Umur Aki Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Informasi lengkap mengenai umur atau daya tahan aki pada mobil

Umur Aki Mobil – Mobil menjadi salah satu kendaraan yang menjadi pilihan terbaik karena sanggup menampung banyak penumpang. Maka, tak heran bila tak sedikit orang yang membeli mobil sebagai kendaraan transportasi terbaik.

Namun, bersamaan dengan itu, diperlukan perawatan rutin untuk menjaga agar performa mobil tetap dalam kondisi prima. Salah satunya yakni perawatan pada beberapa komponen mobil, seperti aki pada mobil.

Sebab, sebagaimana dengan komponen lainnya, aki mobil perlu mendapat perhatian dan perawatan rutin agar tetap awet. Akan tetapi, tetap saja komponen yang satu ini memiliki masa pakai.

Jadi, Anda harus mengetahui umur aki mobil agar saat tiba waktunya penggantian, Anda bisa langsung melakukan tindakan secara langsung.

Umur Aki Mobil

So, tak heran jika pengetahuan mengenai kisaran umur aki mobil ini menjadi sangat penting untuk dipahami supaya Anda bisa berjaga-jaga saat performa kondisi aki sudah mulai menurun. Mengingat, komponen aki di sini berperan penting dalam menunjang kebutuhan fitur-fitur pada mobil.

Umumnya, umur aki mobil rata-rata berusia antara 1 hingga 2 tahun. Tetapi, hal tersebut merupakan usia pakai rata-rata dengan pemakaian normal. Tentu saja, hal ini tak bisa dijadikan patokan.

Jadi, satu yang perlu dipahami bahwa jangan asal menentukan usia aki pada mobil. Karena, umur aki mobil tidak serta merta ditentukan lama penggunaan namun juga seberapa sering mobil ini digunakan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas, berikut di bawah ini akan Mas Sena bakal mengungkap penjelasan mengenai umur aki mobil secara lengkap dan terperinci.

Namun, sebelumnya Mas Sena akan mengungkap cara mudah untuk memperpanjang usia aki pada mobil agar lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Aki Mobil agar Awet

Berikut adalah langkah-langkah atau cara merawat aki mobil supaya awet dan memiliki usia yang mampu bertahan lama.

Daya Tahan Aki Mobil

1. Kurangi Menyalakan AC pada Mobil ketika Mesin Mati

Cara merawat aki mobil yang pertama bisa Anda lakukan dengan mengurangi penyalaan AC pada mobil Anda, khususnya pada saat mesin mati.

Hal ini perlu dihindari mengingat penggunaan perangkat bertenaga listrik pada saat mesin mati nanti akan berdampak pada soaknya aki.

2. Selalu Jaga Kebersihan Aki

Selalu menjaga kebersihan pada aki mobil adalah salah satu cara merawat aki mobil yang mudah untuk Anda lakukan sehari-hari dan rutin.

Hal ini karena tak menutup kemungkinan noda dan kotoran yang menempel pada terminal aki bisa menumpuk sehingga menyebabkan usia aki mobil menjadi lebih cepat mati.

Oleh sebab itu, Anda bisa membersihkan atau sekadar menyeka aki. Selain itu, bila mulai timbul kotoran membandel dan berkerak maka bisa Anda bersihkan secara maksimal.

3. Melakukan Service secara Rutin dan Berkala

Di sisi lain, langkah yang perlu dilakukan sebagai cara merawat aki mobil supaya awet dan tahan lama yakni bisa dengan melakukan service rutin dan berkala di bengkel resmi.

Sebab, proses ini juga akan memicu daya tahan umur pada aki mobil menjadi kian lebih lama karena terawat dengan sangat baik.

Umur Aki Mobil

Di bawah ini adalah informasi mengenai usia atau daya tahan umur aki mobil yang perlu untuk Anda ketahui dan pahami yang mana dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Usia Aki Mobil

Umur Aki Mobil Berdasar Pemakaian

Umur aki mobil yang pertama yakni bisa didasarkan atas pemakaian aki. Pemakaian yang kurang tepat dan mobil yang jarang digunakan umumnya justru akan membuat aki pada mobil menjadi cepat rusak atau soak.

Bukan tanpa alasan mengingat pengisian daya aki akan terjadi saat mesin mobil dalam keadaan menyala. Sehingga, jika mobil jarang dihidupkan atau dinyalakan maka pengisian daya aki juga bakal semakin jarang.

Justru, mobil yang lebih sering digunakan untuk menempuh jarak jauh dipastikan bakal lebih awet. Hal ini tentunya tak lepas dari proses pengisian aki yang akan berlangsung lebih lama sehingga kondisi aki selalu dalam kondisi full charged.

Umur Aki Mobil Berdasarkan Beban Kelistrikan

Kebutuhan listrik pada mobil tentu saja akan berpengaruh kuat pada penentuan usia atau umur aki mobil.

Dengan kata lain bahwa jika beban kelistrikan semakin bertambah berat maka secara otomatis kebutuhan daya dari aki mobil menjadi lebih besar yang memicu keadaan power yang cepat kosong.

Maka dari itu, tak bisa dipungkiri bahwa diperlukan kapasitas daya aki yang lebih tinggi untuk menanggulangi hal tersebut supaya umur aki mobil mampu bertahan lebih lama.

Umur Aki Mobil dari Frekuensi Pemakaian

Di sisi lain, umur aki mobil sendiri juga sangat disesuaikan dengan frekuensi pemakaian mobil itu sendiri.

Pemakaian mobil yang lebih sering, misal digunakan untuk menempuh jarak jauh memang membuat aki menjadi lebih awet. Karena, sirkulasi daya atau kapasitas power pada aki mobil menjadi terisi terus seiring mesin dinyalakan.

Akan tetapi, hal ini juga sangat riskan terhadap kondisi suhu pada aki yang kemungkinan membuat suhu pada aki mobil menjadi panas atau berkurang air akinya.

So, tak heran jika frekuensi penggunaan atau pemakaian mobil juga sangat berpengaruh kuat pada umur aki mobil.

Umur Aki Mobil Berdasar Rutinitas Perawatan

Sementara itu, perawatan aki pada mobil juga sangat memicu usia atau umur aki mobil. Hal ini tentunya memang sepele namun ternyata sangat penting sekali.

Bukan tanpa alasan, karena dengan selalu menerapkan perawatan rutin pada aki mobil, tentu saja akan membuat kondisi aki menjadi lebih bersih dan terhindar dari kotoran yang menumpuk, pemicu kerusakan.

Jadi, sudah sangat jelas sekali bahwa perawatan mendasar yang rutin dilakukan dalam memelihara aki mobil menjadi faktor sepele yang juga berpengaruh pada daya tahan dari aki mobil itu sendiri.

Umur Aki Dilihat dari Masa Pakai

Tak hanya itu saja, seperti yang sudah disinggung di atas bahwa umur aki mobil juga ditentukan oleh usia atau masa pakai sesuai prosedur pabrik.

Ini tentu merupakan hal yang wajar karena aki bukan komponen yang bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama. Sebab, aki memiliki peran sebagai penyuplai daya yang sudah pasti dilakukannya secara terus menerus.

Sebagaimana diketahui pada umumnya bahwa masa pakai aki mobil sendiri berbeda-beda. Akan tetapi, kebanyakan antara 1 tahun hingga 2 tahun pemakaian dengan catatan penggunaan mobil dalam kondisi normal.

Masa Pakai Aki Mobil

Umur aki mobil yang telah Mas Sena jelaskan di atas sudah barang tentu akan menjadi sebuah informasi penting bagi Anda para pemilik mobil. Baik mobil dalam kondisi baru, terlebih mobil bekas.

Oleh sebab itu, pengenalan mengenai faktor atau latar belakang yang mempengaruhi umur aki mobil di atas, setidaknya bisa menjadi pertimbangan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian.

Nah, sepertinya cukup sampai di sini dulu ya kawan. Mas Sena berharap semoga informasi terbaru mengenai umur aki mobil yang telah Mas Sena jelaskan tersebut bisa membawa manfaat. Sekian dan sampai berjumpa lagi ya.

Bagan