Harga TVS Apache RR 310, Review, Spesifikasi & Gambar Agustus 2018

Harga TVS Apache RR 310 dan Spesifikasi – Jalin kerjasama dengan BMW Motorrad, TVS India pun akhirnya berhasil merancang motor sport full fairing dengan nama TVS Apache RR 310.  Model yang resmi diperkenalkan pada Desember 2017 lalu tersebut kabarnya dikembangkan dengan menggunakan basis milik BMW G310R. Selain itu, menurut kabar yang beredar, motor yang menyasar di segmen super sport premium ini awalnya berwujud konsep Akula 310 yang sebelumnya pernah dipamerkan pada tahun 2016 lalu. Bahkan, desain pada model dari TVS Apache RR 310 ini pun terlihat banyak dipengaruhi model konsep, terutama pada bagian fairing dan tameng kaca depan atau windshield. Dengan begitu, kesan sporty pun tampak begitu kentara pada motor buatan TVS yang satu ini. Tentunya, sebagai motor premium, TVS Apache RR 310 memiliki sejumlah keunggulan yang bisa memikat hati para konsumen.

TVS Apache RR 310

Terkait dengan kelebihan yang dimiliki TVS Apache RR 310, motor yang resmi diluncurkan di Chennai, India tersebut bakal menjadi penantang para kompetitornya. Hal itu pastinya tak lepas dari konsep desain yang mengedepankan gaya sporty khas MotoGP. Sehingga, membuat tampilannya pun sangat gagah dan elegan. Di samping itu, tak lupa juga bahwa jantung pacu dari TVS Apache RR 310 ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 312.2 cc dengan silinder tunggal yang diklaim memiliki power sama dengan varian BMW G310R. Tak sampai di situ saja, bahkan beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan pada motor sport full fairing garapan TVS ini untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Sebut saja seperti pengereman ABS yang pastinya akan memberikan kualitas pengereman lebih sempurna. Lantas, apa saja sih kecanggihan yang dimiliki motor sport buatan pabrik asal India ini? Lebih jelasnya, simak saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga TVS Apache RR 310 berikut ini.

Motor TVS Apache RR 310

Review TVS Apache RR 310

Desain

Desain Sporty dan Proporsional Bergaya Khas MotoGP

Mengawali pembahasan kali ini, Mas Sena akan mulai pada sisi eksterior fisik dari spesifikasi TVS Apache RR 310. Nah, jika menilik dari sisi tampilan fisiknya, memang motor sport buatan pabrik asal India yang satu ini tampak begitu gagah dan stylish. Hal itu tentu juga tak bisa lepas dari konsep yang diadopsi dari BMW G310R. Dimana, hal tersebut menjadikan TVS Apache RR 310 ini terkesan memiliki desain yang tak berbeda jauh dengan motor sport buatan BMW tersebut. Dari sektor depan, pun bisa dilihat bagaimana desain headlamp berteknologi LED yang dibuat begitu elegan dengan bentuk yang sangat modern khas MotoGP masa kini. Kemudian, windshield atau tameng kaca pun juga turut disematkan sebagai pelindung pengemudi dari terpaan angin. Di sisi lain, pada bagian samping pun juga tampak disematkan full fairing besar dengan gaya sporty yang begitu khas sehingga membuatnya terkesan lebih elegan dan mewah. Di samping itu, TVS Apache RR 310 ini pun juga mengusung tangki bahan bakar besar yang berkapasitas 11 liter yang mana diikuti dengan jok depan dengan alur bertingkat meruncing ke belakang sehingga memberikan kesan yang begitu gagah dan menawan. Tak sampai di situ saja, pada bagian buritannya pun juga terlihat sebuah lampu belakang mewah dengan teknologi LED yang dibuat dengan bentuk tajam. Tentu, secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa sektor eksterior atau tampilan fisik pada spesifikasi TVS Apache RR 310 ini cukup mewah dan terkesan begitu sporty bak Moto GP Series.

Spesifikasi TVS Apache RR 310

Speedometer

Speedometer Unik dengan Tampilan Panel Digital yang Canggih dan Informatif

Di sisi lain, tampak juga bahwa ada daya tarik tersendiri di sektor speedometer dari spesifikasi Apache RR 310. Bagaimana tidak? Mengingat, kali ini pihak TVS telah mengusung speedometer dengan konsep yang berbeda dari kebanyakan motor sport. Dimana, pabrikan yang bermarkas di India tersebut bakal menghadirkan instrumen indikator yang tersematkan pada sebuah dashboard dengan bentuk vertikal. Sehingga, tampak mengesankan bahwa motor ini anti mainstream. Di sisi lain, kaitannya dengan instrumen indikator, kali ini TVS Apache RR 310 akan mengusung panel full digital yang akan menampilkan beberapa informasi penting. Di antaranya yaitu setup panel, kecepatan Km/jam, jarak yang sudah ditempuh, rpm dalam mode garis vertikal, panel indikator bahan bakar, indikator oli mesin, dan posisi gear. Di bagian atas panel digital tersebut juga terdapat beberapa lampu indikator, seperti lampu netral, indikator lampu pengisian bahan bakar, ABS System, dan indikator lampu sein. Melihat secara keseluruhan, sepertinya terlihat jelas bahwa panel indikator atau speedometer yang dibawa spesifikasi TVS Apache RR 310 ini terbilang mumpuni, canggih, dan tentunya lebih modern.

Spesifikasi Motor TVS Apache RR 310

Dimensi

Motor Sport Full Fairing dengan Dimensi Proporsional Usung Rangka Trellis nana Gagah

Beranjak ke segmen lain, pada sesi kali ini kita akan bahas mengenai dimensi pada spesifikasi TVS Apache RR 310. Sebagaimana dengan konsep tampilan eksteriornya yang mengedepankan gaya sporty, tentunya hal tersebut tak lepas dari dimensinya mengingat sektor ini sebagai bagian pembentuk rangka bodi yang membuat tampilannya terkesan gagah dan elegan. Terkait hal tersebut, perlu diketahui bahwa TVS Apache RR 310 ini akan mengusung rangka Trellis dengan tipe Split Chassis yang dipastikan sanggup kokoh namun tetap ringan. Selain itu, rangka yang diusungnya tersebut dibentuk dengan ukuran dimensi proporsional berukuran 2001 x 786 x 1135 mm dengan wheelbase atau jarak sumburoda 1365 mm. Melihat struktur dimensi pada TVS Apache RR 310 tersebut, tentunya tak heran jika motor sport full fairing ini memiliki tampilan yang sangat elegan dan pas. Di sisi lain, TVS pun juga merancang motor ini dengan ground clearance setinggi 180 mm yang mana dirasa cukup tinggi sehingga akan memudahkan pengendara dalam mengendalikan laju motor ini di medan jalan. Sementara itu, untuk tinggi tempat duduknya terbilang cukup tinggi dengan ukuran 810 mm. Meski terbilang tinggi, namun sudah sesuai dengan postur tubuh mayoritas orang Asia. Hanya saja, bagi pengendara dengan postur yang tak terlalu tinggi maka akan kesulitan dalam mengendalikan keseimbangan motor ini, terutama saat berhenti di lampu hijau. Yang jelas bahwa sisi dimensi pada spesifikasi TVS Apache RR 310 ini terbilang sangat mapan dan mumpuni di kelasnya.

Review TVS Apache RR 310

Suspensi

Keseimbangan Terjamin Berkat Kaki-Kaki Kokoh yang Mengusung Suspensi Handal

Mengacu atas dimensinya yang cukup proporsional tersebut, maka pada spesifikasi TVS Apache RR 310 ini juga akan dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh nan gagah demi kenyamanan dalam berkendara. Maka dari itu, dalam hal ini diketahui bahwa TVS dipastikan bakal membekali motor sport premium besutannya ini dengan kaki-kaki kuat. Dimana, pada bagian kaki-kakinya tersebut, TVS Apache RR 310 akan mengandalkan suspensi handal berupa Inverted Cartridge Telescopic Fork yang disematkan di bagian depan dan Two Arm Aluminium Swingarm Mono Tube yang sudah dilengkapi piston gas pada bagian belakang. Tentu saja, dengan bakalan kedua suspensi tersebut maka keseimbangan maupun goncangan saat melalui jalanan tak rata akan diredam secara sempurna. Sehingga, akan membuat pengemudi merasa jauh lebih nyaman dalam berkendara. Tak hanya itu, pada bagian kaki-kakinya tersebut, TVS Apache RR 310 pun juga akan dilengkapi velg sporty 17 inci yang mana akan dibalut ban tubeless. Untuk bagian velg depan dibalut ban berukuran 110/70-R17 M/C 54H, sedangkan untuk velg belakang dibalut ban yang memiliki ukuan lebih besar, yakni 150/60-R17 M/C 66H. Tak sampai di situ saja, bahkan untuk menunjang keselamatan, spesifikasi TVS Apache RR 310 ini akan dipersenjatai rem handal berupa cakram tunggal dengan teknologi ABS sehingga akan mampu menahan laju motor secara lebih sempurna dan terhindar dari kecelakaan.

Harga Motor TVS Apache RR 310

Mesin

Jantung Pacu Handal dengan Mengusung Mesin Silinder Tunggal Kapasitas 312.2 cc Berpendingin Cair

Nah, kini sampailah kita pada sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi TVS Apache RR 310. Segmen jantung pacu pada motor sport full fairing ini memang menjadi salah satu topik yang cukup membuat kita penasaran. Dimana, menurut informasi yang Mas Sena dapatkan, diketahui bahwa nantinya TVS Apache RR 310 ini akan dipersenjatai komponen mesin pacu canggih dan handal. Hal itu bisa dilihat dari bakalan mesin tipe SI 4 langkah dengan silinder tunggal yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 312.2 cc Reverse Inclined dan bersistem pendingin cair (Liquid Cooled). Mesin handal yang diusung oleh motor sport buatan TVS tersebut pun juga nantinya sanggup menyemburkan power super maksimum hingga 25 kW per 9700 rpm (34 Ps per putaran 9700 rpm) dan mampu mencapai titik torsi maksimal hingga 27.3 Nm per putaran ke 7700 rpm. Dengan tenaga besar tersebut tentunya akan memberikan performa yang sangat handal dan gahar. Apalagi, kali ini TVS Apache RR 310 ini bakal mengandalkan sistem injeksi Bosch Closed Loop EFI yang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi jauh lebih irit dan efisien. Sementara itu di satu sisi, tak lupa juga bahwa motor sport garapan pabrik asal Negeri Hindustan ini juga akan mengusung transmisi 6 percepatan sehingga wajar jika performa yang dihasilkannya sangat handal dan mumpuni. Tentu saja, sektor mesin pada spesifikasi Apache RR 310 ini menjadi segmen yang tak bisa dipandang remeh begitu saja mengingat hasilnya yang begitu handal.

Fitur

Berbekal Fitur Canggih dan Fungsional

Tak cukup hanya performanya saja melainkan bahwa spesifikasi TVS Apache RR 310 ini akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik dan modern. Fitur-fitur tersebut nantinya akan dihadirkan pada motor sport full fairing ini guna menunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya yaitu sektor rem dimana kali ini TVS Apache RR 310 dipastikan bakal mengusung teknologi rem ABS yang akan sanggup mencegah terjadinya ban tergelincir saat rem mendadak. Kemudian, tak lupa juga bahwa pada bagian dashboard pun juga turut disematkan beberapa panel indikator modern. Dimana, TVS telah mengandalkan panel full digital yang sangat informatif dan canggih. Sementara itu, untuk melindungi pengendara dari terpaan angin saat melaju kencang maka TVS Apache RR 310 ini pun akan mengusung wind shield yang cukup tinggi dan fungsional. Di sisi lain, beberapa keunggulan lain dari motor ini juga mulai tampak, seperti penggunaan lampu berteknologi LED yang siap memancarkan cahaya secara lebih maksimal. Dengan begitu maka jelas jika fitur-fitur yang disematkan pada spesifikasi TVS Apache RR 310 ini cukup canggih, handal, dan tentunya sangat fungsional.

Spesifikasi TVS Apache RR 310

Mesin
Tipe Mesin Silinder Tunggal, 4-Stroke, 4-Valve, Reverse Inclined DOHC, SI Engine
Kapasitas 312.2 cc
Tenaga ([email protected]) 34 PS @ 9700 rpm
Torsi ([email protected]) 27.3 Nm @ 7700 rpm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Bahan Bakar Bensin
Transmisi CVT
Kapasitas Tangki 3,6 Liter
Dimensi
Panjang 2.001 mm
Lebar 786 mm
Tinggi 1.135 mm
Berat Kosong 160.5 kg
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Kaki-kaki
Tipe Rangka Frame Trellis
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc
Ban Depan 110/70-R17 (Tubeless)
Ban Belakang 150/60-R17 (Tubeless)
Suspensi Depan Inverted Cartridge Telescopic Fork
Suspensi Belakang Two Arm Aluminium Die-Cast Swing Arm, Mono Tube, Floating Piston Gas Assisted Shock Absorber

Harga TVS Apache RR 310

Beralih pada segmen terakhir, selanjutnya Mas Sena akan membahas soal harga TVS Apache RR 310. Memang, sebagaimana pada penjelasan di atas, motor tangguh hasil kolaborasi antara TVS India dengan BMW Motorrad ini hadir dengan ragam keunggulan yang tak bisa diremehkan begitu saja. Dari segi desain fisik saja sudah tampak bagaimana pihak pabrikan membangun konsep TVS Apache RR 310 ini dengan desain full fairing yang sangat sporty dan terkesan gagah. Tak hanya itu, jantung pacunya pun juga sangat mumpuni dengan mengandalkan mesin silinder tunggal berkapasitas 312.2 cc Liquid Cooled yang membuatnya mampu memberikan tenaga maupun torsi gahar layaknya G310 milik BMW. Begitu juga dengan fitur-fiturnya yang begitu fungsional dan canggih. Sehingga, tak ayal membuat harga TVS Apache RR 310 ini menjadi mahal.

Harga TVS Apache RR 310

Harga TVS Apache RR 310 Tebaru

Nah, berkaitan soal nominal harga TVS Apache RR 310, perlu dipahami bahwa untuk sebenarnya motor ini sudah tersedia di sejumlah dealer resmi TVS di India sejak akhir tahun 2017 lalu. Dimana, menurut informasi yang Mas Sena dapatkan, dilaporkan bahwa harga TVS Apache RR 310 ini bakal dibanderol seharga INR 2,05 lakhs. Angka tersebut jika dikonversikan ke nilai tukar rupiah, setara dengan Rp 43 jutaan. Kisaran banderol yang menurut Mas Sena cukup sepadan jika membandingkannya dengan spesifikasi yang dibawanya. Dari informasi harga TVS Apache RR 310 tersebut, apakah ada niatan dari kawan-kawan untuk membelinya?

Harga TVS Apache RR 310
Rp. 43.000.000,-

Jika memang dengan harga TVS Apache RR 310 tersebut kawan-kawan ingin berminat meminangnya, ada satu hal yang perlu diketahui. Bahwa, banderol yang Mas Sena sebutkan di atas adalah harga jual di negara asalnya, India. Sehingga, sangat dimungkinkan sekali jika harga tersebut akan berbeda untuk sejumlah negara lainnya, termasuk Indonesia. Belum lagi, di Indonesia sendiri, kemungkinan TVS Apache RR 310 akan dibanderol dengan angka yang jauh lebih tinggi. Bukan tanpa alasan mengingat karena motor ini didatangkan langsung secara utuh atau CBU dari India sebagai barang mewah. Sehingga, bakal terkena regulasi pajak Indonesia yang dinilai cukup tinggi. Namun, semua tergantung pilihan dan keputusan teman-teman. Sekian ulasan mengenai spesifikasi dan harga TVS Apache RR 310. Baca juga review motor sport menarik lainnya dari Mas Sena seperti Honda CBR250RR dan Yamaha R25.

Top