Tips Merawat Shockbreaker Motor agar Awet

Trik jitu dalam menerapkan perawatan shockbreaker pada motor supaya tetap nyaman dan tahan lama

Tips Merawat Shockbreaker Motor – Di dalam melakukan perawatan sepeda motor, sudah barang tentu diperlukan pemahaman, paling tidak soal bagian-bagian pada motor yang perlu mendapat perhatian.

Salah satu komponen yang perlu mendapatkan perawatan yakni pada sektor shockbreaker motor. Yang tak lain dan tak bukan merupakan komponen yang memiliki peranan penting untuk meredam getaran saat motor melewati medan jalan bergeronjal atau semi off-road.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui tips merawat shockbreaker motor sebagai tindakan untuk membuat shockbreaker pada motor menjadi jauh lebih awet dan tentunya tahan lama.

Tips Merawat Shockbreaker Motor

Oleh sebab itu, di sinilah letak pentingnya perawatan shockbreaker pada sepeda motor yang harus Anda ketahui dan dipraktekkan. Karena, jika tidak bisa memahami atau merawatnya maka shocbreaker motor menjadi cepat mengalami kerusakan.

Jika sudah mengalami kerusakan yang parah maka sudah jelas Anda harus menggantinya dengan yang baru. Tentu, penggantian shocbreaker ini bisa diminimalisir rentang waktunya. Artinya, umur shockbreaker bisa dibuat lebih awet dengan perawatan yang benar.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, tentu ada tips merawat shocbreaker motor yang bisa Anda terapkan dan coba di rumah.

Tips Merawat Shockbreaker Motor

Salah satu pemeliharaan sepeda motor, yakni dengan menerapkan tips merawat shocbreaker motor yang tentu jadi komponen penting untuk diperhatikan. Di bawah ini, akan Mas Sena jelaskan bagaimana cara merawatnya.

Cara Perawatan Shok Motor

Jangan Terlalu Sering Ngebut di Jalan Rusak

Berkendara dengan hati-hati, tentu menjadi hal penting untuk menjamin keselamatan penumpang. Bahkan, keselamatan komponen pada motor juga.

Dimana, untuk menjaga agar shockbreaker pada sepeda motor awet dan tahan lama, upayakan untuk menghindari berkendara ngebut, apalagi di medan jalan yang rusak dan berlubang.

Kenapa? Tentu saja, kinerja shocbreaker akan lebih terbebani mengingat harus meredam setiap goncangan atau getaran ketika melewati jalan bergeronjal atau berlubang.

Oleh sebab itu, memelankan laju motor saat melewati jalan yang rusak atau tak rata juga termasuk menjadi tips merawat shockbreaker motor yang perlu untuk Anda lakukan.

Bersihkan Shockbreaker Motor dengan Rutin

Tips merawat shockbreaker motor selanjutnya adalah seringlah untuk membersihkannya agar kotoran yang menempel hilang.

Pasalnya, jika ada kotoran yang menempel pada setiap bagian atau sisi pada bagian shockbreaker, maka akan mempercepat keausan seal (karet) maupun piston. Artinya, usia shockbreaker pun menjadi tidak tahan lama.

Tak sampai di situ saja, bahkan bekas lumpur hujan yang menempel pada sisi-sisi shockbreaker motor pun juga perlu dibersihkan karena akan memicu korosi dan membuat shock menjadi seret.

Lakukan pembersihan shockbreaker ini secara rutin bersamaan saat mencuci motor Anda. Gunakan air bersih untuk mengaliri bagian sisi-sisi pada shockbreaker motor sampai kotoran yang menempel benar-benar bersih.

Jangan Terlalu Sering Membawa Beban Berat

Selain itu, tips merawat shockbreaker motor supaya awet, tentunya usahakan untuk meminimalisir membawa barang yang melebihi beban.

Bukan tanpa alasan mengingat Jika beban berlebih, itu artinya suspensi juga harus bekerja keras dalam meredam goncangan sekaligus menahan beban yang dibawa motor.

Jika hal ini sering diterapkan maka dampaknya akan membuat komponen shockbreaker pada motor menjadi sangat cepat aus sehingga berimbas pada fungsinya yang tak lagi maksimal dalam menjaga kestabilan ataupun meminimalisir getaran.

Karena, jika shockbreaker terlalu sering menahan beban maka bodi motor pun akan mudah bergoncang saat melewati jalan rusak. So, hindari membawa beban berat dengan motor Anda.

Hindari Penggunaan Anting Shock

Dalam dunia modifikasi, emmang anting-anting shock menjadi komponen menarik, baik untuk menambah tinggi posisi shock atau hanya untuk sekedar bergaya saja.

Namun, dalam standar pabrik, tentu penggunaan anting-anting shockbreaker ini justru akan berdampak kuat pada fungsi kerja shockbreaker yang menjadi terganggu atau sama sekali tidak akan berfungsi.

Ini tentu akan memicu peran shockbreaker motor yang tidak akan berfungsi dengan baik.

Jadi, menghindari penggunaan anting-anting shock adalah tips merawat shockbreaker motor yang cukup efektif dalam menjaganya agar tahan lama dan lebih awet.

Perawatan Shockbreaker Pada Motor

Rutin Mengganti Oli Shockbreaker

Di sisi lain, tips merawat shockbreaker motor yang perlu untuk Anda pahami adalah dengan secara rutin melakukan penggantian pada oli shockbreaker itu sendiri.

Penggantian oli pada shock motor ini bisa Anda lakukan pada saat Anda merasakan ayunan shockbreaker depan motor mulai terasa keras dan kurang nyaman.

Jika sudah demikian, jangan terlalu menunggu lama, segera lakukan penggantian oli shockbreker dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah terjadinya kondisi shock yang aus.

Nah, untuk jangka waktu penggantian oli shockbreaker ini bisa Anda lakukan dalam jangka waktu mulai 2 hingga 3 tahun sekali atau setiap 15 ribu Km. Karena, jarak tahun tersebut umumnya oli pada shock dari motor sudah mulai encer dan tentunya daya redamnya mulai berkurang.

Cek Kondisi Shock Setiap Motor akan Digunakan

Di sisi lain, cara yang bisa Anda lakukan dan dinilai efektif yakni dengan mengecek kondisi shock setiap motor akan digunakan untuk berkendara, apalagi untuk menempuh perjalanan jauh.

Hal ini sangat perlu untuk dilakukan guna mengetahui kondisi terkini dari shockbreaker itu sendiri. Jika dirasa sudah mulai ada rasa keset maka ada kemungkinan oli pada shock mulai encer dan perlu diganti.

Di samping itu, bilamana goncangan ayun motor mulai mengeras maka itu juga menjadi potensi jika oli shockbreaker pada motor sudah mulai perlu mendapat penggantian.

Tak sampai di situ, jangan lupa untuk memperhatikan batang (as) yang tampil mengkilap. Perlu diketahui bahwa umumnya, bagian itu paling bersih, sementara bagian lainnya kotor. Padahal debu itu menyelinap ke dalam sil sok karena tersapu sil saat naik-turun.

Di sini lah peran bagi Anda untuk membersihkan bagian shock motor ini dengan air bersih secara rutin guna mencegah shock rusak parah.

Pilih Shockbreaker Motor yang Berkualitas

Kemudian, untuk menerapkan bagaimana cara perawatan shock pada sepeda motor salah satunya yakni dengan memilih tipe atau merk yang berkualitas dan terjamin.

Meski sedikit melenceng dari topik, namun pemilihan shockbreaker yang berkualitas dan sesuai standar pabrik adalah langkah tepat untuk menunjang daya keawetan dari shock itu sendiri.

Sehingga, sangat diperlukan bagi Anda untuk mengenal mana jenis shock yang bagus dan sesuai untuk motor Anda.

Merawat Shockbreaker Motor

Ragam cara atau tips merawat shockbreaker motor di atas adalah langkah-langkah terapan yang cukup mudah untuk Anda lakukan secara rutin di rumah.

Beberapa cara lain tentu masih banyak. Namun, bagi Mas Sena sendiri, beberapa langkah perawatan shock pada motor di atas adalah tips terbaik yang bisa Anda coba dan praktekan sendiri secara mandiri.

Bagaimana kawan? Sudah jelaskah penjelasan di atas? Kiranya sampai di sini dulu ya. Mas Sena tentu berharap jika informasi mengenai tips merawat shockbreaker motor ini bisa menjadi kabar atau topik yang membawa manfaat sekaligus pengetahuan untuk Anda semua. Sekian dan sampai bertemu lagi di lain kesempatan.

Bagan