Harga Yamaha SR400, Review, Spesifikasi & Gambar Juli 2019

Harga Yamaha SR400 dan Spesifikasi – Mengusung tampilan bergaya old school, salah satu motor jadul Yamaha kini dihadirkan kembali di jagad pasar otomotif modern sejak kemunculannya secara perdana pada tahun 1978. Motor sport klasik buatan pabrik berlogo garpu tala ini kini hadir kembali dengan membawa desain yang tak jauh berbeda saat pertama kali diperkenalkan beberapa tahun silam. Selain itu, Yamaha SR400 pun juga kini sudah dibekali dengan teknologi masa kini yang membuatnya kian menjadi lebih modern dan inovatif. Bahkan, performa yang diberikannya pun terbilang sangat mumpuni dan tak kalah saing dengan model masa kini. Tentu saja, hal tersebut merupakan keunggulan tersendiri yang akan membuatnya kian digemari para penggemar motor klasik-modern. Tentu saja, kelahirannya di era saat ini mengundang banyak pertanyaan, kira-kira apa saja sih keunggulan yang dimiliki Yamaha SR400 ini? Semakin penasaran ya kawan?

Yamaha Sr400

Membawa desain khas motor retro, ternyata Yamaha SR400 tak membuatnya terpinggirkan dengan beberapa model motor lainnya. Hal itu tentunya tak lepas dari tampilan desainnya yang begitu unik dengan kesan garang yang sangat menawan. Sementara itu di sisi lain, spesifikasi dan fitur yang dibawanya pun juga sangat canggih serta didukung performa mesin 399cc yang bertenaga besar. Meski kapasitas mesinnya besar, namun motor ini masih menggunakan mesin 1 Silinder. Jadi, kawan-kawan tidak perlu kecewa, karena performa Yamaha SR400 tetap powerfull dan sudah menggunakan teknologi Fuel Injection yang menjadi standar wajib motor masa kini. Di sisi lain, kelebihan yang dimiliki moge klasik bergaya retro ini juga terletak pada fitur-fitur yang dibawanya guna menunjang fungsionalitas berkendara yang lebih nyaman dan aman. Nah, untuk mengenalnya secara lebih detail, mari kita simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha SR400 yang akan Mas Sena bahas di beberapa segmen berikut ini.

Motor Yamaha Sr400

Review Yamaha SR400

Desain

Motor Sport Klasik Usung Konsep Old-School yang Begitu Modern

Di sesi awal ini, Mas Sena akan memulai pembahasan mengenai spesifikasi Yamaha SR400 ini mulai dari sisi desain fisiknya. Memang, dari segi desain bodinya, motor klasik bergaya retro garapan Yamaha yang satu ini tak ada ubahnya saat pertama kali diluncurkan pada tahun 70-an silam. Hanya saja, tampilannya kini dibuat lebih modern dengan tetap mempertahankan desain klasiknya sehingga membuatnya tampil lebih unik. Tampak dari depan terpasang headlamp berbentuk bundar dan spakbor berwarna chrome yang terpasang pada bagian depan serta belakang. Meski belum menggunakan teknologi LED namun Mas Sena yakin headlamp yang dibawa SR400 ini tetap mampu memberikan penerangan yang cukup maksimal ketika berkendara di malam hari. Sedangkan, di sektor samping tampak desain tangki bahan bakar Yamaha SR400 ini mampu menampung bahan bakar hingga 12 liter. Tak sampai di situ saja, Yamaha pun juga akan mengandalkan jok simple yang dibuat memanjang mengikuti alur desain pada tangkinya sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup nyaman. Di samping itu, pada bagian bawah tangki dari moge klasik Yamaha ini juga tampak susunan blok mesin berlapis chrome yang membuatnya tampak lebih terkesan modern. Nah, menginjak pada bagian belakang, sebenarnya tak berbeda jauh dengan model perdananya. Di mana, kali ini bagian belakang dari spesifikasi SR400 ini akan menggunakan stoplamp klasik yang membuatnya kian unik dan menarik.

Spesifikasi Yamaha Sr400

Speedometer

Sektor instrumen Indikator Usung Dual Panel Analog yang Informatif

Di samping memiliki desain yang unik, tak lupa juga bahwa pada spesifikasi Yamaha SR400 ini akan mengusung instrumen indikator yang cukup menawan dan cukup informatif. Bukan tanpa alasan mengingat Yamaha diketahui akan mengusung speedometer klasik dengan dual panel analog namun didesain modern. Hal itu tampak jelas dengan terpasangnya dua panel indikatornya. Di mana, di bagian kiri akan menampilkan informasi seputar jarak keseluruhan, jarak tempuh, kecepatan Km/jam/Mph, dan panel indikator bahan bakar. Sedangkan di samping kanan, panel indikator pada Yamaha SR400 ini akan memberikan info tentang kecepatan x1000r/min, indikator lampu netral, lampu jarak jauh, dan lampu sein. Dengan begitu maka secara keseluruhan bisa kita simpulkan bahwa nantinya sektor panel indikator pada spesifikasi SR400 ini memang terbilang cukup simple namun tetap informatif.

Spesifikasi Motor Yamaha Sr400

Dimensi

Moge Klasik dengan Dimensi Pas dan Ideal

Beranjak ke segmen selanjutnya, kini Mas Sena akan mengulas sektor dimensi yang diusung spesifikasi Yamaha SR400. Sebagaimana dengan konsep desain Old-School yang dibawanya, tentu moge klasik yang satu ini akan memiliki dimensi rangka yang begitu mantap. Hal itu tampak dari bawaan rangka berupa Semi Double Cradle dengan ukuran dimensi 2085 x 750 x 1095 mm dengan jarak sumbu roda 1409 mm dan memiliki bobot 174 Kg. Melihat ukuran dimensi dan tipe rangka yang dibawa Yamaha SR400 tersebut, pastinya akan membuat moge ini terlihat lebih handal dan kuat. Apalagi, ketinggian joknya sendiri mencapai 784 mm yang membuat gaya berkendara menjadi lebih terkesan gagah. Sementara itu tak lupa juga bahwa moge klasik buatan Yamaha ini dirancang dengan ground clearance 129 mm yang dipastikan akan membuat pengendara lebih mudah mengendalikan laju motor ini di berbagai medan jalan. Tentu saja, secara keseluruhan bisa dipastikan bahwa sektor dimensi pada spesifikasi moge Yamaha SR400 ini akan memberikan posisi riding yang lebih nyaman.

Review Yamaha Sr400

Suspensi

Suspensi Handal dan Kuat dengan Pengereman Berkualitas

Sementara itu di sisi lain, tak ketinggalan bahwa pada spesifikasi Yamaha SR400 ini akan mengusung kaki-kaki yang cukup handal dan kokoh. Pasalnya, untuk menopang bobot moge yang cukup berat ini, tentu dibutuhkan kekokohan kaki-kakinya. Maka dari itu kali ini moge SR400 akan dipersenjatai dengan suspensi handal berupa Telescopic forks, 150mm travel yang terpasang pada bagian depan. Sedangkan, di bagian belakang akan dibekali suspensi Swingarm, dual shocks, 105mm travel yang dipastikan akan memberikan kenyamanan dalam berkendara di segala kondisi jalan. Tak cukup sampai di situ, Yamaha SR400 ini pun juga akan mengandalkan ban Tubeless dengan ukuran 90/100-18M/C 54S dan 110/90-18M/C 61S. Selain itu, pengereman Hydraulic single disc, 298mm pun juga akan turut disematkan di bagian depan. Begitu juga di bagian belakang akan dilengkapi rem tipe Drum yang akan membuat sistem pengereman menjadi lebih handal. Dengan begitu, tak heran jika sektor kaki-kaki pada spesifikasi moge ini menjadi sektor yang patut diacungi jempol.

Harga Motor Yamaha Sr400

Mesin

Dipersenjatai Permesinan Handal Tipe SOHC Berkapasitas 399 cc

Salah satu sektor yang cukup penting untuk kita bahas yaitu pada bagian mesin pacu yang diusung spesifikasi Yamaha SR400. Bukan tak ada sebab mengingat pihak pabrikan sendiri tak ingin hanya sekedar desain saja yang menarik melainkan juga ingin memberikan performa handal yang tak bisa disepelekan begitu saja. Di mana, kali ini moge SR400 sendiri diketahui akan mengandalkan tipe mesin SOHC 4 langkah 2 katup berpendingin cair yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 399 cc. Tak hanya itu saja, bahkan mesin yang diusung motor klasik ini akan dilengkapi pula dengan sistem transmisi Constant Mesh 5 percepatan yang akan membuat tenaganya semakin powerful. Apalagi, kali ini Yamaha SR400 pun juga akan dilengkapi teknologi Fuel Injection yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien dengan tingkat perbandingan 8.5:1. Tentu saja, dengan kecanggihan dan kehandalan mesin pacu pada spesifikasi SR400 tersebut dipastikan akan membuatnya kian diburu oleh para konsumen.

Fitur

Mengusung Fitur-Fitur Unggulan nan Canggih dan Fungsional

Selain dapur pacu, spesifikasi Yamaha SR400 ini juga dipastikan akan memiliki ragam fitur yang cukup canggih dan handal. Tentu saja, keberadaan beberapa fitur tersebut akan membuat motor klasik buatan Yamaha ini akan semakin canggih dan inovatif. Salah satu yang penting yaitu fitur keselamatan berupa rem Hydraulic Single Disc Brake dan Drum. Meski belum menggunakan teknologi ABS namun Mas Sena rasa sudah cukup handal untuk mengendalikan laju motor ini. Selain itu, Yamaha SR400 juga akan dilengkapi instrumen indikator berupa panel analog simple yang dibuat lebih modern. Sehingga, kesan klasik-modern yang inovatif pun bakal terpancar dari motor ini. Apalagi, panel indikator yang dibawanya pun terbilang cukup informatif. Di sisi lain, suspensi Telescopic dan Dual Shock Swingarm pun menjadi salah satu fitur yang cukup diunggulkan. Pastinya, dengan kecanggihan yang ditawarkan spesifikasi dari Yamaha SR400 ini akan membuat harganya cukup tinggi.

Spesifikasi Yamaha SR400

Mesin
Type Mesin Air-cooled four-stroke single, SOHC; 2 valves
Kapasitas 399cc
Tenaga Maksimal  –
Torsi Maksimal  –
Diameter x Langkah 87.0mm x 62.7mm
Rasio Kompresi 8.5:1
Transmisi 5-speed; multi-plate wet clutch
Sistem Injeksi Fuel Injection
Sistem Pengapian TCI: Transistor Controlled Ignition
Dimensi
Panjang 2,085 mm
Lebar 750 mm
Tinggi 1,095 mm
Jarak Sumbu Roda 2,400 mm
Jarak Terendah 130 mm
Berat 174 kg
Kapasitas Tangki 12 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic fork; 5.9-in travel
Suspensi Belakang Dual shock swingarm; 4.1-in travel
Rem Depan Hydraulic single disc brake, 298mm
Rem Belakang 150mm drum
Ban Depan 90/100-18
Ban Belakang 110/90-18

Harga Yamaha SR400

Selain spesifikasi, Mas Sena juga akan membocorkan terkait dengan harga Yamaha SR400. Sekilas, memang motor klasik ini tampak begitu unik dan memiliki karakter yang begitu khas. Sehingga, tak heran jika banderolnya pun akan tinggi. Dari segi desain pun tampak jelas bahwa moge ini mengusung desain Old-School yang begitu menarik. Begitu juga dengan performanya yang mengandalkan mesin SOHC berkapasitas 399 cc. Sehingga, dipastikan mampu memberikan daya tenaga yang sangat handal dan gahar. Apalagi, beberapa fitur pun juga turut serta dihadirkan untuk melengkapi kecanggihannya. Dengan demikian, tak heran jika nantinya harga Yamaha SR400 ini akan dibanderol dengan nominal tinggi.

Harga Yamaha Sr400

Harga Yamaha Sr400 Terbaru

Kaitannya denan harga dari moge SR400, memang nantinya tak bisa lepas dari segmentasinya sebagai moge klasik kelas premium. Di mana, menurut informasi yang telah Mas Sena dapatkan dari sumber terpercaya, diketahui bahwa harga Yamaha SR400 ini akan dibanderol mulai dari US$5.990 atau setara dengan Rp 68 jutaan. Sebuah angka yang cukup sepadan dengan spesifikasi yang dibawanya. Nah, dengan harga yang begitu tinggi tersebut apakah teman-teman sudah siap merogoh kocek dalam-dalam?

Harga Yamaha SR400
Rp. 68.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha SR400 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harganya

Tapi, sebelumnya perlu untuk kawan ketahui bahwa harga Yamaha SR400 di atas merupakan banderol di luar negeri. Sehingga, kemungkinan besar akan berbeda ketika masuk ke Indonesia. Tak hanya itu saja, bahkan untuk saat ini pun motor ini masih belum dipasarkan di Indonesia. Maka, tak heran jika harga resminya di Indonesia masih belum diketahui secara pasti. Itulah tadi ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha SR400. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lain mengenai Royal Enfield Bullet 500 EFI dan Triumph Bonneville T100.

Top