Tips Merawat Mobil Selama PSBB

Langkah terbaik dalam merawat mobil di rumah selama PSBB berlangsung agar performa tetap optimal

Cara Aman Merawat Mobil di Rumah – Saat ini, adanya program pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) memang menjadi program yang tengah digalakkan oleh pemerintah dalam mencegah atau memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Indonesia. Tentu saja, dengan adanya PSBB tersebut maka aktivitas masyarakat pun menjadi lebih banyak di rumah.

Nah, dengan terhentinya aktivitas ke luar rumah untuk sementara membuat mobil terparkir dalam waktu lama di garasi rumah. Tentu, walaupun tidak digunakan namun tetap saja diperlukan adanya sentuhan perawatan khusus agar nantinya saat dikendarai lagi performanya tetap optimal.

Nah, berkenaan dengan hal tersebut, dalam soal ini Bambang Supriyadi selaku Executive Coordinator Technical Sevice Division PT ADM pun berbagi tips terbaik mengenai cara merawat mobil di rumah saat PSBB. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain yaitu :

Cara Aman Merawat Mobil Di Rumah

1. Merawat Aki

Perawatan aki juga menjadi hal pokok sebagai tips dalam menjaga performa mobil selama PSBB berlangsung. Dimana, untuk merawat aki, mobil hanya perlu dipanaskan 1.2 kali selama seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki mengingat Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari.

2. Perawatan Wiper

Selain itu, cara merawat mobil di rumah selama PSBB yang bisa dilakukan yakni mengangkat wiper mobil ketika diparkir di tempat terbuka. Hal ini perlu dilakukan mengingat pada saat suhu panas di luar karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil.

3. Monitor Tekanan Ban

Selama mobil tidak digunakan atau diparkir dalam waktu yang lama, tentu saja tekanan angin pada ban akan berkurang. Sehingga, perlu untuk menambah angin secara berkala saat ban kekurangan angin.

4. Cuci Secara Rutin

Lalu, satu yang pasti dan harus dilakukan dalam merawat mobil saat kondisi PSBB, yakni perlu mencuci mobil, baik di sisi eksteriornya maupun pada bagian interiornya. Cucilah mobil paling tidak seminggu sekali walaupun mobil tidak digunakan.

Nah, dari sekian cara merawat mobil saat PSBB tersebut, tentunya diharapkan beberapa langkah tersebut bisa menjadi pengetahuan yang bisa diterapkan oleh masyarakat dalam menjaga performa atau kondisi mobilnya selama PSBB.

Bagan