Harga Vespa Sprint 150, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Vespa Sprint 150 dan Spesifikasi – Skuter legendaris asal negeri Italia kembali menggoyang pasar otomotif nasional dengan motor barunya yang bertajuk Vespa Sprint 150. Motor klasik yang sudah melegenda dan cukup nge-trend di era tahun 80-an tersebut akhirnya resmi diperkenalkan oleh PT Piaggio Indonesia dari Italia pada 25 Mei 2016 lalu di Gandaria City, Jakarta Selatan. Bahkan, sejak saat itu pula, Vespa Sprint 150 tersebut sudah bisa mulai dipesan oleh konsumen. Di sisi lain, kehadirannya dipastikan akan menjadi pesaing berat bagi para produsen motor lain yang sempat mendominasi pasar otomotif kendaraan roda dua di Indonesia. Kenapa demikian? Sebab, aura atau daya pikat Vespa Series teremasuk Vespa Sprint 150 ini, masih menjadi momok yang cukup menakutkan bagi beberapa produsen lain mengingat animo masyarakat, khususnya Indonesia terhadap motor Vespa masih terbilang cukup tinggi. Selain itu, sebagai motor klasik yang begitu melegenda, tentunya skuter ini akan dibekali dengan mesin tangguh dan pastinya harga jual Vespa Sprint 150 ini pun bakal dibanderol dengan angka yang cukup tinggi. Semakin penasaran bukan?

Vespa Sprint 150

Vespa Sprint 150

Jika kita melihat keunggulan motor era modern saat ini, tampaknya spesifikasi yang akan dibawa Vespa Sprint 150 ini juga tak kalah saing. Pasalnya, jika dilihat dari sisi desain, motor garapan pabrik asal Negeri Pizza ini masih mempertahankan konsep desain klasik khas Vespa yang begitu kuat pada setiap sisi bodinya. Meskipun tampangnya tak begitu modern layaknya motor zaman sekarang namun justru itulah yang membuat Vespa Sprint 150 menjadi motor klasik yang begitu diminati oleh para konsumen. Tentu, hal tersebut sebuah bukti bahwa motor modern tak selalu menarik hati para konsumen dan juga motor klasik pun juga tak selalu menjadi motor yang ketinggalan jaman. Disamping itu, untuk urusan permesinannya pun juga tak bisa dianggap remeh. Sebab, sektor dapur pacu Vespa Sprint 150 ini akan dibekali dengan mesin I-Get Single Cylinder dengan kapasitas 154.8 cc. Dengan bekalan mesin tersebut maka dipastikan skuter ini bakal mampu melaju begitu gesit dan cepat. Di samping itu, ada juga beberapa fitur canggih lain guna mendukung performa mesin menjadi lebih handal. Kira-kira apa saja ya keunggulan yang dimiliki motor klasik asal Italia ini? Nah, untuk informasi lebih jelas, kali ini Mas Sena akan berbagi info mengenai spesifikasi dan harga Vespa Sprint 150 yang tersaji pada beberapa segmen di bawah ini. Yuk, kita simak bersama!

Motor Vespa Sprint 150

Review Vespa Sprint 150

Desain

Motor Klasik dengan Desain Khas Vespa Series

Nah, untuk mengawali pembahasan, kali ini Mas Sena akan mengulas pada sektor eksterior dari spesifikasi Vespa Sprint 150. Tampaknya, PT Piaggio masih menjadikan konsep desain klasik sebagai andalannya untuk menghias motor ini dalam bersaing di pasar otomotif. Namun, untuk tipe varian yang satu ini, pihak pabrikan membuatnya sedikit menampilkan kesan sporty. Tentu, hal ini bakal semakin membuat motor besutan produsen asal Italia tersebut menjadi menarik. Kesan sporty pada Vespa Sprint 150 tersebut pun tampak diperlihatkan pada beberapa bagian, mulai dari depan di mana terpasang head lamp yang dibentuk kota dengan 6 sisi berbingkai krom yang begitu menarik. Bahkan, head lamp tersebut diklaim mampu memberikan pencahayaan yang cukup terang untuk mempermudah pengemudi dalam melihat jalan di depan, terutama ketika melewati medan yang minim penerangan. Kemudian, pada Vespa Sprint 150 ini tampak terpasang juga lampu sein di bagian depan dari tedeng kanan kiri yang semakin mencirikan motor klasik. Lalu, sedikit mundur ke belakang, skuter ini akan dibekali dengan jok berbahan material yang berkualitas tinggi dan memiliki bentuk yang sangat presisi dengan stang kemudi sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup nyaman kepada pengendaranya. Tak hanya itu saja, Vespa Sprint 150 ini pun juga telah menyediakan tangki bahan bakar berkapasitas 9 liter yang akan cukup menjadi bekal bahan bakar ketika dikendarai untuk menempuh perjalanan jauh. Tak hanya itu saja, pada bagian belakang, desain retro pun terlihat begitu jelas. Sebab, pihak pabrik pembuatnya telah menambahkan box bundar bergaya lengkung dan meruncing. Bahkan, stop lamp pada motor Vespa Sprint 150 terbaru ini pun dibuat menonjol keluar lengkap dengan dua lampu sein melekat di sisi sampingnya. Menariknya lagi, di sisi behel dari skuter klasik asal negeri Juventus ini, dibentuk dengan tampilan yang sangat berkarakter dan berbeda dari pada yang lain. Dengan begitu, tak heran jika spesifikasi Vespa Sprint 150 pada sektor eksterior ini mampu membuat konsumen kepincut untuk membelinya.

Spesifikasi Vespa Sprint 150

Speedometer

Instrumen Indikator Simple dengan Tampilan Analog yang Informatif

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kini kita bersama-sama akan mengulas bagian panel indikator dari spesifikasi Vespa Sprint 150. Pada instrumen indikator ini, Piaggio sendiri pun juga masih mengandalkan konsep desain indikator simpel dan klasik. Namun, menariknya pihak pabrik pembuatnya sedikit menambahkan kesan modern dengan adanya panel digital. Nah, untuk tampilan informasinya, pada panel indikator yang diusung Vespa Sprint 150 ini akan menampilkan informasi mengenai penunjuk kecepatan beserta RPM pada panel analognya. Sementara itu, pada panel digital yang diletakkan di bawah panel analog akan memberikan informasi mengenai indikator bahan bakar, jarak tempuh dan keadaan oli. Baik panel analog maupun digital, keduanya mampu memberikan informasi yang sangat akurat mengenai kondisi Vespa Sprint 150 yang sedang ditungganginya. Bahkan, tak lupa juga logo Vespa pun juga tampak tertera pada bagian antara panel analog dan digital sehingga semakin memperkuat karakternya sebagai motor klasik. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa sektor panel indikator dari spesifikasi Vespa Sprint 150 ini memang didesain begitu simple dan sedikit modern yang mampu menampilkan informasi kondisi motor secara akurat dan mudah dipahami pengemudi.

Spesifikasi Motor Vespa Sprint 150

Dimensi

Memiliki Dimensi Pas dan Disokong Rangka yang Kokoh

separator

Beranjak pada segmen berikutnya ini akan dibahas bagaimana dimensi yang diusung spesifikasi Vespa Sprint 150. Jika kita melihat bentuk bodinya yang tampak mungil namun terkesan gagah, tampaknya hal tersebut tak lepas dari dimensi dan rangka pengusungnya. Sebab, material utama pembuatan rangka dari skuter ini berbahan dasar baja kokoh yang diketahui bakal sanggup untuk memberikan daya redam tinggi sehingga sangat minim sekali getaran. Selain itu, untuk ukuran dimensinya, motor Vespa Sprint 150 ini memiliki panjang bodi 1.860 mm, lebar 695 mm, jarak sumbu rodanya 1.340 mm, dan memiliki ketinggian tempat duduk 790 mm. Jika kita melihat ukuran dimensi tersebut tampaknya motor klasik ini memiliki dimensi yang sudah sesuai dengan tinggi atau postur tubuh orang Indonesia sehingga pengguna pun akan lebih mudah dalam mengendalikan Vespa Sprint 150 tersebut tanpa harus jinjit ketika berhenti di jalan. Di samping itu, sayangnya belum diketahui berapa ukuran ground clearance yang dimiliki motor ini. Namun, yang jelas bahwa skuter ini merupakan motor perkotaan yang cocok untuk dikendarai di medan kota yang macet sekalipun sehingga cukup mudah jika diajak untuk bermanuver di medan jalan. Secara keseluruhan, tampaknya spesifikasi Vespa Sprint 150 di sektor dimensi ini memang cukup pas dan kokoh untuk dikendarai.

Review Vespa Sprint 150

Suspensi

Keseimbangan Lebih Terjamin Berkat Suspensi Kokoh dan Berbekal Pengereman Tangguh

Selain dimensinya yang kokoh, spesifikasi Vespa Sprint 150 ini juga akan dilengkapi juga dengan sektor kaki-kaki yang kuat. Penggunaan suspensi tersebut guna menunjang keseimbangan dan kestabilan motor. Oleh sebab itu, skuter Italy ini akan menggunakan dua suspensi kokoh yang disematkan pada bagian depan dan belakang di mana untuk bagian depan akan menggunakan tipe Single sided trailing link with hydraulic shock absorber. Sementara itu, untuk bagian belakang, Vespa Sprint 150 ini akan mengandalkan suspensi tipe Shock absorber with adjustable preload with 4 settings yang bisa diatur tingkat keredamannya sesuai kenyamanan masing-masing. Tentu saja dengan adanya kedua suspensi tersebut maka akan memberikan kenyamanan dalam berkendara mengingat kedua suspensi tersebut memiliki tingkat peredaman yang cukup tinggi. Selain itu, kekokohan kaki-kaki Vespa Sprint 150 tersebut akan semakin lengkap berkat disematkannya juga velg berukuran 12 inci yang terbalut ban jenis tubeless berukuran 110/70 untuk bagian depan dan 120/70 untuk bagian belakang. Di sisi lain, untuk memberikan tingkat keselamatan dalam berkendara maka Vespa Sprint 150 ini juga akan dilengkapi pula dengan pengereman handal, yaitu dengan disematkan rem depan bertipe Disc Brake berdiameter 200 mm dengan hydraulic control activated by handlebar right-side lever. Sedangkan untuk rem belakang akan mengandalkan tipe Drum Brake berdiameter 140 mm lengkap dengan sistem mechanical control activated by handlebar left-side lever. Kedua rem pada spesifikasi Vespa Sprint 150 tersebut diklaim bakal mampu memberikan kualitas pengereman yang cukup sempurna.

Harga Motor Vespa Sprint 150

Mesin

Performa Tangguh dan Handal Berkat Mesin Tipe I-Get Single Cylinder Berkapasitas 154.8 cc

Menginjak pada segmen berikutnya, kini saatnya Mas Sena untuk mengulik bagian dalam dari sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Vespa Sprint 150. Ternyata, setelah menilik pada sektor mesin ini tampaknya motor racikan Piaggio ini bakal mampu memberikan performa yang handal. Pasalnya, skuter ini akan dibekali mesin berkapasitas 154.8 cc bersilinder tunggal dengan 4 langkah dan 3 katup dimana dengan mesin tersebut maka akan mampu menghasilkan tenaga yang cyukup handal. Menariknya, mesin yang tersemat pada Vespa Sprint 150 tersebut juga sudah berteknologi I-Get yang akan menjadikan motor klasik ini lebih ramah lingkungan dan lebih efisien. Apalagi, skuter ini sudah lulus uji Euro 3. Pastinya hal tersebut bakal menjadi nilai plus bagi motor besutan Piaggio ini. Selain itu, mesin yang disematkan pada sektor dapur pacu Vespa Sprint 150 tersebut diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 8.7 kW per putaran 7.500 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi maksimum hingga 12 Nm pada putaran ke 5.000 rpm. Tenaga yang cukup gahar yang dihasilkan mesin tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission). Disamping itu, untuk mengatur dan menjaga kestabilan suhu maka spesifikasi Vespa Sprint 150 ini akan menggunakan sistem pendingin Forced Air.

Fitur

Berbekal Fitur Menarik Untuk Menunjang Kenyamanan dan Keselamatan dalam Berkendara

Akhirnya, sampailah kita pada ulasan terakhir mengenai spesifikasi Vespa Sprint 150. Pada segmen ini, Mas Sena akan mengulas beberapa fitur yang turut disematkan pada motor klasik ini. Pertama, untuk memberikan kenyamanan ekstra skuter ini akan menggunakan suspensi yang dilengkapi dengan 4 sistem perubahan yang bisa diatur maupun disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu ada juga instrument panel analog dan panel digital pada Vespa Sprint 150 yang dilengkapi dengan berbagai informasi akurat terkait indikator mesin dan sangat mudah untuk dipahami meskipun sobat Mas Sena masih pengguna awam. Tak hanya itu saja, motor klasik asal Negeri Pizza ini juga dilengkapi akan bagasi ekstra luas yang dapat menampung barang bawaan dalam jumlah banyak bahkan helm full face sekalipun. Disisi lain, untuk memberikan jaminan keselamatannya, Vespa Sprint 150 ini akan mengandalkan pengereman tipe Disc Brake dan Drum Brake yang akan memberikan kualitas pengereman handal. Tentu, dengan kelengkapan yang akan menjamin keamanan dan keselamatannya tersebut membuat spesifikasi Vespa Sprint 150 menjadi semakin lengkap.

Video Vespa Sprint 150

Berikut ini adalah official video Vespa Sprint 150 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Vespa ini:

Spesifikasi Vespa Sprint 150

Mesin
Tipe Mesin Iget, single cylinder, 4 strokes, 3 valves
Kapasitas Mesin 154,8 cc
Sistem Bahan Bakar Electronic injection
Sistem Pengapian Electronic Ignition
Sistem Pendinginan Forced Air
Tenaga Maksimal 8.7 kW/ 7,500 rpm
Torsi Maksimal 12 Nm/ 5,000 rpm
Sistem Transmisi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission)
Standar Emisi Gas Buang EURO 3
Tipe Starter electric
Dimensi
Panjang 1.860 mm
Lebar 695 mm
Tinggi 790 mm
Jarak Sumbu Roda 1,340 mm
Kapasitas Tangki 9 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan Single sided trailing link with hydraulic shock absorber
Suspensi Belakang Shock absorber with adjustable preload with 4 settings
Rem Depan 200-mm disc brake with hydraulic control activated by handlebar right-side lever
Rem Belakang 140-mm drum brake with mechanical control activated by handlebar left-side lever
Roda Depan Tubeless 110/70 – 12”
Roda Belakang Tubeless 120/70 – 12”

Harga Vespa Sprint 150

Setelah berjibun kata telah kita lewati pada beberapa segmen diatas, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas harga Vespa Sprint 150. Namun sebelum berlanjut untuk membicarakan mengenai angka dan nominalnya, Mas Sena akan terlebih dahulu menyimpulkan segala informasi yang telah di jabarkan pada segmen-segmen diatas. mengingatkan bahwa Vespa Sprint 150 ini merupakan motor klasik besutan Piaggio yang dibekali desain menawan dan cukup antik khas motor klasik sehingga bakal mampu menarik perhatian para konsumen. Apalagi, sektor dapur pacunya pun juga bakalan dilsematkan dengan mesin berkapasitas 154.8 cc dengan teknologi I-Get yang ramah lingkungan. Tak heran jika banderol harga Vespa Sprint 150 cukup mahal. Di samping itu, masih ada lagi beberapa fitur yang cukup sederhana namun sangat fungsional untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Lantas, dengan segala keunggulan yang tersemat pada spesifikasinya tersebut kira-kira berapa ya harga Vespa Sprint 150 ini?

Harga Vespa Sprint 150

Harga Vespa Sprint 150 Terbaru

Berbicara soal banderol, tampaknya harga Vespa Sprint 150 ini akan dipatok dengan nominal angka yang cukup tinggi untuk sekelas kotor klasik. Pasalnya, berdasarkan informasi yang mengacu sejak perkenalannya pada 25 Mei 2016 lalu, diketahui bahwa harga Vespa Sprint 150 ini akan dibanderol Rp 38.5 juta. Harga yang cukup mahal untuk sebuah skuter. Namun harga tersebut memang sudah biasa disematkan untuk motor-motor dengan emblem Vespa. Di sisi lain, Vespa Sprint 150 ini juga akan menawarkan 7 pilihan warna menarik, antara lain Blue Midnight, Verde Muschio, Grigio Titanio, Arancio Taormina, Rosso Dragon, Rosso Matt, dan Montebianco. Ketujuh warna tersebut diketahui tak akan mempengaruhi fluktuasi harga Vespa Sprint 150.

Harga Vespa Sprint 150
Rp. 38.500.000,- (OTR Jakarta)
Daftar Harga Motor Vespa

Catatan : 

  • Harga motor Vespa Sprint 150 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Vespa Sprint 150

Tetapi, yang perlu diingat bahwa harga Vespa Sprint 150 di atas merupakan banderol OTR untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, beda daerah atau di luar wilayah OTR tersebut maka akan berbeda juga harganya. Bahkan, akan sedikit cenderung lebih mahal dari harga OTR di Jakarta. Di sisi lain, jika melihat persaingan pasar di segmen kendaraan roda dua tampaknya kehadiran Vespa Sprint 150 ini akan mengancam beberapa motor besutan pabrik lain mengingat konsumen penggemar Vespa Series di Indonesia yang cukup banyak. Hal ini menjadi peluan besar bagi sang pabrikan untuk dapat menguasai pasar skuter di Indonesia. Harga Vespa Sprint 150 yang cukup mahal tersebut pun juga sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh pada penjualan skuter ini. Pasalnya, memang rata-rata produk dari pabrikan ini memang dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi mengingat produknya yang memiliki cita rasa tinggi. Nbah demikian lah ulasan yang dapat Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga Vespa Sprint 150. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat, jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai Vespa PX 150 dan Yamaha Fino Grande.

Top