untuk membeli mobil.

Hal itu tentu juga tak lepas dari gaji bulanan rata-rata yang belum memungkinkan dijadikan sumber membeli mobil. Wajar, mengingat hanya cukup untuk menjamin kebutuhan pokok.

Meski demikian, Anda yang memiliki gaji pas-pasan, sebenarnya tetap bisa membeli mobil impian. Asalnya bisa mengatur keuangan agar bisa dijadikan simpanan untuk membeli mobil.

Yang jelas, harus benar-benar memastikan bahwa keseimbangan keuangan pribadi atau keluarga tetap terjaga sehingga tidak memicu tumpang tindih.

Membeli Mobil Dengan Budget Pas Pasan

Nah, ada cara berupa tips menabung untuk membeli mobil yang sebenarnya bisa Anda praktekkan sendiri.

Tetapi, yang perlu digarisbawahi di sini adalah bahwa tips menabung tersebut tidak hanya sekedar menabung untuk simpanan semata melainkan merupakan langkah awal yang memiliki tujuan, yakni untuk membeli mobil. Baik itu kondisi baru maupun second.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini akan Mas Sena bagikan tips menabung untuk membeli mobil yang efektif dan efisien dengan gaji pas-pasan.

Tips Menabung untuk Membeli Mobil

Perlu untuk Anda ketahui bahwa ada beberapa langkah efektif dan menguntungkan dalam penerapan tips menabung untuk membeli mobil.

Tips Menabung Untuk Membeli Mobil

Tentukan Jenis Mobil

Sebagai langkah awal, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis mobil apa yang hendak akan dibeli.

Namun, Mas Sena sarankan untuk membeli mobil bekas terlebih dahulu karena harganya lebih miring ketimbang yang baru.

Nah, dalam menentukan jenis mobil, Anda juga harus mempertimbangkan dengan kondisi finansial pribadi. Ini sangat penting untuk yang memiliki gaji pas-pasan.

Mengenai tipe mobil, Anda bisa memilih tipe mobil LCGC yang mana harganya lebih terjangkau dibandingkan mobil lain.

Namun, bila mobil LCGC bukan pilihan, setidaknya Anda meng-upgrade mobil ke kelas yang lebih tinggi sewaktu-waktu dalam beberapa tahun ke depan.

Dengan kata lain, Anda cukup memilih mobil yang benar-benar bisa dibeli dalam waktu cepat dan sesuai budget yang dimiliki terlebih dahulu. Gantung dulu impian Anda memiliki mobil sesuai keinginan, karena pada saatnya, Anda bisa menjual mobil pertama untuk dijadikan tambahan modal membeli mobil yang lebih baru.

Sisihkan 15% Uang dari Gaji dan Investasikan

Tahap berikutnya, untuk Anda yang gajinya pas-pasan, bisa menyisihkan sebagian uang untuk simpanan. Paling tidak 15% dari gaji bulanan yang Anda terima setiap bulannya.

Nah, untuk menyisihkan gaji, sebaiknya dilakukan secara rutin setiap Anda menerima gaji. Di sini, kedisiplinan dan kesabaran menjadi modal utama.

Misalnya, Anda memiliki gaji Rp 2 juta, maka sisihkan 15% sebesar Rp 300 ribu tiap bulannya. Hasil dari uang yang Anda sisihkan tersebut, sebaiknya diinvestasikan.

Dengan demikian maka Anda akan mendapatkan pemasukan yang berlipat dari investasi tersebut. Dengan kata lain, semakin besar jumlah uang yang Anda sisihkan dari hasil gaji maka secara otomatis juga semakin besar juga jumlah uang yang akan Anda dapatkan untuk membeli mobil.

Kurangi Anggaran Belanja

Di samping itu, perlu untuk Anda ketahui juga bahwa demi mendapatkan uang simpanan, Anda harus menekan biaya belanja bulanan.

Maksudnya, tidak mengurangi pembelian kebutuhan pokok melainkan lebih memprioritaskan membeli barang yang dibutuhkan.

Memang, bagi yang belum terbiasa langkah penghematan seperti ini sulit dilakukan. Hanya saja, demi bisa membeli mobil keinginan, Anda harus merelakan membeli barang yang bukan jadi prioritas utama.

Cara ini cukup efektif untuk menjamin pemasukan Anda tetap terus bertambah dan tidak minus. Sehingga, potensi uang terkumpul menjadi jauh lebih besar.

So, mencoba belajar berhemat dan disiplin dalam mengatur keuangan, khususnya dalam soal anggaran belanja ini maka Anda akan mendapatkan pemasukan yang lebih banyak.

Cari Tambahan Penghasilan Sampingan

Di satu sisi, untuk menambah pundi-pundi pemasukan, Anda juga bisa mencari tambahan penghasilan melalui kerja sampingan.

Cara ini merupakan salah satu tips untuk menambah uang tabungan/simpanan guna membeli mobil.

Namun, dalam hal ini Anda tak perlu terlalu ngoyo saat mencari tambahan penghasilan. Karena, statusnya sebagai kerja sampingan yang setidaknya bisa menjamin untuk anggaran kebutuhan pokok maupun ditabung untuk membeli mobil.

Kerja sampingan yang Anda cari juga sebaiknya dilakukan sesuai passion atau minat. Mengingat, jika tidak sesuai minat maka kemungkinan justru akan membebani diri Anda sendiri.

Tips Menabung Untuk Membeli Mobil

Mengurangi Jajan

Tips menabung untuk membeli mobil yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi pengeluaran semaksimal mungkin.

Cara ini ditempuh dengan jalan mengurangi jajan atau membeli barang yang tidak diperlukan atau tidak dijadikan sebagai prioritas.

Karena, jajan seperti nongkrong di warung kopi maupun tempat tongkrongan lain justru secara tidak langsung akan membuat jumlah anggaran pengeluaran Anda menjadi meningkat.

Ini jika dibiarkan saja dan tidak terkontrol maka akan mengganggu jumlah tabungan yang perlu untuk Anda simpan sebagai modal untuk membeli mobil.

Maka dari itu, sebaiknya hindari membeli suatu produk yang mana justru itu akan membuat Anda rugi mengingat tidak bisa ditabung karena sudah banyak digunakan untuk membeli produk yang kurang dibutuhkan.

Investasi Kecil-Kecilan

Cara lain yang bisa ditempuh guna menambah pemasukan adalah dengan melakukan investasi kecil-kecilan.

Dengan kata lain, membuat uang simpanan Anda tidak hanya “mandeg” saja melainkan berputar agar bisa berlipat ganda.

Tentu saja, langkah investasi ini perlu dilakukan agar jumlah tabungan bisa lebih meningkat pesat dibanding hanya ditabung semata tanpa digunakan untuk berinvestasi.

Jadi, investasi adalah cara menabung paling efektif untuk mengumpulkan dana agar bisa terkumpul dalam jumlah yang banyak sehingga bisa sesegera mungkin digunakan untuk membeli mobil sesuai keinginan Anda.

Nah, untuk berinvestasi, Anda bisa menggunakan beberapa platform investasi kecil-kecilan agar jauh lebih aman dalam berinvestasi.

Menjual Koleksi Pribadi

Kemudian, tips jitu menabung yang efektif untuk mendapatkan tambahan pemasukan adalah dengan cara menjual barang atau produk pribadi.

Dimana, langkah ini bisa Anda tempuh untuk menambah pundi pemasukan pada tabungan Anda.

Cara ini tentu berlaku bagi Anda yang memiliki koleksi barang atau produk unik yang memiliki nilai jual tinggi. Sehingga, tabungan Anda akan semakin bertambah secara cepat.

Cara Menabung Agar Bisa Membeli Mobil

Dari sekian beberapa pilihan mengenai tips menabung untuk membeli mobil yang efektif, tentu saja investasi adalah pilihan terbaik.

Karena, menabung dengan berinvestasi dinilai lebih menguntungkan mengingat Anda akan mendapatkan hasil tambahan dari investasi yang telah Anda ajukan tersebut.

Meski demikian, beberapa langkah lain yang disebutkan di atas tampaknya juga patut untuk Anda coba agar mendapat pemasukan yang lebih banyak dan tentunya lebih cepat.

Demikian ulasan mengenai tips menabung untuk membeli mobil yang ideal. Sehingga, akan dijadikan sebagai salah satu langkah terbaik dalam menjamin sumber keuangan untuk dijadikan modal membeli mobil impian. Selamat mencoba.

Bagan