Tips Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Bekas

Cara mengetahui kondisi mesin pada mobil bekas yang masih bagus

Tips Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Bekas – Membeli mobil bekas, tentu hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi pada mesin mobil itu sendiri.

Karena, sektor permesinan adalah bagian vital yang berpengaruh pada tingkat kenyamanan berkendara. Sehingga, diperlukan langkah tepat untuk mengenal kondisi mesin pada mobil bekas, apakah masih bagus atau ada masalah.

Di sisi lain, kondisi mesin mobil bekas yang masih sehat, sudah barang tentu menjadi nilai plus tersendiri. Dimana, akan menguntungkan bagi pembeli mobil bekas.

Sebab, tidak perlu lagi menambah biaya untuk perbaikan. Mengingat, biaya perbaikan akan lebih mengeluarkan dana yang berlebih.

Tips Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Bekas

So, sangat disarankan sekali untuk memahami kondisi mesin pada mobil bekas sebagai langkah terbaik guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk mengetahui kondisi mesin mobil apakah masih bagus atau mengalami kendala?

Nah, berkenaan dengan itu, ada beberapa tips mendeteksi kondisi mesin mobil bekas yang bisa Anda jadikan patokan. Mau tahu? Mari kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Mendeteksi Kondisi Mesin Mobil Bekas

Ada beberapa hal penting yang perlu untuk Anda ketahui dan pahami terkait dengan bagaimana tips mendeteksi kondisi mobil bekas agar bisa tahu keadaan mesinnya. Apakah masih bagus/normal atau mengalami kecacatan. Nah, berikut penjelasannya yang akan Mas Sena uraikan.

Cek Mesin Mobil Bekas

Cek Kebersihan Ruang Mesin Mobil

Pertama, coba cek kondisi pada ruang mesin mobil. Ini untuk mengetahui bagaimana kondisi pada ruang mesin, apakah kotor atau bersih.

Jangan lupa untuk memperhatikan dan melihat secara mendetail pada setiap komponen yang terlihat dengan mudah. Apakah banyak kotoran dan kerak, atau ada tetesan oli dari beberapa komponen.

Perlakuan seperti untuk mengenali apakah pemilik mobil sebelumnya memberikan perhatian khusus pada mobilnya atau tidak.

Nah, dari situ, tentu saja kita bisa menilai bagaimana kondisi mobil dari melihat kebersihan ruang mesinnya. Jika bersih maka sudah pasti bahwa pemilik pertama selalu merawat dan menjaga kebersihan mobilnya.

Sedangkan jika sebaliknya maka kemungkinan besar, si pemilik mobil pertama kurang memberikan perawatan yang baik pada ruang mesin.

Periksa Kondisi Aki

Di satu sisi, hal yang perlu dilakukan dalam penerapan tips mendeteksi kondisi mesin mobil bekas adalah dengan mengecek pada bagian aki.

Dimana, umumnya bagian ini ini sangat rentan terhadap beberapa kerak atau kotoran yang menumpuk.

Bilamana dalam pengecekan ditemukan ada kerak yang menyelimuti aki maka kemungkinan besar si pemilik mobil bekas tersebut tidak memberikan perawatan serius pada bagian aki.

Dari sini, Anda bisa memahami bahwa kondisi aki mobil kurang mendapat perhatian. Sehingga, hal ini bisa jadi pertimbangan.

Karena, kondisi aki mobil yang kotor dan penuh kerak, akan banyak memberikan dampak atau pengaruh pada putaran pulley yang dihubungkan dengan belt. Dengan begitu maka potensi slip dan belt putus dapat terjadi.

Maka dari itu, memilih mobil bekas, Anda harus jeli dan benar-benar memberikan perhatian berlebih pada kondisi aki.

Cek Komponen Sambungan

Kemudian, hal lain yang perlu untuk Anda lakukan dalam soal tips mendeteksi kondisi mesin mobil bekas adalah memeriksa pada bagian komponen sambungan.

Yang dalam hal ini, tentu saja komponen sambungan yang dimaksud adalah beberapa komponen yang saling berhubungan pada bagian permesinan.

Antara lain seperti sistem pendingin, sistem steering dan sistem lainnya yang saling berhubungan satu sama lain.

Untuk memeriksa sambungannya, Anda bisa meneliti seluruh sambungan antara selang. Dari sini, Anda akan dengan mudah mendeteksi mana bagian selang yang mengalami kebocoran atau merembes.

Bilamana dalam hal ini menunjukkan tanda-tanda adanya kebocoran fluida mesin maka hal ini bisa disimpulkan bila mesin mobil bekas tersebut tidak mengalami kendala.

Sekaligus menjadi pertanda bahwa mobil terjaga dan terawat dengan baik. Jika menemuli mobil bekas yang demikian maka tipe atau kondisi mobil seperti layak untuk dibeli.

Sambungan Pada Mesin Mobkas

Perhatikan Oli Mesin pada Mobil Bekas

Jangan lupa bahwa dalam memeriksa kondisi mobil bekas, Anda harus memeriksa atau mengecek oli mesin pada mobil tersebut.

Untuk soal pengecekannya, coba perhatikan kualitas oli serta volume oli yang ada di dalam mesin mobil bekas.

Bila warna oli sudah mulai menghitam pekat maka itu pertanda bahwa oli mesin sudah harus segera diganti dengan yang baru.

Sedangkan bila oli warnana masih bening berarti kondisi oli mesin mobil masih dalam kondisi yang bagus.

Cek juga volume olinya. Bila berada di batas normal maka kemungkinan kondisi volume oli mesin masih normal.

Begitu juga sebaliknya, jika volume olinya berada di bawah standar normal maka sudah barang tentu oli perlu ditambah. Atau, bisa jadi tak menutup kemungkinan terjadi kebocoran pada oli tersebut.

Cek Suara Mesin Mobil

Lalu, dalam tips mendeteksi kondisi mesin mobil bekas, Anda juga patut untuk lebih detail dalam melakukan pengecekan.

Salah satunya yaitu dengan mendeteksi atau mendengarkan suara mesin dari mobil bekas tersebut.

Bila mesin terdengar stabil dan tenang maka hal itu menunjukkan kondisi mesin dalam keadaan bagus dan normal.

Namun, hanya saja jika terdengar ada suara kasar, tentu saja tak menutup kemungkinan terjadi kebocoran kompresi atau rantai keteng kendur.

So, perhatikan benar kondisi suara mesin karena umumnya dari sini lah kita bisa mendeteksi kondisi mesin mobil bekas melalui suara yang dikeluarkan dari proses kinerjanya.

Lihat dan Perhatikan Asap yang Keluar dari Knalpot

Perlu untuk Anda pahami bahwa dalam tips mendeteksi kondisi mesin mobil bekas juga bisa ditelisik dari segi gas buangnya.

Dengan kata lain, Anda bisa memperhatikan bagaimana asap yang keluar dari knalpot atau gas buang mobil tersebut.

Secara detail bilamana asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam atau putih itu menandakan bahwa mesin dalam kondisi yang sedang bermasalah. Maka dari itu, sebaiknya hindari memilih kondisi mobil yang seperti ini karena kita belum tahu di mana letak permasalahan atau penyebab asap knalpot berwarna putih

Kecuali ketika mesin dihidupkan saat pagi hari atau di saat kondisi cuaca yang dingin mengingat asal yang keluar dari knalpot dalam kondisi tersebut tak lain merupakan uap air yang terjadi karena hawa dingin.

Mengenali Kondisi Mesin Mobil

Kawan, itulah tadi beberapa langkah atau tips mendeteksi kondisi mesin mobil bekas yang sangat perlu untuk Anda pahami dan kenali.

Dimana, dengan memahami beberapa segmen atau sektor yang perlu diteliti saat membeli mobil bekas maka secara tak langsung Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi dari mesin mobil bekas itu.

Dengan kata lain, Anda juga akan diuntungkan dengan pengetahuan tersebut. So, kenali dan pelajarilah di mana saja letak atau posisi dari kerusakan pada mesin tersebut.

Nah, demikianlah ulasan mengenai tips mendeteksi kondisi mesin mobil yang telah Mas Sena sampaikan kepada kawan-kawan semua. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan