Tips Mengatasi Mesin Motor Overheat

Cara mencegah sekaligus mengatasi mesin motor yang cepat panas atau overheat

Tips Mengatasi Mesin Motor Overheat – Pernahkah Anda mengalami motor yang tiba-tiba ngadat dan tidak bertenaga? Bahkan, sempat tercium bau gosong dari ruang mesin?

Jika memang pernah mengalami hal tersebut, itu merupakan salah satu tanda mesin motor mengalami overheat atau mengalami panas berlebih.

Bila saja hal ini terjadi pada motor Anda, tentu saja harus ada tindakan untuk memperbaiki atau mengatasi masalah tersebut. Karena, jika dibiarkan begitu saja maka sangat berpotensi merembet ke bagian komponen lain.

Tips Mengatasi Mesin Motor Overheat

Maka dari itu, diperlukan sebuah tips mengatasi mesin motor overheat. Dimana, sebuah langkah sederhana untuk meminimalisir terjadinya panas berlebih.

Perlu Anda ketahui bahwa kondisi mesin motor overheat seperti ini kemungkinan besar yang paling utama disebabkan karena sistem radiator atau cairan coolant bermasalah dalam mendinginkan mesin.

Nah, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi mesin motor yang cepat panas seperti ini. Untuk lebih jelasnya, berikut akan Mas Sena sampaikan tips mengatasi motor motor overheat yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Cara Mengatasi Mesin Motor yang Panas Berlebih

Di bawah ini adalah beberapa langkah atau tips dalam mencegah sekaligus mengatasi suhu mesin motor yang mengalami panas berlebih (overheat). Mau tahu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Mesin Motor Cepat Panas

Gunakan Cairan Coolant dan Ganti Teratur

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai tips mengatasi mesin motor overheat adalah selalu gunakan cairan coolant khusus dan lakukan penggantian secara teratur.

Dimana, dalam soal ini Anda harus memperhatikan penggantian cairan coolant atau pendingin ini agar tetap berfungsi dengan baik, dan minimal diganti sekali dalam kurun waktu 1 tahun.

Perlu untuk diketahui bahwa cairan coolant sendiri berfungsi sebagai cairan yang diklaim untuk menjaga kondisi suhu di dalam mesin. Dengan begitu maka mesin tidak akan mudah cepat panas.

Bila cairan radiator atau coolant tersebut tidak diganti secara teratur maka sangat berpotensi sekali terjadi suhu mesin yang mulai naik. Bahkan dalam hal ini, jika cairan habis juga akan membuat sistem pendinginan menjadi terganggu.

Rutin Bersihkan Radiator

Di sisi lain, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah selalu mengecek kondisi radiator itu sendiri.

Bukan tanpa alasan mengingat radiator sendiri dalam hal ini adalah salah satu komponen yang memang turut disematkan pada motor dengan sistem pendingin udara.

Dari segi fungsi, komponen radiator ini memiliki peran atau tugas yang sama dengan cairan coolant yang ada pada motor dengan sistem pendingin mesin.

Salah satu perawatan rutin yang perlu dilakukan pada komponen ini adalah perlunya untuk dibersihkan agar mesin pada motor tidak mengalami overheat.

Pada umumnya, tujuan menjaga kebersihan ruang radiator di sini tentu saja untuk menghilangkan kotoran berupa debu yang menempel di bagian ini.

Kotoran berupa debu tersebut ada dikarenakan adanya debu yang terbawa dari udara yang disaring oleh fan radiator.

Dimana, debu tersebut tentunya akan mengendap dan menempel apabila tidak dibersihkan secara teratur. Oleh sebab alasan itu, hal ini tidak akan mengganggu kinerja radiator.

Ganti Rutin Oli Mesin dengan Teratur

Di satu sisi, salah satu langkah yang perlu dilakukan pada perawatan motor yang cepat overheat adalah dengan melakukan penggantian oli mesin secara teratur.

Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa oli mesin sangat berpengaruh sekali pada sistem permesinan dari motor itu sendiri. Karena, fungsinya sebagai pelumas untuk melumasi setiap sisi dari komponen mesin.

Selain itu, peran oli mesin juga sebagai penstabil suhu dalam ruangan permesinan. Sehingga, jika kondisi oli sudah menurun, sudah barang tentu Anda akan berpengaruh banyak pada kestabilan suhu pada mesin.

Oleh sebab alasan tersebut, memilih oli berkualitas yang sesuai spesifikasi motor dan penggantian oli secara rutin adalah langkah terbaik untuk mengatasi mesin motor yang sering mengalami overheat atau panas berlebih.

Di siniah letak peran Anda untuk menjaga oli mesin agar tetap dalam kondisi yang prima. Umumnya, untuk penggantian oli mesin, disarankan diganti setiap menempuh jarak 2000 Km atau saat bersamaan melakukan service ringan rutin.

Penyebab Mesin Motor Overheat

Pastikan Fan Radiator Berfungsi

Kemudian di lain sisi, Anda juga harus melakukan pengecekan rutin pada beberapa komponen lain, seperti fan radiator.

Yang mana, fan radiator ini memiliki peran penting sebagai pendingin udara yang memberikan aliran udara suhu dingin di dalam mesin motor.

Proses pemeriksaan kipas radiator itu sendiri memang menjadi hal yang sangat perlu dan penting dilakukan secara rutin sebagai upaya untuk memastikan bahwa kinerjanya tetap maksimal.

Dalam soal ini, Anda bisa mengecek kondisi fan ini bersamaan dengan mengecek pada bagian radiator lainnya jika ada indikasi masalah.

Tindakan ini memang terbilang mudah dan sepele namun tidak bisa diabaikan begitu saja karena sangat berpengaruh pada kinerja daripada radiator itu sendiri.

Kendarai Motor dengan Kecepatan Bertahap

Lalu, langkah perawatan yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara mengendarai motor secara tepat.

Maksudnya, Anda harus mampu mengendalikan kecepatan motor secara bertahap. Mulai dari awal hingga motor berjalan.

Hindari menarik tuas gas secara mendadak karena hal itu akan sangat berpengaruh pada putaran mesin yang juga ikut mendadak bergerak cepat. Sehingga, membuat tenaga motor menjadi ngadat.

Bahkan, tak menutup kemungkinan akan terjadi overheat atau suhu panas berlebih. Mengingat, gesekan pada komponen terjadi secara mendadak padahal oli yang bertugas melumasi mesin belum merata masuk mengalir di setiap sisi komponen.

So, selalu pastikan saat mengendarai motor, Anda harus menarik tuas secara bertahap dan mengikuti tarikan/akselerasi motor.

Lakukan Service Rutin

Terakhir, cara mengatasi mesin motor overheat adalah dengan melakukan service dengan rutin.

Kenapa demikian? Hal ini tentu saja dikarenakan saat service dilakukan, tentu saja akan turut menyertakan pemeriksaan beberapa komponen.

Dari situ, sudah pasti Anda akan lebih bisa mengontrol kondisi mesin motor. Terutama bagian oli dan juga sistem ruang pembakaran mengingat keduanya sangat berpengaruh kuat terhadap naik tingginya suhu mesin.

So, Anda pastinya harus selalu rajin dan rutin melakukan service rutin ini guna mencegah atau setidaknya meminimalisir terjadinya overheat pada mesin motor. Sehingga, berkendara pun menjadi lebih aman dan nyaman.

Mesin Motor Overheat

Bagaimana kawan? Sudah paham kan langkah sederhana untuk mencegah timbulnya suhu mesin panas berlebih pada motor?

Tentu saja, beberapa langkah di atas bisa Anda terapkan sendiri di rumah yang mana merupakan salah satu tips untuk menjaga agar mesin motor tidak mudah panas ketika digunakan.

Namun, dari beberapa langkah di atas, satu langkah paling utama adalah soal pemilihan oli mesin dan penggantian oli rutin. Karena, hal ini sangat berdampak atau berpengaruh besar pada kondisi kinerja mesin itu sendiri.

Demikian tips mengatasi motor overheat yang mudah dan sederhana sebagai langkah untuk menjaga agar mesin motor dalam kondisi yang prima. Semoga bermanfaat.

Bagan