Harga Vespa GTS 300, Review & Spesifikasi Mei 2017

Harga Vespa GTS 300 dan Spesifikasi – Dengan segala inovasi dan kecanggihannya, PT Piaggio Indonesia telah meluncurkan produk barunya yang bernama Vespa GTS 300. Motor yang resmi diperkenalkan pada 26 September 2016 di Pameran Motoplex lalu itu dihadirkan oleh PT Piaggio Indonesia selaku agen penjualan resminya dengan menggabungkan gaya urban dan gaya petualang yang menjadikan motor Vespa GTS 300 ini menjadi terlihat unik. Selain itu, dengan berbekal bodi besar dan tenaga powerfull, tentu membuat kendaraan asal Italia ini cocok dikendarai dalam kota maupun perjalanan jarak jauh. Maka, tak heran jika skuter ini pun menjadi salah satu jajaran Vespa Series yang cukup banyak diminati para konsumen, tak terkecuali di Indonesia. Di samping itu, dengan diluncurkannya motor Vespa GTS 300 yang satu ini, maka akan semakin memperkaya jajaran keluarga Vespa sekaligus memenuhi keinginan para konsumen, terutama para penggemar Vespa yang menginginkan produk berteknologi modern namun tetap classic. Lalu, kira-kira apa saja sih keunggulan yang dimiliki Vespa GTS 300 ini?

Vespa GTS 300

Vespa GTS 300

Apabila dilihat dari spesifikasi yang diusung Vespa GTS 300, tentu tak perlu dipertanyakan lagi daya pikat dan ketangguhannya. Pasalnya, sejak diproduksi untuk pertama kalinya pada 2003 lalu, dari segi tampilannya pun sudah sangat menarik. Sebab, bentuk bodi dan desainnya terlihat masih mempertahankan gaya klasik sebagai ciri khasnya yang dikombinasikan dengan gaya sporty dan dipertegas dengan garis-garis modern pada bodi Vespa GTS 300 sehingga kesan sporty pun terlihat jelas namun tanpa menghilangkan sisi klasiknya. Tentu, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Selain itu, performanya pun juga tangguh di mana skuter ini dibekali mesin 4 langkah dan berkapasitas 300 cc dengan 4 katup yang siap memberikan tenaga super sehingga cocok dikendarai untuk menempuh perjalanan jauh sekalipun. Tak hanya itu saja, beberapa fitur penunjang pun juga turut disematkan pada Vespa GTS 300 ini. Dengan demikian, tak heran jika motor Vespa tipe ini pun bakal dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Selain itu, masih ada lagi beberapa kelebihan yang dimiliki motor Vespa besutan PT Piaggio tersebut. Apa saja itu? Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga Vespa GTS 300 lengkap yang akan Mas Sena uraikan pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Vespa GTS 300

Review Vespa GTS 300

Desain

Desain Bergaya Klasik Namun Tampilkan Kesan Sporty dan Modern

Pertama, pada ulasan awal ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk berkenalan dengan spesifikasi Vespa GTS 300 pada sektor eksterior atau tampilan fisiknya. Seperti yang sudah disampaikan di atas, tampilan dari motor Vespa ini memang mengusung desain sporty namun tetap mempertahankan gaya klasik yang merupakan ciri khas dari motor Vespa Series. Hal tersebut pun semakin diperkuat dengan beberapa garis bodi Vespa GTS 300 yang cukup lembut dan elegan terbalut pada setiap sisi bodinya. Jika dimulai dari depan, bisa kita lihat head lamp berbentuk bulat dan berbingkai krom dengan lampu sein berteknologi LED yang terpasang pada tedeng depan di samping kanan kiri pun tampak semakin memperkuat gaya klasik khas Vespa. Bahkan, kesan retro pun juga makin diperlihatkan dengan jelas melalui dua buah kaca spion Vespa GTS 300 berbentuk bulat yang terpasang manis pada bagian stangnya. Yang menarik dari motor Vespa ini yaitu adanya port USB pada laci bagian depan yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai dari perangkat elektronik sehingga semakin menunjukkan fungsionalitasnya. Di sisi lain, ketika kita melihat pada sisi samping, tampak pijakan kaki pengemudi Vespa GTS 300 yang lebih luas sehingga akan memberikan ruang gerak kaki pengemudi menjadi lebih lega. Tak tertinggal juga jok yang terbuat dari bahan material berkualitas tinggi siap memberikan kenyamanan kepada para pengemudi maupun penumpangnya dalam berkendara. Bahkan, di bawah jok pun juga disediakan bagasi yang cukup luas mampu menampung 1 buah helm. Di samping itu, untuk tangki bahan bakar Vespa GTS 300 pun juga cukup sebagai bekal ketika menempuh perjalanan jauh mengingat skuter ini memiliki kapasitas tangki bervolume 2.4 Gallon atau setara dengan 9 liter. Tak sampai di situ saja, pada bagian belakang terdapat stop lamp berbentuk kotak yang mampu memberikan cahaya yang cukup terang namun tak akan membuat silau pengendara di belakangnya. Tentu, dengan spesifikasi Vespa GTS 300 pada sektor tampilan eksterior yang tampak klasik dan sporty tersebut maka akan membuat konsumen pun kian terpikat.

Spesifikasi Vespa GTS 300

Speedometer

Dilengkapi Kombinasi Panel Digital dan Analog yang Informatif

Selain tampilannya yang tampak begitu memikat, spesifikasi Vespa GTS 300 ini pun juga mengusung konsep panel indikator bergaya klasik-modern. Konsep tersebut tentu didasarkan atas tuntutan zaman yang semakin modern namun dengan tetap mempertahankan ciri khas klasik yang ada pada setiap motor Vespa. Bahkan, kombinasi dari kedua tipe panel tersebut diperlihatkan dengan mengusung panel analog dan digital. Untuk panel analog Vespa GTS 300, akan menampilkan informasi terkait kecepatan yang dihitung Km/jam dan speedometer dengan background angka serta jarum petunjuk bergaya modern yang semakin memperkuat kesan sporty. Tak hanya itu, pada bagian panel analog ini juga tampak indikator pengaturan pengereman ABS yang. Lalu, untuk panel digital dari Vespa GTS 300 memperlihatkan beberapa info yang diperlihatkan dengan tampilan layar Multi-Function Display di mana pada sektor ini akan ditampilkan informasi mengenai indikator bahan bakar, jarak tempuh atau odometer yang terlihat begitu dinamis dan seimbang. Sehingga, dengan desain dan tampilan kombinasi antara panel digital dan klasik pada spesifikasi Vespa GTS 300 tersebut, dipastikan akan mempermudah setiap pengemudinya dalam memahami atau mengetahui informasi terkait kondisi motor yang ditumpanginya.

Spesifikasi Motor Vespa GTS 300

Dimensi

Dimensi Bongsor dengan Rangka Baja yang Kokoh

Desain menarik dan sporty yang diusung motor besutan pabrik asal Negeri Pizza ini memang tak bisa lepas dari spesifikasi Vespa GTS 300 pada sektor dimensinya. Pasalnya, dimensi merupakan sektor pembentuk bodi yang sangat berpengaruh pada struktur tampilan bodinya. Bahkan, tak ketinggalan juga bahwa dimensi dari motor skuter tersebut juga disokong oleh rangka yang terbuat dari material baja sehingga akan mampu menopang bobot dari motor Vespa ini dengan kokoh. Di sisi lain, untuk ukuran dimensinya sendiri, Vespa GTS 300 ini memiliki panjang 1.930 mm, lebar 755 mm, tinggi tempat duduk 790 mm dengan jarak sumbu rodanya 1.370 mm. Mengetahui ukuran dimensi dari bodinya tersebut tentunya tak heran jika motor Vespa ini memiliki bodi yang bongsor namun memiliki ketinggian yang sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Sehingga, meski bentuknya bongsor, Vespa GTS 300 ini tetap mudah dikendalikan bahkan ketika berhenti di lampu merah sekalipun tanpa harus jinjit. Di samping itu, skuter ini juga memiliki ukuran ground clearance yang cukup pas tetapi untuk kepastian ukuran ground clearance-nya belum diketahui secara pasti. Namun, yang jelas bahwa spesifikasi Vespa GTS 300 pada keseluruhan dari sektor dimensinya ini dirasa sangat cocok untuk dikendarai di medan perkotaan dengan kendali manuver yang lebih mudah.

Review Vespa GTS 300

Suspensi

Kenyamanan Kian Terasa Berkat Dukungan Kaki-Kaki Berupa Suspensi Kokoh dan Pengereman Berkualitas

Tak hanya dimensinya saja yang kokoh dan kuat, bahkan pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Vespa GTS 300 pun juga siap menopang bobot dan menjaga keseimbangan ketika berkendara. Hal itu bisa dilihat dari sokongan suspensi yang tersematkan pada bagian depan maupun belakang di mana Vespa mengandalkan tipe suspensi Single Arm berteknologi Dual Chamber Hydraulic Shock Absorber with Coaxial Spring untuk bagian depan. Sementara itu di sisi lain, untuk suspensi bagian belakang Vespa GTS 300 akan mengandalkan tipe Two Dual Effect Shock Absorbers with Adjustable Preload. Dengan adanya kedua suspensi tersebut maka berkendara akan semakin terasa empuk dan nyaman mengingat keduanya mampu meredam getaran saat melewati jalan yang penuh lubang atau bergeronjal. Di samping itu, kaki-kakinya akan diperkuat dengan velg berukuran 12 inci di mana kedua velg Vespa GTS 300 tersebut akan terbalut ban berjenis Tubeless. Untuk ban depan memiliki ukuran ban 120/70 dan untuk ban belakang berukuran 130/70. Tak hanya itu saja, untuk menunjang keselamatan dan menghindari kecelakaan maka motor ini akan dilengkapi dengan rem tipe Disc Brake yang berdiameter 220 mm pada sisi depan dan belakang. Bahkan, sektor pengereman dari spesifikasi Vespa GTS 300 sudah mengandalkan teknologi ABS dan ASR (Anti-Slip Regulations) yang akan mampu mencegah motor tergelincir atau kehilangan kendali ketika dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Harga Motor Vespa GTS 300

Mesin

Dibekali Mesin Berkapasitas 300c cc Berikan Performa Super Powerfull

Menginjak pada pembahasan berikutnya ini, Mas Sena akan menilik sektor dapur pacu dari spesifikasi Vespa GTS 300. Ternyata, tak hanya tampilan dan dimensinya saja yang menarik. Pasalnya, sektor mesin yang diusung motor Vespa ini juga tak kalah menariknya untuk dibahas. Sebab, selain tampilannya yang sangat menawan, skuter ini juga dibekali mesin berkapasitas 278 cc dengan tipe 4 langkah silinder tunggal dan berkonfigurasi dengan 4 katup serta dilengkapi sistem pendingin Liquid Cooled yang mampu menjaga suhu mesin Vespa GTS 300 kian maksimal. Sehingga, dengan teknologi yang diusung pada mesin tersebut, dipastikan skuter ini bakal mampu menyemburkan power yang lebih optimal. Hal itu bisa dilihat dari capaian letupan tenaga mesin yang dihasilkannya di mana mampu mencapai titik tenaga maksimal 15.8 kW (22 Hp) per putaran 7.500 rpm dan torsi puncak yang dapat di capai Vespa GTS 300 22.3 Nm pada putaran ke 5.000 rpm. Tenaga yang disemburkan dari mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi Automatic Twist and Go (CVT with Torque Server) sehingga mampu memberikan akselerasi yang lebih halus. Tak hanya itu saja, mesin yang diusung Vespa GTS 300 ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Euro 3 sehingga dipastikan konsumsi bahan bakarnya dapat ditekan dan akan lebih efisien serta ramah lingkungan. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor dapur pacu yang disematkan pada spesifikasi Vespa GTS 300 ini memang terbilang mampu memberikan performa handal dengan tenaga yang powerfull.

Fitur

Didukung Fitur-Fitur Fungsional Siap Menunjang Kenyamanan dan Keselamatan dalam Berkendara

Nah, pada segmen kali ini kita akan mengulas fitur-fitur yang tersematkan pada spesifikasi Vespa GTS 300. Sebagai skuter yang sudah memiliki banyak penggemar, tentu Vespa tak hanya mendesain produknya dengan komponen yang mumpuni namun juga fitur-fitur tambahan lain. Langsung saja yang pertama, guna mencegah kecelakaan maka Vespa GTS 300 ini sudah dibekali dengan pengereman berteknologi ABS dan ASR yang selain mampu memberikan tingkat pengereman berkualitas namun juga mampu mencegah anti tergelincir. Selain itu, dilengkapi juga dengan adanya fitur menarik Vespa Multimedia Platform untuk mendukung kaum urban modern yang selalu identik dengan alat komunikasi pintar seperti smartphone. Selain itu, Vespa GTS 300 ini juga menyediakan bagasi yang cukup lega dan jok empuk yang akan membuat posisi duduk terasa lebih nyaman. Dengan mengetahui beberapa fitur dari spesifikasi Vespa GTS 300 di atas maka tak heran jika beragamnya fitur fungsional di atas menjadi salah satu sektor yang diandalkan Vespa dalam bersaing di pasar otomotif.

Spesifikasi Vespa GTS 300

Mesin
Tipe Mesin QUASAR 4-stroke 4-valve single cylinder,
electronic injection, catalytic converter
Kapasitas Mesin 278 cc
Diameter x Langkah 75 mm x 63 mm
Suplai Bahan Bakar Electronic injection
Sistem Pendinginan Liquid
Tenaga Maksimal 21.2 HP (15.8 kW) @ 7,500 rpm
Torsi Maksimal 16.4 ft-lbs (22.3 Nm) @ 5,250 rpm
Starter Electric
Dimensi
Panjang 1930 mm
Lebar 755 mm
Jarak Sumbu Roda 1370 mm
Tinggi Jok 790 mm
Kapasitas Tangki 9.5 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan Single-arm ESS suspension
with coil spring and hydraulic
shock absorber
Suspensi Belakang Dual hydraulic shock absorber,
with adjustable spring preload,
4 positions
Rem Depan Hydraulically controlled
220 mm stainless steel disk
Rem Belakang Hydraulically controlled
220 mm stainless steel disk
Roda Depan Tubeless 120/70 – 12”
Roda Belakang Tubeless 130/70 – 12”

Harga Vespa GTS 300

Setelah kita tahu bagaimana spesifikasinya, tampaknya masih dirasa kurang jika tak mengulas harga Vespa GTS 300 ini. Nah, oleh sebab itu pada segmen ini kita akan bersama-sama mengulas banderol untuk memboyong motor ini ke garasi sobat. Namun sebelum lebih lanjut membahas mengenai nominal angkanya, perlu diingatkan kembali bahwa Vespa GTS 300 di atas merupakan motor dari jajaran keluarga Vespa Series yang dihadirkan dengan tampilan bergaya klasik namun mampu memperlihatkan kesan modern. Pastinya, sektor desain tampilan ini aka menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran jika harga Vespa GTS 300 akan cukup mahal. Selain itu, mesin yang diusungnya pun juga terbilang cukup powerfull berkat mesin berkapasitas 278 cc. Tak cukup sampai di situ, beberapa fitur pun juga sangat mampu menunjang kenyamanan dan keamanan atau pun keselamatan penggunanya. Maka, dengan segala kelebihan dan keunggulan spesifikasinya tersebut, berapa harga Vespa GTS 300 terbaru?

Harga Vespa GTS 300

Harga Vespa GTS 300 Terbaru

Diperkenalkan pada 26 September 2016 lalu di ajang Motoplex, harga Vespa GTS 300 diumumkan dengan banderol seharga Rp 165 juta. Wow, sebuah nominal angka yang cukup tinggi untuk sebuah motor Vespa. Bahkan nominal tersebut lebih tinggi jika dibandingkan mobil jenis LCGC. Dengan mahalnya harga Vespa GTS 300 ini, tentu hanya kalangan tertentu yang berkantong tebal saja yang dimungkinkan akan memboyong motor garapan pabrik asal Italia tersebut. Di sisi lain, skuter besutan Vespa ini ditawarkan dalam 3 pilihan warna, yaitu Black, Beige, dan Grey yang dipastikan akan dapat menambah kecantikan motor Vespa GTS 300 ini yang memang terlihat klasik dan antik namun tetap modern. Apalagi yang patut diperhitungkan bagi konsumen ketika membeli skuter ini adalah bahwa ketiga warna yang ditawarkan skuter tersebut tak akan berpengaruh pada perubahan fluktuasi harga Vespa GTS 300 ini.

Harga Vespa GTS 300
Rp. 165.000.000,- (OTR Jakarta)
Daftar Harga Motor Vespa

Catatan : 

  • Harga motor Vespa GTS 300 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Vespa GTS 300

Selain itu, harga Vespa GTS 300 di atas merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta saja. Maka, dipastikan untuk wilayah di luar OTR tersebut harga untuk memboyong motor Vespa ini akan cenderung sedikit lebih mahal. Di samping itu, dengan banderol yang menginjak angka ratusan juta tersebut, tentu dirasa sudah sesuai dengan spesifikasi yang diusung Vespa GTS 300 ini. Apalagi untuk sebuah produk dari vendor ternama asal Eropa yang sudah melegenda ini. Namun, terlepas dari hal tersebut, kehadiranya tentu bakal menjadi ancaman bagi beberapa motor besutan pabrik lain mengingat animo masyarakat Indonesia terhadap Vespa Series tak terkecuali Vespa GTS 300 ini nantinya masih sangat tinggi. Sehingga, tak heran jika kemunculan motor Vespa tipe ini di Indonesia bakal menjadi yang terlaris di segmen kalangan atas. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Vespa GTS 300. Semoga bisa menambah informasi bagi sobat semua. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai Vespa GTS Super 150 dan Vespa Sprint 150.

Top