Harga VW Polo 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga VW Polo dan Spesifikasi – Tampaknya, produsen otomotif asal Jerman pun juga turut serta meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan produk barunya yang bernama VW Polo. Mobil buatan Volkswagen atau disingkat VW ini akan menjadi salah satu city car modern yang bakal bersaing dengan city car buatan produsen lain. Di sisi lain, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIAAS) 2015 lalu VW Polo telah resmi diperkenalkan dengan mengusung teknologi canggih dan spesifikasi yang begitu mumpuni. Selain itu, peluncuran city car buatan pabrik asal Benua Biru ini pun memang sengaja dihadirkan untuk menggantikan Polo MPI yang dirasa kurang menarik dan menggairahkan. Tentu, munculnya VW Polo pun diharapkan mampu bersaing dengan beberapa city car buatan Jepang yang begitu “sadis” merajai pasar otomotif di Indonesia pada setiap segmen. Terlepas dari hal tersebut, sampai saat ini pun Volkswagen diketahui masih menjual mobil buatannya ini di Tanah Air, bahkan pada ajang IIMS 2017 pun VW Polo tampak mejeng dengan percaya diri di booth Volkswagen. Pastinya, dengan dipertahankannya mobil ini di pasar Indonesia maka dipastikan bahwa mobil ini memang dinilai masih memiliki banyak peminat. Lalu, kira-kira apa saja ya keunggulan yang dimiliki VW Polo ini?

VW Polo

VW Polo

Melalui PT Garuda Mataram Motor selaku APM (Agen Pemegang Merk) untuk penjualan mobil VW di Indonesia, tampaknya VW Polo memang benar-benar siap dihadirkan sebagai salah satu city car tangguh dengan desain menarik dan tentunya berbekal kemampuan spesifikasi yang cukup handal. Jika melihat dari segi desain, mobil ini mengusung tampilan bodi yang simple namun tampak elegan. Sedangkan di sisi lain, untuk urusan jantung pacu, city car VW Polo ini akan mengusung mesin berkapasitas 1.2 L tipe TSI dengan transmisi 7 percepatan otomatis. Tentu saja, dengan bekalan mesin tersebut maka performa yang dihasilkan mobil perkotaan ini bakal mampu memberikan akselerasi yang cukup handal di kelasnya. Sedangkan di sisi lain, tak ketinggalan juga bahwa beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan pada VW Polo guna menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Di samping itu, yang cukup menarik yaitu harga mobil ini sendiri di mana banderol yang dipatok cukup kompetitif untuk sekelas city car. Bagi kawan-kawan yang ingin tahu lebih dekat dengan mobil buatan VW ini, jangan khawatir. Kita simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga VW Polo pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil VW Polo

Review VW Polo

Eksterior

City Car Eropa dengan Desain Simple Namun Tetap Elegan

Seperti beberapa ulasan sebelumnya, di awal segmen ini Mas Sena bakal mengulas sisi tampilan eksterior pada spesifikasi VW Polo. Memang, jika kita lihat bodi yang diusung city car ini, tampak dengan jelas bagaimana simple dan sederhananya mobil ini tak seperti dengan para kompetitornya. Bahkan, bentuk kesederhanaan pun juga tampak semakin jelas mengingat lampu utama (head lamp) yang masih mengandalkan tipe lampu Halogen dan belum dilengkapi dengan teknologi LED DRL. Tetapi, untuk desain headlamp VW Polo sendiri memang dibuat lebih modern dan cukup menarik. Sementara itu, logo “VW’ pun tampak terpasang manis di tengah-tengah garis grille depan yang dibuat begitu seimbang berbalut warna chrome sehingga cukup memancarkan kesan city car modern yang begitu stylish. Tak hanya itu saja, pada desain bumper yang digunakan pada VW polo terlihat menggunakan konsep lubang angin yang cukup panjang dan berwarna hitam dop. Kemudian, pada bagian bodi samping, mobil ini mengusung desain yang cukup simple di mana jauh dari aksen-aksen tajam layaknya city car modern buatan pabrik lain. Selain itu, desain handle pintu VW Polo masih menggunakan desain yang sama pada Volkswagen Golf. Nah, menginjak pada bagian bodi belakang, mobil ini mengandalkan stop lamp berbentuk sedikit mengotak dengan ukuran yang dinilai cukup minimalis. Selain itu, pada kaca belakang juga sudah dilengkapi dengan wiper and washer system with intermittent control. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa sektor eksterior pada spesifikasi VW Polo ini memang dirancang dengan desain simple.

Spesifikasi VW Polo

Interior

Mengusung Ruang Kabin Ideal dengan Bekalan Fitur Modern yang Fungsional

Setelah kita meraba pada sisi ekstriornya, kini waktunya Mas Sea untuk memasuki bagian kabin dari sektor interior pada spesifikasi VW Polo. Pada bagian ruang kabin ini, memang tak ada yang spesial mengingat beberapa bagian dilapisi bahan material yang terbuat dari plastik, terutama pada dashboard atau trim door trim. Hanya saja, beberapa fitur yang disematkan pada bagian dashboard bisa dibilang cukup mumpuni dan sangat identik dengan gaya Golf MK 6. Di sisi lain, pengaturan AC Digital pada mobil VW Polo ini pun dinilai cukup beragam dengan head unit yang dirancang simple berbalut warna mono chrome. Menariknya, pada head unit tersebut disematkan beberapa fitur hiburan, seperti radio “RCD 320 G” with SD card slot, CD player. Bahkan, beberapa fitur konektivitas pun juga turut disematkanpada VW Polo ini, antara lain USB/ipod interface dan Bluetooth connection. Tetapi, yang sedikit aneh tampak beberapa ruang tombol yang memang tidak digunakan di area Hazard sehingga terindikasi adanya fitur-fitur yang dikurangi guna menekan harga mobil agar lebih kompetitif. Sementara itu, untuk sistem lingkar kemudinya sendiri, VW Polo akan menggunakan kemudi Golf MK 7 yang sudah dilengkapi dengan sistem pengaturan audio, MID pada palang kemudinya dan pengaturan atau kontrol tilt Telescopic. Selain itu, untuk desain pada setir kemudinya sendiri menggunakan gaya flat bottom sehingga akan memberikan ruang yang lebih luas sehingga akan membuat gerak penumpang VW Polo menjadi lebih bebas. Terlepas dari hal itu, pada jok yang diusung mobil ini sendiri menggunakan bahan material dari fabric dengan konsep desain minimalis dan standar. Tetapi, memiliki pengaturan yang cukup lengkap, seperti sliding, reclining, dan height adjuster. Tampaknya, sektor ruang kabin atau interior pada spesifikasi VW Polo memang tak semewah dengan city car lain namun tetap tampak elegan dengan kelengkapan fitur-fitur pada interiornya.

Spesifikasi Mobil VW Polo

Dimensi

Mobil Perkotaan dengan Dimensi Ideal

Di sisi lain, tak hanya pada desain eksterior dan interiornya saja, spesifikasi VW Polo pun juga mengusung dimensi dengan ukuran bodi yang pas. Pasalnya, dari segi ukuran bodinya sendiri dinilai sudah cukup ideal untuk sebuah city car. Di mana, mobil ini akan mengusung dimensi dengan ukuran panjang 3.971 mm, lebarnya 1.682 mm, dan tinggi 1.469 mm serta memiliki jarak sumbu roda hingga 2.469 mm. Menilik ukuran tersebut, tampaknya akan membuat mobil VW Polo buatan pabrik asal Jerman ini cukup sedang dan cocok untuk dikendarai di medan perkotaan yang padat. Selain itu, city car garapan Volkswagen yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 45 Liter ini pun juga akan dibekali dengan sektor kaki-kaki yang cukup kuat. Kekokohan bagian kaki-kaki tersebut berkat disematkannya suspensi tipe Strut and 3 Point Wishbone pada bagian depan maupun belakang VW Polo ini sehingga dengan keberadaan kedua suspensi tersebut maka berkendara akan lebih nyaman dan terasa seimbang. Sementara itu di sisi lain, city car ini juga akan menggunakan velg Tossa Alloy yang berukuran 15 inci di mana akan terbalut ban tebal berukuran 185/60 R15. Tak cukup sampai di situ saja, VW Polo pun juga akan dilengkapi dengan pengereman Dual Circuit Brake system With ventilated discs pada bagian depan dan untuk bagian pengereman belakang akan mengandalkan rem berjenis cakram yang siap memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengontrol laju kecepatan dari kegaharan performa yang disemburkan oleh spesifikasi VW Polo ini.

Review VW Polo

Mesin

Performa Handal Andalkan Mesin Berkapasitas 1.2 Liter TSI 4 Silinder

Beralih pada segmen selanjutnya, Mas Sena akan mengajak sobat semua untuk menilik dan mengupas tuntas keunggulan pada ruang pacu dari spesifikasi VW Polo. Meski dianggap memiliki desain sederhana dengan sajian interior yang minimalis namun untuk sektor permesinnya, Volkswagen akan membekali city car buatannya ini dengan mesin handal di mana mobil ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 1.2 Liter berteknologi TSI. Mesin yang diusung VW Polo ini memiliki 4 silinder segaris yang berkapasitas 1.197 cc. Tentu saja, hasil tenaga yang disemburkan bakal mampu membuat mobil perkotaan ini melaju dengan gesit dan kencang. Bukan tanpa alasan mengingat mesin yang disematkan pada VW Polo tersebut diklaim mampu mencapai tenaga maksimum hingga 105 Bhp per putaran 5.000 rpm dan torsi puncak mencapai 175 Nm pada putaran antara 1.500 – 4.100 rpm. Di sisi lain, tenaga yang dihasilkan dari raung olah pacu tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 7 percepatan Dual Clutch Automatic Gearbox (DSG). Di sisi lain, VW Polo pun juga sudah mengandalkan sistem emisi EURO 2 yang akan membuatnya menjadi lebih efisien dan irit bahan bakar. Dengan begitu maka sektor permesinannya tersebut bisa dikatakan cukup handal dan ramah lingkungan. Sehingga spesifikasi VW Polo pada permesinannya tersebut memang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Harga Mobil VW Polo

Fitur

Dilengkapi Segudang Fitur Standar Siap Menunjang Kenyamanan dan Keselamatan Pengguna

Menginjak pada segmen selanjutnya, tampaknya saatnya Mas Sena untuk mengulas ragam fitur yang disematkan pada spesifikasi VW Polo. Beberapa fitur yang disematkan pada mobil buatan pabrik asal Jerman ini memang bisa dibilang cukup standar namun juga tak ketinggalan jaman. Bisa dilihat beberapa fitur cukup canggih, seperti teknologi pengereman ABS, ASR, dan EDTC yang siap memberikan kemudahan dalam mengontrol laju kecepatan mobil dan mencegah ban terselip. Sedangkan untuk memberikan kenyamanan dalam ruang kabin VW Polo maka beberapa fitur hiburan pun turut dibenamkan, antara lain seperti head unit yang terintegrasi dengan Rado dan CD Player yang bisa digunakan untuk memainkan musik. Bahkan, 4 speaker pun juga turut serta dihadirkan sehingga akan membuat suara musik dalam ruang kabin VW Polo yang begitu membahana. Selain itu, Automatic Air Conditioning System pun juga menjadi salah satu fitur unggulan dari spesifikasi VW Plo pada bagian interior untuk memberikan rasa sejuk sehingga membuat penumpangnya betah berlama-lama. Dengan keunggulan yang diusung spesifikasi VW Polo ini, sudah kah kawan-kawan tahu berapa banderol untuk memboyongnya?

Video VW Polo

Berikut ini adalah official video VW Polo yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor nama VW ini:

Spesifikasi VW Polo

Mesin
Tipe 4 cylinder inline with turbocharged direct injection
Isi Silinder 1,197 cc
Diameter x Langkah 71,0 mm X 75,6 mm
Kategori Emisi Euro 2
Daya Maksimum 105 bhp @ 5,000 rpm
Torsi Maksimum 175 Nm @1,500 rpm – 4,100 rpm
Sistem Bahan Bakar RON 95
Dimensi
Panjang 3,971 mm
Lebar 1,682 mm
Tinggi 1,469 mm
Jarak Poros Roda 2,469 mm
Jarak Pijak Depan 1,460 mm
Jarak Pijak Belakang 1,456 mm
Kapasitas Tangki 45 liter
Kaki-Kaki
Sistem Kemudi Electro-mechanical power assisted steering
Suspensi Depan Strut and 3 Point Wishbone
Suspensi Belakang Strut and 3 Point Wishbone
Rem Dual Circuit Brake system With ventilated discs
Roda 6 J x 15”
Ukuran Ban 185/60 R15
Fitur
Keamanan • Electronic Stabilisation Control, w/ driver steering ecommendation Anti-lock Braking System (ABS) Anti Slip Regulation (ASR) Engine Drag Torque Control (EDTC) Electronic Differential Lock (EDL) and trailer
• Child door-lock
• Air bag for driver and front seat Passenger
• Rear parking sensors
• 3-point seat belts front w/ electric seat-belt tensioner
• 3-point seat belts, outer rear
• Rear fog light
Kenyamanan • Leather wrap multifunction steering wheel
• Automatic Air Conditioning system ‘Climatronic’
• Radio “RCD 320 G” with SD card slot, CD player, USB/ipod interface and Bluetooth connection
• 4 speakers system
• Leather-wrapped gearshift knob
• Front seats with height adjustment
• Front and rear cup holders
• Asymmetrical split rear seats come in handy for loading large items
• Sun Visor with mirror on front passenger side
• Three rear headrests
• Interior light in footwell
• Storage pockets on back of front seats

Harga VW Polo

Tak terasa akhirnya sampai juga kita di segmen terakhir di mana pada sesi ini kita akan mengulas harga VW Polo. Tapi sebelumnya, ada baiknya Mas Sena untuk mengingatkan kembali spesifikasi yang diusung city car buatan VW ini untuk lebih meyakinkan sobat dalam memilih mobil ini menjadi salah satu koleksi sobat. Seperti yang sudah disinggung di atas, mobil ini memang dihadirkan sebagai mobil perkotaan yang akan bersaing dengan beberapa city car lain buatan Jepang. Di mana, VW Polo ini akan mengusung desain yang cukup simple dan sederhana serta dibekali interior standar. Sedangkan di sisi lain, untuk menunjang performa maka Volkswagen pun telah membekali mobil garapannya dengan mesin 1.2 L TSI yang siap memberikan tenaga powerful. Tak heran harga VW Polo memang dibanderol cukup tinggi sebagai sebuah city car. Pasalnya, beberapa fitur keselamatan dan kenyamanan pun juga turut menyumbang kecanggihannya dalam bersaing dengan para kompetitornya yang didominasi pabrikan asal Negeri Sakura Jepang. Dengan berbekal kemampuan tersebut, kira-kira berapa ya banderol harga VW Polo ini?

Harga VW Polo

Harga VW Polo Terbaru

Jika menelisik secara lebih jauh, tampaknya harga VW Polo ini akan dibanderol cukup kompetitif untuk sekelas city car. Pasalnya, mobil perkotaan garapan Volkswagen ini diketahui bakal dibanderol seharga Rp 259 juta. Sebuah nominal angka yang cukup kompetitif bagi sekelas city car. Meskipun demikian, namun bagi sebagian konsumen, tampaknya harga VW Polo tersebut dinilai sedikit cenderung lebih mahal. Sebagai mobil yang berjenis city car, di Indonesia tentu mobil ini akan bersaing dengan beberapa produk dari pabrikan lain yang juga memiliki harga kompetitif atau bahkan lebih murah. Sehingga memang bukan hal yang mudah bagi VW Polo untuk dapat bersaing dengan mereka. Namun demikian berbekal namanya yang sudah cukup disegani, mobil ini memang memiliki pasar segmen konsumen tersendiri yang memang menjadi saaran utama dari VW. Dengan kisaran banderol harga VW Polo tersebut apakah kawan-kawan tertarik memilikinya? Atau lebih tertarik mobil LCGC?

Harga VW Polo

Rp 259.000.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil VW Polo diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga VW Polo

Perlu sobat pahami bahwa harga VW Polo di atas merupakan banderol OTR untuk wilayah Jakarta. Sehingga, untuk penjualan di daerah lain, harganya akan menyesuaikan. Di sisi lain, city car yang akan menjadi pesaing bagi Toyota Yaris TRD S dan Mazda2 ini pun tampaknya cukup banyak memiliki penggemar. Hal tersebut dikarenakan VW Polo ini memiliki keunggulan dalam sektor permesinannya yang memang sangat galak untuk sekelas city car. Wajar, karakter VW sebagai pabrik asal Benua Eropa yang dikenal khas mengusung mesin-mesin super handal. Di samping itu, dengan kisaran angka pada banderol harga VW Polo yang memiliki range kompetitif ini pastinya akan menjadi pilihan yang tepat untuk kawan-kawan yang sudah bosan dengan mobil besutan pabrik Asia khususnya Jepang yang memang didominasi merek itu-itu saja. Nah, sampai di sini dulu ya kawan, Semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga VW Polo ini bisa menjadi referensi buat sobat semua. Jangan lupa tengok juga ulasan lain mengenai Suzuki Ignis dan Toyota Yaris Heykers.

Top