Harga Yamaha Tricity 125, Review, Spesifikasi & Gambar September 2019

Harga Yamaha Tricity 125 dan Spesifikasi – Skutik 3 roda bernama Yamaha Tricty 125 pun akhirnya menjadi salah satu produk Yamaha yang mendapat banyak sorotan dari publik. Tak hanya itu saja, hal itu pun dibuktikan atas realita yang menyebutkan bahwa Yamaha Tricity 125 ini memiliki ”Weight Balance” yang seimbang apalagi dengan dukungan 3 buah roda sebagai penopang keseimbangan skuter matik Yamaha terbaru ini. Bahkan, kabarnya motor skuter matik beroda tiga tersebut tengah dipersiapkan untuk dipasarkan pada pasar otomotif Tanah Air. Dengan begitu maka kabar akan kemunculannya di Indonesia pun turut menjadi perhatian publik tersendiri. Apalagi, skutik gambot dengan 3 roda ini akan dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan fitur canggih. Terus, kira-kira apa saja sih keunggulan dan kecanggihan yang ditawarkan Yamaha Tricity 125 ini? Semakin penasaran ya kawan?

Yamaha Tricity 125

Sebelumnya, kabarnya justru PT YIMM sendiri telah mendaftarkan skutik premium dengan 3 roda ini pada situs Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) dari Kementrian Perindustrian dengan kode SE66. Sehingga, kemunculan dari skutik 3 roda buatan Yamaha ini semakin kuat. Nah, terkait spesifikasi, perlu diketahui kembali bahwa Yamaha Tricity 125 ini memang merupakan salah satu produk skutik bongsor kelas premium yang mengusung 3 roda sekaligus. Desainnya cukup unik dan tampak sporty nan modern. Selain itu, untuk dapur pacunya sendiri, Yamaha akan membekalinya dengan mesin SOHC 125 cc yang siap memberikan tenaga maksimal. Sementara itu di satu sisi, skutik bongsor kelas premium ini pun juga sudah memiliki keunggulan tersendiri dari sisi fitur-fitur yang dibawanya. Nah, untuk mengenal lebih jauh, tampaknya kita ikuti saja pokok bahasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Tricity 125 yang tersaji pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Yamaha Tricity 125

Review Yamaha Tricity 125

Desain

Skutik Bongsor dengan 3 Roda Usung Konsep Modern dan Sport Masa Kini

Tak berbeda jauh dengan Tricity 155, pada sisi tampilan fisik dari spesifikasi Yamaha Tricity 125 pun juga memiliki gaya desain yang sama dengan saudaranya tersebut. Wajar mengingat skutik bongsor ini memang masih satu jajaran keluarga dari Tricity Series. Dimana, pada bagian depan, skutik buatan Yamaha ini terpasang sebuah headlamp yang cukup futuristik dan modern dengan gaya desain seperti huruf “V”. Dimana pada lampu utama sudah menggunakan lampu jenis LED yang akan membuat pencahayaan pada bagian depan menjadi lebih terang. Tak sampai di situ saja, pada bagian wajah dari Yamaha Tricity 125 ini pun juga tampak pula sepasang lampu sein yang terpasang terpisah dengan lampu utama. Selain itu skuter matik bongsor yang unik ini pun juga dilengkapi dengan windshield (kaca depan motor) yang berfungsi untuk melindungi si pengemudi dari terpaan angin dari arah depan saat berkendara.Di sisi lain, model skutik bongsor ini pun memiliki tampilan yang lebih bergaya dimana pada sektor depannya terpasang dua buah roda sejajar yang sama-sama memiliki ukuran ban sebesar 90/80-14. Kedua ban depan ini memang sangat kokoh dan kuat. Kemudian, pada bagian bodi sampingnya sendiri, sebenarnya juga tak berbeda jauh dengan skutik pada umumnya, yang mana disediakan pijakan kaki berdesain fleksibel dan luas untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. Kemudian, joknya juga dibuat lebih simple menyatu dan memanjang ke belakang. Sementara itu, pada sektor belakang pun juga sudah dilengkapi stop lamp masa kini berteknologi LED. Dengan begitu maka secara keseluruhan sektor bodi fisik pada eksterior dari spesifikasi Yamaha Tricity 125 ini terbilang sangat sporty dan terkesan begitu futuristik.

Spesifikasi Yamaha Tricity 125

Speedometer

Usung Instrumen Indikator Full Digital yang Informatif

Sementara itu di satu sisi, pada spesifikasi Yamaha Tricity 125 ini pun juga terlihat dibekali dengan instrumen indikator berpanel full digital. Penggunaan panel full digital tersebut tentunya juga menyesuaikan segmentasinya sebagai skutik modern dengan fitur canggih masa kini. Terkait dengan speedometer atau instrumen indikator yang diusungnya, memang tampilannya cukup menarik dan modern. Dimana, akan memberikan tampilan informasi akurat mengenai kecepatan, jarak tempuh, rpm, odometer, tripmeter indikator bahan bakar, dan jarak Km/jam. Tak hanya itu saja, bahkan informasi lain juga turut ditampilkan pada panelnya. Seperti lampu indikator sein, lampu jarak jauh/utama (High Beam), dan mode berkendara. Semua itu ditampilkan melalui sebuah layar digital yang membuat pengemudi lebih mudah memahami kondisi motor yang dikendarainya. Maka, menurut Mas Sena bahwa sektor instrumen indikator atau speedometer yang diusung spesifikasi Yamaha Tricity 125 ini terbilang sangat modern dan pastinya informatif.

Spesifikasi Motor Yamaha Tricity 125

Dimensi

Mengusung Dimensi Besar dan Rangka nan Kokoh

Di sisi lain, pokok bahasan kali ini akan mengulas soal dimensi atau rangka pada spesifikasi Yamaha Tricity 125. Sebenarnya, memang skutik beroda 3 ini memiliki rangka yang cukup kuat dan kokoh. Bahkan, bisa dikatakan pula bahwa untuk struktur dimensi bodinya pun tak berbeda jauh dengan saudaranya, Tricity 155. Dimana, kali ini model dari Yamaha Tricity 125 akan mengusung dimensi dengan panjang 1980 mm, lebarnya 750 mm, tinggi 1210 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 1350 mm. Apabila kita melihat ukuran dimensinya tersebut, tentu kita memiliki gambaran bahwa memang model skutik beroda 3 ini memiliki bentuk bodi yang cukup besar dan bongsor. Di sisi lain, Yamaha juga merancang skutik ini dengan tinggi dari tempat duduk 780 mm. Sehingga, akan membuat si pengendara lebih mudah dalam mengendalikan skutik ini, terutama saat kondisi mesin mati atau berhenti di rambu-rambu lalu lintas. Tak hanya itu, meski cocoknya dikendarai di segmen medan perkotaan namun Yamaha Tricity 125 ini tetap dirancang dengan ground clearance 125 mm yang menurut Mas Sena cukup tinggi di kelasnya. Dengan demikian maka sektor dimensi pada spesifikasi Yamaha Tricity 125 ini dirancang dengan konsep masa kini yang lebih besar dan berstruktur kokoh.

Review Yamaha Tricity 125

Suspensi

Keseimbangan Terjamin Berkat Suspensi Handal pada Kaki-Kakinya yang Kokoh

Selanjutnya, kini kita akan bahas soal kaki-kaki pada spesifikasi Yamaha Tricity 125. Sebagaimana menyesuaikan besarnya dimensi atau bobot bodi yang dimiliki skutik ini maka Yamaha pun telah menyediakan suspensi handal pada sektor kaki-kakinya. Perlu untuk diketahui bahwa pada bagian kaki-kakinya tersebut telah dibekali suspensi handal berupa Telescopic Forks 90 mm di bagian depan dan Unit Swing 90 mm di bagian belakang. Kedua suspensi yang diusung Yamaha Tricity 125 tersebut sama-sama mampu bekerja sama untuk menjamin keseimbangan dalam berkendara maupun meredam getaran saat melalui jalanan bergeronjal. Di sisi lain, Yamaha pun juga akan mengusung velg sporty masa kini dengan dua velg di depan berukuran 14 inci yang terbalut ban 90/80. Sedangkan di satu sisi, untuk velg di belakang akan mengandalkan ukuran velg 13 inci yang dibalut ban 130/70. Dengan begitu, keseimbangan dan kenyamanan dalam mengendarai skutik ini semakin terjamin. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan rem Hydraulic Single Disc pun menjadi tipe rem handal pada Yamaha Tricity 125 ini dengan ukuran diameter 220 mm (depan) dan 230 mm (belakang). Dengan demikian maka tak heran jika sektor kaki-kaki dan pengereman pada spesifikasi Yamaha Tricity 125 di sini terbilang sudah sangat handal dan mumpuni.

Harga Motor Yamaha Tricity 125

Mesin

Performa Handal Berkat Mesin 125 cc Tipe SOHC yang Ramah Lingkungan

Kegaharan yang dimiliki spesifikasi Yamaha Tricity 125 ini tentunya terletak pada sektor dapur pacu yang dibawanya. Memang, sebagai varian lain dari Tricity 155, pastinya skutik bongsor buatan Yamaha yang satu ini memiliki performa yang cukup handal dan tak bisa diremehkan begitu saja. Bukan tanpa alasan mengingat kali ini Yamaha Tricity 125 diketahui bakal dibekali dengan mesin SOHC silinder tunggal berpendingin cair dan memiliki kapasitas kubikasi mencapai 125 cc. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa mesin yang diusung pabrikan asal negeri Samurai tersebut juga dilengkapi dengan sistem transmisi V-Belt Automatic. Sehingga, mampu memberikan semburan tenaga yang cukup optimal. Dimana, menurut laporan disebutkan bahwa Yamaha Tricity 125 mampu mencapai tenaga maksimal hingga 9.0 kW per putaran 7500 rpm dan torsi puncak pada 11.7 Nm per 7250 rpm. Di sisi lain, untuk menunjang keefektifan dalam konsumsi bahan bakarnya, maka pabrikan berlogo garpu tala ini akan mengusung sistem Fuel Injection dan pembakaran TCI serta berteknologi Blue Core yang mampu mencapai kompresi rasio hingga 11.2:1. Tentu saja, dengan teknologi dan kegaharan sektor dapur pacu pada spesifikasi Yamaha Tricity 125 ini terbilang sudah cukup mumpuni dan canggih di kelasnya.

Fitur

Mengusung Fitur Unggulan yang Mumpuni dan Canggih

Beranjak pada segmen terakhir, Mas Sena akan menyentuh fitur apa saja yang diusung spesifikasi Yamaha Tricity 125. Tentu saja, jika kaitannya dengan fitur maka akan berhubungan dengan kenyamanan atau keselamatan pengguna dalam mengendarai skutik ini. Pertama yaitu sektor pengeremannya yang sudah mengandalkan tipe pengereman cakram hidrolik yang memiliki daya cengkeraman cukup kuat sehingga akan memberikan kualitas pengereman yang lebih handal. Di samping itu, Yamaha Tricity 125 akan mengusung bagasi yang cukup besar sehingga sanggup menampung satu buah helm full face. Tak hanya itu saja, bahkan panel indikator yang diusung skutik ini pun juga sudah mengandalkan panel full digital yang sangat informatif. Sementara itu di satu sisi, pada sektor pengeremannya juga dilengkapi teknologi Unified Brake System yang secara otomatis bakal membuat pengereman menjadi lebih lembut meski dadakan. Tentu saja, dengan segala keunggulan fitur pada spesifikasi Yamaha Tricity 125 tersebut maka sedikit banyak bakal berpengaruh pada harganya.

Spesifikasi Yamaha Tricity 125

Mesin
Bore x Stroke (mm) 52.0 x 58.7
Rasio Kompresi 11.2 : 1
Kapasitas (cc) 125
Tipe Mesin Silinder tunggal, 4-stroke, liquid-cooled, SOHC, 4-valves
Tenaga Maksimal 9.0 kW @ 7,500 rpm
Torsi Maksimal 11.7 Nm @ 7,250 rpm
Starter Elektrik
Roda
Rem Depan Piringan tunggal hidrolik, 220 mm
Rem Belakang Piringan tunggal hidrolik, 230 mm
Suspensi Depan Telescopic forks
Suspensi Belakang Unit Swing
Ukuran Ban Depan 90/80-14
Ukuran Ban Belakang 130/70-13
Dimensi dan Berat
Dimensi (P x L x T) mm 1,980 x 750 x 1,210
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 27.2 L
Jarak dari Tanah (mm) 125
Berat (Kg) 164
Tinggi Kursi (mm) 780
Jarak antar Roda (mm) 1,350
Transmisi
Sistem Transmmisi V-Belt Automatic
Elektrik
Sistem Pengapian TCI

Harga Yamaha Tricity 125

Setelah kita pahami spesifikasi yang dibawanya, kini waktunya bagi Mas Sena mengulas harga Yamaha Tricity 125. Soal harga, tampaknya banderol dari skutik bongsor beroda tiga ini tak akan berbeda jauh dengan model Tricity 155 yang merupakan saudara kadungnya. Dimana, dari segi spesifikasi, untuk model dari Yamaha Tricity 125 sendiri memang tak banyak perbedaain dari segi desain yang memang dirancang dengan konsep Weight Balance” sehingga terkesan begitu sporty dan futuristik. Hanya saja, untuk soal sektor dapur pacunya, skutik buatan pabrik berlogo garpu tala ini akan dipersenjatai dengan mesin berkapasitas lebih kecil, yaitu 125 cc namun sama-sama berteknologi SOHC silinder tunggal dan berpendingin cair. Meski kapasitasnya lebih kecil namun performanya tetap handal. Bahkan, fitur-fitur canggih dan fungsional pun juga turut disertakan pada motor matik ini. Lantas, kira-kira berapa sih banderol harga Yamaha Tricity 125 ini?

Harga Yamaha Tricity 125

Harga Yamaha Tricity 125 Terbaru

Informasi mengenai harga Yamaha Tricity 125 tampaknya bukan menjadi sebuah rahasia lagi. Pasalnya, kabar akan banderol dari skutik bongsor roda tiga buatan Yamaha ini sudah dipaparkan melalui situs resmi Yamaha Motor Europe. Dimana, menurut informasi yang telah Mas Sena dapatkan dari situs tersebut diketahui bahwa harga Yamaha Tricity 125 ini dibanderol £ 3,849.00. Yang mana, banderol tersebut setara dengan Rp 75 jutaan. Sebuah banderol yang menurut Mas Sena sangat mahal untuk sekelas skutik 125 cc. Namun, dikarenakan segmentasinya menyasar kelas premium dengan tampilan unik dan fitur canggih maka tampaknya harga Yamaha Tricity 125 tersebut layak dan cukup pantas dilabelkan.

Harga Yamaha Tricity 125
Rp 75.000.000,-
Daftar Harga Motor Yamaha
  • Harga Motor Yamaha Tricity 125 di atas merupakan harga yang berlaku di Benua Eropa
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha Tricity 125

Berkaitan dengan harga Yamaha Tricity 125 di atas, perlu untuk dipahami bahwa informasi di atas merupakan banderolnya di wilayah Eropa. Maka, kemungkinan ketika diluncurkan di Indonesia pastinya akan ada perubahan yang cukup signifikan dan cenderung sedikit lebih mahal. Wajar mengingat akan terkendala pajak dan biaya administrasi import yang lumayan tinggi. Walau demikian, tentu skutik yang satu ini akan menjadi salah satu pilihan bagi para konsumen kelas menengah atas di Tanah Air mengingat keunggulannya yang tak terbantahkan. Nah, itulah tadi review lengkap mengenai ulasan spesifikasi dan harga Yamaha Tricity 125. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi kawan-kawan semua. Yuk baca review menarik lainnya dari Mas Sena seperti Yamaha XMAX 250 dan Yamaha NMax.

Top