Harga Yamaha MT-10 Tourer Edition 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Yamaha MT-10 Tourer Edition dan Spesifikasi – Belum lama ini, pasar otomotif di Benua Eropa kembali diguncang dengan kehadiran motor adventure yang bernama Yamaha MT-10 Tourer Edition. Moge besutan pabrik berlogo garpu tala ini hadir mengusung konsep adventure dengan tampilan jubah yang lebih garang dan dibekali pula dengan beragam fitur baru guna menunjang setiap kebutuhan dari para penggunanya. Selain itu, motor adventure ini sebenarnya merupakan edisi Tourer dari MT-10 Standar yang sudah diperkenalkan sejak 2016 lalu, hanya saja untuk Yamaha MT-10 Tourer Edition ini akan dihadirkan dengan beberapa penyesuaian, yaitu berupa beberapa gubahan yang disesuaikan pada segmentasi motor touring yang ditujunya, terutama pada sisi eksterior dan beberapa fitur yang disematkan. Sehingga, motor Yamaha MT-10 Tourer Edition terbaru garapan pabrik asal Jepang ini pun akan mampu memberikan sensasi yang berbeda bagi para penggemar touring. Hadir dengan gubahan yang lebih macho, lantas kira-kira apa saja sih keunggulan lainnya yang dimiliki oleh motor adventure Yamaha MT-10 Tourer Edition ini?

Yamaha MT-10 Tourer Edition

Yamaha MT-10 Tourer Edition

Dihadirkan bagi para penggemar adventure, spesifikasi yang dibawa Yamaha MT-10 Tourer Edition ini pun bakal membawa beberapa gubahan baru yang lebih garang. Mulai dari jok yang berbeda dari pendahulunya di mana dibuat lebih lebar dan posisi shock depannya diatur lebih tinggi sehingga posisi riding pun menjadi lebih santai. Kemudian, pada bagian depan Yamaha MT-10 Tourer Edition kini dilengkapi dengan Windshield dan handguard yang semakin memperkuat jatidirinya sebagai motor adventure yang siap diajak berpetualang jarak jauh. Di sisi lain, untuk sektor dapur pacunya, tampaknya Yamaha masih mengandalkan mesin yang diadopsi dari tipe R1 di mana Yamaha MT-10 Tourer Edition ini akan mengusung mesin berkapasitas 998 cc tipe DOHC yang sudah dipastikan bakal mampu menyemburkan power yang begitu dahsyat. Tak sampai di situ saja, beberapa fitur pendukung pun juga turut disematkan pada Yamaha MT-10 Tourer Edition ini untuk menunjang performanya dan memenuhi kebutuhan para penggunanya akan kenyamanan dan keselamatan. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki motor adventure ini. Nah, untuk mengetahui secara lebih detail, kali ini kita akan bersama-sama menyimak ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha MT-10 Tourer Edition yang akan diuraikan secara mendalam pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Yamaha MT 10 Tourer Edition

Review Yamaha MT-10 Tourer Edition

Desain

Motor Adventure dengan Desain Sporty Tampilkan Kesan Garang dan Macho

Di awal perkenalan ini, Mas Sena akan memulai perkenalannya dengan mengulas pada sektor tampilan fisik atau eksterior dari spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition. Tak berbeda jauh dari yang sudah disampaikan di atas, tampilan fisik dari motor adventure garapan Yamaha ini akan mendapatkan beberapa gubahan yang lebih macho dan garang dari versi MT-10 sebelumnya. Perubahan itu pun bisa kita lihat pada setiap sisi bodinya. Pertama, Yamaha MT-10 Tourer Edition ini akan dilengkapi dengan desain fairing baru yang bertumpuk dengan 3 buah head lamp berteknologi LED. Tentu, selain mampu memberikan pancaran cahaya yang lebih terang, kesan modern dan tajam pun bakal kian tampak begitu jelas pada sisi depannya. Tak ketinggalan juga bahwa Yamaha juga melengkapi Yamaha MT-10 Tourer Edition dengan Windshield untuk melindungi pengemudinya dari terpaan angin ketika berkendara dan handguard yang siap menjadi salah satu perangkat keselamatan bagi para pengendaranya. Kemudian, pada bagian samping tampak dengan jelas susunan mesin yang tertata begitu rapi dan tangki bahan bakar Yamaha MT-10 Tourer Edition berukuran besar yang memiliki kapasitas 17 liter dengan lekukan tegas sehingga akan semakin mempertegas keganasanannya. Lalu, sedikit mundur ke belakang, jok pun dibuat lebih lebar dan dirancang meninggi ke belakang untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara. Tak hanya itu saja, posisi riding pun akan terasa lebih santai mengingat pada bagian suspensi depan dibuat lebih tinggi. Menariknya, sebagai kendaraan yang dibuat untuk perjalanan jauh Yamaha MT-10 Tourer Edition maka pada jok belakang, kini dilengkapi pula dengan tas samping atau side bag yang berguna untuk membawa bekal atau barang bawaan lebih banyak. Di sisi lain, pada bagian belakang, stop lamp yang digunakan tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya di mana spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini menggunakan stop lamp LED yang didesain dengan mengusung gaya modern.

Spesifikasi Yamaha MT 10 Tourer Edition

Speedometer

Dibekali Panel Indikator Digital yang Informatif Lengkap dengan Fitur Navigasi GPS

Menginjak pada pembahasan berikutnya, Mas Sena akan mengulas pada bagian dashboard depan, yaitu pada bagian instrumen indikator dari spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition. Nah, pada sektor ini, sebagai motor tourer modern, tentunya desain panel indikatornya pun dibuat dengan rancangan yang lebih futuristik. Sisi modern tersebut pun bisa dilihat bahwa motor adventure ini menggunakan panel digital yang sangat informatif. Pada panel digital Yamaha MT-10 Tourer Edition tersebut, akan menampilkan beberapa informasi, antara lain kecepatan Km/jam, rpm, indikator bahan bakar, pengaturan ABS, dan kapasitas oli. Bahkan, pada instrumen indikator digital yang diusungnya tersebut sudah dilengkapi dengan fitur D-Mode yang akan memberikan 3 pilihan mode pengendalian berbeda untuk menunjang pengemudinya dalam mengendarai Yamaha MT-10 Tourer Edition ini sesuai selera dan kebutuhan. Tak sampai di situ saja, sebagai motor touring maka motor ini akan dibekali juga dengan tambahan perangkat berupa navigasi GPS dari TomTom yang diletakkan tepat di tengah stang kemudinya sehingga akan membantu pengemudi dalam menemukan lokasi secara lebih akurat. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pada sektor indikator tersebut, selain didesain modern dengan tampilan digital, dilengkapi pula dengan sistem navigasi GPS yang fungsional.

Spesifikasi Motor Yamaha MT 10 Tourer Edition

Dimensi

Dirancang dengan Rangka Kokoh dan Berdimensi Pas

Selain memiliki desain yang tampak begitu garang, ternyata tampilan yang gagah tersebut juga tak lepas dari sektor ukuran dimensi dan rangka dari spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini. Pasalnya, motor tourer besutan pabrik asal Jepang tersebut memiliki dimensi dengan ukuran panjang 2.095 mm, lebarnya 800 mm, tinggi 1.110 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.400 mm. Melihat ukurannya tersebut maka tak heran jika bodi motor tourer ini cukup pas dimana Yamaha MT-10 Tourer Edition ini juga memiliki tinggi tempat duduk yang berukuran 825 mm sehingga cukup mudah untuk dikendalikan. Di sisi lain, guna memperkuat dimensinya tersebut maka motor ini akan menggunakan rangka tipe Aluminium Deltabox yang terbilang kokoh dan cukup ringan yang akan membuat Yamaha MT-10 Tourer Edition ini pun bakal memiliki bobot yang tak terlalu berat sehingga mampu dikendarai dengan lebih gesit. Tak hanya itu saja, untuk ground clearance dari motor besutan Yamaha ini memiliki ketinggian 130 mm yang dinilai cukup tinggi dan pas sehingga akan tetap aman meski harus menerjang medan jalan off road sekalipun. Dengan begitu, tampaknya spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pada sektor dimensinya ini emang terbilang sudah cukup pas dan dilengkapi rangka yang kuat dan ringan guna menunjang berkendara yang lebih gresit.

Review Yamaha MT 10 Tourer Edition

Suspensi

Kaki-Kaki Tangguh Berkat Suspensi dan Disokong Pengereman ABS

Menginjak pada ulasan berikutnya, kali ini kita akan bersama-sama mengulas pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition. Kaki-kaki yang kokoh, pastinya akan mampu memberikan keseimbangan yang tepat dalam berkendara. Oleh sebab itu, Yamaha pun akan melengkapi sektor kaki-kaki motor tersebut dengan tipe Telescopic Forks berukuran 43 mm. Sementara itu, untuk suspensi belakang, Yamaha MT-10 Tourer Edition akan mengandalkan tipe suspensi Swingarm (link suspension). Keduanya sama-sama kokoh dan mampu menjaga keseimbangan dan kenyamanan ketika dalam berkendara. Di samping itu, guna memperkuat kaki-kakinya motor ini akan menggunakan velg ZR yang berukuran 17 inci. Kedua velg dari Yamaha MT-10 Tourer Edition tersebut akan terbalut ban berukuran 120/70 ZR17 M/C (58W) pada bagian depan. Sementara itu, untuk ban bagian belakang akan mengandalkan ban berukuran 190/55 Z17 M/C (75). Kemudian, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju kecepatan dari Yamaha MT-10 Tourer Edition ini maka pabrik otomotif asal Jepang ini akan mengandalkan tipe pengereman Hydraulic dual disc, berukuran 320 mm dan Hydraulic Single Disc berukuran 220 mm. Bahkan, sistem pengereman pada spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini sudah dilengkapi pula dengan teknologi ABS System yang mampu mencegah ban antiselip.

Harga Motor Yamaha MT 10 Tourer Edition

Mesin

Dibekali Komponen Mesin Tangguh Berkapasitas 998 cc Tipe DOHC Liquid Cooled

Setelah kita tahu mengenai tampilan terluarnya, baik desain maupun dimensi, kini waktunya Mas Sena untuk menilik sektor dalam atau dapur pacu dari spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition. Menginjak pada bagian ini, tampaknya untuk mesin yang diusung motor tourer ini tak berbeda jauh dengan MT-10 Standar. Pasalnya, Yamaha akan membekali motor tourer ini dengan mesin DOHC 4 langkah dengan kapasitas 998 cc 4 katup. Mesin yang diusung Yamaha MT-10 Tourer Edition tersebut diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga super sebesar 118 kW per putaran 11.500 rpm dan puncak torsi hingga mencapai titik 111 Nm pada putaran ke 9.000 rpm. Power yang begitu besar dari mesin tersebut pun akan disalurkan melalui sistem transmisi Constant Mesh 6 percepatan. Sehingga, tak heran jika dengan mesin tersebut Yamaha MT-10 Tourer Edition ini akan mampu melaju dengan kecepatan yang begitu gesit dan bertenaga. Selain itu, pada sektor mesin ini juga dibekali Liquid Cooled sebagai sistem pengendali suhu mesin agar suhu dalam ruang pacunya selalu terjaga. Tak hanya itu saja, motor adventure besutan Yamaha ini juga akan dilengkapi dengan sistem Fuel Injection yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya tidak cepat boros dengan perbandingan kompresi hingga 12:1. Tentunya, spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pada sektor mesin tersebut dinilai sebagai salah satu sektor andalan dalam bersaing di pasar otomotif.

Fitur

Fitur Lebih Lengkap dan Fungsional

Berbicara mengenai fitur, tampaknya spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition pun juga akan disemati dengan beberapa fitur canggih yang berteknologi tinggi. Keberadaan fitur-fitur ini pun berfungsi untuk mendukung performa dan menunjang kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Salah satu fitur yang cukup menarik yaitu adanya perangkat berupa sistem navigasi GPS TomTom yang akan mempermudah si pengemudi Yamaha MT-10 Tourer Edition dalam mencari atau menemukan peta lokasi ketika perjalanan jauh. Bahkan, peletakan fitur ini pada bagian tengah dari stang kemudinya pun akan mempermudah pengemudi dalam melihat informasi yang ditampilkan dari sistem navigasi GPS tersebut. Tak hanya itu saja, side bag atau tas samping pun juga turut disematkan pada jok penumpang di bagian samping Yamaha MT-10 Tourer Edition yang bisa difungsikan untuk membawa barang bawaan atau perbekalan lebih banyak. Kemudian, panel indikatornya pun sudah menggunakan panel digital yang akan mempermudah si pengendara dalam memahami kondisi motor yang sedang ditungganginya. Selain itu, untuk menunjang keselamatan maka Yamaha MT-10 Tourer Edition ini dilengkapi pengereman berteknologi ABS yang memberikan kualitas pengereman yang cekatan dan mampu mencegah ban anti selip sehingga kecelakaan pun bisa dicegah. Nah, dari sekian fitur-fitur yang disematkan tersebut, tampaknya spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition ini memang dilengkapi fitur modern yang canggih dan fungsional guna menunjang kebutuhan para penggunanya.

Spesifikasi Yamaha MT-10 Tourer Edition

Mesin
Tipe Mesin liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valves
Kapasitas Mesin 998cc
Diameter x Langkah 79.0 mm x 50.9 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Lubrikasi Wet sump
Tenaga Maksimal 118.0 kW (160.4PS) @ 11,500 rpm
Torsi Maksimal 111.0 Nm (11.3 kg-m) @ 9,000 rpm
Sistem Transmisi Constant Mesh, 6-speed
Sistem Pengapian TCI
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Starter Electric
Dimensi
Panjang 2,095 mm
Lebar 800 mm
Tinggi 1,110 mm
Jarak Sumbu Roda 1,400 mm
Tinggi Jok 825 mm
Jarak Terendah 130 mm
Kapasitas Oli 3.9 liter
Kapasitas Tangki 17 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic forks, Ø 43 mm
Suspensi Belakang Swingarm, (link suspension)
Rem Depan Hydraulic dual disc, Ø 320 mm
Rem Belakang Hydraulic single disc, Ø 220 mm
Roda Depan 120/70 ZR17 M/C (58W)
Roda Belakang 190/55 ZR17 M/C (75W)
Rangka Aluminium Deltabox

Harga Yamaha MT-10 Tourer Edition

Nah, setelah mengetahui spesifikasinya, pasti sobat Mas Sena dari tadi sudah menunggu-nunggu untuk tahu berapa harga Yamaha MT-10 Tourer Edition. Tapi, sebelum membahas mengenai nominalnya, perlu kawan-kawan ketahui dulu bahwa motor asal pabrik jepang ini memang dihadirkan sebagai edisi tourer dengan tampilan desain yang lebih garang dan macho. Bahkan, sisi fungsionalitas pada beberapa fitur yang disematkan di Yamaha MT-10 Tourer Edition ini pun juga turut melengkapi performa dan mampu menunjang keselamatan maupun kenyamanan penggunanya. Hal tersebut pastinya menjadi kelebihan tersendiri baginya dalam bersaing di pasar otomotif dunia. Selain itu, mesin yang dibawanya pun juga terbilang super tangguh mengingat Yamaha telah membekalinya dengan mesin berkapasitas 998 cc dan teknologi DOHC. Tak heran jika harga Yamaha MT-10 Tourer Edition ini nantinya akan dibanderol cukup mahal. Bahkan, dengan mesin tersebut motor tourer premium besutan pabrik berlogo garpu tala ini mampu melaju dengan kecepatan super gesit. Lalu, dengan sekian canggihnya spesifikasi yang dibawanya tersebut, kira-kira berapa ya harga Yamaha MT-10 Tourer Edition?

Harga Yamaha MT 10 Tourer Edition

Harga Yamaha MT 10 Tourer Edition Terbaru

Apabila berbincang terkait dengan harga Yamaha MT-10 Tourer Edition ini maka sudah dipastikan tak akan dibanderol dengan harga yang murah. Namun, jika mendasarkan atas berita yang Mas Sena lansir dari Autoevolution, pihak Yamaha sendiri belum mencantumkan berapa harga Yamaha MT-10 Tourer Edition ini. Akan tetapi, banyak pengamat otomotif dan beberapa sumber terpercaya lain memprediksi bahwa harga Yamaha MT-10 Tourer Edition akan dibanderol antara Rp 180 – Rp 192.9 jutaan. Sebuah banderol yang sangat tinggi untuk sebuah motor tourer. Pastinya, dengan harga Yamaha MT-10 Tourer Edition yang berbanderol selangit tersebut maka hanya beberapa kalangan berduit saja yang akan memboyong motor adventure besutan Yamaha ini.

Harga Yamaha MT-10 Tourer Edition
Sekitar Rp 192.9 00.000,- (Inggris)

Catatan : 

  • Harga Motor Yamaha MT-10 Tourer Edition diatas merupakan harga jual di Inggris
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha MT-10 Tourer Edition

Di sisi lain, perlu untuk diketahui juga bahwa harga Yamaha MT-10 Tourer Edition yang menginjak angka ratusan juta tersebut merupakan banderol untuk pasar otomotif di Negeri Ratu Elizabeth. Sebab, motor tourer ini belum diketahui apakah akan diproduksi secara global atau tidak. Namun, yang jelas bahwa jika melihat harga Yamaha MT-10 Tourer Edition dan spesifikasi yang diusungnya, tampaknya banderol dengan nominal mencapai ratusan juta lebih tersebut dinilai sudah cukup sepadan dan sesuai. Maka, tak heran jika banyak kalangan konsumen menengah atas yang kepincut dengan motor tourer satu ini. Dengan harga jual yang mahal tersebut jika Yamaha MT-10 Tourer Edition ini meluncur di Indonesia pun, dapat dipastikan hanya akan diboyong oleh mereka kalangan berduit saja. Pasalnya, harganya yang bahkan lebih mahal dari harga mobil LCGC tersebut tentu akan membuat banyak orang berpikir ketika akan membelinya. Demikian ulasan Mas Sena terkiat spesifikasi dan harga Yamaha MT-10 Tourer Edition. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kawan-kawan. Jangan lupa baca juga Yamaha FZ25 dan Yamaha MT-125.

Top