Tips Merawat Motor 2 Tak agar Awet dan Kencang

Perawatan motor 2 tak yang mudah untuk mendapatkan performa mesin yang mumpuni dan awet

Merawat Motor 2 Tak – Di masa kejayaannya, tentunya motor 2 tak menjadi salah satu kendaraan roda dua yang banyak diminati oleh para penggemarnya.

Tak sampai di situ saja, motor 2 tak pun umumnya masih memiliki kekuatan daya tarik khas yang berkesan klasik. Berbeda dengan motor keluaran terbaru yang membuatnya memiliki titik menarik tersendiri sehingga kian banyak diburu para konsumen.

Selain itu, perlu untuk diketahui juga bahwa motor 2 tak ini lebih mudah dalam soal perawatannya dibandingkan motor 4 tak, seperti motor bebek maupun matic.

Merawat Motor 2 Tak

Meski demikian adanya, tetap saja diperlukan langkah yang tepat dalam merawat motor 2 tak sebagai salah satu upaya dalam menjaganya supaya awet dan tetap kencang.

Apalagi, usia motor 2 tak yang kini kebanyakan sudah memasuki usia lebih dari 10 tahun. Sudah barang tentu akan lebih berpotensi mengalami masalah jika tidak dirawat sebagaimana mestinya.

Jika Anda adalah seorang penggemar motor 2 tak, agaknya teman-teman sekalian harus memahami apa saja langkah dalam menjaga atau merawat motor 2 tak ini.

Berikut, Mas Sena rangkum cara tepat dalam merawat motor 2 tak supaya tetap kencang dan awet tentunya.

Tips Merawat Motor 2 Tak

Diperlukan langkah yang tepat dalam melakukan perawatan pada motor 2 tak agar tidak salah langkah. Nah, kira-kira apa saja itu? Simak saja yuk penjelasan lengkapnya pada beberapa segmen berikut ini.

Oli Samping Motor 2 Tak

Rutin Membersihkan Knalpot beserta Saringan

Sebagaimana kita tahu bahwa knalpot pada motor 2 tak tentu saja memiliki asap hitam yang sangat pekat.

Tentu saja, kondisi seperti ini akan berdampak pada bagian knalpot sebagai media lewatnya asap motor 2 tak.

Untuk itu, Anda harus rutin mengecek dan membersihkan bagian knalpot tersebut agar nantinya knalpot bersih dari sisa kerak oli yang turun hingga bagian knalpot.

Jangan lupa juga untuk mengecek saringannya. Bersihkan bagian saringannya, paling tidak sebulan sekali untuk menjaga supaya kondisi pembakaran dalam keadaan prima.

Cara seperti ini sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan mencopot knalpot. Namun, agar lebih amannya, Anda bisa meminta tukang mekanik untuk membersihkannya bersamaan saat service rutin.

Cek Busi secara Rutin

Bukan hanya di motor modern saja, namun pada motor 2 tak pun, agaknya busi menjadi salah satu komponen penting yang rentan terhadap berbagai permasalahan.

Apalagi, pada motor 2 tak ini, dengan sistem yang berbeda pada motor 4 tak, tentu akan lebih mudah membuat busi cepat mengerak dan kotor.

Maka dari itu, hendaknya Anda untuk selalu sedia amplas setiap saat. Karena, kondisi motor 2 tak yang sudah dimakan usia, umumnya lebih rentan mengalami masalah pada bagian busi.

Biasanya, mogok di jalan yang mana seringkali terjadi secara tiba-tiba. Oleh karenanya, selalu siapkan amplas untuk membersihkan busi jika sewaktu-waktu motor mengalami mogok.

Untuk tindakan pencegahannya, disarankan Anda melakukan pembersihan busi secara rutin. Paling tidak 2 minggu sekali atau seminggu sekali.

Langkah ini sudah barang tentu akan jauh lebih efektif sebagai upaya preventif untuk meminimalisir motor 2 tak yang mogok di jalan karena kondisi busi yang sudah kotor ataupun mengerak.

Atau, paling tidak Anda sudah sedia busi cadangan sebagai pengganti jika memang busi yang pertama sudah mulai mengindikasikan aus atau soak.

Tindakan berupa antisipasi seperti ini tentunya diperlukan supaya motor 2 tak tersebut tidak mengalami kemacetan saat dikendarai. Apalagi, pada saat Anda berkendara dengan jarak tempuh yang jauh.

Cara Merawat Motor 2 Tak

Bersihkan Karbuarator secara Berkala

Di sisi lain, dalam merawat motor 2 tak, Anda juga tak bisa melepaskannya dari komponen yang bernama karburator.

Dalam hal ini, untuk menjaga agar motor 2 tak memiliki performa yang kencang maka Anda pun harus pastikan seluruh part karburator bersih dari endapan kotoran yang ada di dalamnya.

Secara teknis, dalam proses pembersihan karburator pada motor 2 tak memang berbeda dengan motor injeksi keluaran terbaru.

Pada motor injeksi, bisa dipastikan injektor bakal selalu bersih selama bensin tidak pernah kosong. Hanya saja, untuk karburator motor 2 tak, kondisinya pasti memiliki perbedaan.

Dimana, dalam hal ini endapan kotoran yang ada di dalamnya bisa mengganggu performa mesin jika dibiarkan.

So, dalam aspek perawatan motor 2 tak, pembersihan rutin bagian atau komponen karburator menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan.

Karena, jika karbu kotor maka performa motor pun akan terasa menurun secara drastis. Sehingga, bakal memicu masalah lain.

Untuk proses pembersihannya, sebaiknya Anda meminta tolong kepada ahlinya. Atau, bisa saja saat Anda melakukan service rutin supaya jika ada indikasi kerusakan/masalah pada karburator motor 2 tak tersebut bisa terkontrol secara maksimal.

Dengan demikian, komponen kaburator di sini jelas memiliki peran yang sangat diperlukan dan penting dalam soal menjamin kinerja maupun performa pada motor 2 tak. Khususnya, motor yang sudah menginjak usia di atas 15 tahun.

Pastikan Oli Samping Terisi

Kemudian dalam hal lain, dalam merawat motor 2 tak pun Anda juga harus turut memperhatikan kondisi oli samping.

Motor 2 tak memang sedikit lebih boros bahan bakar. Selain bahan bakar, motornya sendiri juga boros akan oli samping.

Maka oleh sebab alasan tersebut, Anda pun dalam hal ini memang benar harus memastikan punya persediaan oli samping yang bersih dan berkualitas

Paling tidak, sebagai jaga-jaga jikalau sewaktu-waktu volume oli samping mengalami penurunan dikarenakan faktor pemakaian.

Hindari Telat Isi Bahan Bakar

Lalu, segmen lain yang perlu Anda ketahui dalam perawatan motor 2 tak ini, Anda harus memastikan bahwa motor 2 tak tidak sampai kehabisan bensin/bahan bakar.

Atau, dengan kata lain bahwa Anda harus tetap menjaga kapasitas bensin atau ketersediaan bahan bakar pada motor 2 tak Anda.

Sebab, tak bisa untuk kita pungkiri bahwa jika pengisian bahan bakar sampai telat maka akan membuat motor 2 tak ini nantinya sulit untuk dhidupkan.

Apalagi, jika kondisi busi maupun bagian permesinannya sudah terindikasi melemah akibat dari faktor usia pemakaian.

Oleh sebab itu, pastikan selalu bahwa Anda tak pernah telat dalam mengisi bahan bakar. Dan, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bakar berjenis Pertalite yang Mas Sena rasa paling sesuai untuk motor 2 tak keluaran awal tahun 2000-an.

Motor 2 Tak

Menelaah beberapa penjelasan di atas, tampaknya tak bisa dipungkiri bahwa dalam menjaga performa mesin motor 2 tak sebenarnya cukup mudah.

Dimana, berbagai tindakan di atas merupakan upaya preventif atau pencegahan yang sudah barang tentu bisa mengurangi dampak terjadinya kerusakan motor 2 tak di sektor mesin.

Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memastikan kondisi motor 2 tak Anda melalui beberapa aspek yang telah Mas Sena sebutkan di atas.

Oke teman-teman, demikian tadi ulasan lengkap yang telah Mas Sena sampaikan mengenai cara atau tips merawat motor 2 tak secara tepat untuk mendapatkan performa handal dan tentunya menjadi lebih awet. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan