Harga Yamaha Tracer 700 : Review, Spesifikasi & Gambar September 2019

Harga Yamaha Tracer 700 dan Spesifikasi – Di tahun 2016 lalu, Yamaha Eropa resmi memperkenalkan produk barunya yang berupa motor adventure, yaitu Yamaha Tracer 700. Motor sport touring buatan pabrik berlogo garpu tala ini sebenarnya merupakan saudara kandung dari MT-07 sehingga tak heran jika frame yang diterapkan pada Tracer 700 ini sama dengan varian MT-07. Akan tetapi, meskipun memiliki konsep rangka dan jantung pacu yang sama dengan MT-07 namun sebagai motor balap penjelajah/sport tourer, pastinya Yamaha Tracer 700 ini tetap memiliki perbedaan yang cukup menonjol jika dibandingkan dengan saudaranya tersebut. Terutama dari segi ukuran bodi yang lebih besar dan kaki-kaki yang lebih handal. Dengan begitu maka tak heran jika motor sport adventure yang satu ini bakal dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Lalu, kira-kira apa saja sih keunggulan yang ditawarkan Yamaha Tracer 700 ini? Semakin penasaran kan?

Yamaha Tracer 700

Menginjak sebagai motor sport touring/adventure, Yamaha Tracer 700 memang dirancang dengan gaya dan konsep big bike modern untuk menunjang aktivitas perjalanan jarak jauh. Di samping itu, motor touring ini juga memiliki dimensi bodi yang cukup ideal dengan menggunakan frame yang sama persis dengan MT-07. Di sisi lain, secara dimensi, Yamaha Tracer 700 ini juga punya swingarm yang lebih panjang 50 mm dibanding MT-07. Sehingga, akan memberikan tingkat kestabilan tinggi ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi, terutama saat membawa penumpang atau barang bawaan yang lumayan berat. Sementara untuk sektor pacunya diperkuat dengan mesin parallel-twin berkapasitas 689 cc yang mana mesin tersebut sama seperti yang dibenamkan pada MT-07 versi naked. Berbekal mesin tersebut, Tracer 700 dapat menghasilkan tenaga yang sangat gahar dan handal. Selain itu, Yamaha juga melakukan penyesuaian pada bagian suspensi agar dapat mendukung perjalanan jarak jauh. Dengan begitu Yamaha Tracer 700 akan memiliki karakter lebih responsif dan ‘smooth’ di segala kondisi medan jalanan. Nah, untuk mengenal lebih jauh, berikut di bawah ini Mas Sena akan memberikan penjelasan secara detail mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Tracer 700 pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Yamaha Tracer 700

Review Yamaha Tracer 700

Desain

Motor Sport Adventure dengan Konsep Desain Elegan dan Sporty Usung Dual Headlamp LED

Pertama-tama, pada pembahasan mengenai spesifikasi Yamaha Tracer 700 ini Mas Sena akan memulai topik bahasan pada sisi eksterior atau tampilan fisiknya. Memang, sekilas jika kita melihat dari foto yang telah beredar, motor sport yang satu ini memang memiliki gaya desain yang tampak begitu gagah khas big bike Eropa. Dimana, dari sisi depan tampak headlamp modern dan futuristik dengan sentuhan elegan dengan konsep Dual Headlight berbentuk sipit dan tajam berteknologi LED. Sehingga, makin tampak begitu dinamis seolah merefleksikan aura sporty yang begitu kuat. Selain itu, Yamaha Tracer 700 ini juga dilengkapi dengan winds shield atau Tall-Screen di bagian atas headlamp yang bisa diatur secara manual serta hand guard untuk melindungi pengendara dari terpaan angin saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Sementara itu di bagian samping, bisa kita lihat susunan blok mesin yang disokong dengan rangka aluminium nan kokoh sehingga semakin memperkuat kesan sporty. Sedangkan untuk tangki bahan bakarnya sendiri, Yamaha Tracer 700 ini akan mengusung tangki bbm yang berkapasitas 17 liter. Menariknya, tangki bahan bakar ini sekilas tampak begitu berotot dengan lekukan garis yang begitu tajam. Lalu, sedikit mundur ke belakang, Yamaha akan mengusung jok yang dibuat ideal dengan bentuk bertingkat dan sedikit meninggi ke belakang untuk memberikan posisi riding yang ideal, baik kepada pengendara maupun yang membonceng. Di samping itu, pada bagian belakang, tampak dengan jelas bagaimana Yamaha menerapkan konsep desain yang futuristik dan modern menginkuti alur konsepd ari sisi depan. Dimana, kali ini pihak pabrikan juga telah menyematkan stoplamp LED untuk memberikan pencahayaan yang maksimal tanpa membuat pengendara lain di belakang merasa silau, terutama saat berkendara di malam hari. Dengan begitu maka secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa sektor eksterior atau tampilan bodi fisik pada spesifikasi Yamaha Tracer 700 ini sangat ideal dengan konsep desain yang begitu kokoh khas motor adventure premium.

Spesifikasi Yamaha Tracer 700

Speedometer

Mengusung Speedometer Bergaya Modern Usung Panel Full Digital yang Informatif

Mengikuti alur konsep desain pada bodinya, tak lupa juga bahwa pada spesifikasi Yamaha Tracer 700 ini akan dilengkapi fitur berupa instrumen indikator modern dan futuristik. Hal itu tampak jelas dengan penempatan panel indikatornya pada bagian dashboard depan yang begitu ideal dan proporsional. Nah, terkait dengan instrumen indikator, kali ini memang Yamaha Tracer 700 akan mengandalkan panel full digital yang mana akan menampilkan beberapa informasi penting melalui sebuah layar display terkait kondisi motor. Pertama, seperti kecepatan dalam Mph, posisi gigi (gearbox),Odometer, jarak tempuh, dan indikator bahan bakar. Selain itu, di bagian bawah layar tersebut juga disematkan beberapa lampu indikator. Antara lain seperti lampu sein (kanan-kiri), posisi gigi netral, lampu jarak jauh/lampu tembak, dan yang terakhir indikator fitur pengereman ABS. Nah, tentu saja dengan kelengkapan panel-panel yang ditampilkan pada instrumen indikator pada spesifikasi Yamaha Tracer 700 yang begitu informatif tersebut akan semakin mempermudah pengguna dalam memahami kondisi motor yang tengah dikendarainya.

Spesifikasi Motor Yamaha Tracer 700

Dimensi

Mengusung Dimensi Ideal dan Lebih Besar dengan Rangka Diamond yang Kokoh dan Kuat

Di babak selanjutnya, kini saatnya bagi Mas Sena untuk mengulas spesifikasi Yamaha Tracer 700 pada sektor dimensinya. Seperti yang sudah dipahami bahwa sektor dimensi merupakan bagian yang sangat penting mengingat sebagai pembentuk bodi motor. Nah, maka tak heran jika tampilan desain bodi motor yang begitu gagah ini tak lepas dari konsep dimensi yang dibangun. Dimana, dimensi pada Yamaha Tracer 700 ini akan dibangun menggunakan rangka Diamond yang sangat kuat dan kokoh namun ringan. Rangka tersebut akan membentuk sebuah ukuran bodi dengan ukuran 2138 x 806 x 1270 mm dan memiliki bobot 196 Kg. Tentu saja, dengan struktur dimensi tersebut maka wajar jika motor adventure buatan Yamaha ini tampil begitu ideal dan proporsional. Selain itu, Yamaha pun juga merancang motor sport adventure ini dengan tinggi tempat duduk 835 mm. Sedangkan untuk ground clearance sendiri, kali ini Yamaha Tracer 700 dirancang dengan ukuran setinggi 140 mm. Dengan begitu maka tak heran jika nantinya motor touring buatan pabrik berlogo garpu tala ini bakal mudah dikednarai di berbagai medan jalan, terutama medan touring. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan kali ini pada sektor dimensi yang diusung spesifikasi Yamaha Tracer 700 ini pun telah membekali big bike touring ini dengan sebuah tangki bahan bakar yang mampu menampung BBM hingga 17 liter.

Review Yamaha Tracer 700

Suspensi

Keseimbangan Maksimal dan Mumpuni Berkat Kaki-Kaki Super Kokoh dengan Pengereman Canggih dan Berkualitas

Di samping itu, selain dimensinya yang proporsional, pada spesifikasi Yamaha Tracer 700 ini pun juga diketahui akan mengusung sektor kaki-kaki yang terbilang sangat handal dan kuat. Bukan tanpa alasan mengingat sektor kaki-kaki ini keberadaannya sangat diperlukan guna menunjang bobot bodi pada motor. Dimana, kali ini kaki-kaki pada Yamaha Tracer 700 akan mengusung suspensi handal berupa Telescopic Forks yang disematkan pada bagian depan. Sedangkan, untuk bagian belakang Yamaha akan mengusung suspensi Swingarm (link suspension). Meski beda jenis atau tipe namun kedua suspensi yang ditawarkan oleh pabrikan asal Jepang tersebut dipastikan bakal sanggup menjaga kestabilan motor saat berkendara. Bahkan, mampu meredam setiap getaran atau goncangan, terutama saat berkendara di jalan yang berlubang dan bergeronjal. Tak sampai di situ saja, bahkan Yamaha Tracer 700 ini pun juga akan dibekali velg sporty dengan ukuran 17 inci. Selain itu, menariknya bahwa velg tersebut akan dibalut ban Tubeless dengan ukuran berbeda. Untuk bagian velg depan akan dibalut ban berukuran 120/70 R17 M/C 58W, sedangkan untuk bagian belakangnya akan mengandalkan ban Tubeless namun ukurannya berebeda, yaitu 180/55 R17 M/C73W. Di sisi lain, motor super sport adventure garapan Yamaha yang satu ini juga dibekali dengan rem handal, yakni Hydraulic Dual Disc berdiameter 282 inci untuk rem depan. Sementara itu, rem belakangnya akan mengusung rem Hydraulic Single Disc yang berukuran 245 mm. Menariknya, pada sektor pengereman yang diusung spesifikasi Yamaha Tracer 700 tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi ABS yang dipastikan bakal mampu mengendalikan laju motor secara sempurna serta mencegah terjadinya ban terselip saat rem dadakan.

Harga Motor Yamaha Tracer 700

Mesin

Jantung Pacu Dipersenjatai Mesin DOHC 2 Silinder Liquid Cooled dengan Kapasitas 689 cc Hasilkan Performa Super Gahar

Di satu sisi, kini waktunya bagi Mas Sena untuk menengok sektor jantung pacu yang dibawa spesifikasi Yamaha Tracer 700. Berkenaan dengan jantung pacu, sepertinya menjadi salah satu segmen yang mencuri perhatian. Bukan tanpa alasan mengingat sektor ini sangat berkaitan erat dengan performa dari motor adventure ini. Dimana, kali ini Yamaha Tracer 700 dipastikan bakal mengusung mesin canggih tipe DOHC 2 silinder berpendingin cair (Liquid Cooled) yang mana memiliki kapasitas 689 cc. Tak hanya itu saja, jantung pacu yang diusung motor ini nantinya juga akan dikawinkan dengan sistem transmisi berupa Constant Mesh 6 percepatan. Sehingga, tak heran jika performa yang dihasilkannya sangat gahar dan mumpuni. Yang mana mesin pada Yamaha Tracer 700 tersebut diklaim mampu menyemburkan power hingga 55.0 kW (74.8PS) @ 9,000 rpm dan sanggup mencapai titik torsi pada 68.0 Nm (6.93 kg-m) @ 6,500 rpm. Selain itu, Yamaha juga akan mengandalkan sistem pembakaran berteknologi TCI yang sanggup menekan kompresi rasio dengan perbandingan 11.5:1. Tentu saja, dengan kecanggihan dan kehandalan sektor dapur pacu pada spesifikasi Yamaha Tracer 700 tersebut. selain memiliki tenaga handal, ternyata juga tetap ramah lingkungan serta irit bahan bakar.

Fitur

Berbekal Fitur Canggih dan Fungsional Jamin Kenyamanan dan Keselamatan Pengendara

Di samping performa mumpuni, spesifikasi Yamaha Tracer 700 ini pun juga dipastikan bakal dibekali dengan berbagai fitur menarik untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Pertama, dari segi keselamatan diketahui bahwa Yamaha akan membekali motor sport adventure buatannya ini dengan sistem pengereman handal dan berteknologi ABS. Sehingga, laju motor bisa dikendalikan secara lebih sempurna, bahkan dengan teknologi tersebut, tentunya akan mampu mencegah terjadinya ban terselip. Selain itu, untuk menunjang kenyamanan maka Yamaha Tracer 700 ini pun juga akan mengusung panel indikator full digital dengan layar LCD yang informatif. Bahkan, suspensi Telescopic Forks dan Swingarm pun turut serta disematkan guna meredam goncangan saat melalui jalan yang tak rata atau bergeronjal. Tak sampai di situ, wind shield dan hand guard juga hadir sebagai fitur keamanan pengendara, terutama saat menempuh perjalanan jauh. Selain itu Yamaha Tracer 700 ini juga dilengkapi Dual headlight dengan desain lampu utama yang begitu modern nan sporty. Sehingga, dengan konsep desain seperti ini akan membuat tampilan motor ini makin gahar dan juga garang. Terlebih dengan lampu berteknologi LED yang dibawa spesifikasi Yamaha Tracer 700 ini, sehingga penerangan bagian depan akan menjadi lebih terang.

Spesifikasi Yamaha Tracer 700

Mesin
Tipe Mesin 2-silinder, 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, 4-katup
Kapasitas 689 cc
Tenaga Maksimal 55.0 kW (74.8PS) @ 9,000 rpm
Torsi Maksimal 68.0 Nm (6.93 kg-m) @ 6,500 rpm
Pengapian TCI
Sistem Bahan Bakar Karburator
Jenis Bahan Bakar Bensin
Starter Elektrik
Transmisi Constant Mesh, 6-percepatan
Konsumsi bahan bakar 4.3 L/100km
Dimensi
Frame Diamond
Panjang 2,138 mm
Lebar 806 mm
Tinggi 1,270 mm
Berat (Termasuk Full Oli dan bensin) 196 kg
Jarak Roda 1,450 mm
Ground Clearance 140 mm
Kaki-kaki
Tipe Rangka Diamond
Rem Depan Piringan ganda hidrolik, 282 mm
Rem Belakang Piringan ganda hidrolik, 245 mm
Ban Depan 120/70 R17 M/C 58W (tubeless)
Ban Belakang 180/55 R17 M/C 73W (tubeless)
Suspensi Depan Telescopic forks
Suspensi Belakang Swingarm, (link suspension)

Harga Yamaha Tracer 700

Selain spesifikasi, tentunya Mas Sena juga akan mengulik tentang harga Yamaha Tracer 700. Tetapi, sebelum mengulas soal banderol, perlu untuk diketahui kembali bahwa motor touring premium buatan Yamaha ini memang menyasar di segmen kelas menengah atas. Bukan tanpa sebab mengingat pihak produsen telah membekali produk ini dengan berbagai keunggulan canggih dan sangat berkualitas premium. Hal itu tampak jelas dari konsep desain fisik pada motor ini yang begitu sporty, seolah merefleksikan kehandalan yang dimilikinya. Selain itu, Yamaha Tracer 700 ini juga dibekali mesin canggih berupa DOHC 2 silinder yang berkapasitas 689 cc. Sehingga, dipastikan mampu menyemburkan power secara lebih maksimal. Apalagi, fitur-fitur nan canggih dan fungsional pun turut serta disematkan pada motor ini. Oleh sebab itu maka wajar jika nantinya harga Yamaha Tracer 700 ini akan dibanderol dengan angka yang cukup tinggi.

Harga Yamaha Tracer 700

Harga Yamaha Tracer 700 Terbaru

Dan benar saja bahwa harga Yamaha Tracer 700 ini memang dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Wajar mengingat motor sport touring ini menyasar di segmen premium menengah atas yang dibekali berbagai keunggulan tingkat tinggi. Berkaitan dengan banderol, dilaporkan bahwa mendasarkan atas situ resmi Yamaha Motor Inggris, harga Yamaha Tracer 700 ini dipatok £ 7,299. Angka tersebut jika dikonversikan ke nilai rupiah setara dengan Rp 136 jutaan. Sangat mahal bukan? Pastinya, dengan harga Yamaha Tracer 700 yang setara mobil LCGC tersebut hanya akan diboyong oleh kalangan konsumen yang berdompet tebal.

Harga Yamaha Tracer 700
Rp. 136.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha Tracer 700 diatas merupakan harga yang berlaku di Negara Inggris
  • Harga Yamaha Tracer 700 mungkin akan berbeda jika dirilis di Indonesia

Di satu sisi, patut untuk diketahui juga bahwa harga Yamaha Tracer 700 di atas adalah harga jual untuk pasar Eropa, terutama di Negeri Elizabeth, Inggris. Sehingga, sangat dimungkinkan jika hadir di Indonesia maka harganya bisa jauh lebih tinggi dari banderol tersebut. Bukan tanpa alasan mengingat terkena biaya pajak dan administrasi. Namun, sayangnya untuk saat ini bagi konsumen Indonesia yang ingin membelinya harus inden terlebih dahulu dan akan dibawa secara CBU mengingat Yamaha Indonesia tak memproduksinya di Tanah Air. Nah, demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Tracer 700. Baca juga review motor menarik lainnya tentang Yamaha MT-25 dan Honda X-Blade.

Top