Waspada! Kenali Penyebab AC Mobil Mulai Tidak Dingin

Mengenali faktor penyebab kenapa AC mobil tidak mampu mendinginkan ruangan kabin mobil

AC Mobil Tidak Dingin – Secara fungsi, keberadaan AC pada mobil memang sangat dibutuhkan sebagai pengatur kestabilan suhu dalam kabin mobil agar selalu sejuk meski dalam kondisi panas.

Maka tak bisa dipungkiri jika setiap pemilik mobil wajib merawat sektor komponen AC mobil agar nantinya perjalanan menjadi lebih nyaman dengan suhu dingin yang menyegarkan.

Namun, dari berbagai kasus, ada beberapa faktor yang seringkali menjadi penyebab AC mobil tak sanggup mendinginkan ruang kabin mobil.

Hanya saja, tidak semua orang mengenali apa saja yang menyebabkan AC mobil tersebut tidak dingin. Sehingga, diperlukan langkah tertentu untuk meraba dimana letak kerusakan yang membuat AC tak mampu beroperasi.

Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin

Pasalnya, jika AC mengalami kerusakan sedikit saja tanpa ada proses perbaikan, jelas akan berpengaruh ke komponen lain yang berkaitan erat dengan sistem AC.

Oleh karenanya, jika Anda mulai ada sedikit masalah pada AC, misalnya ditunjukkan dengan AC mobil yang mulai tak mampu mendinginkan ruangan kabin maka segera cari tahu penyebabnya.

Nah, terkait soal itu, berikut Mas Sena akan memberikan info mengenai beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang perlu untuk Anda cermati.

Penyebab AC Mobil Tak Mampu Keluarkan Hawa Dingin

Sebagaimana diketahui bahwa ada beberapa faktor pemicu yang membuat AC mobil tak mampu mendingkan kabin mobil. Adapun penyebabnya adalah sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kenapa Ac Mobil Tidak Dingin

Adanya Masalah pada Magnetic Clucth

Penyebab pertama yang sering menjadi masalah tentu saja bisa jadi karena kerusakan di sektor magnetic clutch.

Biasanya, tanda jika magnetic clucth mengalami kerusakan akan dicirikan dengan kompresor AC mobil yang sama sekali tidak berputar.

Nah, untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pengecekan di area spul saat mesin mobil dihidupkan.

Biasanya, jika spull sudah tak layak digunakan karena terbakat atau masa pakai yang sudah lewat maka akan membuat spul kompresor tidak bisa berputar.

Freon AC Habis

Selain itu, penyebab AC mobil tidak dingin bisa juga dikarenakan volume freon yang mulai menipis atau bahkan sudah mulai habis.

Namun, perlu Anda cek juga kenapa freon AC mobil tersebut habis. Bisa jadi berkurangnya freon AC dikarenakan adanya kebocoran pada sistem AC mobil.

Maka dari itu, Anda harus bisa benar-benar memastikan kenapa freon AC habis. Mengingat, jika memang terjadi kebocoran maka Anda perlu mencari dimana letak titik kebocoran tersebut terlebih dulu.

Jika freon habis karena memang belum diisi maka segera isi freon AC mobil agar nantinya mampu memberikan efek rasa dingin di dalam ruang kabin mobil.

Radiator AC Mulai Kotor

Tak sedikit juga, penyebab AC mobil tidak dingin karena radiator AC yang kotor akibat debu. Parahnya lagi, jika sudah dibiarkan lama, debu pada radiator bukan hanya membuat AC tidak dingin tapi juga mengalami karat khususnya pada mesin.

Pembuangan suhu panas tidak optimal serta memaksa Freon untuk bekerja lebih tinggi dan khawatir berdampak pada performa kondensor.

Oleh karenanya, tak salah jika Anda sesekali membawa mobil ke bengkel khusus AC mobil untuk memberikan treatment khusus pada AC sehingga kotornya radiator AC mobil pun bisa dibersihkan saat Anda membawanya ke salon khusus AC mobil.

Di sini jelas penting sekali sebagai salah satu upaya efektif guna mencegah atau mengatasi AC mobil yang tidak dingin karena masalah pada radiator AC yang jarang dibersihkan sehingga menimbulkan kotoran yang menumpuk.

Ac Mobil Tidak Sejuk

Ada Masalah pada Cooling Fan

Sementara itu di aspek lain, komponen yang menjadi penyebab terjadinya masalah AC yang tidak dingin karena adanya problem di bagian cooling fan.

Bukan tanpa sebab mengingat cooling fan di sini sangat berkaitan erat dengan kondensor, terutama saat proses pembuangan suhu panas keluar.

Perlu untuk Anda pahami bahwa dalam hal ini memang biasanya putaran motor fan sendiri akan melemah terlebih dulu sebelum akhirnya mati sepenuhnya.

Bila kondisi ini terus-terusan terjadi dan dibiarkan saja maka pembuangan panas dari kondensor dipastikan bakal mengalami gangguan sehingga tak heran jika nantinya akan berpengaruh pada kabin mobil yang terasa kurang dingin.

Oleh sebab itu, dalam hal ini memang agaknya sangat penting bagi Anda untuk mengecek kinerja Motor Fan, apakah berfungsi dengan baik, melemah atau malah mati sepenuhnya.

Adanya Masalah di Bagian Thermostat

Kemudian, penyebab lain yang juga sering berpotensi membuat AC mobil sama sekali tidak dingin, bisa jadi karena adanya gangguan pada komponen thermostat.

Bukan tanpa sebab mengingat dalam soal ini, komponen thermostat sendiri memiliki fungsi sebagai sensor untuk mengenali adanya perubahan suhu secara berkala yang mana nantinya akan disambungkan ke bagian amplifier.

Data yang telah dikirimkan oleh sensor dari thermostat tersebut jelas dipastikan bakal menjadi indikator bagi kompresor untuk mengatur seberapa besar proses pendinginan yang diperlukan untuk memberikan hawa sejuk dalam kabin.

Nah, jika bagian thermostat ini bermasalah maka sudah jelas dan pasti kompresor pun tak akan mampu mendapatkan data informasi dari sensor sehingga AC mobil tidak bisa berjalan atau beroperasi sebagaimana mestinya.

Oleh sebab alasan tersebut maka sangat penting bagi Anda untuk selalu rutin melakukan pengecekan berkala, terutama di bagian thermostat.

Pasalnya, thermostat di sini sangat berpengaruh sekali terhadap sistem kerja AC mobil otomatis untuk menjamin proses pendinginan suhu sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, tak ayal bila perawatan thermostat di dalam sistem AC mobil menjadi begitu vital dan penting.

Kabin Kurang Bersih

Siapa sangka, ternyata kondisi kabin yang kotor pun juga sangat berpengaruh pula pada AC Mobil yang tak bisa mendinginkan ruangan kabin itu sendiri.

Sebab, dalam proses sirkulasi AC mobil, tentu saja udara di dalam kabin yang panas akan disedot oleh AC untuk diubah menjadi udara yang lebih sejuk.

Hanya saja, karena kabin kotor dan berdebu maka akan banyak debu atau kotoran yang masuk di dalam sistem AC mobil sehingga akan menganggu atau bahkan berpengaruh pada sistem AC mobil itu sendiri.

Dengan demikian, meski bukan menjadi penyebab langsung, tentu saja menjaga kebersihan kabin dari debu adalah hal penting demi menjaga sirkulasi AC mobil menjadi lebih lancar.

Ac Mobil Tidak Keluar Dingin

Setelah memahami beberapa hal di atas, tentu saja Anda sudah mengenali apa saja dan dimana letak masalah yang pada umumnya menjadi penyebab terjadinya AC mobil yang tak dingin.

Disisi lain, untuk menjaga AC mobil pun Anda juga hrus secara rutin melakukan perawatan pada AC mobil Anda agar kebersihan dan kerusakan awal bisa terdeteksi sehingga bisa langsung diperbaiki.

Oke kawan, tampaknya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena mengenai topik penyebab AC mobil tidak dingin yang dipicu oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan sistem rangkaian AC. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan