Harga TVS Classic : Review, Spesifikasi & Gambar November 2018

Harga TVS Classic dan Spesifikasi – Meramaikan pasar skutik, TVS Indonesia pun akhirnya resmi meluncurkan TVS Classic dan Ntorq 125 pada ajang Jakarta Fair Kemayoran 2018. Namun, pada pembahasan kali ini, Mas Senat tak akan mengulas kedua skutik tersebut melainkan bakal terfokus pada spesifikasi dari TVS Classic. Dimana, jika kita lihat secara sekilas, gaya desain tampilan dari skutik buatan pabrik asal India ini memang memiliki kemiripan dengan Vespa. Apalagi, produk buatan TVS ini hadir dengan pilihan warna yang polos dengan desain proporsional, bagian belakangnya sedikit menggembung dengan “bokong” bahenol sehingga kesan retro bak Vespa Series pun tampak begitu kentara. Tak hanya itu saja, TVS Classic ini pun juga kabarnya akan dibanderol dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Dengan begitu maka tak heran jika bakal banyak konsumen penggemar skutik yang akan memburu motor buatan TVS ini. Selain itu, kira-kira apa saja ya keunggulan yang dimiliki TVS Classic ini?

TVS Classic

Sebagaimana dengan namanya, TVS Classic sendiri memang hadir dengan konsep yang membawa gaya klasik namun terbalut dengan desain modern masa kini. Hal itu pun bisa dilihat dari beberapa sektor yang dimiliki skutik klasik ini, terutama dari segi desain fisiknya. Melihat dari sisi eksteriornya, memang tampak sekilas bahwa desain skutik buatan pabrik TVS ini memang tampak mirip dengan Vespa Series. Dimana, TVS Classic mengusung konsep desain klasik bergaya khas Eropa yang membuatnya unik. Selain itu, performanya juga handal dan cukup mumpuni berkat membawa mesin silinder tunggal berpendingin cari dari tipe OHC yang berkapasitas 109.7 cc. Sehingga, akan membuat lajunya menjadi cukup maksimal untuk menunjang aktivitas berkendara di perkotaan. Di sisi lain, beberapa fitur yang cukup canggih dan fungsional pun juga turut disertakan pada skutik bergaya klasik ini. Nah, untuk mengenal lebih jauh, mari kita simak saja ulasan lengkap terkait spesifikasi dan harga TVS Classic pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor TVS Classic

Review TVS Classic

Desain

Gaya Desain Berkesan dengan Konsep Klasik Khas Skutik Benua Biru

Mengambil konsep klasik Benua Biru, desain fisik yang diusung spesifikasi TVS Classic ini memang memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak? Jelas dari sisi desain secara keseluruhan, tampak begitu kentara bahwa TVS mengusung sebuah rancangan yang lebih mengedepankan gaya retro khas Vespa Series. Hal itu pun bisa ditelisik dari berbagai sisi pada sektor tampilannya. Mulai dari depan, tampak headlamp Halogen (Multi-reflector Type) modern namun dikemas dalam bentuk yang lebih simple dan proporsional. Kemudian, di atas lampu utama pun juga TVS Classic ini dilengkapi Windshield yang begitu elegan dan stylish serta kaca spion Round-Shaped Full Chrome yang begitu menawan sehingga membuatnya tampak anggun. Lalu, di bagian depannya juga masih tampak lampu sein yang menempel di bagian sisi depan kanan kiri. Kemudian, tampak juga bahwa TVS Classic ini terlihat begitu menarik dengan jok Premium Dual-Tone Seat with Stitching yang semakin mengesankan kesan elegan dan retro-modern. Begitu juga dengan bagian jok belakang yang dilengkapi Backrest berlapis Classy Chrome Pillion Handle. Tak lupa juga pijakan kaki yang cukup minimalis namun fungsional untuk memberikan kenyamanan kaki saat berkendara. Di bagian bodi belakang, terlihat bahwa TVS Classic ini juga memiliki bagian bokong yang sedikit menggembung sebagaimana pada Vespa Series. Nah, untuk sektor belakang terdapat stoplamp yang berteknologi LED sehingga akan memancarkan cahaya yang cukup terang namun tak membuat pengemudi di belakangnya merasa silau. Tentu saja, secara keseluruhan tampak jelas bahwa sektor desain dari spesifikasi TVS Classic ini terlihat begitu anggun dan memiliki kesan retro yang begitu kentara.

Spesifikasi TVS Classic

Speedometer

Dilengkapi Instrumen Indikator Analog Bergaya Klasik nan Elegan

Beralih pada segmen berikutnya, kini Mas Sena juga akan sedikit mengulik spesifikasi TVS Calssic di bagian panel indikator atau speedometernya. Pasalnya, bagian ini juga cukup penting mengingat fungsinya sebagai pemberi informasi terkait dengan kondisi motor saat dikendarai. Dimana, letaknya pada bagian dashboard depan dengan peletakan yang ideal dan desain proporsional. Pada panel indikatornya tersebut, TVS Classic akan mengusung panel analog berdesain modern yang menampilkan informasi berupa speedometer, jarak tempuh, kecepatan Km/jam, indikator bahan bakar, ECO Indicator, Power Indicator, dan beberapa lampu indikator lain, seperti lampu utama/jarak jauh, dan lampu sein. Dengan begitu maka jelas jika sektor instrumen indikator yang diusung spesifikasi TVS Classic ini terbilang cukup informatif sehingga mudah dipahami oleh si pengendara.

Spesifikasi Motor TVS Classic

Dimensi

Skutik Mini dengan Dimensi Ideal Usung Rangka High Rigidity Underbone Type yang Kokoh

Sementara itu di satu sisi, tak lupa juga bahwa pada spesifikasi TVS Classic ini juga hadir dengan dimensi bodi yang terbilang cukup ideal untuk sekelas motor sktuik perkotaan. Pasalnya, jika kita telisik secara lebih mendalam, TVS Classic sendiri akan mengandalkan rangka berupa High Rigidity Underbone Type yang dikenal sangat kokoh namun memiliki bobot yang ringan. Sedangkan untuk ukuran dimensinya sendiri, skutik buatan TVS ini memiliki ukuran 1834 x 650 x 1115 mm dengan jarak sumbu rodanya 1275 sehingga tak heran jika dilihat sekilas, skutik ini terkesan minimalis. Tak sampai di situ saja, meskipun tampak begitu kecil namun jangan salah. TVS Classic yang begitu menggoda dan bergaya retro klasik ini dirancang dengan ukuran jarak terendah tanah setinggi 150 mm yang dinilai cukup pas untuk menunjang aktivitas berkendara di perkotaan yang padat. Tentu saja, dengan struktur rangka kokoh dan dimensinya yang cukup ideal pada spesifikasi TVS Classic tersebut maka tak heran jika pengendaranya akan merasa nyaman.

Review TVS Classic

Suspensi

Skutik Minimalis dengan Kaki-Kaki Kuat

Kehandalan yang ditawarkan spesifikasi TVS Classic ini pun sebenarnya juga bisa kita telusuri pada bagian kaki-kakinya. Sebab, sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa sektor kaki-kaki ini memiliki peranan penting dalam menopang bodi dari motor ini. Oleh sebab alasan tersebut maka dalam hal ini TVS Classic pun hadir dengan mengandalkan suspensi Ø30 Advanced telescopic Suspension di bagian depan dan Gas Charged Monoshock di bagian belakang. Kedua suspensi tersebut digunakan untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara mengingat sudah sesuai dengan ukuran bobot dan menjamin kelancaran ketika melalui jalanan berlubang atau bergeronjal. Di samping itu, masih pada bagian kaki-kaki, TVS Classic ini akan mengandalkan velg racing hitam 12 inci yang akan dilapisi ban Tubeless berukuran 90/90-12 di bagian depan maupun belakang. Dengan demikian maka berkendara pun akan semakin lancar tanpa perlu khawatir ban bocor. Tak hanya itu saja, rem Drum Brake berukuran 130 mm pun disematkan di bagian belakang dan depan plus SBS System yang dipastikan bakal membuat pengendara lebih mudah dalam mengendalikan laju motor. Dengan begitu maka jelas sudah jika sektor kaki-kaki pada spesifikasi TVS Classic ini menjadi salah satu sektor yang cukup mumpuni dan menjadi nilai plus.

Harga Motor TVS Classic

Mesin

Berbekal Jantung Pacu Handal Usung Mesin 109.7 cc OHC Bersilinder Tunggal Berikan Performa Handal

Nah, menginjak pada sektor jantung pacu yang dibawa spesifikasi TVS Classic, sepertinya bakal menjadi topik yang cukup menarik. Sebab, pada segmen ini kita akan menelisik bagaimana pihak pabrikan menyusun rangka mesin pada skutik ini. Pertama, satu hal yang pasti bahwa diketahui TVS Classic ini bakal mengusung mesin silinder tunggal 4 langkah yang mana mengandalkan tipe OHC berpendingin cari dan berkapasitas 109.7 cc. Komponen jeroan tersebut diklaim bakal sanggup memberikan tenaga maksimal hingga 5.88 kw (8 bhp) @ 7500 rpm dan mampu mencapai titik torsi puncak pada 8.4 Nm @ 5500 rpm. Melihat power dan torsi tersebut, Mas Sena berpendapat bahwa skutik ini meski dari sisi desain tampak minimalis dan anggun namun ternyata juga memiliki tenaga yang cukup handal. Tak hanya itu saja, bahkan TVS Classic ini pun juga sudah dilengkapi sistem pembakaran Digital IDI with ignition Map Technology. Sehingga, akan membuatnya semakin lebih ramah lingkungan. So, dengan menilik secara keseluruhan pada sektor jantung pacu dari spesifikasi TVS Classic ini, maka tak heran jika performa yang dihasilkan bakal cukup handal dan gahar.

Fitur

Dilengkapi Ragam Fitur Menarik dan Fungsional

Selain memiliki performa jantung pacu handal, spesifikasi TVS Classic ini pun juga dibekali dengan berbagai fitur menarik dan fungsional. Pertama, untuk memberikan jaminan keselamatan dalam berkendara, TVS telah melengkapi skutik buatannya ini dengan rem handal berteknologi SBS yangsiap memberikan kemudahan bagi pengendara dalam mengendalikan laju motor secara sempurna. Di samping itu, TVS Classic pun juga diketahui telah dilengkapi lampu belakang berteknologi LED yang akan memberikan pancaran cahaya yang cukup terang dan efektif. Tak sampai di situ saja, bahkan skutik ini pun juga sudah dilengkapi dengan bagasi yang memiliki ruang cukup luas mencapai 17 liter dimana diklaim muat helm full face. Selain itu, ada juga charger smartphone, kunci bermagnet untuk keamanan dan dua cantolan kantong belanja di dashboard serta bawah jok. Tak ketingalan, tutup tangki berlokasi di atas lampu belakang, sehingga pengendara tidak perlu turun saat mengisi bahan bakar minyak. Tentu saja, dengan fitur-fitur yang diusung spesifikasi TVS Classic tersebut akan membuat pengendara lebih nyaman dan aman dalam mengemudikan skutik ini.

Spesifikasi TVS Classic

Mesin
Tipe Mesin 4 Stroke, 1 Silinder, Air Cooled, OHC
Kapasitas 109.7 cc
Tenaga Maksimal 5.88 kw (8 bhp) @ 7500 rpm
Torsi Maksimal 8.4 Nm @ 5500 rmp
Pengapian IDI Digital dengan Teknologi Pengapian
Sistem Bahan Bakar Karburator
Jenis Bahan Bakar Bensin
Starter Elektrik
Transmisi CVT
Dimensi
Panjang 1.834 mm
Lebar 650 mm
Tinggi 1.115 mm
Berat Kosong 108 Kg
Jarak Roda 1.275 mm
Ground Clearance 150 mm
Kaki-kaki
Tipe Rangka High Rigidity Underbone Type
Rem Depan Drum
Rem Belakang 130 mm Drum
Ban Depan 90/90 -12 , Tubeless
Ban Belakang 90/90 -12 , Tubeless
Suspensi Depan Ø30 Advanced telescopic Suspension
Suspensi Belakang Gas Charged Monoshock

Harga TVS Classic

Setelah kita memahami spesifikasinya per segmen, kini tiba waktunya mengulas soal harga TVS Classic. Berbicara terkait dengan harga, pastinya juga akan berhubungan atau disesuaikan dengan spesifikasi maupun kecanggihan yang ditawarkannya. Sebagaimana dijelaskan pada uraian segmen di atas, memang jelas bahwa skutik ini hadir dengan mengusung desain bodi klasik layaknya Vespa Series yang begitu anggun dan menawan. Sehingga, tak heran jika skutik ini memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya itu saja, bahkan TVS Classic ini pun juga kabarnya akan mengusung mesin handal berkapasitas 109.7 cc Silinder Tunggal OHC Air-cooled yang siap memberikan tenaga cukup handal dan torsi maksimum yang tak bisa diremehkan begitu saja. Bahkan, beberapa fitur pun juga sudah disematkan untuk menjamin keselamatan, kenyamanan maupun keamanan. Lantas, berapa sih harga TVS Classic ini?

Harga TVS Classic

Harga TVS Classic Terbaru

Resmi diperkenalkan pada ajang Jakarta Fair 2018, harga TVS Classic ini sebenarnya juga sudah diumumkan. Sehingga, kawan-kawan tak perlu bingung menebak-nebak berapa banderolnya. Dimana, harga TVS Classic sendiri kabarnya akan dibanderol senilai Rp 14.9 juta. Banderol yang menurut Mas Sena benar-benar sangat terjangkau untuk sekelas skutik modern bergaya retro. Apalagi, dibekali beberapa keunggulan yang cukup canggih. Dengan begitu maka jelas jika harga TVS Classic tersebut secara tak langsung justru menjadi keunggulan tersendiri mengingat akan menarik para konsumen untuk memboyongnya.

Harga TVS Classic
Rp. 14.900.000,-

Catatan : 

  • Harga motor TVS Classic diatas merupakan harga yang berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Harga TVS Classic mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Di satu sisi, perlu untuk dipahami juga bahwa informasi mengenai harga TVS Classic yang disebutkan di atas merupakan banderol dengan status OTR (On The Road) untuk sektor DKI Jakarta saja. Sehingga, beda daerah atau kota maka akan ada perbedaan harga meskipun selisihnya tak terlalu banyak. Terlepas dari itu, skutik garapan pabrik asal India ini tampaknya memang sudah bisa dipesan atau dibeli di beberapa dealer lokal berbagai daerah. Dengan begitu bagi teman-teman yang berminat untuk membelinya pun bisa mendatangi dealer resmi TVS Motor Company di beberapa daerah. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga TVS Classic yang Mas Sena sajikan. Baca juga review motor matik menarik lainnya dari Mas Sena, seperti Honda Scoopy dan Yamaha Fino.

Top