Harga Yamaha Fino Grande 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Yamaha Fino Grande dan Spesifikasi – Akhir pekan kemarin, tepatnya pada Sabtu 18 Februari 2017, Yamaha Indonesia secara resmi telah meluncurkan Yamaha Fino Grande yang dihadirkan dengan tampilan baru yang lebih fresh. Perilisan skutik terbaru bergaya retro ini bersamaan juga dengan diluncurkannya Fino Sporty yang merupakan saudaranya dari jajaran varian dari New Fino Series 2017. Namun, dalam kesempatan ini Mas Sena akan lebih fokus untuk mengulas secara lebih spesifik mengenai Yamaha Fino Grande. Motor matik ini memang dihadirkan dengan tampilan desain yang lebih segar untuk bersaing dengan Honda Scoopy. Selain itu, kehadiran dari motor matik terbaru ini pun diharapkan akan mampu menarik para konsumen yang ingin merasakan sensasi skutik bergaya klasik. Tak hanya itu saja, Yamaha Fino Grande yang memiliki mesin berkapasitas 125 cc ini pun juga akan menjadi salah satu skutik andalan Yamaha dengan banderol yang cukup terjangkau. Sehingga, tak heran jika motor matik besutan pabrik berlogo garpu tala ini akan menjadi salah satu pilihan utama para konsumen di Indonesia. Lalu, kira-kira apa saja sih keunggulan dari Yamaha Fino Grande ini?

Yamaha Fino Grande

Yamaha Fino Grande

Meski dihadirkan sebagai skutik yang dibanderol dengan harga cukup murah, namun spesifikasi yang dibawa Yamaha Fino Grande tampaknya tak bisa dianggap murahan. Pasalnya, motor matik ini akan dibekali dengan komponen mesin yang cukup tangguh dan lengkap dengan fitur-fitur terbarunya. Tak hanya itu saja, pada sektor tampilan terbarunya pun juga sangat menggoda di mana Yamaha Fino Grande ini mengusung konsep desain retro yang simple namun tampak begitu elegan pada setiap sisi bodinya. Tentu saja hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Tak cukup sampai di situ, pada sektor mesinnya pun juga cukup tangguh. Sebab, Yamaha Fino Grande ini akan dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 125 cc tipe SOHC yang sudah tentu bakal mampu menyemburkan tenaga cukup handal di kelasnya. Bahkan, beberapa fitur canggih pun juga disematkan pada Yamaha Fino Grande besutan Yamaha ini untuk mendukung spesifikasi yang ada didalamnya. Selain itu masih banyak lagi kelebihan yang dmiliki motor matik terbaru garapan Yamaha ini. Nah, untuk mengenal lebih detil mengenai keunggulan dari motor matik ini, yuk kita simak bersama ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Fino Grande pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Yamaha Fino Grande

Review Yamaha Fino Grande

Desain

Skutik Bergaya Klasik dengan Tampilan Baru Khas Motor Retro

Seperti dengan yang sudah Mas Sena sampaikan di atas, tampilan eksterior fisik dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang dihadirkan dengan desain klasik yang tampak lebih elegan. Hal itu bisa kita lihat dari setiap sisi bodinya. Mulai dari depan, Yamaha telah membekali motor matik besutannya ini dengan head lamp berteknologi LED yang didesain lebih elegan. Selain desainnya menarik, head lamp pada Yamaha Fino Grande tersebut juga akan mampu memberikan pencahayaan yang lebih terang sehingga pengemudi akan lebih jelas melihat medan jalan di depan ketika melewati jalan yang minim penerangan. Selain itu, tersedia pula lampu sein yang didesain dengan bentuk eclipse yang akan membuat tampilannya makin kece. Menginjak pada bagian bodi samping, Yamaha Fino Grande mengandalkan jok Double Seat yang empuk sehingga akan memberikan kenyamanan maksimal kepada si pengemudi maupun penumpangnya ketika berkendara. Bahkan, dengan adanya Double Seat tersebut, tentunya akan semakin membuatnya terlihat lebih berkelas. Lalu ada pula emblem “Mio Fino Grande” yang menghiasi bodi bagian samping kanan dan kiri. Di sisi lain, di bawah jok dari Yamaha Fino Grande ini juga disediakan bagasi Megabox seluas 8.7 liter yang akan cukup mampu untuk memuat barang lebih banyak guna menunjang aktivitas setiap pengguna. Tak sampai di situ saja, motor matik ini juga dibekali dengan tangki bahan bakar yang cukup luas dengan kapasitas 4.2 liter yang bisa dijadikan bekal bahan bakar ketika Yamaha Fino Grande akan dikendarai untuk menempuh jarak yang jauh. Sehingga, pengendara tak perlu bolak balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Kemudian, menginjak pada sektor belakangnya, Yamaha juga telah melengkapinya dengan stop lamp menarik di mana pada sisi samping kanan kirinya terdapat lampu sein yang didesain menyipit sehingga mampu memperlihatkan tampilan yang lebih menarik. Tampaknya, tampilan eksterior dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang memperlihatkan gaya desain retro yang tampak mewah dan elegan pada setiap sisi bodinya.

Spesifikasi Yamaha Fino Grande

Speedometer

Dilengkapi Instrumen Indikator Simple dengan Panel Analog yang Cukup Informatif

Selain bodinya tampak begitu menarik dan elegan, tak ketinggalan pula bahwa spesifikasi Yamaha Fino Grande ini juga bakal dilengkapi pula dengan instrumen indikator. Pada sektor ini, pabrik otomotif asal Jepang ini akan mengandalkan panel analog yang dibentuk dengan desain simple dan berbentuk bulat sehingga kesan retronya pun kian tampak terlihat. Selain itu, panel indikator dari Yamaha Fino Grande ini juga akan menampilkan informasi yang cukup jelas di mana tampak speedometer analog yang dihitung Km/jam lengkap dengan jarum penunjuk berwarna merah. Selain itu, terdapat juga indikator lampu sein, ECO Indicator, dan indikator lampu tembak (High Beam) yang tertata rapi pada panel analognya. Tak sampai di situ saja, panel indikator pada Yamaha Fino Grande ini pun juga akan dilengkapi dengan indikator yang ditampilkan pada sisi sebelah kiri bagian bawah dari speedometernya sehingga akan memberikan kesan berbeda dan unik. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa instrumen indikator dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang terbilang memiliki desain yang cukup simple dan elegan serta mampu memberikan informasi secara akurat terkait dengan kondisi motor.

Spesifikasi Motor Yamaha Fino Grande

Dimensi

Motor Matik Khas Retro dengan Dimensi Mungil dan Pas

Beralih pada pembahasan berikutnya, kini Mas Sena akan mengulas pada bagian dimensi dari spesifikasi Yamaha Fino Grande. Memang, jika dilihat dari sisi eksterior bodinya, motor matik besutan pabrik asal Negeri Sakura ini tampak memiliki bodi yang cukup mungil namun cukup pas untuk dikendarai. Bodinya yang mungil dan cukup slim tersebut tentu tak lepas dari struktur rangka dimensi pembentuknya. Pasalnya, Yamaha sendiri telah membekali motor matik Yamaha Fino Grande ini dengan rangka Underbone (tulang punggung) yang cukup kuat dan ringan sehingga akan mempermudah setiap pengguna dalam mengendarai motor matik ini. Selain memiliki rangka, untuk struktur bodi Yamaha Fino Grande ini pun memiliki dimensi yang pas dengan panjang 1.870 mm, lebarnya 700 mm, dan tingginya mencapai 1.066 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.260 mm. Jika kita melihat ukuran dimensinya tersebut maka sangat wajar jika motor matik terbaru besutan Yamaha ini memiliki bodi yang cukup mungil. Bahkan, untuk bobotnya sendiri saja hanya mencapai 98 Kg saja sehingga akan membuatnya cukup ringan ketika dikendarai. Di sisi lain, Yamaha Fino Grande ini juga memiliki ketinggian tempat duduk 745 mm yang dinilai sudah sangat sesuai dengan rata-rata postur tubuh atau tinggi orang Indonesia. Tak sampai di situ saja, matik ini pun juga memiliki ground clearance setinggi 135 mm yang akan membuat si pengendara lebih mudah dalam bermanuver di medan perkotaan. Namun, dengan ketinggian ground clearance pada spesifikasi Yamaha Fino Grande tersebut, tampaknya motor matik ini kurang cocok dikendarai di medan terjal dan penuh bebatuan.

Review Yamaha Fino Grande

Suspensi

Berkendara Lebih Terasa Nyaman Berkat Sokongan Suspensi Kokoh dan Pengereman yang Mumpuni

Selain memiliki dimensi yang kokoh, spesifikasi Yamaha Fino Grande ini pun juga akan dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh dan kuat. Nah, untuk menunjang kaki-kakinya tersebut maka Yamaha sendiri akan membekali motor matik besutannya ini dengan suspensi handal dan kuat untuk menjaga keseimbangan motor ketika dikendarai. Suspensi yang akan digunakan yaitu tipe Teleskopik untuk bagian depan. Sementara itu, untuk suspensi bagian belakang Yamaha Fino Grande akan mengandalkan tipe Unit Swing. Dengan berbekal kedua suspensi tersebut maka pengendara maupun penumpang akan merasa lebih nyaman ketika melewati medan jalan berlubang atau bergeronjal mengingat suspensi ini sangat sempurna sekali dalam menahan setiap goncangan atau getaran pada saat melalui jalanan yang kurang rata. Di sisi lain, untuk memperkokoh sektor kaki-kakinya ini maka Yamaha Fino Grande ini akan dibekali dengan velg 14 inci di mana velg tersebut akan terbalut ban yang berukuran 70/90-14M/C 34P untuk bagian depan. Sedangkan, untuk bagian belakang akan terbalut ban berukuran 80/90-14M/C 40P. Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju kecepatan Yamaha Fino Grande ini maka skutik mungil buatan pabrik Yamaha ini akan dilengkapi dengan rem Disc Brake di bagian depan dan Drum Disc dibagian belakang. Kedua rem tersebut dikenal cukup handal untuk membantu si pengemudi dalam berkendara. Tentu, spesifikasi Yamaha Fino Grande pada sektor kaki-kakinya ini memang bisa dibilang cukup kuat dan kokoh untuk menjaga keseimbangan dan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Harga Motor Yamaha Fino Grande

Mesin

Dibekali Mesin Berkapasitas 125 cc dengan Teknologi SOHC Silinder Tunggal

Menginjak pada segmen berikutnya ini, saatnya kita untuk mengulik pada sektor bagian dalam, yaitu pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Yamaha Fino Grande. Pada bagian permesinannya ini, Yamaha sendiri akan menggunakan mesin yang terbilang memiliki kapasitas kecil namun dikenal cukup tangguh. Pasalnya, motor matik ini akan dibekali mesin berteknologi SOHC dengan Silinder Tunggal dan memiliki kapasitas 125 cc. Mesin  dari Yamaha Fino Grande ini pun diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga yang cukup tangguh, yaitu 7.0 kW pada putaran ke 8.000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi hingga 9.6 Nm per putaran ke 5.500 rpm. Tenaga dari mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi V-Belt Automatic. Di sisi lain, Yamaha juga akan membekali sektor mesin dari Yamaha Fino Grande ini dengan sistem pendingin cair (Air Cooled) untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Nah, yang cukup menarik, pada sektor dapur pacu dari motor matik ini pun juga akan dilengkapi dengan sistem Fuel Injection yang akan mampu menekan konsumsi bahan bakar dari Yamaha Fino Grande menjadi lebih efisen dan ramah lingkungan dengan perbandingan kompresi 9.5: 1. Bahkan, skutik ini pun juga akan dilengkapi dengan teknologi fitur Blue Core yang mampu membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit 50% jika dibandingkan dengan mesin karburator. Tampaknya, jika dilihat secara keseluruhan, dapat disimpulkan sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang dibekali mesin handal dan irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi dengan Beragam Fitur yang Lebih Fungsional

Setelah kita tahu desain, dimensi, serta mesinnya, kini waktunya kita untuk mengetahui fitur-fitur yang disematkan pada spesifikasi Yamaha Fino Grande. Oke, langsung saja bahwa untuk menunjang spesifikasinya maka Yamaha telah membekali motor matik terbaru buatannya ini dengan beberapa fitur cukup canggih dan fungsional. Pertama, motor matik ini akan dilengkapi dengan fitur ECO Indicator yang berguna untuk mengingkatkan pengendara Yamaha Fino Grande ini agar berkendara lebih irit. Lampu indikator tersebut akan berwarna biru ketika pengendaranya melaju pada kecepatan stabil dan konstan pada kecepatan 20-60 km/jam. Apabila lebih dari itu, maka pemakaian bahan bakar akan lebih boros. Selain itu, ada juga fitur Stop & Start System yang akan mematikan mesin Yamaha Fino Grande secara otomatis ketika berhenti lebih dari lima detik. Lalu, si pengendara hanya perlu menarik tugas gas maka mesin otomatis akan hidup. Dengan disematkannya fitur ini maka berkendara pun akan semakin irit dan lebih efisien. Tak hanya itu, motor matik ini pun juga dilengkapi fitur Advance Key System yang bisa digunakan untuk mencari lokasi motor ketika parkir. Sistem penguncian Yamaha Fino Grande tersebut juga bisa digunakan untuk membuka bagasi ketika kita menekannya lebih lama. Di samping itu, tak ketinggalan juga bahwa skutik ini juga memiliki fitur Smart Lock System yang sangat berguna untuk membantu pengereman ketika berhenti pada jalan menanjak. Tak sampai di situ saja, spesifikasi Yamaha Fino Grande ini juga dilengkapi pula dengan fitur Smart Side Stand Switch telah disediakan untuk meningkatkan keamanan pengendara.

Spesifikasi Yamaha Fino Grande

Mesin
Mesin Air cooled, 4-stroke, SOHC
Jumlah Silinder Single cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Volume Silinder 125 cc
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Daya Maksimum 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm
Torsi Maksimum 9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500rpm
Sistem Starter  Elektrik & kick starter
Sistem Pelumasan  Basah
Kapasitas Oli Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling  Kering, sentrifugal Automatic
Tipe Transmisi  V-belt automatic
Dimensi
P x L x T 1870mm X 700mm X 1066mm
Berat isi 98 kg
Tinggi Jok 745mm
Jarak Terendah 135mm
Jarak Sumbu Roda 1260mm
Kapasitas Tangki  4,2L
Kaki-kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 70/90-14M/C 34P
Ban Belakang 80/90-14M/C 40P
Rem Depan Single disc brake
Rem Belakang Drum brake

Harga Yamaha Fino Grande

Setelah resmi diperkenalkan, tentu sebagian besar konsumen akan bertanya-tanya terkait harga Yamaha Fino Grande ini. Tapi tunggu dulu, sebelum jauh melangkah mengulas banderol untuk memboyong motor matik ini, Mas Sena ingatkan kembali bahwa skuter matik terbaru Yamaha ini merupakan produk penyegaran dari jajaran New Fino Series 2017 yang dihadirkan dengan mengusung konsep motor matik bergaya retro. Jika dilihat dari desain Yamaha Fino Grande ini, penyegaran pun tampak terlihat pada setiap sisi bodinya yang semakin terkesan modern dan gagah. Selain itu, skutik ini pun juga kan dibekali mesin pacu yang sudah didukung teknologi Blue Core sehingga konsumsi bahan bakarnya pun kan lebih irit dibandingkan mesin karburator. Hal tersebut tentu tidak akan membuat harga Yamaha Fino Grande ini menjadi mahal, mengingat produk pendahulunya yang juga dijual dengan harga terjangkau. Tentu, hal ini akan menjadi daya tarik bagi para konsumen di Indonesia. Tak sampai disitu saja, beberapa fitur kenyamanan maupun keamanan pun juga disematkan pada motor matik ini. Nah, dengan segala kelebihannya tersebut, kira-kira berapa ya harga Yamaha Fino Grande ini?

Harga Yamaha Fino Grande

Harga Yamaha Fino Grande Terbaru

Bersamaan dengan peluncurannya, pihak Yamaha Indonesia pun juga secara resmi telah merilis harga Yamaha Fino Grande ini. Dalam perilisannya tersebut, Yamaha mengumumkan harga dari skutik ini akan dibanderol seharga Rp 18.200.000,-. Sebuah banderol yang terbilang sangat terjangkau untuk sekelas motor matik berkapasitas 125 cc. Maka, jangan heran jika Yamaha Fino Grande ini akan menjadi salah satu motor matik yang banyak diminati para konsumen di Indonesia. Di sisi lain, Yamaha hanya akan menghadirkan skutik garapannya ini dengan 1 pilihan warna saja, yaitu Royal Blue. Dengan hanya disediakan 1 warna tersebut, tentu tak akan berpengaruh pada harga Yamaha Fino Grande. Namun, meskipun hanya menyadiakan 1 varian warna, namun desainnya yang memang elegant membuat motor matik ini tetap tampak menawan dan cantik. Selain itu, untuk menarik minat para konsumennya, selain harga Yamaha Fino Grande yang murah, berkat tampilan tersebut juga tampaknya akan cukup banyak menggaet calon konsumennya.

Harga Yamaha Fino Grande
Rp 18.200.000,- (OTR Jakarta)

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha Fino Grande diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha Fino Grande

Di samping itu, perlu untuk diketahui bahwa harga Yamaha Fino Grande di atas merupakan banderol dengan status OTR untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, beda daerah atau wilayah, tentu akan berbeda pula harganya dan cenderung sedikit lebih mahal dari harga OTR di Jakarta. Selain itu, harga Yamaha Fino Grande di atas pun masih bisa berubah sewaktu-waktu sehingga untuk mengetahui lebh jelas berapa banderolnya, ada baiknya sobat untuk menanyakannya langsung di dealer resmi Yamaha terdekat. Kehadiran motor matik terbaru Yamaha ini pun akan semakin menambah ketatnya persaingan segmen motor matik bergaya retro di tanah air. Mengingat, selain Yamaha Fino Grande ini seperti yang kita tau, segmen motor matik bergaya retro di Indonesia pun kini sudah cukup banyak di jejali oleh produk-produk dari vendor lain seperti Scoopy yang merupakan produk pertama skuter matik bergaya retro di Indonesia. Nah, itulah tadi penjelasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Fino Grande. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Sampai jumpa kawan. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai Yamaha Grand Filano dan Yamaha Fino 125 Blue Core.

Top