Harga Viar Vintech 200, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2018

Harga Viar Vintech 200 dan Spesifikasi – Ramaikan ajang pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Automotif Show (GIIAS) 2018, Viar memperkenalkan dua produk line-up baru dengan konsep retro, yakni Viar Vintech 200 dan Vintech 250. Keduanya sama-sama mengusung konsep moge retro bergaya Café Racer yang sangat kental dengan aura klasik. Namun, berkenaan dengan pembahasan kali ini, Mas Sena hanya akan mengulas soal spesifikasi maupun harga dari Viar Vintech 200. Bukan tanpa alasan mengingat moge yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi para penggemar moge klasik. Tak cukup sampai di situ saja, motor yang juga diklaim bakal menjadi kompetitor berat bagi Kawasaki W175 tersebut hadir dengan beberapa kelebihan dan fitur yang tak kalah canggih. Sehingga, tak menutup kemungkinan jika Viar Vintech 200 buatan pabrik lokal ini bisa menyaingi W175 milik Kawasaki.

Viar Vintech 200

Nah, berbicara soal kelebihan atau keunggulan, Viar Vintech 200 ini memiliki sejumlah kecanggihan dan kehandalan pada berbagai sektor. Bahkan, sisi menariknya terletak di sektor desain eksteriornya yang mana telah mengusung konsep moge retro dengan gaya Café Racer masa kini. Hal ini bisa dilihat dari gaya stang, knalpot, jok, sampai model lampu. Hanya saja pada bagian tangki sudah berpadu dengan motor modern. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Viar Vintech 200 ini pun juga bakal dibekali dengan mesin berkubikasi 198.8 cc SOHC yang mampu memberikan dorongan tenaga yang cukup handal untuk sekelas moge klasik. Tentu saja, hal tersebut bakal menjadi salah satu daya tarik tersendiri di mata para calon konsumen. Sementara itu di sisi lain, moge klasik buatan pabrik asal Semarang, Jateng ini juga telah dilengkapi fitur-fitur masa kini. Yang paling menonjol yaitu kelengkapan informasi pada speedometer full digital yang diusungnya. Sehingga, akan memberikan tampilan informasi yang lebih informatif kepada si pengemudinya. Cukup menarik bukan? Nah, guna mengenal lebih jauh, berikut Mas Sena akan mengulas secara lebih detail terkait spesifikasi dan harga Viar Vintech 200. Yuk, kita simak bersama.

Motor Viar Vintech 200

Review Viar Vintech 200

Desain

Desain Bergaya Retro dengan Konsep Café Racer Masa Kini

Mengawali pembahasan mengenai spesifikasi Viar Vintech 200, Mas Sena akan mulai dengan membahas soal sisi tampilan fisiknya. Sebenarnya, jika dilihat sekilas tak ada perbedaan antara tipe Vintech 200 dengan 250. Dimana, dalam hal ini memang Viar menghadirkan moge buatannya tersebut dengan konsep desain yang kental aura retro Café Racer. Bahkan, kesan tersebut terpancar dari warna hitam dop yang menyelimuti keseluruhan bodinya. Selain itu, terlihat jelas juga dari bagian headlamp Bulb yang dibawanya dengan bentuk bulat beserta lampu sein yang disematkan di samping kanan-kirinya. Sehingga, kesan klasiknya pun tampak begitu kentara. Tak hanya itu, Viar Vintech 200 pun juga turut dihadirkan dengan membawa tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter yang didesain mengikuti alur retro khas moge klasik. Bahkan, pada bagian bawah tangkinya juga disematkan blok mesin yang terusun begitu manis. Sementara itu, untuk joknya sendiri dibuat memanjang dengan bentuk yang cukup ideal dengan warna hitam plus aksen jahitan membentuk vertikal yang diujungnya dibuat menukik. Kemudian, pada bagian belakangnya, daya tarik dari moge buatan Viar ini mulai tampak pada stoplamp yang tak dibuat membulat sebagaimana motor klasik pada umumnya. Bahkan, bagian buritannya ini dirancang mengikuti alur bentuk jok yang membentuk hornet dengan lampu sein di samping kanan dan kirinya. Dengan begitu maka tak heran jika konsep Café Racer pada sektor desain dari spesifikasi Viar Vintech 200 ini bakal menjadi satu segmen yang mampu menarik para konsumen.

Spesifikasi Viar Vintech 200

Speedometer

Instrumen Indikator Informatif Usung Panel Full Digital Khas Moge Modern

Nah, beranjak pada sektor lain, kini pembahasan terkait spesifikasi Viar Vintech 200 akan berkenaan dengan speedometer yang dibawa moge ini. Bukan tanpa alasan, memang sektor panel indikator merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Mengingat, akan memberikan informasi kepada pengendara terkait kondisi motor saat dikendarai. Nah, untuk menunjang hal tersebut maka kali ini Viar Vintech 200 akan mengusung panel full digital dengan background lampu berwarna biru. Dimana, dalam panel tersebut akan memberikan beberapa tampilan info, seperti kecepatan Km/jam, rpm, trip meter, jarak tempuh, posisi gearbox, dan indikator bahan bakar. Tak hanya itu saja, bahkan di bagian lain dari speedometer yang dibawa Viar Vintech 200 ini juga terdapat beberapa lampu indikator, antara lain yaitu lampu netral dan lampu indikator bahan bakar. Dengan kelengkapan speedometer full digital yang diusung spesifikasi Viar Vintech 200 tersebut maka selain memberikan kesan modern, tentunya akan membuat para pengendara pun lebih mudah dalam memahami kondisi motor saat dikendarai.

Spesifikasi Motor Viar Vintech 200

Dimensi

Dimensi Pas dengan Struktur Rangka Kokoh Berikan Posisi Riding yang Nyaman

Di satu sisi, kini Mas Sena juga turut mengulas sektor dimensi dari spesifikasi Viar Vintech 200. Berkaitan dengan dimensi, tentu saja menjadi satu topik yang sangat penting. Pasalnya, dimensi di sini merupakan rangka pembentuk tampilan eksterior yang juga merupakan penyeimbang dari moge ini. Nah, berkenaan dengan struktur rangka, kali ini Viar Vintech 200 sendiri bakal mengusung rangka ideal dengan dimensi 1920 x 770 x 1080 mm dan memiliki jarak sumbu roda hingga 1290 mm. Melihat struktur rangka dimensi dan jarak sumbu rodanya tersebut maka tak heran jika moge klasik ini terkesan panjang dan cukup bongsor untuk sekelas Café Racer. Apalagi, bobotnya yang terbilang cukup ringan, yakni 120 kg sehingga akan membuat pengendara lebih mudah dalam menjaga keseimbangan moge ini. Tak sampai di situ saja, bahkan Viar Vintech 200 tersebut pun juga dibangun dengan ground clearance setinggi 160 mm. Dimana, dengan ukuran jarak ternedahnya dengan tanah tersebut maka dirasa sudah cukup pas dan dipastikan bakal membuat proses berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Nah, dengan struktur dimensi pada spesifikasi Viar Vintech 200 yang dibawanya tersebut maka bisa dipastikan bakal membuat pengemudinya merasa mendapat posisi riding yang nyaman dan pas.

Review Viar Vintech 200

Suspensi

Kaki-Kaki Kokoh dengan Sokongan Suspensi Mumpuni

Sementara itu, berkaitan dengan dimensi, kini Mas Sena akan bahas kaki-kaki dari spesifikasi Viar Vintech 200. Jika melihat sisi dimensi dan bobotnya, tampak jelas bahwa moge yang satu ini sebenarnya memiliki struktur yang pas. Hanya saja, untuk memberikan tingkat kestabilan yang pas maka Viar akan membekali moge buatannya tersebut dengan kaki-kaki yang kuat. Dimana, dalam hal ini Viar Vintech 200 bakal mengusung suspensi Telescopic (depan) dan suspensi Ganda (belakang). Keduanya diklaim bakal sanggup menahan getaran atau goncangan saat melalui jalanan yang berlubang atau bergelombang. Sehingga, keseimbangan bisa diraih secara maksimal. Di sisi lain, pada bagian kaki-kaki dari motor klasik ini juga akan dilengkapi velg berukuran 17 inci. Yang mana, velg tersebut akan dibalut dengan ban depan 90/90-R17, sedangkan untuk bagian velg belakang bakal dilapisi ban berukuran 120/80-R17. Tak sampai di situ saja, tak lupa juga jika Viar Vintech 200 ini juga turut menyajikan rem Disc brake yang disematkan di sektor depan. Sementara itu, untuk bagian belakang akan mengandalkan rem Drum. Tentunya dengan kombinasi kedua rem tersebut maka laju dari moge ini bisa dikendalikan secara maksimal. Dengan fakta tersebut, tentunya sektor kaki-kaki dari spesifikasi Viar Vintech 200 tersebut terbilang sangat handal dalam menjaga kestabilan moge ketika dikendarai.

Harga Motor Viar Vintech 200

Mesin

Berbekal Mesih SOHC Kapasitas 198.8 cc Hasilkan Performa Handal

Sementara itu, untuk soal jantung pacu dari spesifikasi Viar Vintech 200 pun juga menjadi satu segmen yang tak luput dari perhatian Mas Sena. Bukan tanpa alasan mengingat sektor ini sangat berkaitan erat dengan performa atau kinerja. Oleh sebab itu, tak heran jika nantinya Viar akan membekali moge ini dengan beberapa komponen mesin handal. Salah satu yang jelas bahwa nantinya Viar Vintech 200 ini akan dipersenjatai mesin SOHC 4 langkah dengan kapasitas kubikasi mencapai 198.8 cc berpendingin udara. Mesin tersebut pun nantinya akan diselaraskan dengan transmisi 5 percepatan Multi Wet Clutch. Dimana, dengan kombinasi tersebut, jantung pacu pada Viar Vintech 200 ini mampu menyemburkan tenaga hingga 13.5 kW per 9000 rpm dan torsi maksimum puncak di titik 15 Nm per 8000 rpm. Sementara itu di satu sisi, sayangnya sistem pembakarannya belum injeksi, dengan kata lain masih mengandalkan suplai karburator. Meskipun demikian, tetap saja performa yang dihasilkan dari dapur pacu pada spesifikasi Viar Vintech 200 ini terbilang cukup gahar dengan akselerasi yang memuaskan.

Fitur

Fitur-Fitur Fungsional Turut Disertakan Guna Menunjang Efektivitas Berkendara

Nah, beralih pada segmen selanjutnya, topik kali ini akan mengulas soal fitur dari spesifikasi Viar Vintech 200. Dimana, dalam hal ini moge bergaya klasik buatan pabrik lokal tersebut akan mengusung beberapa fitur dengan tingkat fungsionalitas cukup tinggi guna memberikan efektivitas dalam berkendara. Yang mana, dalam hal ini kita akan melihat fitur modern berupa speedometer dengan panel full digital yang disematkan pada Viar Vintech 200 ini. Dimana, dalam panel indikatornya tersebut akan mampu menampilkan informasi terkait kondisi moge ini saat dikendarai. Selain itu, ada juga rem Disc Brake dan Drum dengan suspensi Telescopic untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Dengan begitu maka tak heran jika fitur standar yang disematkan pada spesifikasi Viar Vintech 200 tersebut akan sanggup menjadi salah satu segmen yang cukup dipertimbangkan oleh apra calon konsumen.

Spesifikasi Viar Vintech 200

Mesin
Tipe Mesin 4 langkah, SOHC 2 Katup
Kapasitas 198,8 cc
Torsi Maksimal 13,5 Kw/ 9000 Rpm
Diameter x Langkah 15 Nm/ 8000 Rpm
Perbandingan Kompresi 9,3 :1
Sistem Bahan Bakar Karburator
Tipe Kopling Multi Wet Clutch
Starter Elektrik
Pola Perpindahin Gigi 1-N-2-3-4-5
Dimensi
Panjang 1,920 mm
Lebar 770 mm
Tinggi 1,080 mm
Berat 120 kg
Jarak Sumbu Roda 1,290 mm
Jarak Terhadap Tanah 160 mm
Kapasitas Bahan Bakar 15 liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka – – –
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Drum
Ban Depan 90/90 R17
Ban Belakang 120/80 R17
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Suspensi Ganda

Harga Viar Vintech 200

Setelah mengulas soal spesifikasinya, kini waktunya Mas Sena mengulas harga Viar Vintech 200. Berbicara tentang banderol, memang tampaknya tak bisa dilepaskan dari pertimbangan spesifikasi yang diusung moge ini. Dimana, seperti yang sudah diutarakan di atas bahwa moge buatan Viar yang satu ini memang dibuat dengan mengusung konsep retro ala Café Racer yang kesan klasiknya begitu kentara pada setiap sisi desain eksteriornya. Selain itu, performanya juga terbilang mumpuni dengan mesin SOHC 198.8 cc yang membuatnya kian mumpuni dan mampu memberikan akselerasi gesit. Sementara itu, panel indikator digital pun juga turut disematkan sebagai fitur penunjang dalam aktivitas berkendara. Tentu saja, keunggulan yang ditawarkan moge ini akan berpengaruh pada harga Viar Vintech 200 sendiri.

Harga Viar Vintech 200

Harga Viar Vintech 200 Terbaru

Oke, berkenaan dengan soal harga Viar Vintech 200, memang moge ini sudah resmi diperkenalkan pada ajang GIIAS 2018. Bahkan, motor ini pun hadir bersamaan dengan varian Vintech 250. Dimana, Menurut informasi tenaga penjual dari Viar saat ditanya pada pameran GIIAS 2018, dilaporkan bahwa nantinya harga Vintech 200 dengan mesin yang lebih besar dari Kawasaki W175 ini dijual seharga Rp 22 juta. Angka tersebut memiliki selisih sedikit dengan model Vintech 250 yang dijual seharga 30 jutaan. Nah,, dari kedua model tersebut, tentunya harga Viar Vintech 200 ini bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin memiliki moge retro Café Racer namun dengan harga bersahabat.

Harga Viar Vintech 200
Rp. 22.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Viar Vintech 200 diatas merupakan harga On The Road untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Harga Viar Vintech 200 mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Sementara itu, masih berkaitan dengan harga Viar Vintech 200, perlu diketahui juga bahwa informasi banderol yang disebutkan di atas merupakan harga untuk OTR (On The Road) wilayah DKI Jakarta. Itu artinya, setiap daerah, terutama di luar jangkauan OTR tersebut maka harga dari moge ini pun akan berbeda. Namun, hanya saja perbedaannya tak akan terlalu jauh dari harga jualnya di Jakarta. Terlepas dari itu, tentu saja dengan adanya moge klasik yang dibanderol dengan harga terjangkau ini akan mampu menarik para calon konsumen. Itulah tadi beberapa ulasan mengenai review terhadap spesifikasi dan harga Viar Vintech 200. Baca juga review motor klasi lainnya dari Mas Sena seperti Viar Vintech 250 dan Kawasaki W175.

Top