Harga Yamaha Soul GT AKS SSS, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Yamaha Soul GT AKS SSS dan Spesifikasi – Yamaha kembali memperbarui jajaran motor matic nya yaitu Yamaha Soul GT AKS SSS. Motor matik besutan Yamaha ini pun memang salah satu produk yang dikenal baik oleh konsumen di Indonesia. Pasalnya, sejak resmi muncul dan diluncurkan pada tahun 2012 silam, jajaran keluarga dari Yamaha Soul GT Series ini selalu dihadirkan dengan beragam pembaruan yang menarik termasuk pada Yamaha Soul GT AKS SSS yang mengusung konsep desain menarik maupun spesifikasi yang kian mumpuni. Dan pada 2 November 2016 lalu, tepatnya pada ajang IMOS 2016, produsen berlogo garpu tala itu pun resmi meluncurkan Yamaha Soul GT AKS SSS sebagai generasi terbaru dari jajaran Soul GT Series. Selain itu, motor matik ini pun memang dihadirkan guna melengkapi kebutuhan konsumen dengan dilengkapi fitur baru, yaitu berupa Advance Key System (AKS) dan Stop & Start System (SSS). Lalu seperti apa ya detail spesifikasi dari Yamaha Soul GT AKS SSS ini?

Yamaha Soul GT AKS SSS

Yamaha Soul GT AKS SSS

Berbicara mengenai spesifikasi motor yang bertajuk Yamaha Soul GT AKS SSS ini memang sampai saat ini merupakan skuter matik yang masih digandrungi oleh para konsumen di Tanah Air dengan spesifikasinya yang selalu diperbarui. Hal itu tentu tak lepas dari aura maskulin yang dihadirkan dari tampilan desain fisik dari Yamaha Soul GT AKS SSS yang sangat sesuai dengan selera para kaum Adam. Bahkan, dua warna baru yang lebih maskulin pun akan tersaji pada motor matik besutan Yamaha yang satu ini, yaitu Masculine Matt Blue dan Iron Silver. Sehingga, tak heran jika motor matik ini akan semakin mampu memikat hati para calon konsumennya. Tak hanya dari segi tampilannya, pada sisi dapur pacunya pun tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, Yamaha telah membekali Yamaha Soul GT AKS SSS ini dengan mesin tipe SOHC berkapasitas 125 cc dan berteknologi Fuel Injection serta dibekali teknologi Blue Core dan Eco Riding indicator sehingga selain mampu memberikan suplai tenaga yang cukup handal, konsumsi bahan bakarnya pun akan jauh lebih efisien sehingga membuat Yamaha Soul GT AKS SSS  ini menjadi motor ramah lingkungan. Tak hanya itu, masih banyak lagi keunggulan lain yang dimiliki pada motor matik buatan Yamaha ini. Nah, agar lebih jelas lagi maka kali ini Mas Sena pun akan berbagi info terkait ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Soul GT AKS SSS yang akan tersaji pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Yamaha Soul GT AKS SSS

Review Yamaha Soul GT AKS SSS

Desain

Mengusung Desain Sporty dan Gagah Perkuat Aura Maskulin

Di langkah awal ini, Mas Sena akan memulai pembahasan kali ini dengan mengulas pada sektor eksterior tampilan terluar pada spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS. Jika kita melihat dari segi bodi luarnya, tampaknya motor matik generasi baru ini memang dihadirkan dengan desain yang cukup spoty dan atraktif. Hal itu bis dilihat dari garis bodi yang tampak kian tajam pada setiap sisinya. Namun, yang cukup menarik yaitu pada bagian depan di mana Yamaha akan melengkapi motor Yamaha Soul GT AKS SSS ini dengan head lamp unik yang didesain begitu agresif dengan teknologi LED Lamp beserta lampu sein yang begitu futuristik pada sisi kanan dan kirinya sehingga selain mampu memperlihatkan tampilan yang gagah dan sporty, motor matik ini pun juga mampu memancarkan cahaya yang cukup terang dan fokus pada satu titik di depan. Dengan demikian maka akan membuat pengemudi lebih mudah dalam mengendarai Yamaha Soul GT AKS SSS ini di saat melewati jalan yang minim penerangan. Selain itu, pada bagian samping bisa dilihat lekukan dan beberapa garis tegas dengan balutan warna yang kompak sehingga semakin memperlihatkan kesan keagresifannya. Tak sampai di situ saja, pada sisi samping ini pun terlihat jok empuk yang dibuat simple dan nyaman untuk diduduki. Menariknya, di bawah jok dari Yamaha Soul GT AKS SSS ini terdapat sebuah bagasi yang cukup lega sehingga bisa menampung barang bawaan dengan kapasitas hingga 14 liter. Tak hanya itu saja, Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun juga akan disediakan tangki bahan bakar berkapasitas 4.2 liter yang cukup sebagai bekal untuk perjalanan jarak dekat. Nah, menginjak pada sektor belakang, bisa kita lihat desain stop lamp yang begitu dinamis dan agresif sehingga akan semakin membuat penampilan eksterior dari spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini kian tampak begitu sporty dan beraura maskulin.

Spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS

Speedometer

Instrumen Indikator Didesain Modern dengan Tampilan Informasi yang Lengkap dan Akurat

Masih pada bagian luarnya, kali ini kita akan mengulas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS. Pada sektor ini, tampaknya Yamaha akan menggunakan panel analog saja. Meski belum menggunakan panel digital namun instrumen indikator dari motor matik besutan Yamaha ini diyakini bakal cukup menarik mengingat pabrik asal Jepang tersebut akan mengusung desain yang maskulin dan atraktif pada panel indikator Yamaha Soul GT AKS SSS tersebut. Nah, pada panel indikator ini akan ditampilkan beberapa informasi, antara lain kecepatan Km/jam, jarak tempuh, indikator lampu sein (kanan-kiri), lampu tembak (high beam), ECO Indicator, dan pengaturan pengereman ABS. Lalu, tak ketinggalan juga indikator bahan bakar pun tampak semakin jelas menyatu dengan panel kecepatan dari Yamaha Soul GT AKS SSS. Menariknya, seluruh informasi yang ditampilkan dari instrumen indikator ini, dinilai cukup akurat. Selain itu, dengan desain unik dan panel informasi yang lengkap maka akan membuat setiap pengendaranya akan lebih mudah dalam memahami kondisi motor matik ini ketika dikendarai. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS pada panel indikator ini memang cukup lengkap, akurat, dan informatif.

Spesifikasi Motor Yamaha Soul GT AKS SSS

Dimensi

Dimensi Pas dengan Mengusung Rangka Underbone

separator

Nah, menginjak pada pembahasan berikutnya, kali ini kita akan bersama-sama mengulas pada sektor dimensi pada spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS. Seperti yang sudah diketahui bahwa dari sisi tampilan desain, motor matik generasi baru dari Soul GT Series ini memiliki tampilan desain yang cukup sporty dan bongsor. Tentu, hal tersebut tak lepas dari dimensi rangka pengusungnya. Di mana, Yamaha Soul GT AKS SSS ini mengandalkan rangka tipe Underbone (tulang punggung) yang dikenal cukup kokoh untuk menahan beban dari bobot motor. Di sisi lain, untuk dimensinya sendiri, motor matik ini memiliki panjang 1.870 mm, lebarnya 685 mm, tingginya 1.070 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.260 mm dengan bobot hingga 98 Kg. Jika melihat dimensi dan rangka yang diusungnya tersebut maka tak heran jika Yamaha Soul GT AKS SSS ini memiliki bentuk bodi yang cukup besar namun tampak kokoh. Selain itu, motor matik generasi terbaru dari jajaran Soul GT Series ini pun juga memiliki tinggi tempat duduk yang standar, yaitu 760 mm sehingga akan mempermudah si pengemudi dalam mengontrol motor Yamaha Soul GT AKS SSS ini sekalipun harus berhenti di jalan atau lampu merah. Di samping itu, untuk ukuran ground clearance pun juga cukup tinggi, yaitu 135 mm sehingga akan mencegah gesekan pada bodi bawah motor ketika berkendara di jalan yang bergeronjal. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa dengan dimensi yang diusung motor matik tersebut maka akan membuat spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun kian cocok dikendarai di berbagai medan jalan.

Review Yamaha Soul GT AKS SSS

Suspensi

Berkendara Lebih Nyaman Berkat Sokongan Suspensi Kokoh dan Pengereman Handal

Beralih pada sisi lain, kita akan mengulas pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS. Untuk memberi sokongan kuat dan menjaga keseimbangan dalam berkendara maka Yamaha pun melengkapinya dengan suspensi depan Teleskopik. Sementara untuk suspensi belakang akan mengandalkan Unit Swing. Tentu, dengan keberadaan kedua suspensi ini pada Yamaha Soul GT AKS SSS tersebut maka keseimbangan pun akan terjamin dan membuat pengguna lebih nyaman dalam berkendara sekalipun melewati jalanan yang penuh lubang atau bergeronjal. Kemudian, untuk memperkuat kaki-kakinya maka Yamaha Soul GT AKS SSS ini akan dilengkapi dengan velg berukuran 14 inci di mana velg tersebut akan terbalut ban berukuran 80/80-14 M/C 43P di bagian depan dan ban belakang berukuran 100/70-14 M/C 51P. Dengan adanya kedua roda tersebut maka kana mempermudah setiap pengemudinya dalam bermanuver di medan jalan. Selain itu, tak ketinggalan juga, untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju dari Yamaha Soul GT AKS SSS ini maka Yamaha pun membekali generasi baru dari Soul GT Series ini dengan rem handal, yaitu Single Disc Brake pada bagian depan dan tipe Drum Brake pada bagian belakang. Menariknya, sistem pengereman pada spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini akan dilengkapi dengan teknologi Smart Lock System sehingga akan memberikan kualitas pengereman yang cukup handal.

Harga Motor Yamaha Soul GT AKS SSS

Mesin

Dibekali Mesin Handal Berkapasitas 125 cc Tipe SOHC dan Berteknologi Fuel Injection Blue Core

Kini, saatnya Mas Sena mengajak kawan-kawan semua untuk mengulik sisi dapur pacu dari spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS. Hadir sebagai generasi baru dari Soul GT Series, tentu Yamaha akan membekali motor matik garapannya ini dengan komponen mesin pacu yang handal namun tetap efisien serta ramah lingkungan. Untuk menunjang hal tersebut maka produsen otomotif asal Negeri Sakura itu pun akan membekali motor matik buatannya dengan mesin berkapasitas 125 cc 4 langkah yang bertipe SOHC Single Cylinder. Mesin dari Yamaha Soul GT AKS SSS tersebut diklaim bakal mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 7.0 kW pada putaran ke 8.000 rpm dan maksimum torsi hingga 9.6 Nm pada putaran ke 5.500 rpm. Selain itu, untuk mengatur suhu mesin, Yamaha pun juga menyematkan sistem pendinginan Air Cooled. Di samping itu, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi V-Belt Automatic. Tak hanya itu saja, yang menarik yaitu pada sektor permesinan ini, Yamaha Soul GT AKS SSS ini akan dibekali dengan teknologi Fuel Injection dan Blue Core yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya lebih hemat, irit, dan efisien sebesar 50 % jika dibandingkan mesin karburator dengan perbandingan kompresi hingga 9.5 : 1. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor mesin pacu dari spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini bisa dibilang cukup handal di kelasnya namun tetap efisien dan ramah lingkungan.

Fitur

Dilengkapi Fitur Start & Stop System (SSS) dan Advance Key System (AKS)

Selain mengusung mesin handal, spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun juga dilengkapi dengan fitur menarik dan canggih guna menunjang keselamatan/keamanan serta kenyamanan dalam berkendara. Nah, salah satu fitur yang menarik yaitu Start & Stop System (SSS) yang merupakan Fitur Eksklusif dengan system otomatis yang membuat mesin Yamaha Soul GT AKS SSS ini mati saat berhenti lebih dari 5 detik. Selain itu, ada juga fitur Advance Key System (AKS) yang berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan kunci agar lebih aman dan mencegah tindak pencurian. Selain itu, Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun juga dilengkapi dengan Smart Lock System yang kan membantu pengereman saat kondisi jalan menanjak. Tak sampai di situ saja, motor matik buatan Yamaha ini pun juga dilengkapi dengan bagasi yang cukup lega dan fungsional sehingga bisa menampung satu helm full face. Dengan demikian, fitur-fitur yang diusung pada spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS ini bisa dibilang cukup canggih dan fungsional guna menunjang keamanan dan kenyamanan si pengguna.

Spesifikasi Yamaha Soul GT AKS SSS

Mesin
Tipe Mesin Air cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 125cc
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L Ganti Filter Oli = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Kering, Centrifugal automatic
Tipe Transmisi V-belt automatic
Jumlah / Posisi Silinder Single cylinder
Diameter x Langkah 52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Daya Maksimum 7.0 kW / 8000rpm
Torsi Maksimum 9.6 Nm / 5500rpm
Sistem starter Electric & Kick starter
Sistem Pelumasan Basah
Dimensi
P X L X T 1870mm X 685mm X 1070mm
Jarak Sumbu Roda  1260mm
Jarak Terendah Ke Tanah  135mm
Tinggi Tempat Duduk  760mm
Berat Isi 98 KG
Kapasitas Tangki Bensin  4,2L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Rem Depan Single disc brake
Rem Belakang Drum brake
Ban Depan 80/80-14M/C 43P
Ban Belakang 100/70- 14M/C 51P
Kelistrikan
Sistem Pengapian TCI
Battery YTZ6V
Tipe Busi NGK/CR6HSA

Harga Yamaha Soul GT AKS SSS

Setelah kita tahu bagaimana hebatnya spesifikasi yang diusung motor matik ini, kini waktunya Mas Sena untuk menilik dan mengulas harga Yamaha Soul GT AKS SSS. Namun, sebelumnya Mas Sena ingin mengingatkan kembali terkait spesifikasi yang diusung motor matik ini. Seperti yang sudah disampaikan di atas, Yamaha Soul GT AKS SSS ini memang sebuah motor matik yang dihadirkan sebagai generasi terbaru dari jajaran keluarga Soul GT Series. Nah, sebagai generasi baru maka Yamaha pun telah melengkapi motor matik terbarunya ini dengan teknologi canggih, seperti Blue Core yang akan memberikan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar lebih hemat. Apalagi, dengan harga Yamaha Soul GT AKS SSS yang terbilang standar untuk motor matik juga sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti Advance Key System dan Start & Stop System yang akan menunjang keamanan maupun kenyamanan dalam berkendara. Nah, dengan segala kelebihan dan keunggulan tersebut, berapa ya harga Yamaha Soul GT AKS SSS ini?

Harga Yamaha Soul GT AKS SSS

Harga Yamaha Soul GT AKS SSS Terbaru

Jika berbicara tentang banderol, harga Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun diketahui akan dipatok dengan nominal yang cukup terjangkau. Pasalnya, berdasarkan informasi yang telah Mas Sena dapatkan dari situs resmi Yamaha Indonesia, harga Yamaha Soul GT AKS SSS ini bakal dibanderol seharga Rp 17.240.000,-. Sebuah angka yang cukup kompetitif dan tentunya menggiurkan bagi para konsumen di Indonesia. Di samping harganya yang cukup terjangkau tersebut, Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun akan dihadirkan dengan 2 pilihan warna. Yaitu Masculine Matt Blue dan Iron Silver. Kedua varian warna tersebut diketahui tak akan mempengaruhi fluktuasi harga Yamaha Soul GT AKS SSS.

Harga Yamaha Soul GT AKS SSS
Rp. 17.240.000,-

Catatan : 

  • Harga Motor Yamaha Soul GT AKS SSS diatas merupakan harga OTR DKI Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha Soul GT AKS SSS

Tak hanya itu saja, perlu untuk diketahui juga bahwa harga Yamaha Soul GT AKS SSS di atas merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, harga untuk memboyong motor matik ini pun akan berbeda di beberapa daerah lain di luar OTR tersebut. Selain itu, banderol harga Yamaha Soul GT AKS SSS yang cukup kompetitif tersebut pun masih bisa berubah sewaktu-waktu sehingga untuk lebih jelasnya, kawan-kawan bisa bertanya langsung ke dealer resmi Yamaha terdekat. Terlepas dari itu, kehadiran Yamaha Soul GT AKS SSS ini pun bukan tanpa rintangan mengingat masih ada beberapa pesaingnya, seperti Honda Beat dan Honda Vario. Tentu, bakal menjadi persaingan yang cukup menarik. Sekian ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Soul GT AKS SSS. Semoga bisa bermanfaat. Baca juga Yamaha XMax 400 dan Honda PCX eSP.

Top