Harga Viar Q1 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Viar Q1 dan Spesifikasi – Tak disangka-sangka, produsen otomotif yang bernama Viar dikabarkan akan segera merilis motor listriknya yang mengusung nama Viar Q1. Skuter matik bertenaga listrik ini merupakan buah dari hasil kerjasama antara PT Triangle Motorindo selaku agen pemegang merk motor Viar Indonesia dengan Bosch yang berasal dari Jerman. Selama ini, memang Viar dikenal sebagai produsen motor roda tiga di Indonesia. Namun, dengan kehadiran Viar Q1 tersebut tentu saja secara tak langsung menghapus anggapan bahwa Viar pun tak hanya memproduksi motor roda tiga tetapi juga sanggup bersaing di pasar kendaraan roda dua dengan meluncurkan skutik listrik garapannya. Meskipun Viar Q1 ini akan dirilis pada 7 Juni 2017 mendatang namun sebelumnya skutik ini sendiri sudah diperkenalkan pada ajang Pekan Raya Jakarta 2016 silam. Dari perkenalannya tersebut, pihak Viar Indonesia sendiri menangkap respons masyarakat atau konsumen yang cukup bagus. Di sisi lain, skutik listrik buatan Viar ini sudah mulai bisa dipesan mulai 15 Mei 2017 hingga pelucuran Viar Q1 ini nanti yang akan diselenggarakan pada 7 Juni 2017 mendatang. Tentu saja, sobat pad bertanya-tanya, kira-kira apa saja sih keunggulan yang dimiliki motor listrik ini?

Viar Q1

Viar Q1

Walaupun belum resmi dirilis namun sampai saat ini sudah banyak bocoran mengenai spesifikasi yang akan dibawa Viar Q1. Bahkan, dari situs resminya pun pihak Viar Indonesia sudah merilis spesifikasinya meski tak sampai mendetail. Nah, jika melihat dari bodinya, motor ini memang dirancang dengan model layaknya skutik pada umumnya namun dengan bentuk desain yang terkesan unik. Hal itu bisa dilihat dari rangkanya berbahan baja ringan dengan dimensi bodi yang cukup mungil namun tetap ideal. Selain itu, untuk performanya sendiri, dapur pacu dari Viar Q1 memang tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, pihak produsen telah membekali skutik listriknya ini dengan listrik berdaya 800 watts yang dihasilkan dari baterai Lithium Ion (Li-Ion) 60v-20AH di mana dengan bekalan tenaga listrik tersebut, Viar Q1 mampu melaju dengan kecepatan yang terbilang cukup tinggi untuk sekelas motor listrik. Tentu, sektor mesin ini bakal menjadi salah satu sektor yang diandalkannya. Di sisi lain, masih ada fitur-fitur canggih yang semakin melengkapi kehandalannya sebagai skuter listrik modern. Nah, untuk mengenal lebih jelas tentang skuter listrik buatan Viar ini, yuk kita simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Viar Q1 yang akan Mas Sena uraikan pada pembahasan di bawah ini!

Motor Viar Q1

Review Viar Q1

Desain

Desain Unik dan Elegan dengan Balutan Konsep Skutik yang Begitu Stylish

Mengawali ulasan kali ini, Mas Sena akan mencoba untuk berkenalan terlebih dahulu dengan mengulas sektor tampilan fisik atau eksterior dari spesifikasi Viar Q1. Sebagaimana yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa skutik listrik buatan Viar ini memang dihadirkan dengan gaya desain yang cukup menarik, unik, dan tampak lebih modern dari skutik pada umumnyua. Hal itu tentu tak lepas dari rancangan yang mengedepankan konsep gaya elegan dan futuristik pada setiap sisi bodinya. Pada bagian depan, bisa kita lihat bagaimana Viar Q1 ini menggunakan headlamp berteknologi LED yang dibuat menyatu dengan lampu sein. Bahkan, desain pada headlamp pun tampak begitu unik di mana dibuat dengan bentuk horizontal memanjang sehingga seolah memberikan kesan mata tajam yang sedang mengintip. Maka, selain mampu memberikan pencahayaan yang terang, headlamp yang diusung Viar Q1 ini pun tampak begitu modern dan menarik. Kemudian, menginjak pada bagian samping, sebenarnya tak berbeda jauh dengan skutik pada umumnya di mana disediakan pijakan kaki yang pas dan ideal. Selain itu, untuk bagian joknya sendiri, dibuat sangat simple menyatu dan memanjang. Meski tampak simple namun jok yang digunakan motor Viar tersebut menggunakan bahan material berkualitas tinggi sehingga akan sangat nyaman ketika diduduki. Lalu, di bawah jok terdapat bagasi berukuran besar dan luas yang akan sangat fungsional untuk menyimpan barang bawaan. Sementara itu, pada sisi sampingnya sendiri, Viar Q1 memang tampak mungil namun bentuk bodi sampingnya terkesan bongsor sehingga tampak unik. Lalu, menginjak pada bagian belakang, tampaknya bakal terpasang sebuah stop lamp berdesain yang tak berbeda jauh dengan headlamp. Di mana, lampu belakangnya ini dibuat memanjang horizontal dan berteknologi LED. Dengan demikian maka bisa kita ketahui bahwa sektor eksterior pada spesifikasi Viar Q1 ini memang dibuat dengan mengedepankan gaya stylish.

Spesifikasi Viar Q1

Speedometer

Dilengkapi Panel Indikator Digital Modern yang Informatif

Setelah kita tahu bodi fisiknya, kini pada segmen kali ini Mas Sena akan mengintip panel indikator pada spesifikasi Viar Q1. Sebagai salah satu sektor yang cukup penting terkait dengan informasi kondisi kendaraan maka kali ini pihak Viar pun akan membekali skutik listrik buatannya ini dengan instrumen indikator modern dan informatif. Di mana, motor ini akan mengandalkan tipe indikator full digital yang akan menampilkan visualisasi sangat modern. Pada indikator digital Viar Q1 tersebut diketahui nantinya akan memperlihatkan info mengenai kcepapatan Km/jam, jarak tempuh, indikator baterai, dan beberapa lampu indikator lain yang saling terintegrasi. Nah, dengan tampilan indikator tersebut maka dipastikan pengemudi Viar Q1 akan lebih mudah dalam memahami atau mengetahui kondisi motor yang sedang ditungganginya. Selain itu, dengan berbekal panel indikator digital modern yang begitu informatif tersebut maka tak heran jika hal tersebut semakin melengkapi kecanggihan spesifikasi Viar Q1 dalam bersaing di kancah motor bertenaga listrik.

Spesifikasi Motor Viar Q1

Dimensi

Dibuat dengan Rangka Kokoh dan Dimensi Pas

Selanjutnya, pada sesi kali ini kita akan bersama-sama mengulas terkait rangka dan dimensi yang diusung spesifikasi Viar Q1. Pada skutik bertenaga listrik buatan Viar ini, tampaknya memang akan hadir dengan sokongan rangka yang sangat kokoh, yakni mengandalkan tipe rangka Steel sehingga selain memiliki tingkat kekokohan tinggi namun tetap ringan. Selain itu, untuk dimensi bodinya sendiri juga terbilang cukup ideal meski terkesan sedikit bongsor. Pasalnya, Viar Q1 ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1680 mm, lebar 690 mm, tingginya 1220 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 1060 mm dan bobot 87.5 Kg. Nah, dengan mengetahui ukuran dimensi bodi dan bobotnya tersebut maka dipastikan bahwa skutik listrik garapan Viar ini akan mudah dan ringan untuk dikendarai. Tak sampai di situ saja, Viar Q1 pun juga memiliki ground clearance (jarak terendah ke tanah) setinggi 155 mm. Sehingga, dengan jarak tersebut dirasa sudah cukup ideal dan pas untuk sebuah skutik. Maka dari itu, bisa dipastikan bahwa dengan bekalan rangka dan dimensi yang diusung spesifikasi Viar Q1 tersebut akan membuat berkendara lebih ringan dan nyaman.

Review Viar Q1

Suspensi

Skutik Listrik dengan Sokongan Kaki-Kaki Kuat Berikan Kenyamanan Berkendara

Selain memiliki dimensi dan rangka yang ideal, spesifikasi Viar Q1 ini pun juga sudah dilengkapi dengan kaki-kaki kokoh. Kekokohan dari kaki-kaki yang dibawa skutik listrik ini juga berkat disematkannya suspensi handal pada bagian depan dan belakang skuter listrik ini. Di mana, untuk bagian depannya, Viar Q1 akan menggunakan suspensi tipe Telescopic, sedangkan untuk suspensi di bagian belakang akan menggunakan Double Swing Shock Absorber. Nah, tentu saja dengan berbekal kedua suspensi tersebut maka dipastikan akan membuat berkendara sangat nyaman, meski melewati medan yang bergeronjal sekalipun. Pasalnya, kedua suspensi dari Viar Q1 tersebut mampu menjaga keseimbangan dan meredam setiap goncangan atau getaran pada saat melewati jalan rusak atau berlubang. Di sisi lain, untuk semakin memperkokoh kaki-kakinya, maka skuter matik ini pun akan dibekali dengan velg sporty 10 inci yang nantinya velg Viar Q1 tersebut akan dibalut ban Tubeless. Nah, untuk ukuran ban yang akan digunakan yakni 90/90, baik untuk bagian depan maupun pada sektor belakang. Pastinya, dengan dukungan ban dan velg tersebut, keseimbangan dalam berkendara akan semakin tangguh. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang keselamatan maka kali ini spesifikasi Viar Q1 mengandalkan pengereman tipe Hydraulic Disk pada bagian depan dan belakang sehingga kecelakaan bisa dicegah.

Harga Motor Viar Q1

Mesin

Berbekal Mesin Listrik 800 Watts dengan Baterai Li-Ion 60v-20AH

Menginjak pada bagian selanjutnya, kini Mas Sena akan menilik sektor dapur pacu pada spesifikasi Viar Q1. Memang, tak seperti dengan beberapa skutik berbahan bakar bensin di mana skutik listrik ini tentunya akan dibekali mesin yang bertenaga listrik.  Di mana, kali ini skuter pun akan hadir dengan menawarkan mesin listrik yang bertenaga 800 watts. Power tersebut disuplai dari baterai Lithium Ion (Li-Ion) yang berdaya tegang 60v-2AH sehingga mampu membuat Viar Q1 ini melaju dengan kecepatan 60 Km/jam. Selain itu, untuk maksimal kapasitas daya baterai pun mampu menampung tenaga hingga 2 Kwh dengan estimasi daya tahan baterai hingga 600 – 800 cycles atau pengisian sehingga akan membuat baterainya tetap awet. Di sisi lain, baterai yang diusung Viar Q1 tersebut pun juga diklaim mampu diisi tenaga daya antara 5-7 jam dengan input tegangan 220 Volts dan tenaga daya maksimum hingga 50 Hz. Tentu saja, dengan berbekal komponen mesin listrik yang diusung spesifikasi Viar Q1 tersebut maka dipastikan akan membuat skutik listrik ini menjadi lebih awet tenaga dan ramah lingkungan.

Fitur

Skutik Listrik yang Dilengkapi Fitur-Fitur Canggih

Tak cukup hanya memiliki performa mesin yang handal saja melainkan spesifikasi Viar Q1 pun juga akan hadir dengan menawarkan ragam fitur-fitur canggih yang begitu fungsional. Meski tergolong skutik listrik kelas pemula namun Viar memang telah melengkapi skuter listrik garapannya yang diberi nama Viar Q1 ini dengan beberapa fitur penunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Beberapa di antaranya yakni seperti pengereman bertipe hidrolik yang diketahui cukup baik dalam mengontrol laju kecepatan dari motor listrik ini. Selain itu, ada juga fitur USB charge pada Viar Q1 yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone sehingga pengguna tak perlu khawatir kehabisan daya baterai ketika dalam perjalanan. Selain itu, ketersediaan bagasi yang cukup lega di bawah joknya yang empuk bakal menjadi nilai lebih bagi skutik listrik buatan Viar ini. Namun, apakah dengan kecanggihan dan keunggulan yang ditawarkan spesifikasi Viar Q1 tersebut lantas akan membuat harga jualnya terjangkau?

Spesifikasi Viar Q1

Mesin
Tipe Mesin Maintenance free – Lithium-ion battrey (60v20AH)
Kekuatan Maksimal 800 Watts
Jarak Maksimal Berkendara 70 km*
Kecepatan Maksimal 60 km/h*
Estimasi Kegidupan Baterai 600-800 cycles
Kapasitas Maksimal 2 Kwh
Lama Pengisian Charge 5-7 Jam
Charger Input 220 Volts
Kekuatan Charger 50 Hz
Dimensi
Panjang 1680 mm
Lebar 690 mm
Tinggi 1220 mm
Jarak Sumbu Roda 1060 mm
Berat 87.5 Kg
Jarak Terendah 155 mm
Kaki-kaki
Tipe rangka Steel
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang Double Swing Shock Absorber
Ban Depan 90-90-10 (Tubless)
Ban Belakang 90-90-10 (Tubless)
Rem Depan Hydrolic Disk Brake
Rem belakang Hydrolic Disk Brake

Harga Viar Q1

Pembahasan mengenai spesifikasi telah kita lalui bersama dan pada segmen paling akhir ini Mas Sena saatnya untuk berbagi info terkait dengan harga Viar Q1. Namun, sebelum kita jauh mengulas banderol, ada baiknya Mas Sena untuk sedikit memberikan ringkasan terkait spesifikasi yang diusung skutik listrik ini. Pertama, seperti yang sudah diulas di atas, skutik ini memang hadir dengan bodi yang cukup pas dan ideal meski tampak sedikit bongsor pada bagian sampingnya. Sementara itu, untuk permesinannya sendiri, Viar Q1 akan mengandalkan baterai Li-Ion yang bertenaga mesin 800 Watts di mana dengan tenaga tersebut akan mampu memberikan tenaga maksimum atau tenaga maksimum hingga 60 Km/jam. Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya yang juga mempengaruhi harga Viar Q1 itu tersendiri. Tak hanya itu saja, beberapa fitur lain pun juga turut disematkan guna menunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Nah, dengan berbekal segala spesifikasi yang sangat terlihat sempurna sebagai sebuah skuter listrik tersebut, berapa ya harga Viar Q1 ini?

Harga Viar Q1

Harga Viar Q1 Terbaru

Apabila kita mengaitkan dengan harga Viar Q1, tampaknya bakal membuat para konsumen kepincut. Pasalnya, kali ini Viar mematok skutik listrik ini dengan banderol yang cukup terjangkau. Di mana dari informasi yang telah diumumkan oleh pihak Viar sendiri melalu website resmi Viar Indonesia, harga Viar Q1 dibanderol seharga Rp 16.2 juta. Cukup terjangkau bukan untuk sekelas skutik listrik? Selain itu, sobat bisa melakukan pre-order secara online yang dimulai pada 15 Mei 2017 hingga 7 Juni 2017. Tentu sebuah angka yang cukup sebanding jika kita menelisik lebih dalam pada spesifikasi yang diusung Viar Q1 tersebut. Apalagi keberadaan motor listrik di Tanah Air yang terbilang masih jarang tentu akan membuatnya dilirik banyak konsumen. Namun demikian, keberadaanya tentu bukan tanpa halangan, sebagai salah satu teknologi yang terbilang baru, tentu bukan hal yang mudah baginya untuk meyakinkan masyarakat. Setelah kita tahu berapa harga Viar Q1 tersebut, apakah sobat tertarik untuk membelinya?

Harga Viar Q1
Sekitar Rp 15.000.000,- s/d Rp 20.000.000,- (Perkiraan Pre-Order)

Catatan : 

  • Harga Motor Viar Q1 diatas merupakan harga OTR JABOTABEK
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Viar Q1

Perlu dipahami bahwa informasi terkait dengan harga Viar Q1 di atas merupakan info harga OTR untuk wilayah Jabotabek. Sehingga, sangat dimungkinkan bahwa jika sobat membelinya diluar wilayah Jabotabek, harga skuter ini akan sedikit lebih mahal dari banderol OTR tersebut. Namun, meski demikian adanya, Viar Q1 tetap harus waspada dengan Gesits dan beberapa skutik listrik buatan lain yang juga dibekali spesifikasi mumpuni dan berbanderol cukup terjangkau. Terlepas dari itu, bagi kawan-kawan yang ingin membeli langsung tampaknya harus menunggu sampai tanggal perilisannya yang akan dilakukan pada tanggal 7 Juni 2017 mendatang. Dengan harga Viar Q1 tersebut yang terbilang cukup murah, tentunya sobat akan dapat mendapat pengalaman baru berkendara dengan skuter bertenaga listrik dengan tampilan desain futuristik. Nah, demikian ulasan dari Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Viar Q1 yang telah diulas di atas. Semoga bisa memberikan manfaat dan jangan lupa baca juga mengenai Gesits dan Honda Vario 150.

Top