Harga Viar Vintech 250, Review, Spesifikasi & Gambar Oktober 2018

Harga Viar Vintech 250 dan Spesifikasi – Secara mengejutkan, salah satu pabrikan motor asal Indonesia, Viar beberapa waktu lalu resmi memperkenalkan motor barunya bertajuk Viar Vintech 250 dan Vintech 200 pada ajang GIIAS 2018. Kedua model ini merupakan tipe motor moge dengan mengusung konsep Café Racer yang begitu kental. Tentu saja, peluncuran model Viar Vintech 250 maupaun Vintech 200 tersebut menjadi salah satu upaya produsen lokal tersebut dalam melebarkan pasarnya di segmen yang belum pernah digeluti. Di samping itu, motor gagah buatan pabrik yang bermarkas di Semarang, Jateng tersebut juga diklaim bakal menjadi penantang berat bagi Kawasaki W175 yang sudah meluncur lebih dulu. Dengan begitu, tak heran jika segmen motor Café Racer di Indonesia bakal memiliki persaingan yang cukup ketat. Nah, terkait dari kedua model motor garapan Viar tersebut, kali ini Mas Sena hanya akan fokus untuk mengulas secara detail mengenai spesifikasi dari Viar Vintech 250. Semakin penasaran bukan?

Viar Vintech 250

Sekilas memang bisa dikatakan jika Viar Vintech 250 ini merupakan motor retro bergaya Café Racer yang konsep keklasikannya begitu kental dalam balutan desain modern. Kesan tersebut sangat kentara pada sektor eksterior atau desain fisiknya yang dibuat sedemikian rupa untuk memikat para konsumen, khususnya bagi para calon konsumen berjiwa muda yang gemar pada moge retro. Tak sampai di situ saja, bahkan untuk soal performa dapur pacu dari Viar Vintech 250 ini juga terbilang sangat mumpuni dan cukup canggih di kelasnya. Pasalnya, kali ini Viar akan mengusung mesin 249,9 cc 4-tak dengan mengandalkan tipe SOHC 2-katup dan berpendingin udara. Suplai bahan bakar dari karburator dengan perbandingan kompresi 9,3:1 yang akan membuatnya menjadi salah satu moge retro ramah lingkungan. Selain itu, Viar Vintech 250 pun juga turut akan dibekali beberapa fitur terbaru yang cukup fungsional untuk menjamin kenyamanan maupun keselamatan berkendara. Lalu, berapa ya harganya? Tampaknya, untuk mengenal secara lebih lengkap, termasuk banderolnya, berikut Mas Sena akan memaparkan ulasan spesifikasi dan harga Viar Vintech 250.

Motor Viar Vintech 250

Review Viar Vintech 250

Desain

Moge Klasik dengan Gaya Café Racer yang Begitu Menawan dan Terkesan Gagah

Di babak pertama pembahasan mengenai spesifikasi Viar Vintech 250 ini, Mas Sena ingin mengulas soal tampilan fisik atau eksteriornya. Dimana, dalam hal ini sangat tampak jelas jika model yang diusung moge gagah tersebut mengusung gaya retro/klasik yang sangat kentara. Kesan tersebut pun mulai tampak pada bagian depan berupa headlamp yang berbentuk bulat dengan panel lampu LED. Sehingga, selain mampu menciptakan kesan retro yang tegas, tentu aura modern pada Viar Vintech 250 tersebut akan mampu juga membuat moge ini tampil modern. Tak hanya itu, pada bagian speedometernya sendiri pun sudah mengandalkan panel digital dengan bentuk bulat yang semakin memperkuat kesan gaya klasiknya. Sementara itu sedangkan untuk mempertegas DNA cafe Racer dalam motor ini Viar akan menggunakan stang model jepit. Di sisi lain, Viar Vintech 250 pun juga dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter yang dibuat dengan gaya Café Racer. Sedikit mundur ke belakang, ada jok berwarna coklat dengan aksen jahitan membentuk vertikal yang diujungnya dibuat menukik ala buntut tawon atau hornet. Kemudian, di bawah tangkinya juga terdapat susunan blok mesin yang tersusun rapi ala moge klasik. Lalu, menginjak pada bagian belakangnya, keunikan tampak pada stoplamp yang tak dibuat membulat sebagaimana motor klasik pada umumnya. Namun, dirancang mengikuti alur buritan jok yang membentuk hornet dengan lampu sein di samping kanan dan kirinya. Dengan konsep desain ala Café Racer pada sisi eksterior dari spesifikasi Viar Vintech 250 tersebut maka sudah barang tentu bakal membuat tampilan retronya semakin kuat dengan aura modern yang juga cukup kentara.

Spesifikasi Viar Vintech 250

Speedometer

Speedometer Dibuat Simple dengan Panel Digital

Di satu sisi, pada pembahasan mengenai spesifikasi Viar Vintech 250 ini, Mas Sena juga akan turut meraba bagian speedometer atau instrumen indikatornya. Nah, berkenaan dengan sektor panel indikator tersebut, pada bagian pembahasan ini memang diketahui bahwa speedometer yang diusung moge buatan Viar tersebut dihadirkan dalam bentuk yang cukup simple. Dimana, dalam hal ini Viar Vintech 250 akan mengusung panel full digital yang menampilkan beberapa informasi cukup penting. Di antaranya seperti kecepatan Km/jam, rpm, trip meter, jarak tempuh, posisi gearbox, dan indikator bahan bakar. Kemudian, di bagian lain juga terdapat beberapa lampu indikator, antara lain yaitu lampu netral dan lampu indikator bahan bakar. Nah, melihat sektor speedometer yang diusung spesifikasi Viar Vintech 250 tersebut, tampak kesederhanaan yang tampil dengan kombinasi gaya modern dan klasik sehingga memberikan informasi yang mudah dipahami pengendara terkait kondisi motor saat dikendarai.

Spesifikasi Motor Viar Vintech 250

Dimensi

Motor Retro dengan Konsep Dimensi Ideal Khas Café Racer Masa Kini

Menginjak pada pokok pembahasan spesifikasi Viar Vintech 250 selanjutnya, Mas Sena pun juga akan menelisik sektor dimensi bodi dan rangka yang diusung moge ini. Sebagaimana dengan konsep desain retro Café Racer yang mencolok pada bagian eksteriornya, tentu tak lepas dari sektor dimensi bodinya. Pasalnya, dimensi pada moge ini menjadi rangka pembentuk untuk menampilkan tampilan desain luarnya. Nah, terkait dengan dimensi, kali ini Viar Vintech 250 akan hadir dengan rancangan dimensi berukuran 1920 x 770 x 1080 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 1300 mm dan memiliki bobot ringan seberat 126 Kg saja. Dengan ukuran dimensi tersebut maka tak heran jika nantinya akan membuat moge ini terasa cukup nyaman dikendarai mengingat posisi berkendaranya menajdi kian rileks dan tak membuat lelah saat menempuh perjalanan jauh. Selain itu, Viar Vintech 250 juga dirancang dengan ground clearance setinggi 160 mm yang Mas Sena rasa cukup pas untuk kategori moge klasik. Dengan demikian maka secara keseluruhan bisa dikatakan jika dimensi dari spesifikasi Viar Vintech 250 tersebut bisa dibilang sangat ideal sehingga akan memberikan kenyamanan saat dikendarai.

Review Viar Vintech 250

Suspensi

Dibekali Kaki-Kaki nan Kokoh dengan Suspensi Handal

Tak cukup hanya sektor dimensinya saja melainkan pada bagian kaki-kaki dari spesifikasi Viar Vintech 250 pun juga akan menajdi topik yang Mas Sena bahas. Bukan tanpa alasan mengingat sektor kaki-kaki pada moge ini sangat berkaitan erat dengan bagian dimensi atau bodi. Pasalnya, kaki-kaki berfungsi sebagai penyangga motor agar tetap stabil. Nah, oleh sebab alasan itu maka dalam hal ini, kaki-kaki pada Viar Vintech 250 akan dibekali suspensi handal tipe Upside Down pada bagian depan dan suspensi model ganda di sektor belakang. Tentu saja, dengan adanya kedua suspensi tersebut maka keseimbangan atau kestabilan dalam berkendara menjadi lebih terjamin. Bahkan, keduanya juga cukup mampu meredam setiap goncangan saat melalui jalan yang tak rata atau bergeronjal. Pastinya, hal itu akan membuat pengemudinya merasa sangat nyaman. Sedangkan di satu sisi, pada bagian kaki-kaki dari Viar Vintech 250 pun juga dilengkapi velg 17 inci dengan balutan ban yang berukuran 90-90/R17 untuk bagian depan. Kemudian, di sektor belakangnya akan dibalut ban 120/80-R17. Tak hanya itu, bahkan untuk menunjang kemudahan dalam mengendalikan laju dari motor ini, spesifikasi Viar Vintech 250 tersebut akan mengandalkan rem Disc Brake (cakram) pada bagian depan maupun belakang.

Harga Motor Viar Vintech 200

Mesin

Kinerja Mesin Handal dan Mumpuni Berkat Mesin SOHC 2 Katup yang Berkapasitas 249 cc

Nah, beralih pada segmen yang satu ini, Mas Sena akan menelisik spesifikasi Viar Vintech 250 pada bagian jantung pacunya. Pada bagian permesinan ini, memang pihak pabrikan telah membekali moge retro bergaya Café Racer ini dengan beberapa komponen mesin yang bisa dibilang cukup canggih. Dimana, kali ini Viar Vintech 250 akan dipersenjatai dengan mesin 4 langkah tipe SOHC 2 katup yang berkapasitas kubikasi hingga 249 cc berpendingin udara. Selain itu, mesin tersebut nantinya akan dikawinkan dengan transmisi 5-percepatan Multiple Wet Clutch. Sehingga, dengan kombinasi tersebut, Viar Vintech 250 pun diklaim mampu memberikan semburan tenaga hingga 15 kW per 8500 rpm dan sanggup mencapai titik puncak torsi 18 Nm per 6500 rpm. Cukup gahar bukan untuk sekelas moge retro? Namun, sayangnya untuk sistem suplai bahan bakarnya masih menggunakan karburator dengan perbandingan kompresi 9.3:1 yang membuat efektivitas power yang dikeluarkan masih standar. Meski demikian, sektor dapur pacu pada motor ini terbilang cukup mampu memberikan tingkat akselerasi yang cukup mantap. Tentu saja, dengan bekalan spesifikasi Viar Vintech 250 pada sisi jantung pacunya tersebut maka wajar jika moge klasik ini mampu melaju dengan tenaga yang cukup handal di kelasnya.

Fitur

Fitur Modern yang Cukup Fungsional

Sedangkan di satu sisi, tak lupa juga bahwa Mas Sena juga akan turut menyertakan informasi spesifikasi Viar Vintech 250 mengenai fitur apa saja yang dibawanya. Sebab, keberadaan fitur-fitur tersebut nantinya akan menunjang kenyamanan maupun keselamatan pengemudi saat berkendara. Pertama, speedometer yang digunakan sudah mengandalkan panel digital yang sangat informatif. Sehingga, para pengendara akan lebih mudah dalam memahami kondisi motor saat dikendarai. Selain itu, Viar Vintech 250 pun juga sudah dibekali suspensi Upside Down dan Suspensi ganda yang siap menjaga keseimbangan maupun kestabilan moge ini secara lebih maksimal. Sementara itu, untuk pengeremannya sendiri masih mengandalkan tipe rem cakram (Disc Brake) yang terbilang cukup handal dan mumpuni untuk mengendalikan laju kecepatan dari motor ini. Bagaimana kawan? Cukup menarik bukan fitur-fitur simple yang ditawarkan spesifikasi Viar Vintech 250 tersebut?

Spesifikasi Viar Vintech 250

Mesin
Tipe Mesin 4 langkah, SOHC 2 Katup
Kapasitas 249 cc
Torsi Maksimal 15 kW/ 8500 Rpm
Diameter x Langkah 18 Nm/ 6500 Rpm
Perbandingan Kompresi 9,3 :1
Sistem Bahan Bakar Karburator
Tipe Kopling Multi Wet Clutch
Starter Elektrik
Pola Perpindahin Gigi 1-N-2-3-4-5
Dimensi
Panjang 1,920 mm
Lebar 770 mm
Tinggi 1,080 mm
Berat 126 kg
Jarak Sumbu Roda 1,300 mm
Jarak Terhadap Tanah 160 mm
Kapasitas Bahan Bakar 15 liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka – – –
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 90/90 R17
Ban Belakang 120/80 R17
Suspensi Depan Upside Down
Suspensi Belakang Suspensi Ganda

Harga Viar Vintech 250

Tak hanya soal spesifikasinya saja melainkan harga Viar Vintech 250 pun juga akan turut Mas Sena ulas pada pembahasan kali ini. Hanya saja, sebelum jauh ke soal harga, Mas Sena ingin memberikan sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi dari moge buatan Viar ini. Perlu diketahui kembali bahwa moge garapan pabrik lokal asal Semarang ini model Café Racer bergaya retro yang begitu kentara akan aura klasiknya. Bahkan, hal itu tampak pada setiap sektor dari sisi tampilan fisiknya. Sementara itu, untuk soal jantung pacunya sendiri, Viar Vintech 250 akan mengusung mesin SOHC yang berkapasitas 249 cc dengan 5-percepatan Multiple Wet Clutch yang dipastikan sanggup memberikan performa cukup handal di kelasnya. Tak sampai di situ saja, bahkan beberapa fitur sederhana pun juga disematkan pada moge ini untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan pengendara. Sampai di sini, apakah kawan-kawan sudah tahu berapa harga Viar Vintech 250 ini?

Harga Viar Vintech 250

Harga Viar Vintech 250 Terbaru

Nah, jika berkaitan dengan informasi mengenai harga Viar Vintech 250, tentu menjadi satu topik yang membuat teman-teman penasaran bukan? Namun, jangan khawatir mengingat saat ini Mas Sena sendiri sudah mengantongi informasi banderolnya. Dimana, menurut beberapa kabar yang beredar, diketahui bahwa nantinya harga Viar Vintech 250 ini akan dibanderol dengan kisaran antara Rp 30 jutaan. Itu artinya banderol dari moge bergaya retro ini lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan pesaingnya, Kawasaki W175 versi Special Edition (SE) yang saat ini dipasarkan dengan harga 31 jutaan. Cukup menarik bukan harga Viar Vintech 250 ini?

Harga Viar Vintech 250
Rp. 30.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Viar Vintech 250 diatas merupakan harga perkiraan
  • Harga Viar Vintech 250 mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Di sisi lain, selain soal harga Viar Vintech 250, perlu diketahui bahwa banderol tersebut terbilang sangat menarik. Bahkan, setara dengan beberapa moge sport full fairing, Namun, hanya saja satu hal yang disayangkan bahwa motor ini baru akan dipasarkan pada akhir 2018 atau awal 2019, sehingga kita harus bersabar apabila tertarik membelinya. Mengingat, untuk di GIIAS 2018 sendiri statusnya baru perkenalan. Walaupun demikian, para calon konsumen masih bisa memesan motor ini terlebih dahulu. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Viar Vintech 250. Baca juga review Mas Sena lainnya tentang motor klasik seperti Viar Vintech 200 dan Benelli Motobi 152.

Top