Tips Merawat Rem Tromol agar Lebih Pakem

Tips perawatan rem tromol supaya lebih pakem saat digunakan

Tips Merawat Rem Tromol – Dalam spesifikasi kendaraan bermotor, tentu saja sistem pengereman tipe drum brake atau biasa disebut dengan rem tromol diklaim masih menjadi jenis pengereman yang mumpuni.

Bahkan, kehandalan dari rem tromol pun dinilai tidak kalah pakem dengan rem cakram. Sehingga, tak heran bila sistem pengereman drum brake atau rem tromol menjadi salah satu sistem rem yang sering digunakan oleh pabrikan pada produk motornya.

Namun, dengan segala kehandalannya, tetap saja diperlukan pemeliharaaan berupa tips merawat rem tromol. Hal ini diperlukan sebagai upaya dalam menjaga kondisi rem tromol dalam kondisi yang prima dan ideal.

Tips Merawat Rem Tromol

Hanya saja, tak bisa dipungkiri bahwa untuk perawatan rem tromol di sini memang agak merepotkan dibanding cakram. Bukan tanpa alasan mengingat Anda harus bongkar roda lebih dulu untuk melakukan perawatannya.

Maka dari itu, diperlukan tips merawat rem tromol supaya tetap pakem dengan penerapan langkah-langkah yang mudah agar bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Nah, mengenai soal itu, berikut ini akan Mas Sena jelaskan mengenai tips merawat rem tromol yang tepat agar lebih pakem saat digunakan.

Tips Merawat Rem Tromol

Tentu saja dalam perawatan rem tromol di sini diperlukan langkah-langkah yang benar supaya kemampuan pengeremannya menjadi lebih maksimal. Berikut di bawah ini akan Mas Sena jelaskan beberapa tips merawat rem tromol yang bisa Anda lakukan sendiri.

Rem Tromol Motor

Membersihkan Rem Tromol

Hal pertama dalam menerapkan tips merawat rem tromolo, tentu Anda harus memahami cara membersihkannya. Untuk penerapannya sendiri agak rumit. Sehingga, disarankan untuk meminta bantuan kepada mekanik supaya bisa menerapkan pembersihan rem tromol.

Umumnya, Anda harus membuka as roda dan beberapa baut yang saling terhubung pada bagian tutup tromolnya.

Setelah itu, saat roda terbuka nantinya akan tampak debut yang sangat pekat yang terlihat lengket dan menempel. Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan kuas dan air sabun agar debu yang menempel menjadi hilang.

Bila perlu, bersihkan juga kampas rem dengan menggunakan sikat kawat yang biasanya digunakan untuk mencuci piring. Ini ditujukan supaya permukaannya menjadi kasar yang memicu jepitan rem menjadi lebih pakem.

Perlu untuk dipahami bahwa membersihkan rem tromol ini bertujuan untuk menghindari rem tromol macet atau rem tidak terbebas saat handrem sudah diturunkan atau roda tidak berputar padahal handrem sudah diturunkan.

Cek Sistem Rem Tromol

Selanjutnya adalah dengan memakemkan rem tromol dengan melakukan penggantian bagian paha rem depan yang ukuran yang lebih panjang agar rasa pengeremannya menjadi lebih halus.

Sedangkan, untuk membuat rem lebih responsif, Anda bisa menggunakan paha rem yang lebih pendek. Ini bisa dilakukan dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan pengendaraan.

Nah, untuk menerapkan tips merawat rem tromol ini, Anda perlu didampingi oleh mekanik atau bisa dengan meminat mekanik untuk mengatur sistem pengereman. Akan dibuat lebih ringan atau responsif, sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda dalam berkendara.

Menjaga dan Cek Rutin Kondisi Performa Bearing Roda

Selain itu, cara merawat rem tromol agar tetap awet dan pakem, tentu Anda juga harus melakukan perawatan pada kondisi bearing.

Perlu diketahui bahwa bearing roda yang sudah tidak pas akan memicu kampas pada rem tromol menjadi kurang rata.

Maka oleh sebab itu, selalu sempatkan untuk melakukan pengecekan leher pada bagian ini secara berkala atau saat sedang bongkar roda belakang. Anda juga bisa meminat mekanik saat service untuk sekalian memeriksa kondisi bearing roda ini.

Satu catatan yang sangat penting dan jangan disepelekan bahwa Anda harus mengolesi bagian permukaan dengan gemuk atau oli untuk mencegah munculnya kondisi korosi (karatan) dikarenakan air yang masuk pada bagian as roda.

Pemberian gemuk pada bearing roda ini juga berfungsi untuk melumasi supaya prgerakan putarannya menjadi lancar.

Perawatan Rem Tromol

Hindari Setting Rem melalui Console Box

Lalu, untuk langkah tips merawat rem tromol supaya tetap dalam kondisi yang ideal maka Anda harus menghindari setting dengan menggunakan sistem Console Box.

Penggunaan console box di sini memang kurang disarankan mengingat hasilnya tidak akan menjadi maksimal.

Tak hanya itu saja, kekurangan penggunaan sistem console box di sini, Anda tidak akan bisa mengetahui secara rinci bagaimana kondisi ketebalan pada kampas rem di bagian rodanya.

Rutin Cek dan Penggantian Minyak Rem

Nah, dalam penerapan atau pengaplikasian tips merawat rem tromol, Anda juga ahrus melakukan pengecekan pada minyak rem.

Karena, keberadaan dari minyak rem sendiri sangat penting guna menunjang kinerja rem yng mana mengandalkan piston pada master rem.

Pengecekan ini tentu sekaligus sebagai langkah untuk melakukan pemeriksaan kemungkinan rembesan minyak rem di roda.

Maka dari itu, jangan lupa saat service rutin, mintalah kepada si mekanik untuk melakukan cek kondisi bagian rem tromol. Hal ini termasuk tindakan pencegahan kerusakan pada sistem pengereman sekaligus sebagai upaya dalam menjaga kondisi rem tromol.

Segera Bersihkan dan Bilas dengan Air saat Hujan

Ketika musim hujan, umumnya air hujan yang bercampur dengan kotoran atau pasir dan debu akan turut masuk ke dalam sela di bagian as roda.

Ini akan berpengaruh pada kualitas pengereman pada sistem pengereman tromol. So, jika kondisi ini dibiarkan maka akan merusak atau mengurangi kepakeman kualitas rem.

Jadi, jika motor dibawa dalam kondisi musim hujan maka sebaiknya Anda harus segera membersihkannya dengan membilas bagian rem dengan air bersih supaya kotoran yang terbawa saat hujan menjadi mengalir hilang dari bagian tromol.

Dengan demikian maka kondisi rem tromol menjadi lebih terawat. Ini perlu Anda lakukan setiap kali motor melewati medan jalan yang tergenang air hujan/becek.

Selalu Cek Kampas Rem

Selanjutnya, dalam tips merawat rem tromol yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan pemeriksaan pada ukuran ketebalan kampas rem.

Jika memang ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan atau sudah mulai menipis, maka Anda harus mengganti kampas remnya. Saat menggantinya pun, Anda harus menggunakan satu set lengkap.

Maka dari itu, untuk penggantian kampas rem ini disarankan saat melakukannya ketika service di bengkel resmi sehingga bisa dilakukan langsung oleh mekanik.

Cara Merawat Rem Tromol Agar Pakem

Nah, dari sekian banyak langkah di atas, tentu saja beberapa tips merawat rem tromol ini bisa Anda terapkan di rumah. Namun, tidak semua bisa diterapkan.

Karena, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan di bengkel resmi. Meski demikian, Anda bisa melakukan perawatan rutin pada bagian tertentu yang dirasa cukup mudah tanpa perlu membawa kendaraan ke bengkel.

Bagaimana kawan? Sudah mulai pahami beberapa langkah dan tipsnya? Yapz, demikian tips merawat rem tromol yang bisa Anda pahami dan ketahui. Mas Sena harap semoga tips otomotif ini bisa menjadi sumber referensi yang cukup bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Sampai jumpa kawan.

Bagan