Waspada! Ini Ciri Kaki-Kaki Mobil Sudah Rusak

Salah satu perawatan mobil adalah dengan menjaga kondisi kaki-kakinya. Berikut, tanda-kaki-kaki mobil mulai bermasalah

Ciri Kaki-Kaki Mobil Sudah Rusak – Melakukan perawatan mobil secara rutin agaknya menjadi hal penting yang tak bisa ditinggalkan begitu saja.

Berbagai langkah wajib sudah barang tentu harus dilakukan untuk menjaga setiap komponen dari masalah dan kerusakan.

Salah satu komponen yang wajib mendapat perhatian lebih terletak di sektor kaki-kakinya. Yang mana, meski potensi kerusakan kecil namun tak menutup kemungkinan ada gejala yang mengindikasikan ada kendala.

Oleh sebab itu, Anda harus terus memperhatikan bagaimana kondisi kaki-kaki mobil. Karena, ada beberapa rangkaian yang tersambung dalam satu kesatuan rangkaian yang bila terjadi kendala pada salah satunya bisa merusak bagian lain.

Ciri Kaki Kaki Mobil Sudah Rusak

Di sisi lain, sektor kaki-kaki di sini memegang peranan penting yang tentu saja akan sangat banyak sekali berpengaruh pada mobil Anda.

Nah, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin sebagai langkah preventif untuk meminimalisir masalah.

Salah satunya dengan mengenal berbagai ciri kaki-kaki mobil sudah rusak dengan berbagai gejala dan tanda yang bisa Anda ketahui.

Tanda Kaki-Kaki Mobil Bermasalah

Masalah pada kaki-kaki mobil biasanya tak akan terasa tanpa ada pengecekan. Namun, masalah akan terlihat ketika kaki-kaki sudah rusak parah. Nah, untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan pencegahan dengan mengenali ciri-ciri kerusakannya.

Perbaikan Kaki Kaki Mobil

Posisi Pergerakan Roda Mulai Tidak Presisi/Berubah

Ciri pertama yang sangat berpotensi sebagai indikasi jika ada masalah pada bagian kaki-kaki adalah adanya pergerakan arah roda ban yang mengalami perubahan.

Untuk mengetahuinya, bisa dengan cara mengendarai mobil terlebih dahulu. Nah, pada saat Anda berkendara tiba-tiba merasakan roda tak stabil.

Atau, dengan kata lain seperti ada gerakan ke kiri dan kanan, serta seperti perasaan mobil melayang diikuti setir yang terasa liar itu menjadi sebuah pertanda bahwa ada kerusakan pada tie rod mobil.

Perlu untuk Anda sampaikan bahwa pada mobil dengan sistem kemudi rack and pinion, sektor atau bagian tie rod end menjadi salah satu komponen yang paling mudah mengalami gangguan.

Maka dari itu, bilamana Anda merasakan arah roda berubah saat mengendarai mobil, itu artinya perlu melakukan pengecekan pada tie rod.

Permukaan Ban Mulai Menipis

Di satu sisi, hal lain yang turut serta menjadi salah satu pertanda bila ada masalah pada kaki-kaki mobil, bisa dilihat dari bagian permukaan tapak ban mobil itu sendiri.

Tapak ban yang mulai menipis dan terkikis seperti ini tentu saja dipicu karena adanya masalah pada shockbreaker.

Selain itu, dampak yang akan timbul bila ada masalah pada shockbreaker yang merupakan bagian dari kaki-kaki itu sendiri potensi kebocoran oli menetes keluar juga besar.

Jadi, bilamana tapak ban mobil mulai tampak tipis dan terkikis sebelah maka itu pertanda bahwa kondisi kaki-kaki mobil tidak presisi sebagaimana mestinya.

Jika dibiarkan maka justru akan berdampak buruk pada shockbreaker dan ban mobil itu sendiri yang lama-kelamaan akan mengalami kerusakan lebih parah.

Muncul Suara Berdecit dari Kaki-Kaki

Kemudian, pertanda lain yang bisa menjadi indikasi bahwa kaki-kaki mobil mulai rusak bisa diketahui dari adanya suara dari kaki-kaki.

Biasanya, suara tersebut disebabkan karena roda mobil yang bergoyang sebagai dampak dari adanya masalah di bagian ball point.

Jika ball joint sudah mulai aus dan tak layak pakai maka sudah pasti akan memicu suara berbunyi kletek-kletek dari kaki-kaki mobil.

Selain muncul bunyi, biasanya roda mobil juga akan ikut bergoyang ketika melewati medan jalan yang tidak rata.

Bila dibiarkan saja maka akan berdampak pula pada setir kemudi mobil yang menjadi tidak stabil saat dikendarai. Sehingga, bisa mengancam keselamatan berkendara.

Maka, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel khusus kaki-kaki mobil untuk diperbaiki lebih jauh agar tidak muncul masalah baru.

Tanda Kaki Kaki Mobil Mulai Rusak

Mobil Terasa Limbung ketika Melewati Tikungan Tajam

Ciri kaki-kaki mobil mengalami permasalahan juga bisa diketahui ketika Anda melewati tikungan.

Yang mana, mobil akan terasa seperti limbung ketika melalui tikungan. Apalagi tikungan yang tajam seperti di area perbukitan atau pegunungan.

Kondisi ini disebabkan karena salah satu komponen di dalam rangkaian kaki-kaki mobil mengalami kendala, yakni pada bushing, stabilizer, dan jugaswing arm yang mana memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan gerakan kendaraan.

Biasanya, mobil akan terasa seperti melayang bila komponen ini mengalami kerusakan. Sehingga, akan berbahaya bila dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya perbaikan.

Spooring Alami Perubahan

Di sisi lain, salah satu tanda lain yang mencirikan bila ada masalah di sektor kaki-kaki mobil bisa diketahui dari spooring mobil yang mengalami perubahan.

Dimana, arah sudut spooring tampak berubah saat service spooring meskipun sudah beberapa kali dilakukan penyelarasan di bengkel khusus kaki-kaki.

Jika hal demikian terjadi maka itu menandakan bahwa kaki-kaki mobil mengalami masalah yang cukup serius.

Bila sudah terjadi hal demikian maka salah satu solusi terbaik adalah dengan mengganti kaki-kaki mobil itu sendiri yang sudah barang tentu akan membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Velg Retak dan Penyok

Tanda lain yang bisa Anda ketahui dan kenali adalah velg mobil yang tampak retak dan penyok pada beberapa bagian.

Memang tak selamanya kondisi velg yang retak seperti ini menjadi ciri jika ada masalah pada kaki-kaki.

Namun, juga tak tertutup kemungkinan bila itu menjadi sebuah penyebab permasalahan yang sudah barang tentu berkaitan erat dengan kaki-kaki mobil itu sendiri.

Bilamana sudah terjadi hal yang demikian maka Anda sebagai pemilik mobil diharapkan sebisa mungkin untuk bertindak cepat dengan melakukan penggantian velg ke komponen baru atau memperbaikinya di bengkel yang melayani repair velg.

Mengingat, bila tidak dengan segera mendapatkan perbaikan maka velg yang mengalami retak atau penyok tersebut berpotensi memicu kendali mobil menjadi tak stabil dan sangat membahayakan pengemudi maupun para penumpangnya.

Cara Merawat Kaki Kaki Mobil

Setelah mengetahui apa saja ciri atau tanda yang tersebut di atas maka salah satu hal yang perlu untuk Anda lakukan adalah penanganan. Yakni dengan cara melakukan pengecekan secara mendalam di bengkel khusus kaki-kaki mobil.

Dengan demikian maka akan sesegera mungkin kaki-kaki mobil tersebut mendapatkan perbaikan oleh ahli mekanik.

Terlepas dari itu, dari berbagai tanda di atas, salah satu ciri yang benar-benar perlu mendapat perhatian lebih adalah jika Anda merasa limbung saat mobil berbelok di tikungan, roda bergoyang, dan terasa arah roda mengalami perubahan dari posisi semula.

Karena, ketiga masalah tersebut cenderung merujuk pada kendala yang terjadi di bagian kaki-kaki mobil itu sendiri.

Bila Anda sudah merasa hal itu terjadi berulang kali maka jangan tunggu lama lagi. Segera lakukan perbaikan secara intensif ke bengkel kaki-kaki mobil.

Nah, oke kawan. Sekiranya itulah tadi berbagai macam tanda atau ciri kaki-kaki mobil sudah rusak yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua dan sampai berjumpa lagi.

Bagan