Tips Merawat Motor Bebek Astrea Grand

Cara terbaik dan tepat dalam memelihara kondisi performa dan merawat mesin motor bebek astrea grand

Cara Merawat Motor Astrea Grand – Saat ini, trend motor bebek legendaris Astrea Grand tampaknya mulai meruak, khususnya di kalangan milenial.

Motor bebek sejuta umat yang sempat meramaikan pasar kendaraan roda dua di Indonesia pada era tahun 1990-an awal ini kini mulai banyak mencuri perhatian.

Hal itu tentu menjadi sebuah wujud akan kerinduan konsumen terhadap motor bebek model jadul dengan ciri khas yang tak lekang oleh waktu.

Salah satu keunggulan dari motor Astrea Grand ini adalah fugsionalitas dan kemampuan mesinnya. Karena, banyak yang menganggap bahwa motor bebek ini masih kuat dan bertenaga untuk diajak naik turun pegunungan.

Cara Merawat Motor Astrea Grand

Oleh karena itu, kini banyak di pangsa pasar motor bekas yang ramai mencari motor legendaris buatan Honda ini.

Nah, jika Anda termasuk yang sedang menggandrungi motor bebek ini, Anda perlu mengetahui cara merawat motor Astrea Grand.

Dimana, perlu beberapa langkah teknis sebagai perawatan dalam menjaga kondisi motor bebek legendaris ini agar selalu dalam kondisi fit dan prima.

Hanya saja, sebelum jauh melangkah untuk mengulas cara merawat motor Astrea Grand ini, perlu diketahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya sebagai pertimbangan.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Astrea Grand

Perawatan Motor Bebek Astrea

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang dimiliki motor Astrea Grand adalah soal desainnya yang sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Di eranya, desain motor bebek yang satu ini dianggap sangat fleksibel dan menarik sehingga tak heran bilamana menjadikannya sebagai motor yang ramah pengguna.

Tak hanya itu, kelebihan lain dari Honda Astrea Grand di sini adalah pada bagian kerangka. Yang mana dalam hal ini, motor legendaris garapan Honda ini telah menggunakan suspensi depan telescopic dan suspensi belakang swing arm double shockbreaker.

Walaupun saat ini suspensi yang digunakan pada motor bebek tersebut sama dengan suspensi motor pada umumnya, namun suspensi yang dimiliki motor honda astrea grand ini terbilang sangat empuk. Dengan begitu maka kenyamanan dalam berkendara pun menjadi lebih terjamin.

Di samping itu, kelebihan Honda Astrea Grand yang cukup menjadi titik fokus adalah soal keiritan bahan bakarnya.

Selain itu, meski tenaganya memang tidak besar namun dalam soal performanya cukup istimewa untuk ukuran bebek 4-tak dengan mesin tidak sampai 100 cc.

Tentu saja, hal tersebut menjadikan Astrea Grand patut menjadi motor bebek legendaris tersendiri yang tak ada tandingannya.

Kekurangan

Di antara ragam kelebihannya, tentu ada kekurangan yang dimiliki oleh Astrea Grand ini. Di antaranya yakni pada sektor sasisnya yang dinilai masih “lemah”.

Bukan tanpa alasan dengan membawa konsep desain monokok yang mengkombinasikan antara pelat bodi dengan rangka underbone tersebut menjadikannya kurang awet meskipun memiliki tingkat kekokohan yang cukup tinggi.

Di sisi lain, kombinasi antara dua jenis bahan berbeda karakter tersebut pun juga memang susah disatukan, meskipun menyatu namun akhirnya bisa lepas juga.

Jika patah maka akan sangat sulit disambungkan dengan mengelas ulang, khususnya pada pipa underbone.

Dampaknya, biasanya kondisi motor akan sedikit bergetar ketika rangka sudah dilas mengingat tidak sekuat saat kondisi yang baru.

Ini tentu menjadi kekurangan yang dimiliki Astrea Grand yang perlu untuk Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Cara Merawat Motor Astrea Grand

Tips Merawat Motor Bebek Astrea Grand

Cek Selalu Kondisi Oli

Hal pertama dari sekian langkah dalam cara merawat motor Astrea Grand adalah dengan selalu melakukan pengecekan pada kondisi oli mesinnya.

Bukan tanpa alasan mengingat motor jadul ini sudah barang tentu memiliki kondisi mesin yang sudah mulai mudah aus pada beberapa komponen akibat gesekan yang antar komponen mesin.

Maka dari itu, melakukan pengecekan kondisi oli adalah hal wajib bagi para pemilik motor bebek legendaris ini.

Untuk penerapannya sendiri, cek volume serta tingkat kekentalan pada oli mesin. Jika volume oli sudah mulai berkurang, segera tambahkan. Bila kekentalannya sudah mulai berawarna hitam maka itu tandanya Anda perlu mengganti oli secara keseluruhan.

Biasanya, penggantian oli dari motor bebek ini dilakukan lebih cepat dibandingkan motor zaman sekarang. Wajar saja mengingat kondisi mesin yang sudah tua, tentu memiliki potensi peningkatan suhu dalam ruang kerja mesin yang mudah naik sehingga memicu tingkat kekentalan olinya menjadi mudah keruh.

Perhatikan Kekencangan Rantai dan Lumasi dengan Oli

Selain itu, cara merawat motor Astrea Grand yang diperlukan adalah dengan melihat tingkat kekencangan rantai dari sepeda motor ini.

Usahakan untuk menyetel tingkat kekencangan rantai sesuai dengan prosedur standar pabrik. Dan, baiknya menggunakan rantai ori yang memang dibuat khusus oleh pabrikan Honda.

Jika sudah sesuai maka lumasi rantai dengan oli atau pelumas khusus yang ditujukan untuk melumasi rantai motor.

Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai karena justru akan memicu timbulnya berbagai masalah, seperti rantai mudah memuai atau justru karatan mengingat kondisi oli bekas yang banyak mengandung kotoran.

Pastikan Tekanan Udara pada Ban sesuai Standar Pabrik

Motor jadul seperti Honda Astrea Grand ini merupakan kendaraan roda dua yang umur atau usianya sudah sangat tua.

Sehingga, rentan terhadap berbagai masalah jika penanganannya tidak sesuai. Seperti pada soal ban.

Hindari menggunakan ban modifikasi. Justru, pakailah velg dan ban standar pabrik agar saat dikendarai, mesin tidak terganggu dengan tarikan ban yang sesuai.

Mengenai soal ban, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi tekanan ban agar tetap sesuai dengan standar pabrik.

Karena, tingkat tekanan udara dalam ban sangat berpengaruh pada kecepatan dan juga beban kinerja mesin itu sendiri.

Periksa Kondisi Aki secara Berkala

Umumnya, sistem kelistrikan dari Honda Astrea Grand ini menggunakan aki basah sebagai sumber listrik atau dayanya.

Maka dari itu, untuk memaksimalkan performa sistem kelistrikan pada motor bebek jadul garapan Honda ini, usahakan untuk selalu memeriksanya dan memastikan bahwa kondisi air aki tetap dalam batas yang wajar.

Karena, jika ada sedikit masalah saja pada sistem aki dari motor ini maka akan sangat berpengaruh pada sistem kelistrikan dari motor. Seperti lampu mulai meredup, starter motor macet, dan sebagainya.

Oleh sebab alasan itu, lakukan pengecekan pada bagian aki ini secara berkala. Anda bisa melakukan pemeriksaan ini di bengkel khusus aki.

Merawat Astrea Grand

Bila kita menelisik dari sekian banyak cara merawat motor Astrea Grand di atas, tentu saja satu yang pasti adalah soal perawatan dalam sektor mesin dan kelistrikannya.

Karena, kedua segmen ini dipandang memiliki potensi kerusakan yang cukup tinggi jika tidak mendapat perawatan terbaik.

Oleh karena itu, maka sebaiknya Anda perlu melakukan service rutin juga sebagai langkah perawatan mesin. Selain itu, lakukan pengecekan rutin pada aki dan sistem kelistrikannya di bengkel resmi yang khusus menanganai aki atau sistem kelistrikan motor.

Demikian tadi beberapa langkah teknis terkait dengan cara merawat motor Astrea Grand yang bosa Anda lakukan dan terapkan secara mandiri. Semoga, beberapa langkah perawatan di atas bisa menjadi pedoman bermanfaat untuk Anda.

Bagan