Tips Mencegah Radiator Mobil Bocor

Langkah-langkah teknis dalam merawat sekaligus mencegah radiator pada mobil alami kebocoran

Tips Mencegah Radiator Mobil Bocor – Komponen radiator pada mobil memang menjadi salah satu sektor yang perlu mendapat perawatan cukup serius.

Karena, radiator pada kendaraan, dalam hal ini mobil, keberadaannya sebagai pendingin agar suhu mesin pada mobil menjadi tidak mudah panas (overheat). Sehingga, tak heran bilamana perawatan yang serius diperlukan guna mencegah kondisi suhu yang meningkat saat mobil digunakan.

Nah, mengenai soal itu, ada beberapa tips mencegah radiator mobil bocor yang agaknya perlu untuk Anda pahami, khususnya para pemilik mobil.

Tips Mencegah Radiator Mobil Bocor

Dimana, tindakan pencegahan radiator agar tidak mudah bocor ini dilakukan untuk menekan kerusakan yang terjadi akibat pemakaian. Dengan begitu maka tingkat kebocoran atau persentase kerusakan radiator mobil bisa diminimalisir semaksimal mungkin dengan langkah pencegahan yang tepat dan benar.

Di sisi lain, tips mencegah radiator mobil bocor ini pun Mas Sena nilai juga cukup mudah dilakukan. Sebab, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah rutin pada komponen ini. Sehingga, kendala atau gejala kerusakan bisa lebih awal terdeteksi jika pengecekan atau tindakan pencegahan dilakukan secara rutin dan tepat.

Oke, untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut ini Mas Sena bakal berbagi tips mencegah radiator mobil bocor yang cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri di rumah. Mari, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Mencegah Radiator Mobil Bocor

Dalam perawatan radiator, ada beberapa langkah berupa tips mencegah radiator mobil bocor. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Mencegah Kebocoran Radiator Mobil

Cek Tangki Radiator Cadangan

Pertama-tama, dalam perawatan sekaligus tips mencegah radiator mobil bocor, Anda harus secara rutin melakukan pengecekan pada tangki cadangan dari air radiator itu sendiri.

Pengecekan di sini ditekankan pada melihat kondisi posisi volume caiaran radiator. Yang mana, jika Jika permukaan air di tangki cadangan berada di bawah garis minus maka sesegera untuk ditambahkan.

Sedangkan, bila cairan radiator itu sudah tampak kotor dan tampak keruh, kuras sampai habis airnya dan ganti dengan air radiator yang baru.

Di sisi lain, pengecekan volume cairan radiator di sini juga sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak. Hal itu bisa diindikasikan bila cairan mengalami penurunan drastis atau jauh dari level normal maka itu pertanda bahwa ada indikasi kebocoran radiator.

Ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan juga pada beberapa selang yang terhubung dengan air radiator. Karena, tak menutup kemungkinan pada selang-selang ini ada celah kecil yang membuat air radiator menjadi bocor.

Selalu Gunakan Cairan Coolant

Selain itu, tips mencegah radiator mobil bocor adalah dengan selalu menggunakan cairan coolant sebagai cairan utama untuk mengisi tangki radiator.

Bukan tanpa alasan mengingat dalam cairan coolant tersebut mengandung beberapa zat yang bisa mengurangi suhu panas pada mesin serta mencegah terjadinya korosi pada bagian mesin mobil.

Maka dari itu, sangat dianjurkan sekali untuk menggunakan cairan coolant sebagai air radiator mobil supaya kondisi mesin pada mobil Anda tetap dalam performa optimal sekaligus tidak mudah overheat.

Hindari Penggunaan Air Sumur

Tak jarang para pemilik mobil menggunakan air sumur sebagai cairan radiator. Padahal, hal itu benar-bena harus Anda hindari.

Karena, cairan atau air sumur ini umumnya mengandung beberapa zat yang cukup berbahaya yang bisa berdampak buruk pada mesin mobil Anda.

Seperti kandungan klorin ataupun mineral besi yang mana jika dilakukan secara terus menerus justru akan memicu timbulnya korosi atau karatan pada beberapa komponen mesin mobil.

Bahkan, sangat dimungkinkan sekali jika penggunaan ini berlebihan maka akan memicu munculnya kerak pada saluran selang radiator yang justru bakal menghambat sirkulasi cairan radiator ke mesin.

Inilah yang membuat kebanyakan sistem radiator mobil menjadi bocor. Bisa dikarenakan korosi yang menyebar atau kerak yang merusak permukaan selang atau tangki sehingga memicu celah kecil yang akan membuat radiator menjadi bocor.

So, hindari menggunakan air sumur atau air PAM sebagai cairan radiator untuk mobil Anda supaya mesin tetap awet dan terhindari dari kebocoran yang disebabkan karena korosi melalui air berklorin.

Selalu Rutin Membersihkan Kisi-Kisi Radiator

Tips mencegah radiator mobil bocor bisa juga dengan melakukan pembersihan secara manual dan rutin.

Yakni dengan cara membersihkan kisi-kisi pada radiator dengan cara menyemprotkan air secara perlahan di bagian sirip pada radiator itu sendiri.

Gunanya tak lain untuk membersihkan sisa-sisa kotorn, seperti oli ataupun kotoran lain yang tak menutup kemungkinan bisa memicu timbulnya kebocoran pada bagan radiator mobil itu sendiri.

Namun, untuk menerapkan cara ini, usahakan untuk berhati-hati, jangan sampai air yang disemprotkan ke kisi-kisi tersebut masuk ke dalam tangki radiator pada mobil Anda.

Nah, untuk hal ini, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan ini bersamaan ketika sedang mencuci mobil secara mandiri di rumah.

Pengecekan Cairan Radiator Mobil

Cek Seluruh Selang yang Terhubung ke Radiator

Menginjak pada cara lain, tips mencegah radiator mobil bocor bisa Anda lakukan dengan cara melakukan pengecekan pada seluruh selang yang mana terkait dengan radiator pada mobil Anda.

Hal ini sangat perlu sekali untuk dilakukan untuk mendeteksi apakah ada celah kecil kebocoran pada selang kecil.

Mengingat, kebocoran tak selalu terjadi pada tangki maupun radiatornya sendiri melainkan terjadi pula pada bagian selang.

Kemudian, tak lupa juga untuk mengecek apakah pada beberapa permukaan yang berdekatan dengan radiator muncul korosi? Jika ada maka tak menutup kemungkinan ada sedikit kebocoran yang terjadi, baik di bagian selang maupun tangki daripada radiator mobil itu sendiri.

Tak sampai di situ, periksa juga kualitas cairan dari radiator itu sendiri untuk memastikan bahwa cairan coolant masih dalam kondisi yang bagus.

Lakukan Service Rutin ke Bengkel Resmi

Salah satu langkah terbaik dalam perawatan mobil, termasuk tips mencegah radiator mobil bocor adalah dengan melakukan service rutin, seperti penggantian oli dan pembersihan bagian-bagian mesin.

Kenapa hal ini harus dilakukan? Tentu saja disebabkan karena ketika mobil mendapat pelayanan service maka sudah barang tentu akan membuat performa mobil menjadi ikut terjaga sehingga secara tak langsung pun akan membuat radiator mobil tetap awet.

Jadi, jangan ragu untuk meminta tolong kepada si mekanik ketika service untuk melakukan pemeriksaan pada bagian radiator secara keseluruhan.

Menghindari Resiko Kebocoran Air Radaitor Mobil

Sampai di sini, sudah barang tentu bahwa dari sekian banyak tips mencegah radiator mobil bocor yang telah Mas Sena ungkap di atas, sudah barang tentu akan menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Apalagi, jika beberapa tips atau langkah perawatan dan pencegahan di atas dilakukan dengan tepat dan benar maka akan membuat radiator pada mobil Anda menjadi awet dan tidak mudah bocor.

Demikian itu tadi beberapa langkah konkrit mengenai tips mencegah radiator mobil bocor yang bisa Anda lakukan. Semoga saja bisa memberikan manfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain topik otomotif.

Bagan