Tips Mencegah Debu Masuk Kabin Mobil

Cara mencegah dan meminimalisir debu masuk ke dalam kabin mobil

Tips Mencegah Debu Masuk Kabin Mobil – Tak hanya soal eksteriornya saja, bahkan sisi ruang kabin dari mobil pun juga menjadi salah satu segmen yang peru dijaga dan dirawat.

Mengingat, ruang kabin pada mobil tersebut menjadi sektor yang sangat berpengaruh pada rasa nyaman dari para penumpangnya.

Salah satu konteks dalam kabin yang sering menjadi masalah adalah soal debu. Yang mana, sering membuat interior kotor dan udara dalam kabin menjadi terganggu.

Maka dari itu, diperlukan tips mencegah debu masuk kabin mobil sebagai rangkaian dari upaya untuk menekan debu agar tidak mudah masuk ke ruang isi kabin mobil.

Tips Mencegah Debu Masuk Kabin Mobil

Dimana, faktor penyebabnya banyak dipicu oleh beberapa hal. Seperti dari debu yang menempel pakaian, sering membuka kaca jendela mobil, dan bahkan tak menutup kemungkinan dikarenakan bekas remahan makanan yang jatuh.

Kondisi seperti ini, bila dibiarkan saja maka akan membuat isi kabin mobil menjadi tidak bersih. Apalagi, bila masuk ke dalam sistem AC maka akan membuat filter AC mobil menjadi mudah kotor dan berdebu.

Nah, di sinilah letak pentingnya akan bagaimana tips mencegah debu masuk kabin mobil. Sehingga, ruang kabin menjadi lebih nyaman.

Oleh sebab itu, berkenaan dengan hal tersebut, Mas Sena bakal berbagi cara mudah terkait dengan tips mencegah debu masuk kabin mobil.

Tips Mencegah Debu Masuk Kabin Mobil

Berikut ini, akan Mas Sena uraikan beberapa trik atau tips mencegah debu masuk kabin mobil yang dinilai cukup mudah untuk diterapkan. Antara lain adalah sebagaimana yang akan diulas di bawah ini.

Mencegah Debu Masuk Kabin

Kurangi Membuka Kaca Jendela Mobil

Satu hal yang pasti bahwa debu yang masuk dalam kabin umumnya berasal dari luar mobil itu sendiri.

Oleh sebab itu, salah satu tips mencegah debu masuk kabin mobil adalah dengan mengurangi frekuensi membuka kaca jendela mobil. Apalagi saat kondisi cuaca sedang panas dan penuh dengan polusi.

Langkah ini dinilai cukup efektif untuk meminimalisir debu yang masuk ke ruang kain atau interior mobil.

Usahakan untuk membuka kaca mobil seperlunya saja. Hindari atau setidaknya kurangi berkendara dengan membuka kaca mobil karena debu akan dengan mudah masuk saat perjalanan.

Cuci Bodi Sampai Bersih

Tips mencegah debu masuk kabin mobil berikutnya adalah dengan rajin mencuci bodi eskterior pada mobil itu sendiri.

Pencucian dimulai pada bagian kolong, kemudian bagian roda dan spatboard. Setelah itu baru beralihlah ke bagian bodi dan kaca.

Nah, ketika mencuci, usahakan menggunakan air sumur untuk menghindari pemicu keropos di bagian bodi.

Selain itu, fokuskan pada bagian kaca mobil dan sela-sela di aera kaca mobil. Umumnya, debu dari luar menempel dan masuk ke dalam sela-sela ini sehingga perlu untuk dibersihkan agar tidak masuk ke dalam ruang interior.

Cara ini dirasa cukup baik untuk meminimalisir debu yang mungkin menempel di bagian bodi yang mana tak menutup kemungkinan akan masuk juga ke dalam kabin.

Maka dari itu, rajinlah mencuci mobil Anda. Tidak perlu harus memakai shampoo atau sabun khusus, cukup mengguyur dengan air bersih saja Mas Sena rasa sudah cukup untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian eksteriornya.

Hindari Makan di Dalam Kabin

Memang, saat berada pada kabin, salah satu hal yang cukup asyik dilakukan adalah dengan memakan camilan.

Hal ini tidak bisa dipungkiri sering dilakukan oleh para penumpang mobil. Padahal, jika dilakukan secara terus menerus maka akan justru menimbulkan dampak kurang baik bagi kabin mobil.

Salah satunya yakni kabin menjadi mudah kotor karena remahan sisa makanan camilan tadi. Maka dari itu, sebaiknya hindari memakan dalam mobil, apalagi saat perjalanan.

Jikalaupun terpaksa, usahakan mempersiapkan tempat sampah atau wadah tertutup sebagai media untuk menampung sisa remahan makanan atau sampah kecil, seperti bungkus permen dan sejenisnya.

Menetralkan Debu Di Interior Mobil

Gunakan Vacumm Cleaner

Cara lain dalam menjaga kebersihan kabin mobil dari debu yakni dengan melakukan penyedotan debu menggunakan vacuum cleaner.

Langkah ini sangat efektif untuk meminimalisir atau mengurangi sekaligus membersihkan ruang interiornya dari debu yang menempel di beberapa titik pada mobil Anda.

Sedot dengan menggunakan vacuum cleaner pada bagian-bagian yang rentan sebagai rumah debu. Seperti kursi, karpet atau panel pintu.

Nah, setelah selesai, jangan lupa untuk mengelap bagian kursi dan dashboard tersebut dengan menggunakan lap lembut yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat supaya bekas kotoran yang tidak terangkat oleh vacuum cleaner bisa ikut terangkat sehingga kondisinya tetap dalam kondisi bersih.

Cuci Karpet Mobil secara Rutin

Selain itu, tips mencegah debu masuk kabin mobil yaitu bisa dengan cara mencuci karpet mobil dengan rutin dan berkala.

Bukan tanpa alasan mengingat karpet memiliki potensi lebih besar terkenda debu atau kotoran yang terbawa oleh alas kaki.

Maka dari itu, bersihkan karpet pada mobil dengan menggunakan air bersih hangat. Akan lebih baik jika menggunakan cairan khusus atau bisa juga dengan menggunakan air tembakau yang direndam selama 10 menit.

Cara ini dirasa cukup ampuh dalam membersihkan debu yang sudah melekat dan menempel pada karpet. Bahkan, jamur dan noda pun bisa bersih pula.

So, langkah ini agaknya memang perlu untuk Anda lakukan sebagai upaya dalam mencegah kotoran agar tidak serta merta masuk ke dalam kabin mobil.

Ganti Sarung Bantal Kursi Kabin

Di sisi lain, jika dalam kabin Anda terdapat bantal maka sebaiknya sarung bantalnya perlu untuk diganti dengan yang baru.

Pasalnya, tak menutup kemungkinan ada debu yang bersembunyi pada sarung bantal pada mobil tersebut sehingga sangat berpotensi sekali menyebar atau berpindah ke lokasi lain dalam kabin.

Dengan demikian, usahakan selalu untuk mengontrol bantal pada kursi kabin agar benar-benar bersih dan terhindari dari debu yang mungkin menempel ketat di bagian ini.

Selalu Cek dan Kontrol Filter AC

Tak cukup hanya sebagai pendingin, nyatanya AC juga memiliki fungsi sekunder sebagai fitur menyaring kotoran dan debu dalam kabin.

Hal itu terjadi saat penyaringan udara dalam kabin masuk melalui bagian filter AC untuk nantinya diproses agar menjadi dingin.

Maka dari itu, cek kondisi filter AC agar selalu dalam kondisi bersih dan bebas dari debu. Hal ini bisa Anda lakukan paling tidak dalam kurun waktu sebulan sekali.

Membersihkan Kabin Mobil Dari Debu

Mengenai beberapa tips atau cara mencegah debu masuk kabin mobil di atas, sudah jelas cukup mudah untuk Anda lakukan atau terapkan sendiri di rumah.

Artinya, Anda bisa melakukan beberapa pemeliharaan kabin untuk meminimalisir atau mengurangi debu pada bagian kabin dari mobil dengan beberapa langkah di atas.

Namun, salah satu cara yang palung efektif dan mudah adalah dengan selalu menjaga agar jendela mobil tetap dalam kondisi tertutup dan selalu mengupayakan pembersihan pada kabin dengan vacuum cleaner.

Nah, demikian tadi ulasan lengkap mengenai cara mencegah debu masuk kabin mobil. Semoga turut memberikan manfaat untuk teman-teman Mas Sena semua. Sampai jumpa.

Bagan