Trik Menambah Kecepatan Motor tanpa Bore Up

Agar motor memiliki performa kencang tanpa bore up tentu diperlukan trik agar mesin motor mampu memompa tenaga yang kuat

Tips Menambah Kecepatan Motor – Umumnya, sepeda motor buatan pabrik sudah dirancang dan disesuaikan dengan prosedur keamanan yang ditentukan. Tak terkecuali pada sektor mesinnya.

Dari pabrik, tentu saja mesin pada motor sudah paten. Hanya saja, kondisi seperti ini terkadang membuat para pemiliknya sedikit kurang puas dengan kecepatan motor yang masih standar.

Maka dari itu, tak heran bilamana para pemilik motor yang hobi memacu adrenalin, melakukan berbagai cara tertentu agar performa sepeda motor menjadi semakin kencang dan gahar.

Trik Menambah Kecepatan Motor

Salah satunya dengan cara memodifikasi bagian mesinnya, seperti bore up atau pun perlakukan sejenis. Tentu saja tindakan ini sangat beresiko besar terhadap kondisi mesin pada motor jika proses modifikasinya tidak pas/ideal.

Artinya, Anda harus memahami cara modifikasi yang benar supaya nantinya tidak terjadi dampak buruk pada sistem permesinan motor Anda.

Lantas, adakah cara lain untuk memicu kecepatan motor agar jauh lebih cepat dan agresif? Penasaran bukan?

Jangan khawatir kawan, karena berikut ini akan Mas Sena jelaskan trik menambah kecepatan motor secara mudah namun tanpa bore up sama sekali. Mau tahu? Yuk, kita simak bersama langkah-langkahnya.

Trik untuk Menambah Kecepatan Laju Motor

Ada beberapa langkah konkrit yang perlu Anda lakukan untuk menambah kecepatan laju dari motor Anda. Berikut tips yang bisa Anda coba sendiri secara mandiri.

Menambah Kecepatan Motor Lebih Kencang

Hindari Membebani Piston

Salah satu cara cukup ampuh untuk menambah kecepatan motor adalah dengan menguragi beban berat pada bagian piston.

Karena, tak jarang jika piston yang memiliki bobot berat, justru akan berdampak banyak pada sistem permesinan motor mengingat harus bekerja lebih keras.

Tentu saja, ini menjadi beban bagi kendaraan motor Anda. Maka dari itu, sebaiknya kurangi beban pada bagian piston ini agar kinerja mesin motor menjadi lebih ringan dan tentunya laju motor menjadi lebih kencang nan agresif.

Usahakan Perluas Lubang Pembilasan

Di sisi lain, langkah lain yang bisa Anda terapkan untuk membuat kecepatan motor menjadi kencang, yakni dengan melakukan perluasan pada bagian pembilasannya sebagai ruang pembakaran.

Karena, proses kombinasi antara udara dan gas yang terjadi pada sistem pembakaran dari motor ini sangat berdampak pada tenaga yang dihasilkan oleh motor itu sendiri.

Secara teknis, jika gas yang masuk semakin banyak debitnya tentunya secara otomatis juga akan memicu kepadatan gas yang lebih juga. Jika demikian, tentu saja kondisi ini bisa memicu peningkatan kompresi.

Hanya saja, cara perluasan lubang pembilasanjuga tersebut harus pada batas-batas yang normal. jika terlalu luas maka tidak baik juga untuk mesin.

Untuk lebih aman, sebaiknya Anda konsulitasikan dengan pihak bengkel modif. Apakah kira-kira aman atau tidak. Mengingat, langkah ini juga harus mempertimbangkan usia motor juga.

Perbesar Tenaga Listrik

Kemudian, cara yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak kecepatan motor, Anda bisa dengan menambah tenaga listrik pada motor.

Biasanya, tenaga listrik pada motor itu memiliki kekuatan daya sebesar 6 Volt. Dari tenaga tersebut, Anda bisa menambahnya hingga 12 volt sehingga akan memacu tenaga motor yang lebih besar.

Ini merupakan salah satu trik menambah kecepatan motor tanpa perlu melakukan bore up.

Gunakan Ukuran Ban Standar

Di sisi lain, cara menambah kecepatan motor yang bisa dilakukan, yakni dengan cara memperhatikan ukuran ban motor tersebut.

Dimana, sebaiknya ukuran yang digunakan sesuai standar pabrik. Memang, untuk menambah daya kecepatan, ban berukuran kecil akan sangat berpengaruh pada performa mesin yang lebih enteng.

Namun, hal ini sangat berpengaruh pada keselamatan sehingga disarankan untuk menggunakan ban standar, tidak terlalu besar agar tidak terbebani namun juga tidak kecil supaya keselamatan berkendara lebih terjamin.

Hal ini juga perlu diperhatikan. Mas Sena sarankan untuk tidak menggunakan ban berukuran kecil sebagaimana kebanyakan model modifikasi.

Kalau hanya sekedar hiasan saja tak masalah. Tetapi, bila sudah ditujukan sebagai alat transportasi berkendara maka hindari penggunaan ban berukuran kecil.

Cara Membuat Motor Kencang Untuk Harian

Meminimalisir Volume pada Ruang Bakar

Dalam sistem pembakarannya, kendaraan roda dua (sepeda motor) pada umumnya memiliki tingkat kompresi bahan bakar yang cukup tinggi.

Semakin tinggi kompresi maka secara otomatis tenaga yang dihasilkan pun juga akan bertambah besar sehingga akan memicu kecepatan motor lebih kencang.

Untuk itu, Anda bisa meminimalisir volume pada ruang bakanya dengan cara mengurangi volume di sistem pembakaran.

Anda bisa menggerinda pada bagian kepala dari silinder. Yang mana, hal ini ditujukan agar nantinya ruang bakarnya menjadi berkurang serta kompresinya menjadi semakin meningkat pula.

Dalam beberapa kasus, cara ini terbilang cukup efektif mengingat tenaga yang dihasilkan dari proses kompresi semakin lebih besar.

Wajar, jika cara ini banyak dilakukan oleh para pemilik motor modif yang suka dengan motor berkecepatan tinggi.

Memodif Noken As

Di dalam sepeda motor, komponen bernama noken as ini memiliki peran yang sangat penting sekali karena berpengaruh pada akselerasi yang dihasilkan.

Untuk menjadikan motor lebih kencang, Anda bisa menggerus bagian noken as ini. Hanya saja, dengan batasan dan ukuran yang disesuaikan.

Hindari menggerus noken as secara asal-asalan karena jika dilakukan secara sembarangan justru akan memicu suara yang berisik. Sehingga akan kurang nyaman ketika motor dikendarai.

Cara ini terbilang efektif dalam memacu performa kecepatan motor. Namun, alangkah baiknya Anda meminta pihak mekanik yang melakukannya mengingat terbilang sedikit rumit ketika harus menggerus bagian noken as pada sepeda motor ini.

Gunakan Busi yang Berkualitas sesuai Standar Pabrik

Lalu, tips lain yang perlu Anda catat untuk mendapatkan tenaga handal dari motor, yaitu dengan cara memilih busi berkualitas unggulan.

Dimana, busi tersebut sesuai dengan standar pabrik. Hindari pembelian busi yang bukan ori karena justru akan merusak komponen terkait pada sistem pembakaran.

Bukan tanpa alasan mengingat peran busi di sini terbilang sangat vital sebagai salah satu komponen pemicu pembakaran.

Jika kualitasnya minim maka besaran tenaga yang dihasilkannya pun kurang maksimal. Ini tentu menjadi suatu hal yang perlu untuk Anda perhatikan selain melakukan modifikasi pada beberapa sektor lain.

Tips Menambah Kecepatan Motor Agar Kencang

Jika melihat beberapa langkah di atas, tampaknya cara membuat motor kencang cukup terbilang rumit. Hal ini tentu tak lepas dari beberapa langkah modifikasi yang harus Anda lakukan pada bagian permesinannya.

Namun, langkah lain yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan memastikan bahwa piston tidak terbebani, ukuran ban yang sesuai, serta pemilihan jenis bahan bakar yang ideal sesuai kebutuhan kadar oktan.

Beberapa langkah tersebut dinilai sudah cukup mudah dan pas untuk membantu meringankan beban mesin sehingga diharapkan motor sanggup melaju dengan lebih ringan dan agresif.

Tetapi, hanya saja jika Anda yakin dan benar-benar ingin mendapatkan kecepatan motor yang benar-benar kencang maka beberapa langkah modifikasi bagian mesin di atas bisa Anda lakukan.

Nah, kiranya inilah tadi beberapa cara atau trik menambah kecepatan motor yang mudah tanpa perlu melakukan bore up. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Bagan