Tips Merawat Motor Tua agar Tetap Awet

Cara cerdas dan mudah merawat motor tua agar performa mesin tetap gahar dan awet

Tips Merawat Motor Tua – Tak sedikit orang yang hobi membeli atau mengoleksi motor tua. Tentu, banyak faktor yang melatarbelakangi beberapa orang menyukai motor tua. Seperti keunikan yang dimilikinya karena sudah tidak diproduksi lagi.

Namun, sebagai pecinta motor tua, sudah selayaknya harus memahami cara merawat yang benar. Sekaligus siap atas segala konsekwensinya jika terjadi kerusakan atau penggantian suku cadang mengingat umumnya sangat sulit mencari spare part karena sudah tidak produksi lagi.

Nah, untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi, tentu saja harus memahami tips merawat motor tua. Karena, hal ini sangat perlu dipahami agar motor tua tetap awet dan mesinnya masih gahar tak kalah dengan motor baru.

Tips Merawat Motor Tua

Di sisi lain, dengan mengenal tips merawat motor tua, setidaknya Anda bisa mengenali sejak dini jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan, khususnya di sektor mesin.

Jadi, tak bisa dipungkiri lagi bahwa motor tua tetap perlu perawatan yang lebih intens supaya tetap nyaman ketika dikendarai. Lalu, bagaimana sih tips mencegah kerusakan pada motor yang sudah berusia lama.

Nah, jangan khawatir kawan, dalam topik kali ini, Mas Sena akan berbagi tips merawat motor tua yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah untuk mencegah terjadinya kerusakan yang kapan saja bisa terjadi.

Tips Merawat Motor Tua

Ada beberapa tips merawat motor tua yang mana perlu untuk dipahami oleh Anda semua para pecinta sekaligus pemilik motor berusia lanjut.

Perawatan Motor Lama

Selalu Jaga agar Motor Tidak Berkarat

Suatu kewajaran jika karat adalah satu problem paling besar yang umumnya dialami oleh motor tua. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan tips merawat motor tua untuk mencegah karat yang sewaktu-waktu akan menghantui motor Anda.

Salah satu komponen yang rentan terhadap karat pada motor tua adalah bagian rantainya mengingat akan sangat mudah teroksidasi, sehingga mudah aus dan rontok.

Guna mencegah hal tersebut, disarankan untuk secara rutin melumasi bagian rantai agar rantai bisa bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

Cek Kondisi Aki Motor secara Rutin

Tips merawat motor tua yang harus Anda lakukan yakni dengan selalu melakukan pengecekan kondisi aki dengan rutin.

Karena, dalam berbagai kasus, aki adalah komponen yang paling sering mengalami kerusakan dan bermasalah. Maka dari itu, sesering mungkin untuk mengecek keadaan aki, khususnya pada motor tua.

Disarankan untuk mengganti aki jika usianya sudah tua. Namun, jika Anda enggan mengganti aki, ada baiknya untuk membeli alat pengisi daya aki untuk isi ulang dari waktu ke waktu.

Hal ini untuk berjaga-jaga agar ketika daya pada aki habis, bisa langsung diisi mengingat bila aki tidak diisi ulang, kinerja sistem kelistrikan motor pun dipastikan bakal terganggu bahkan beberapa bagian motor bisa rusak.

Ganti Ban Jika Sudah Mulai Aus

Salah satu tips merawat motor tua yang harus dilakukan yakni dengan melakukan penggantian ban baru. Tak perlu menunggu ban sampai benar-benar aus, jika sudah menunjukkan gejala aus, sebaiknya diganti saja.

Kondisi seperti ini sangat perlu untuk Anda perhatikan dan dilakukan sebagai tindakan guna mencegah kerusakan ban yang sudah termakan usia. Periksa tingkat aus ban apakah masih layak digunakan atau tidak.

Tindakan seperti ini akan mencegah kerusakan pada velg yang mungkin sudah mulai menyusut kualitasnya karena termakan usia.

Cara Merawat Motor Tua

Rutin Melumasi Piston dan Silinder

Selain itu, hal yang bisa Anda lakukan sebagai tahapan dalam penerapan tips merawat motor tua adalah dengan secara rutin melakukan pelumasan di bagian piston dan silinder.

Hal ini dilakukan agar silinder dan piston tidak berkarat sehingga meski motor jarang digunakan, performanya akan tetap handal.

So, jangan lupa untuk melumasi piston dan silinder ini. Anda bisa melakukannya seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung kondisi.

Jangan Telat Service dan Ganti Oli

Merawat motor tua memang tak semudah yang dibayangkan. Salah satu yang harus diperhatikan yakni dengan melakukan service secara rutin. Paling tidak sebulan atau dua bulan sekali.

Perlakuan service semacam ini agaknya cukup penting untuk mencegah terjadinya kerusakan atau mengecek jika ada gejala-gejala yang merupakan tanda kerusakan.

Di satu sisi, penggantian pelumas mesin juga agaknya perlu untuk dilakukan guna menjaga agar mesin lebih awet.

Penggantian pelumas sangat penting sekali mengingat bila sudah melampaui batas wajar penggunaan maka akan berpengaruh pada kinerja mesin yang kian terbebani. Jadi, untuk motor tua, penggantian pelumas secara rutin adalah hal yang tak bisa ditinggalkan.

Pilih Bahan Bakar yang Sesuai

Umumnya, kadar oktan pada bahan bakar yang tinggi lebih berkualitas dalam menunjang sistem pembakaran karena dirasa jauh lebih efisien.

Namun, itu berlaku untuk kendaraan produksi terbaru yang memang disetel untuk oktan tinggi.

Berbeda dengan motor tua yang spesifikasi mesinnya disesuaikan dengan kadar oktan di zamannya. Maka sangat perlu bagi Anda untuk memilih bahan bakar yang memang sesuai standar pabrik saat motor tua tersebut diproduksi.

Pertimbangan penggunaan bahan bakar di sini untuk menghindari sekaligus mencegah timbulnya kerak di ruang sistem pembakaran pada motor.

Cuci Motor dengan Rutin

Kemudian, hal yang tak ketinggalan dalam tips merawat motor tua adalah dengan selalu memperhatikan tampilan motor. Untuk menunjang hal tersebut, cucilah motor tua Anda secara berkala dengan menggunakan sabun khusus pencuci motor.

Atau, bisa juga dengan menitipkan di tempat pencucian motor. Hal ini dilakukan untuk menjaga sekaligus merawat tampilan motor agar selalu terlihat bersih meski sudah dimakan usia.

Rajin Mengecek Busi

Nah, tips merawat motor tua yang sangat perlu dilakukan yaitu dengan rajin melakukan pengecekan pada komponen busi. Hal ini berkaitan erat dengan proses pembakaran, terutama saat mesin dihidupkan.

Umumnya, motor tua memiliki kondisi mesin yang perlu mendapat perhatian lebih intens. Karenanya, busi yang selalu terjaga kondisinya akan membuat mesin pada motor tua Anda semakin awet.

Jadi, dengan rajin mengecek kondisi busi secara tak langsung juga meminimalisir sekaligus mencegah terjadinya kerusakan di sektor mesin.

Merawat Motor Tua

Selain dari beberapa tips merawat motor tua di atas, hal yang perlu Anda lakukan adalah membawa motor ke bengkel jika terjadi kerusakan berat. Hal ini bertujuan agar perbaikan motor bisa dilakukan secara profesional oleh mekanis sehingga tidak berdampak buruk pada komponen lain.

Tak hanya itu saja, penggunaan motor tua secara hati-hati pada saat dikendarai untuk menempuh jarak jauh juga termasuk dalam tips merawat motor tua. Dimana, perlakukan seperti ini ditujukan agar kondisi mesin motor yang notabene sudah berumur tua tersebut bisa bekerja secara optimal mengingat akselerasinya yang dimungkinkan tak seganas motor zaman sekarang.

Nah, itulah tadi berbagai macam tips merawat motor tua yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Mas Sena berharap, tips otomotif kali ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat dan bernilai untuk kawan-kawan semua.

Bagan