Tips Menjual Motor Bekas agar Cepat Laku

Cara menjual motor bekas yang tepat supaya cepat laku

Tips Menjual Motor Bekas – Kendaraan roda dua atau biasa disebut dengan sepeda motor merupakan tipe transportasi yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Bahkan, hampir 90% penduduk Indonesia memiliki sepeda motor sebagai kendaraan pribadi untuk mendukung aktivitas transportasi mereka.

Maka dari itu, sampai detik ini penjualan motor di Tanah Air terbilang masih terus berputar. Baik motor baru maupun motor bekas.

Tips Menjual Motor Bekas

Dari kondisi tersebut maka agaknya penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan. Karena, permintaan motor yang sampai detik ini masih sangat banyak sehingga pihak penjual pun tak sulit mendapatkan market. Namun, bagaimana tips menjual motor bekas?

Tentu saja bagi Anda yang ingin menjual motor bekas pakai atau second, perlu memahami trik tertentu supaya cepat laku. Mengingat, banyaknya persaingan dengan harga jual yang terbilang sangat kompetitif.

Di sinilah perlunya bagi Anda untuk benar-benar memahami tips menjual motor bekas di tengah persaingan penjualan motor second yang sampai hari ini masih ketat.

Tak perlu khawatir. Untuk soal triknya apa saja dan bagaimana caranya, kali ini Mas Sena sendiri akan berbagi tips menjual motor bekas agar cepat laku dan dibeli dengan harga yang sesuai standar pasaran.

Tips Menjual Motor Bekas agar Laku

Dalam konteks jual beli motor second, ada beberapa langkah atau tips menjual motor bekas yang bisa Anda terapkan dan coba sendiri supaya nantinya cepat laku dan tidak rugi. Adapun triknya adalah sebagaimana yang akan Mas Sena ungkap di bawah ini.

Cara Menjual Motor Second

Jual Motor di Waktu yang Tepat

Hal pertama dalam tips menjual motor bekas adalah Anda harus memahami waktu yang tepat. Lantas, apa sih yang dimaksud waktu yang tepat.

Yaitu ketika harga motor yang akan Anda jual mulai tinggi atau setidaknya tidak terlalu jauh dengan harga motor baru. Terutama saat Anda menjual motor tahun produksi terbaru.

Hal ini akan membuat standar harga pasaran dari motor Anda menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan pada masa-masa tertentu. Sehingga, keuntungan akan lebih mudah didapat.

Maka dari itu, jika memang tidak sedang dalam kondisi darurat (BU=Butuh Uang) maka sebaiknya hindari menjual motor saat harganya mulai alami penurunan.

Dari sini, Anda perlu untuk memantau harga pasaran dari motor dan sesuaikan dengan kondisi motor tersebut. Sesuaikan antara kelebihan dan kekurangan supaya konsumen memandang bahwa harga yang Anda pasang cukup realistis.

Pastikan Kondisi Motor dalam Keadaan Prima

Kemudian di sisi lain, Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa kondisi motor Anda dalam keadaan yang normal atau prima.

Hal ini merupakan salah satu tips menjual motor bekas yang ditujukan supaya konsumen lebih tertarik untuk membelinya.

Mengingat, konsumen akan lebih memilih kondisi motor yang jauh lebih prima dibandingkan yang dalam kondisi kurang prima, apalagi ada masalah meskipun sedikit.

Dari hal tersebut, kondisi motor yang prima akan bisa mendongkrak pertahanan harga jualnya mengingat konsumen pasti akan membidik kondisi motor yang sehat dan tidak terdapat masalah, terutama di sektor rangka, mesin, dan kelistrikan.

Pasang Harga secara Realistis

Seperti yang diungkap sebelumnya bahwa Anda harus bisa menjual motor bekas Anda di waktu yang tepat, yakni ketika harganya mulai naik.

Jika memang sudah waktunya maka sebaiknya pasang harga sesuai dengan pasaran. Jual motor Anda dengan harga yang tak terlalu tinggi agar dilirik orang. Namun jangan menjualnya terlalu rendah agar Anda tidak rugi banyak.

Lakukan survey terlebih dahulu untuk memastikan berapa harga jualnya agar Anda bisa menentukan nominal harganya saat akan dijual.

Akan tetapi, sekali lagi yang perlu diingat bahwa harga yang diputuskan adalah nominal yang realistis. Tidak terlalu kemahalan namun tidak terlalu murah namun setara dengan harga pasarannya.

Lengkapi Dokumen Motor

Satu hal penting yang tak bisa ditinggalkan begitu saja sekaligus menjadi bagian dari tips menjual motor bekas adalah kelengkapan surat-surat serta dokumen penting.

Dimana, dalam hal ini adalah berkas motor seperti STNK, BPKB, bahkan kartu servis rutin sangat perlu untuk disertakan saat Anda akan menjual motor tersebut.

Hal ini tentu saja penting. Karena, agar pembeli yakin bahwa motor Anda bukanlah motor bodong sehingga tidak ada keraguan dari calon pembeli ketika ada motor yang sudah lengkap.

Jual melalui Marketplace dan Media Sosial

Kemudian, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Anda juga bisa mencoba untuk memasarkan motor bekas yang akan jual melalui beberapa marketplace yang tersedia.

Bahkan, bila perlu pun Anda bisa menjualnya melalui akun media sosial, seperti facebook, instagram, maupun twitter.

Hal ini sangat efektif guna menjangkau konsumen yang jauh lebih luas. Pasalnya, tak sedikit konsumen yang mencari motor bekas melalui dua media tersebut, yakni medsos dan marketplace.

Namun, saat memposting motor, disarankan untuk memotret foto motor dengan angle yang bagus dan menarik. Sehingga setidaknya akan mempengaruhi calon pembeli untuk mengetahui lebih banyak terkait dengan kondisi motor tersebut.

Jual Motor Bekas Agar Cepat Laku

Pastikan Motor dalam Kondisi Standar

Langkah berikutnya dalam tips menjual motor bekas yang efektif supaya cepat laku adalah dengan selalu memastikan bahwa kondisi motor masih dalam keadaan standar pabrik.

Bukan tanpa alasan mengingat pelanggan dipastikan bakal lebih menyukai motor yang standar alias orisinil daripada versi modifikasi

Dari hal tersebut, tentu usahakan sebaik mungkin agar motor Anda tidak ada penambahan aksesoris yang tak penting. Hal ini untuk menambah kepercayaan kepada konsumen bahwa motor tersebut benar-benar dalam kondisi yang normal.

Hindari Bertemu di Rumah

Kemudian, saat ada pelanggan yang ingin melihat-lihat kondisi motor Anda, sebaiknya jangan dilakukan di rumah pribadi Anda.

Disarankan untuk bertemu di lokasi yang lebih netral. Tentu saja, hal ini dilakukan sebagai upaya berjaga-jaga jika ada tindakan kriminal.

Apalagi, ketika si pengguna sedang melakukan test drive. Sebaiknya Anda meminta jaminan agar saat test drive ini motor tidak dibawa pergi oleh calon pembeli tadi.

Pastikan Motor Sudah Diservice

Jangan lupa bahwa saat Anda menjual motor, usahakan bahwa motor bekas yang Anda jual sudah mendapatkan service rutin.

Hal ini dilakukan supaya saat calon konsumen melakukan test drive, tidak timbul masalah yang mungkin membuat minat calon pembeli berkurang.

So, jangan lupakan untuk melakukan service saat akan dijual. Dan, jangan lupa juga untuk menjaga tampilan motor agar selalu tampak bersih,

Tips Jual Motor Second

Dari sekian banyak tips menjual motor bekas di atas, Mas Sena yakin masih banyak lagi cara yang tepat untuk menjual motor second agar cepat laku di pasaran yang semakin ketat ini.

Meski demikian, beberapa langkah di atas bisa untuk Anda pertimbangkan mendalam sebelum Anda benar-benar menjualnya.

Akan lebih baik jika Anda menitipkan kepada saudara atau rekan dan kerabat yang lebih memahami dalam soal jual beli motor bekas.

Nah, demikian ulasan mengenai tips menjual motor bekas agar cepat laku yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan