Tips Menghilangkan Baret di Kaca Mobil

Rangkaian cara ampuh dan aman untuk mengatasi goresan pada kaca mobil

Tips Menghilangkan Baret di Kaca Mobil – Kaca pada mobil memang menjadi salah satu komponen penunjang penampilan. Sehingga, perlu mendapat perawatan pula agar mobil tampak terawat.

Namun, terkadang beberapa gangguan seperti baret pada kaca mobil karena goresan benda tajam membuat penampilannya menjadi kurang enak dipandang.

Meski sepele namun jika dibiarkan saja tentu saja akan mengurangi daya tarik dari mobil itu sendiri. Bahkan, tak menutup kemungkinan jika dibiarkan lama-lama maka akan memicu baret yang lebih besar.

Tips Menghilangkan Baret Di Kaca Mobil

Oleh sebab itu, bila mobil Anda mengalami kondisi di atas, perlu sebuah cara untuk mengatasinya. Salah satunya yakni tips menghilangkan baret di kaca mobil yang aman dan tentunya efektif.

Karena, tanpa perlu mengganti atau bahan yang mahal, Anda bisa mengatasi baret pada kaca mobil. Sehingga, bisa dilakukan secara mandiri.

Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil itu? Jangan khawatir kawan, karena kali ini Mas Sena akan memberikan langkah-langkahnya agar bisa Anda terapkan.

Mau tahu lebih jelasnya? yuk simak bersama ulasan mengenai tips menghilangkan baret di kaca mobil pada segmen-segmen di bawah ini.

Tips Menghilangkan Baret pada Kaca Mobil

Berikut adalah langkah-langkah terbaik untuk mengatasi kaca mobil yang terkena goresan atau baret yang tepat dan aman.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Mobil

Menghilangkan Baret Kaca Mobil dengan Pasta Gigi

Pertama, cara untuk menghilangkan baret pada kaca mobil Anda, bisa dengan menggunakan pasta gigi. Hal itu tak lepas dari kandungan flouride pada pasta gigi yang cukup efektif untuk membersihkan kerak, termasuk pada baret di kaca mobil.

Pengaplikasiannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengusap pasta gigi dengan tisu atau kain lembut pada bagian kaca yang tergores.

Kemudian, gosokkan dan usap dengan gerakan memutar sampai benar-benar merata di bagian atau area yang baret tersebut. Biarkan selama 2 menit agar proses penghilangan baret menjadi lebih maksimal.

Jika sudah, bersihkan sisa pasta gigi tadi dengan menggunakan air bersih. Lalu, dilap dengan kain kering sampai sisa pasta giginya hilang.

Perlu diketahui bahwa bila goresan belum pudar Anda bisa mengulangi dengan mengoleskan pasta gigi kembali pada bagian kaca yang terdapat baret.

Cara ini efektif untuk mengatasi goresan atau baret ringan di kaca mobil. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Mengatasi Baret dengan Kompon Kaca Mobil

Di sisi lain, untuk menghilangkan bekas goresan di kaca mobil, Anda bisa memakai bahan kompon (compound) yang cukup Mas Sena rekomendasikan untuk dicoba.

Caranya pun cukup mudah. Karena, Anda hanya perlu mengoleskannya mengoleskannya pada bagian yang mengalami goresan lalu digosok secara perlahan. Biarkan sesaat sampai benar-benar bersih.

Cara ini cukup efektif untuk mengurangi atau menghilangkan baret. Hanya saja, pada saat goresan hilang, efeknya pada bagian kaca justru menjadi sedikit buram. Bukan tanpa alasan mengingat kompon di sini mengandung minyak. Namun kaca bisa kembali jernih beberapa hari saja setelah penggunaan kompon.

Langkah ini bisa Anda lakukan jika memang benar-benar baret pada kaca mobil Anda hilang dalam waktu yang cukup singkat.

Mengatasi Goresan dengan Menggunakan Amonia

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan cairan amonia. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas goresan yang cukup tebal.

Nah, untuk penggunaannya sendiri memang sedikit agak rumit ketimbang beberapa langkah lain. Pertama, Anda harus mencampurkan amonia sekitar 1/2 ons ke dalam 1 liter air. Kemudian aduk hingga rata.

Selanjutnya, Anda gunakan kain bersih dan celupkan ke dalam campuran cairan amonia tadi. Selanjutnya, gosokkan ke bagian permukaan kaca yang terkena goresan ataau baret dengan gerakan memutar di area tersebut.

Jika sudah, bairkan selama 1 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih mengalir sampai sisa campuran air dan amonia tadi hilang. Nah, baru Anda bisa mengeringkannya memakai kanebo atau kain lembut yang memiliki daya serap air tinggi.

Menghilangkan Goresan Pada Kaca Mobil

Membersihkan Baret Kaca Memakai Bahan Cerium Oxide

Di sisi lain, cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas goresan atau baret yakni dengan menggunakan bahan kimia bernama Cerium oxide.

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa bahan ini merupakan bahan yang berupa bubuk sebagai pengkilap kaca. Bahkan lebih dari itu, bubuk ini juga banyak digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil.

Untuk menggunakannya, Anda harus membersihkan bagian atau area kaca mobil yang baret tersebut dari debu dan kotoran yang mungkin menempel di sekitarnya.

Kemudian Anda harus melakukan pengamplasan agar lapisan kaca lebih rata. Pastikan kondisi kaca mobil basah agar tidak terjadi gesekan ketika melakukan pengamplasan.

Nah, jika sudah mulai mengering, secara perlahan cobalah untuk mengoleskan cerium oxide yang sebelumnya sudah dicampur dengan air dengan bentuk atau tekstur yang tidak kental namun tidak terlalu cair.

Kemudian, celupkan kain lembut ke cairan cerium oxide tadi lalu digosokkan dengan sedikit ditekan agar cairan bisa masuk ke kaca.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bahan ini disarankan hanya untuk kaca mobil dengan kondisi baret yang sudah melebar dan sangat parah. Untuk baret ringan, disarankan cukup menggunakan pasta gigi saja agar lebih aman dan efisien.

Dibawa ke Service Kaca Mobil

Cara mengatasi kaca mobil yang baret selanjutnya, Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi yang menerima jasa perbaikan atau perawatan khusus kaca mobil.

Melakukan hal ini tentu akan lebih efisien dan efektif. Bukan tanpa sebab mengingat saat mobil diservice maka pihak mekanik yang ahli dalam perawatan kaca mobil akan segera memperbaiki kaca yang baret dengan bahan dan alat lengkapnya.

Tentu saja, ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang tidak ingin repot-repot membersihkannya sendiri di rumah. Mengingat, Anda hanya tinggal duduk manis dan menunggu kaca mobil selesai diperbaiki.

Hanya saja, tentu sebagai konsekwensi, Anda harus merogoh kocek sedikit dalam karena biasanya biaya pembayaran untuk jasa pembersihan dan perawatan kaca mobil ini terbilang cukup mahal.

Meskipun demikian adanya, tetap saja mahalnya harga jasa tersebut sepadan dengan service atau pelayanan sekaligus hasil yang ditawarkan/diberikan oleh pihak bengkel/salon mobil. Tertarik untuk mencobanya?

Cara Mengatasi Baret Di Kaca Mobil

Setelah menelisik dan menelaah beberapa langkah di atas, sudah barang tentu Anda bisa memilih mana langkah yang cocok untuk dijadikan cara dalam membersihkan baret pada kaca mobil yang sesuai kondisinya.

Akan tetapi, dari beberapa cara di atas, tentu saja langkah yang tepat adalah langkah yang sesuai dengan keadaan dari baretan kaca tersebut. Untuk goresan ringan, bisa menggunakan pasta gigi.

Sedangkan, untuk soal baret yang sedang, disarankan menggunakan kompon atau amonia. Nah, bilamana baret atau goresannya sudah tambah parah maka Anda bisa membawanya langsung ke bengkel atau salon mobil guna diperbaiki lebih lanjut.

Sekian informasi dari Mas Sena tentang bagaimana cara atau tips menghilangkan baret di kaca mobil yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Sampai jumpa.

Bagan