Harga Vespa PX 150, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Vespa PX 150 dan Spesifikasi – Di bawah bendera PT Piaggio, Vespa Series pun turut meramaikan pasar otomotif dengan diluncurkannya Vespa PX 150. Motor klasik yang sempat menjadi salah satu legenda di era tahun 80-an ini kembali dihadirkan pada tahun 2012 lalu pada ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ). Selain itu, meski dihadirkan di era modern seperti saat ini, Vespa PX 150 ini tetap mengedepankan konsep yang bernuansa klasik dengan tak meninggalkan ciri khas asli unsur Vespa PX Series yang begitu menarik sehingga mempunyai nilai dan kepuasan tersendiri bagi para penggunanya. Di sisi lain, dengan kehadiran Vespa PX 150 yang diluncurkan oleh PT Piaggio ini, tentunya dengan berbekal kecanggihan tersebut skuter ini akan tetap mempertahankan kekuatannya sebagai salah satu produk bergaya klasik dan telah menjadi penentu keberhasilan produk ini sepanjang lebih dari tiga dekade, yaitu gaya yang sempurna, fungsional, mudah dikendarai, dan pastinya tampak lebih elegan. Lalu, apa saja sih keunggulan dari Vespa PX 150 ini?

Vespa PX 150

Vespa PX 150

Sebagai salah satu motor legenda yang dikenal tangguh, tentu spesifikasi yang dibawa oleh Vespa PX 150 ini tak akan dibekali dengan komponen maupun fitur sembarangan. Bahkan, konsep eksterior pada bodinya pun tak berbeda dengan versi dulu dengan tetap mengusung desain bergaya klasik yang begitu menarik dan menawan, baik dari segi head lamp, lampu sein, stop lamp maupun sektor bodi yang lainnya. Di sisi lain, rangka untuk menopang bobot dari Vespa PX 150 pun juga dibekali rangka Monocoque baja yang begitu kokoh dan ringan. Tak hanya itu saja, di segi mesin pacunya pun juga tak kalah dengan motor di zaman sekarang di mana skuter ini akan dibekali mesin berkapasitas 150 cc Single Cylinder berpendingin cair. Tentu, tenaga yang disemburkan Vespa PX 150 tersebut pun akan terasa begitu tangguh. Di samping itu, masih ada lagi keunggulan lain yang dimiliki motor legenda besutan pabrik asal Negeri Pizza ini. Apa saja itu? Nah, untuk lebih jelasnya, Mas Sena akan mengulas secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga Vespa PX 150. Yuk, kita simak bersama ulasannya!

Motor Vespa PX 150

Review Vespa PX 150

Desain

Mengusung Desain Super Klasik yang Begitu Elegan

Sebagai langkah awal pada pembahasan, kali ini Mas Sena akan mengawalinya dengan mengulas pada sektor eksterior fisik dari spesifikasi Vespa PX 150. Pada bagian tampilan fisiknya ini, motor klasik yang pernah melegenda di tahun 70-80an ini tampaknya memang masih mengusung konsep desain unik pada setiap sisi bodinya. Hal itu bisa dilihat dari model lampu depan (head lamp) yang memang diketahui masih mempertahankan desain aslinya berbentuk bulat lengkap dengan dua buah lampu sein di sayap pada bagian depan motor Vespa PX 150 ini. Dengan begitu, tampaknya sektor desain seperti ini sudah mewakili konsep klasik nan legendaris sang leluhurnya. Tak hanya itu saja, pada desain spion pun juga tak kalah menarik di mana untuk spion depan dibentuk bulat dengan rangka berlapis krom sehingga semakin mempertegas nilai antik dari Vespa PX 150 ini. Lalu, pada bodi bagian belakang, terpasang stop lamp yang didesain berbentuk kotak beserta 2 buah lampu sein pada bagian samping tebeng yang membuat tampilannya kian unik. Selain mengusung konsep motor klasik yang tak lekang oleh waktu, Vespa PX 150 ini juga tetap mempertahankan ketangguhan mesin dan bodinya yang terbuat dari rangka baja yang kokoh, sehingga akan memberikan kenyamanan berkendara, menampilkan gaya yang sempurna dan fungsionalitas yang mudah dikendarai. Tak hanya itu saja, pada joknya pun Vespa PX 150 mengusung model menyatu antara pengemudi dan yang dibonceng akan memberikan kenyamanan yang lebih saat menempuh perjalanan jauh. Tak sampai di situ saja, skuter ini memiliki tangki bahan bakar yang berkapasitas 8 liter yang dirasa cukup sebagai bekal ketika dikendarai untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Sehingga, bisa dikatakan bahwa spesifikasi Vespa PX 150 pada sektor tampilan eksteriornya ini cukup menarik dan begitu menawan.

Spesifikasi Vespa PX 150

Speedometer

Speedometer Klasik Namun Tampilkan Informasi Akurat

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kita akan mengulas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Vespa PX 150. Nah, pada bagian ini, tampaknya Vespa masih mempertahankan instrumen indikator yang bergaya klasik dengan panel analog. Untuk desainnya sendiri pun cukup simple yaitu dengan bentuk bulat di mana di dalamnya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu sektor atas dan bawah. Untuk sektor atas dari panel indikator Vespa PX 150 akan ditampilkan informasi terkait dengan kapasitas bahan bakar. Sementara itu, pada bagian bawahnya akan menampilkan kecepatan dalam hitungan Km/jam dan jarak yang telah dilalui. Tentu, hal ini akan memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan bagi para pengendaranya. Tak hanya itu saja, pada bagian bawah dari panel indikator Vespa PX 150 ini juga akan menampilkan indikator beberapa lampu, yaitu lampu sein, lampu jarak jauh (High Beam) serta indikator kapasitas bahan bakar. Tentu saja, jika kita teliti secara keseluruhan maka bisa disimpulkan bahwa panel indikator pada spesifikasi Vespa PX 150 ini memang tampak simple dan terbilang cukup informatif dan mudah dipahami oleh pengemudinya.

Spesifikasi Motor Vespa PX 150

Dimensi

Dimensi Mungil Namun Dibekali Rangka Monocoque yang Kokoh dan Ringan

separator

Selain memiliki bentuk bodi yang unik, spesifikasi Vespa PX 150 ini juga memiliki dimensi mungil yang disokong rangka kokoh namun tetap ringan. Tentu, hal ini menjadi salah satu kelebihan Vespa Series yang dikenal sejak generasi awal terdahulu. Nah, untuk dimensinya sendiri, Vespa memiliki ukuran tubuh bodi yang unik di mana memiliki panjang 1.810 mm, lebarnya 740 mm, tinggi keseluruhan 1.370 mm, dan memiliki jarak sumbu roda mencapai 1.260 mm. Tak heran jika bentuk bodi Vespa PX 150 ini cukup unik dan berbeda dari motor lain. Tak hanya itu saja, Vespa juga mengandalkan rangka tipe Monocoque load bearing reinforced steel design yang dikenal sangat kokoh tetapi juga sangat ringan sehingga bobotnya hanya mencapai 112 Kg saja. Namun, sayangnya untuk ukuran ground clearance dari Vespa PX 150 ini masih belum diketahui secara pasti. Yang jelas bahwa motor antik Vespa ini hanya cocok digunakan untuk dikendarai di medan perkotaan saja mengingat bentuk bodi dan dimensinya tak sesuai jika dikendarai di medan off road. Di sisi lain, untuk tinggi tempat duduknya pun juga tak terlalu tinggi, yaitu jok Vespa PX 150 hanya mencapai 810 mm sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya sehingga pengemudi pun akan lebih mudah dalam mengendalikan motor ini, terutama ketika berhenti di jalan atau di lampu hijau. Dengan demikian maka tak heran jika spesifikasi Vespa PX 150 di bagian dimensi ini memang dikenal berdesain antik dan kokoh.

Review Vespa PX 150

Suspensi

Disokong Suspensi Kokoh dan Pengereman yang Mumpuni

Tak hanya dimensinya saja yang antik dan kokoh, guna memberikan kenyamanan dalam berkendara, maka spesifikasi Vespa PX 150 ini juga akan dibekali kaki-kaki yang kokoh, yaitu berupa suspensi yang disematkan pada bagian depan maupun belakang. Untuk suspensi bagian depan, skuter ini akan dibekali dengan tipe Single sided link arm design with coil spring & dual effect shock absorber. Sementara itu, untuk suspensi belakang Vespa PX 150 akan dipersenjatai suspensi tipe Single coil spring shock absorber with dual effect dampening. Kedua suspensi ini dikenal sangat cukup baik dan sempurna dalam menjaga keseimbangan motor ketika dikendarai. Bahkan, rasa nyaman pun juga akan terasa oleh si pengemudi maupun penumpangnya mengingat kedua suspensi dari Vespa PX 150 tersebut juga mampu meredam setiap getaran atau goncangan ketika melewati medan jalan yang kurang rata. Selain itu, kekokohan kaki-kakinya pun juga didukung velg berukuran 10 inci dengan ban yang berukuran 3.50 pada sisi depan maupun belakang. Meski terbilang cukup kecil namun dengan velg dan ban tersebut maka justru akan mempermudah Vespa PX 150 yang berbodi mungil ini bermanuver di medan jalan perkotaan. Tak hanya itu saja, untuk memberikan kontrol lajunya maka motor antik asal Italia ini akan dilengkapi dengan pengereman handal, yaitu tipe rem Stainless Steel Disc berdiameter 200 mm pada bagian depan dan tipe rem Drum berdiameter 150 mm. Kedua rem pada spesifikasi Vespa PX 150 tersebut diklaim cukup mumpuni mengontrol laju kecepatan dari motor ini secara sempurna.

Harga Motor Vespa PX 150

Mesin

Dibekali Mesin Berkapasitas 150 cc Single Cylinder dengan Teknologi Rotary Valve Induction and Catalytic Converter

Setelah kita mengulas pada sisi eksterior, panel speedometer, dan dimensinya, kini saatnya Mas Sena untuk menilik bagian dalamnya, tepatnya pada bagian sektor dapur pacu dari spesifikasi Vespa PX 150. Pada sektor dapur pacunya ini, motor antik buatan pabrik asal Italia ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc 2 langkah dengan silinder tunggal dan didukung dengan sistem rotary katup induksi dan catalyc converter. Mesin tersebut akan didukung dengan sistem transmisi 4 percepatan manual di bagian kiri stang motor yang merupakan ciri khas Vespa sejak jaman dulu. Sehingga Vespa PX 150 ini menjadi model motor satu-satunya yang mempertahankan jenis transmisi tersebut di tengah kehadiran model-model terbaru Vespa yang bertransmisi otomatis. Nah, untuk tenaga mesin yang dihasilkan pun cukup powerfull di mana mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 5,8 kw pada putaran 6.000 Rpm dan mampu mencapai torsi puncak hingga titik 11,2 Nm pada 4.000 Rpm. Tentu, tak heran jika laju dari Vespa PX 150 ini bakal tak kalah saing dengan beberapa motor lain di segmen yang sama. Tak sampai di situ saja, menariknya bahwa dengan isu global yang mengedepankan mesin kendaraan bermotor lebih ramah lingkungan maka uji emisi gas buang dari kendaraan Vespa PX 150 yang telah lulus standar Euro 3. Di sisi lain fitur electric starter pun juga turut dipasang untuk memberikan kemudahan bagi pengendaranya dalam menghidupkan mesin selain dengan menggunakan kick starter bawaannya. Tampaknya, bagian dapur pacu dari motor antik ini tak bisa dianggap remeh mengingat selain mampu menghasilkan tenaga super, mesin yang diusung pada spesifikasi Vespa PX 150 ini juga sangat ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi dengan Fitur Standar Namun Fungsional

Sampai pada ulasan ini, kita akan mengulas beberapa fitur yang memang disematkan pada spesifikasi Vespa PX 150 ini. Tak perlu berlama-lama, pertama untuk menunjang keselamatan dalam berkendara, motor unik ini akan dibekali dengan dua rem yang tersematkan pada sisi depan maupun belakang di mana untuk bagian depan menggunakan tipe Stainless Steel Disc berdiameter 200 mm pada bagian depan dan tipe rem Drum berdiameter 150 mm. Kedua rem yang tersemat pada Vespa PX 150 tersebut cukup mumpuni untuk menahan maupun mengontrol laju dari motor ini. Selain itu, jok dengan bergaya klasik yang menyatu antara pengemudi dan penumpangnya ini pun kan semakin membuat nyaman pengguna Vespa PX 150 ketika berkendara. Kemudian, pada bagian depan, tepatnya di bawah daerah pijakan kaki terdapat tempa bagasi yang bisa digunakan untuk menyimpan tas. Tentu, dengan beberapa fitur yang disematkan di atas maka dipastikan bahwa segala komponen pada spesifikasi Vespa PX 150 ini akan mampu bersaing dengan beragam motor matik yang saat ini menjadi dominasi di pasar otomotif.

Video Vespa PX 150

Berikut ini adalah official video Vespa PX 150 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Vespa ini:

Spesifikasi Vespa PX 150

Mesin
Tipe Mesin Single cylinder air cooled 2 stroke with rotary valve induction and catalytic converter
Kapasitas Mesin 150 cc
Diameter x Langkah 57.8 x 57 mm
Sistem Pengapian Karburator
Sistem Pendinginan Udara
Tenaga Maksimal 5.8 kW/6.000 rpm
Torsi Maksimal 11.2 Nm/4.000 rpm
Sistem Transmisi Four speed manual
Standar Emisi Gas Buang Euro 3
Tipe Starter Electric and kick start
Dimensi
P x L x T 1.780 mm x 750 mm x 1.370 mm
Jarak Sumbu Roda 1.250 mm
Tinggi Jok 810 mm
Berat Kering 112 kg
Kapasitas Tangki 8 liter
Rangka Monocoque, load bearing reinforced steel design
Kaki-kaki
Suspensi Depan Single sided link arm design with coil spring & dual effect shock absorber
Suspensi Belakang Single coil spring shock absorber with dual effect dampening
Rem Depan 200 mm Ø stainless steel disc
Rem Belakang 150 mm drum
Roda Depan 3.50 – 10″
Roda Belakang 3.50 – 10″

Harga Vespa PX 150

Bagaimana kawan? Cukup menarik bukan motor antik asal negeri Pizza ini? Nah, setelah kita tahu spesifkasinya secara detil, kini waktunya dan saatnya kita untuk mengulas harga Vespa PX 150. Tapi, sebelum lebih lanjut membicarakan mengenai harga dan nominalnya, Mas Sena ingin sedikit kembali mengingatkan bahwa Vespa PX 150 ini memang model motor unik yang masih mempertahankan konsep bodi klasik sehingga memiliki tampilan yang berbeda dari motor lain. Selain itu, untuk sektor dapur pacunya pun cukup handal dan mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Bahkan, tak tanggung-tanggung, motor Vespa ini juga sudah lulus uji Standar Euro 3. Tak heran jika harga Vespa PX 150 ini memang mahal. Di samping itu, ada juga beberapa fitur yang disematkan pada motor ini untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Lalu, dengan segala kelebihannya tersebut, kira-kira berapa ya harga Vespa PX 150 ini?

Harga Vespa PX 150

Harga Vespa PX 150 Terbaru

Berkaitan dengan harga Vespa PX 150 ini, ternyata banderol untuk memboyong motor antik ini tak semurah yang dibayangkan. Pasalnya, berdasarkan informasi yang telah Mas Sena dapatkan, harga Vespa PX 150 ini akan dibanderol seharga Rp 60.5 juta sejak bulan Februari 2016. Jika melihat nominal tersebut, tentu sebuah angka yang sangat tinggi. Selain itu, Vespa sendiri akan menawarkan 5 varian warna pada motor skuter Vespa PX 150 ini yang bisa dipilih sesuai selera, antara lain Mediterranean Blue (biru langit), Midnight Blue (biru dongker), Montebianco (putih), Rosso Dragon (merah) dan Nero Lucido (hitam). Kelima harga tersebut diketahui tak akan mempengaruhi fluktuasi harga Vespa PX 150.

Harga Vespa PX 150
Rp. 60.500.000,- (OTR Jakarta)
Daftar Harga Motor Vespa

Catatan : 

  • Harga motor Vespa PX 150 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Vespa PX 150

Akan tetapi, yang jelas untuk diketahui bahwa harga Vespa PX 150 di atas merupakan banderol untuk OTR khusus Jakarta saja. Maka, untuk daerah di luar wilayah OTR Jakarta tersebut, tentu harganya akan berbeda dan bahkan sedikit lebih mahal. Tak hanya itu saja, harga Vespa PX 150 di atas juga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung dengan nilai tukar rupiah yang sampai saat ini tak tentu. Namun, yang jelas bahwa Vespa PX 150 tersebut kemungkinan hanya akan diboyong oleh sebagian kalangan yang memang berduit banyak. Selain itu, harga vespa diatas tentu sebanding dengan segala timbal balik yang kana didapatkan konsumen. Nah, itulah tadi ulasan mengenai spesifikasi dan harga Vespa PX 150 yang telah Mas Sena jelaskan di atas. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Sampai jumpa. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai Vespa LXV 150 3v dan Vespa Primavera.

Top