Harga Viar Vortex 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Viar Vortex dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu, tepatnya pada 17 Juni 2017, motor touring bertajuk Viar Vortex resmi diluncurkan. Kendaraan nan gagah yang diperkenalkan oleh PT Triangle Motorindo pada ajang Jakarta Fair Kemayoran tersebut hadir untuk mengisi segmen motor touring kelas menengah dengan bekalan spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan, motor touring buatan pabrik asal Taiwan ini pun juga membawa sejumlah fitur canggih guna menunjang kenyamanan maupun keselamatan bagi para penumpangnya. Di sisi lain, Viar Vortex ini sebenarnya merupakan motor yang sama diperkenalkan tahun lalu dengan nama V250ADV. Selang setahun, setelah beberapa kali kepergok lakukan tes uji coba di jalan, akhirnya Viar secara resmi menghadirkan motor yang sekilas mirip BMW GS tersebut. Tak cukup sampai di situ, model terbaru Viar Vortex ini memang terbilang cukup banyak diminati oleh para konsumen mengingat harganya pun juga relatif cukup kompetitif jika dibandingkan dengan motor touring buatan pabrik lain di segmen yang sama. Tentu saja, hal itu tak lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Viar Vortex itu sendiri.

Viar Vortex

Viar Vortex

Di samping itu, Viar Vortex yang merupakan model terbaru garapan pabrik asal Taiwan ini pun juga memiliki tampilan yang terbilang cukup menarik dan terkesan gagah. Bagaimana tidak? Motor touring yang resmi dirilis oleh PT Triangle Motorindo di pertengahan tahun 2017 tersebut memang dihadirkan dengan mengusung desain sporty yang tampak pada setiap sisi bodi fisiknya. Selain itu, dua pilihan warna menarik pada Viar Vortex ini berupa merah dan silver pun juga semakin membuat daya tariknya kian memikat. Bahkan, performanya pun juga tak bisa dianggap sepele mengingat motor touring ini akan dibekali dapur pacu tangguh berupa mesin bertipe SOHC 4 langkah berkapasitas 249 cc di mana dengan bekalan mesin tersebut, dipastikan motor Viar Vortex ini bakal mampu melesat dengan gahar. Tak sampai di situ saja, kali ini Viar pun juga telah melengkapi motor terbaru buatannya ini dengan box khas touring yang sangat fungsional guna menunjang aktivitas touring. Selain itu, tentunya masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki motor gagah garapan Viar ini. Nah, bagi teman-teman yang ingin tahu spesifikasi dan harga Viar Vortex, simak saja ulasan lengkapnya yang akan Mas Sena uraikan pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Viar Vortex

Review Viar Vortex

Desain

Motor Gagah dengan Desain Sporty dan Elegan Khas Motor Touring

Sebelum kita mengenal lebih dalam, Mas Sena akan mengawali review kali ini dengan mengulas pada sektor eksterior dari spesifikasi Viar Vortex. Terkait dengan tampilan fisiknya, motor touring asal Taiwan ini memang dibuat dengan mengusung konsep desain yang sangat elegan dan sporty. Hal itu bisa dilihat dari setiap sisi bodi luarnya. Mulai dari wajahnya, tampak headlamp proyektor yang dilengkapi pula dengan lampu sein di mana keduanya sudah menggunakan teknologi LED. Sehingga, tak perlu diragukan lagi bahwa dengan bekalan lampu utama pada Viar Vortex tersebut maka bakal sanggup memberikan penerangan yang cukup maksimal untuk membantu pengemudi ketika berkendara di waktu malam hari. Tak pula juga spakbor depan nan modern pun juga turut disematkan sebagai ciri khas motor petualang yang ditempatkan pada bagian bawah dari headlamp. Tak cukup sampai di situ saja, pada bagian depan dari motor Viar Vortex ini pun juga tampak terlihat disematkan sebuah windshield cukup tinggi yang siap melindungi pengemudi dari terpaan angin langsung yang menerjang ketika berkendara dengan kecepatan tinggi. Sementara itu, pada bagian sampingnya, jika kita telisik secara lebih jeli tampak bodinya berbentuk huruf “V”. Bahkan, menariknya juga bahwa pada sisi samping Viar Vortex ini tampak tangki bahan bakar besar berkapasitas 15 liter dengan lekukan tegas yang semakin menegaskan kesan sebagai motor touring nan gagah dan sporty. Selain itu, bisa kita lihat juga jok memanjang dan namun dibuat terpisahg antara jok pengemudi dan penumpangnya sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup ideal dan nyaman. Sedangkan menginjak pada sisi belakang, Viar Vortex akan dilengkapi dengan pannier atau 3 box samping sebagai tempat yang cukup fungsional untuk membawa segala barang bawaan ketika akan touring. Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu kelebihan tersendiri yang ditawarkan Viar kepada para calon konsumen. Nah, di sisi lain pun juga tak kalah canggih di mana Viar Vortex ini akan mengandalkan stop lamp canggih sebagai fitur yang siap memberikan pencahayaan yang cukup terang namun tak membuat silau para pengemudi lainnya di belakang. Dengan begitu, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Viar Vortex pada sektor eksteriornya ini memang terbilang sudah cukup menarik dan sanggup memikat para konsumen.

Spesifikasi Viar Vortex

Speedometer

Dilengkapi Fitur Berupa Panel Instrumen Indikator Modern yang Cukup Fungsional

Beralih pada sektor berikutnya, kini waktunya Bagi Mas Sena untuk mengulas panel indikator yang diusung spesifikasi Viar Vortex. Sebagai motor touring yang menyasar kelas menengah bawah, model terbaru yang dibawa Viar ini memang dibekali dengan sejumlah fitur yang cukup fungsional. Seperti pada panel indikatornya di mana motor ini telah dilengkapi dengan instrumen indikator yang mengkombinasikan antara panel digital dan analog. Untuk panel digital pada Viar Vortex ini, akan menampilkan informasi mengenai posisi gigi, kecepatan dalam hitungan Km/jam, penunjuk waktu/jam, indikator bahan bakar dan jarak yang telah ditempuh. Selain itu, di samping kanan panel digital tersebut juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator yang berupa lampu sein, indikator bahan bakar Viar Vortex, lampu tembak/jarak jauh, dan lampu netral. Sedangkan di sisi kiri dari panel digitalnya terdapat tombol mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Nah, di sisi lain, pada panel analog hanya akan menampilkan informasi terkait tachometer. Tak hanya itu saja, pada sektor indikator dari Viar Vortex ini juga sudah dilengkapi dengan fitur lain seperti power outlet dan colokan USB yang diposisikan berdekatan dengan dashboard. Tentu saja, setelah kita raba satu per satu, tampaknya memang perlu diakui bahwa panel indikator dari spesifikasi Viar Vortex memang terbilang cukup canggih dan informatif.

Spesifikasi Motor Viar Vortex

Dimensi

Motor Touring Berdimensi Ideal dan Gagah

Di sisi lain, tak ketinggalan juga pada sesi ini Mas Sena akan mengulas sektor dimensi yang diusung spesifikasi Viar Vortex. Hadir sebagai motor adventure tentu saja model terbaru garapan pabrik Viar ini akan hadir dengan membawa dimensi bodi yang tampak besar namun ideal untuk sekelas motor touring. Hal itu tak lepas dari struktur rangka dan ukuran dimensi pembentuk motor touring tersebut, di mana kali ini Viar Vortex memiliki panjang 2130 mm, lebarnya 868 mm, tinggi 1260 mm, dan jarak sumbu rodanya mencapai 1400 mm. Mengetahui dimensi bodinya tersebut maka sangat wajar jika motor adventure nan gagah ini memiliki bentuk bodi yang terkesan besar namun cukup ideal untuk sekelas motor adventure kelas menengah bawah. Walaupun berdimensi besar namun Viar Vortex ini akan mudah dikendalikan pada saat kondisi mesin mati mengingat hanya memiliki bobot 163 Kg sehingga tak akan terlalu memberatkan bagi para penggunanya. Sementara itu, meski tak diketahui berapa ukuran ground clearance yang dimilikinya namun jika kita melihat dimensi dan bodi dari Viar Vortex ini secara keseluruhan, motor gagah garapan pabrik asal Taiwan ini tampaknya memang memiliki ukuran dimensi yang pas dan ideal sehingga cocok dikendarai di berbagai medan jalan. Dengan begitu, tentu saja dengan dimensi yang dibawa spesifikasi Viar Vortex tersebut, maka wajar jika bodinya tampak cukup besar dan gagah.

Review Viar Vortex

Suspensi

Dilengkapi Kaki-Kaki Kokoh dan Rem Handal

Setelah kita tahu bagaimana gagahnya dimensinya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk mengetahui sektor kaki-kaki yang dibawa spesifikasi Viar Vortex. Sebagaimana yang sudah Mas Sena katakan sebelumnya, motor adventure yang membawa sejumlah fitur ini pun juga memiliki tingkat keseimbangan yang cukup tinggi. Hal itu berkat disematkannya dua buah suspensi pada bagian depan dan belakang. Di mana, pada bagian depan, Viar Vortex ini akan mengandalkan tipe Upside Down, sedangkan di sisi belakangnya menggunakan tipe Monoshock. Dengan adanya kedua suspensi tersebut maka sudah bisa dipastikan bakal memberikan tingkat keseimbangan motor yang cukup tinggi. Bahkan, kenyamanan dalam berkendara pun bakal lebih terasa mengingat kedua suspensi yang dibawa Viar Vortex tersebut memiliki kemampuan daya redam goncangan tingkat tinggi ketika melewati medan jalan off road yang bergeronjal dan ganas. Selain itu, motor petualang yang gagah ini pun juga akan dibekali dengan velg berdiameter 18 inci di bagian depan dan 17 inci pada bagian belakang. Kedua roda Viar Vortex tersebut akan dibalut ban berukuran 100/90 untuk velg depan dan ban 130/70 pada velg belakang. Sementara itu, tak ketinggalan juga bahwa motor touring ini akan dibekali juga dengan rem cakram tunggal. Meski belum dilengkapi dengan teknologi rem ABS namun dengan berbekal rem cakram tunggal (Disc Brake) pada spesifikasi Viar Vortex tersebut tampaknya dirasa sudah cukup mumpuni untuk mengendalikan laju dari motor touring tersebut.

Harga Motor Viar Vortex

Mesin

Dibekali Mesin Tangguh Tipe SOHC 4 Langkah Berkapasitas 249 cc

Nah, menginjak pada segmen kali ini, saatnya bagi Mas Sena untuk menilik bagian dalam atau sektor dapur pacu dari spesifikasi Viar Vortex. Pada bagian permesinan yang diusung motor adventure asal Taiwan ini, tampaknya juga tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kali ini motor gagah asal Taiwan ini diketahui telah dipersenjatai tipe mesin SOHC 4 langkah dengan sistem Water Cooled Radiator yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 249 cc. Tak sampai di situ saja, motor Viar Vortex yang begitu sporty dan gagah ini pun juga akan menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan. Di mana, dengan adanya kombinasi antara mesin dan transmisi yang dibawanya tersebut maka motor touring ini pun sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 185 kW setiap putaran ke 9000 rpm. Sedangkan, titik puncak torsi yang bisa dicapai oleh Viar Vortex  ini pun menginjak pada angka 22.5 Nm per putaran ke 7000 rpm. Tentu saja, dengan besaran tenaga tersebut maka dipastikan bahwa motor touring ini dikenal cukup gahar dan tangguh dalam menguasai berbagai medan. Di samping itu, sektor permesinannya pun juga sudah menggunakan sistem pembakaran Fuel Injection yang siap membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Dengan begitu maka tak heran jika sektor dapur pacu pada spesifikasi Viar Vortex bakal menjadi salah satu sektor yang cukup diunggulkan.

Fitur

Berbekal Fitur Mumpuni dan Fungsional Tunjang Kenyamanan dan Keselamatan Pengguna

Tak cukup hanya sekedar desainnya yang menarik dan dapur pacunya yang gahar saja melainkan fitur-fitur yang dibawa spesifikasi Viar Vortex pun juga akan Mas Sena raba satu per satu. Kehadiran fitur-fitur pada motor adventure ini memang diterapkan untuk melengkapi kecanggihannya. Pertama, salah satu fitur yang cukup penting yaitu fitur keselamatan di mana salah satunya yaitu pengereman berupa rem cakram tunggal. Meski belum dilengkapi teknologi ABS namun rem yang dibawa Viar Vortex ini terbilang sudah cukup memadai untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Sementara itu, tak ketinggalan juga panel indikator kombinasi analog-digital pun juga turut melengkapi kecanggihannya sebagai fitur yang cukup fungsional dan informatif dengan menampilkan kondisi terkini motor yang dikendarai. Selain itu, ada juga windshield sebagai pelindung pengemudi Viar Vortex dari terpaan angin dari arah depan sehingga akan memberikan kondisi berkendara yang lebih nyaman dan santai. Tak hanya itu saja, yang cukup menarik asalah motor ini akan dilengkapi dengan aksesoris berupa box belakang yang cukup besar sehingga bisa digunakan sebagai media untuk membawa barang bawaan secara efisien. Nah, tentunya dengan keunggulan yang diusung spesifikasi Viar Vortex tersebut sedikit banyak bakal berpengaruh pada harganya.

Spesifikasi Viar Vortex

Mesin
Tipe Mesin 4 Langkah SOHC Water Cooler Radiator
Diameter x Langkah 77 x 53.6 mm
Transmisi 6 Kecepatan
Starter Electric
Volume Langkah 249 cc
Daya Maksimal 18.5 Kw/9000 Rpm
Torsi Maksimal 22.5 Nm/7000 Rpm
Dimensi
Panjang 2130 mm
Lebar 868 mm
Tinggi 1260 mm
Jarak Sumbu Roda 1400 mm
Jarak Terendah ke Tanah 210 mm
Kapasitas Tangki 15 Liter
Berat Kosong 163 Kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Upside Down
Suspensi Belakang Monoshock
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake
Ban Depan 100/90-18
Ban Belakang 130/70-17

Harga Viar Vortex

Nah, kini akhirnya kita sampai pada segmen terakhir di mana pada sesi ini kita akan bersama-sama mencari tahu informasi soal harga Viar Vortex. Namun, perlu untuk kawan ketahui kembali bahwa motor adventure garapan pabrik asal Taiwan ini merupakan produk baru yang diluncurkan untuk meramaikan segmen pasar motor touring di segmen kelas menengah. Kehadirannya pun membawa sejumlah keunggulan maupun kelebihan dari setiap sektor. Baik dari segi desain Viar Vortex, ruang pacu maupun fitur-fiturnya. Pada sisi eksteriornya, sudah tampak begitu jelas desainnya yang tampak menarik dan sporty. Belum lagi dengan permesinannya yang mengandalkan mesin tipe SOHC berkapasitas 249 cc sehingga bakal membuatnya kian gahar dan mumpuni. Bahkan, harga Viar Vortex yang terbilang cukup murah untuk motor touring, motor ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih nan fungsional di mana yang paling menarik yaitu disematkannya 3 buah box besar yang siap digunakan sebagai media untuk membawa barang bawaan secara lebih mudah. Nah, apakah dengan keunggulan yang ditawarkannya tersebut, teman-teman sudah tahu kisaran harga Viar Vortex?

Harga Viar Vortex

Harga Viar Vortex Terbaru

Sebagai motor adventure kelas menengah, tentu saja harga Viar Vortex pun juga akan dibanderol dengan nominal yang disesuaikan segmentasi pasar yang sedang ditujunya. Nah, terkait dengan harganya, jika kita mendasarkan atas informasi yang Mas Sena kutip dari situs resmi Viar Indonesia, diketahui bahwa harga Viar Vortex akan dibanderol senilai Rp 44.650 juta. Tentu, jika melihat nominal tersebut, Mas Sena bisa katakan bahwa banderol untuk memboyong motor tersebut cukup standar jika melihat dari segmentasinya dan fitur-fitur maupun spesifikasi yang dibawanya. Bahkan, jika membandingkannya dengan beberapa motor serupa garapan pabrikan lain, Viar Vortex ini terbilang cukup murah dan terjangkau. Nah, dengan kisaran harganya yang terbilang cukup terjangkau tersebut, tentuakan menjadi nilai plus tersendiri baginya untuk menarik hati calon konsumennya. Kira-kira apakah dengan informasi mengenai harga Viar Vortex tersebut, teman-teman tertarik membawanya pulang ke garasi rumah?

Harga Motor Viar Vortex
Rp 44.650.000,-

Catatan : 

  • Harga Motor Viar Vortex diatas merupakan harga OTR DKI Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Viar Vortex

Nah, buat kawan-kawan sudah tak sabar membelinya, perlu untuk dipahami dulu bahwa harga Viar Vortex yang Mas Sena informasikan di atas merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta. Maka dari itu, tak heran apabila motor ini dijual di daerah lain maka dipastikan akan membuat harganya relatif sedikit lebih mahal. Di sisi lain, seperti yang sudah Mas Sena katakan jika kita bandingkan antara harga Viar Vortex dan spesifikasi yang dibawanya, tentu bisa Mas Sena katakan cukup bersesuaian sehingga tak ayal jika motor touring yang satu ini menjadi salah satu motor yang cukup banyak diminati oleh para calon konsumen. Namun demikian, meskipun membawa harga dan spesifikasi yang baik, Viar Vortex ini tetap harus bersaing dengan beberapa motor serupa buatan pabrikan lain. Sebut saja Kawasaki Versys yang juga menawarkan desain dan fitur serupa. Nah, demikian ulasan yang dapat Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga Viar Vortex. Jangan lupa baca juga informasi menarik lainnya mengenai Honda CRF 250 Rally dan Kawasaki Versys-X 250 Tourer.

Top