Tips Mencegah Ban Motor agar Tidak Mudah Bocor

Cara tepat untuk mencegah ban motor supaya tidak mudah kempes dan bocor

Tips Mencegah Ban Motor agar Tidak Mudah Bocor – Sebagai pemilik kendaraan bermotor, tentu saja tindakan perawatan rutin harus terus dilakukan.

Selain merawat penampilannya, tentu saja sektor permesinannya juga harus mendapatkan perhatian serius. Karena berkenaan dengan soal performa.

Untuk itu, perlu dilakukan perawatan berupa service rutin ke bengkel resmi guna mengecek sekaligus memperbaiki beberapa gejala kerusakan minim untuk mencegah kerusakan besar.

Tak hanya itu, ternyata sektor lain juga perlu mendapat perawatan, seperti sektor ban motor. Sebab, bagian ini sangat berperan penting mengingat sebagai roda yang menggerakkan motor.

Apalagi, tak jarang yang mengeluh ban motor yang cepat kempas bahkan mudah bocor. Ini tentu kondisi yang memerlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips Mencegah Ban Motor Agar Tidak Mudah Bocor

Nah, dalam hal ini diperlukan tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor. Sehingga, perjalanan Anda pun menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu.

Dimana, ada beberapa tips atau cara mudah untuk merawat ban motor supaya awet, tidak mudah kempes, apalagi bocor. Lantas, bagaimana sih caranya?

Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa tahapan dalam paket tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor yang akan Mas Sena uraikan di bawah ini. Tak perlu berlama-lama, mari kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Mencegah Ban Motor agar Tidak Mudah Bocor

Mengenai perawatan ban motor, tentu ada tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor saat dikendarai sehingga menunjang kenyamanan Anda dalam berkendara. Apa saja itu? Berikut tips dan langkah-langkah pencegahannya.

Mengatasi Ban Motor Mudah Bocor

Posisi Ban Harus Sesuai dan Presisi

Langkah pertama sebagai penerapan tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor yang harus Anda lakukan adalah menempatkan atau memposisikan ban motor secara presisi dan sesuai.

Perlu diketahui bahwa ban depan dan belakang memiliki karakteristik yang berbeda. Dimana, dalam hal ini Anda harus memasang ban sesuai dengan penempatannya, jika ban depan harus dipasang di depan, begitu juga ban belakang.

Selain itu, rotasi ban atau arah gerak ban juga harus diperhatikan. Jangan sampai salah pasang atau terbalik. Pasalnya, akan berpengaruh terhadap handling atau kenyamanan juga keamanan atau keselamatan pada saat berkendara.

Di sisi lain, pastikan pemasangan ban motor sudah presisi sehingga tidak miring ke kanan atau ke kiri. Hal ini untuk mencegah permukaan ban menjadi bisa rata menyentuh bagian medan jalan.

Tekanan Udara Harus Sesuai Standar

Di sisi lain, tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor bisa Anda lakukan dengan selalu rutin melakukan pengecekan pada tekanan udara di dalam ban.

Sebab, menjaga tekanan udara dalam ban sesuai dengan standar pabrik yang ideal bisa mencegah ban motor menjadi tidak mudah aus dan tak cepat bocor.

Ini tentu harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor supaya kenyamanan ketika berkendara menjadi lebih terasa.

Nah, untuk tekanan ban, usahakan sesuaikan dengan dengan kondisi. Artinya, Anda bisa menyetel tekanan ban, tidak terlalu keras tetapi juga tidak terlalu kempes.

Namun, khusus ban bagian belakang, usahakan tekanan angin lebih keras ketimbang ban depan mengingat ban belakang yang akan menyangga beban lebih berat.

Ganti Ban untuk Pemakaian sampai Batas 40.000 Km

Kemudian, dalam menjaga ban motor supaya awet dan tidak mudah mengalami kebocoran, usahakan untuk mengganti ban luarnya jika sudah mencapai batas 40.000 Km lebih.

Hitungan jarak tersebut merupakan usia umum untuk semua ban meski setiap ban memiliki masa berbeda-beda.

Namun, ketika menginjak usia jarak 40.000 Km tersebut, biasanya ban luar motor sudah mulai tampak aus. Ini menandakan bahwa Anda harus sesegera mungkin melakukan penggantian dengan yang baru.

Akan tetapi, bagi Anda yang menggunakan ban dalam, sebaiknya selalu jaga kondisi ban luarnya agar ban dalam menjadi terlindungi, baik dari suhu yang panas maupun dari benda tajam.

Perawatan Ban Motor

Sesuaikan Ukuran Ban Luar dan Dalam

Di sisi lain, tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor yakni dengan menggunakan ban luar yang ukurannya harus sesuai dengan ban dalam.

Dimana, ketika Anda akan melakukan penggantian ban dalam yang baru maka Anda harus menyesuaikan ukurannya dengan ban luar. Karena, jika ban dalam yang lebih besar ukurannya dari ban luar apabila dipasangkan akan terjadi lipatan.

Nah, dengan adanya lipatan ini waktu dikendarai ban akan menahan beban dan tekanan dari velg. Jika kondisi seperti lipatan tersebut dibiarkan maka secara perlahan tekanan akan semakin kuat sehigga lama kelamaan ban dalam tersebut akan terjadi kebocoran pada ban yang melipat tersebut.

Hal ini tentu saja menjadi satu kondisi yang harus Anda perhatikan. Maka dari itu, untuk mengatasinya, Anda bisa membeli ban motor luar dan dalam yang sesuai standar pabrik.

Biasanya, dari pihak bengkel resmi akan menawarkan ban yang sesuai standar pabrik. So, Anda bisa melakukan penggantian ban saat sedang service di bengkel resmi.

Gunakan Cairan Anti Bocor

Tak sampai di situ, untuk mengaplikasikan tips mencegah ban motor aga tidak mudah bocor, Anda bisa menggunakan cairan khusus anti bocor.

Umumnya, penggunaan cairan anti bocor ini diterapkan untuk ban motor jenis tubeless. Cara kerjanya cukup fungsional dimana secara otomatis akan menutup lubang yang kena benda tajam seperti paku atau benda tajam sejenis.

Untuk penggunannya pun cukup mudah. Namun, jika tidak ingin ribet, Anda bisa membawa motor Anda ke jasa isi angin nitrogen yang umumnya saat ini hadir di beberapa pom bensin.

Gunakan Nitrogen

Tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor bisa juga dengan menggunakan pengisian angin berupa nitrogen.

Karena, dengan mengisi menggunakan nitrogen maka permukaan ban akan lebih rata terkena hembusan nitrogen.

Selain itu, nitrogen sendiri tidak mudah menguap sebagaimana dengan angin biasa. Ini tentu bisa menjadi langkah pencegahan yang cukup efektif dalam menjaga ban agar tidak mudah bocor atau kempes.

So, jangan ragu untuk menggunakan isi nitrogen guna menjaga kondisi ban motor supaya lebih awet dan nyaman ketika motor dikendarai di berbagai medan jalan.

Mencegah Ban Motor Bocor

Nah, dari sekian banyak tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor tersebut, salah satu langkah terbaik sebagai upaya pencegahan adalah dengan menjaga kondisi angin dalam ban.

Karena, angin dalam ban ini sangat berperan dalam menjaga ban agar roda bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Selain itu, penggunaan ban berkualitas yang sesuai standar pabrik pun juga turut menjadi hal penting dalam mencegah ban motor bocor. Sebab, penggunaan ban standar pabrik tentu sudah disesuaikan dengan spesifikasi velg dan beban motor sehingga akan menjadi lebih awet.

Kemudian, tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor yang bisa Anda lakukan adalah selalu menggunakan pengisian ban nitrogen supaya tekanan angin dalam ban menjadi lebih merata dan tidak mudah menguap.

Sekian informasi mengenai tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor yang telah Mas Sena sampaikan di atas. Kiranya bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan