Harga Yamaha Vixion R 155, Review dan Spesifikasi Mei 2017

Harga Yamaha Vixion R 155 dan Spesifikasi – Akhirnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis dua Vixion Series, yakni Yamaha All New Vixion 150 dan Yamaha Vixion R 155. Peluncuran kedua motor buatan pabrik berlogo garpu tala itu diperkenalkan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Akan tetapi, kali ini Mas Sena tak akan membahas kedua motor tersebut melainkan akan lebih tertuju untuk mengulas spesifikasi yang diusung Yamaha Vixion R 155. Naked bike yang bakal menjadi pesaing Honda CB150R dan Suzuki GSX S-150 ini memang menjadi salah satu produk buatan Yamaha yang cukup memikat hati para pecinta otomotif di Indonesia. Pasalnya, motor yang didesain dengan gaya sporty dan futuristik bernama Yamaha Vixion R 155 ini akan hadir dengan bekalan spesifikasi yang lebih unggul di jajaran Vixion Series. Tentu, sangat wajar sekali jika motor naked teranyar yang baru saja dirilis ini menjadi idaman para pecinta naked bike. Lalu, apa saja ya keunggulan yang paling menarik dari Yamaha Vixion R 155 ini?

Yamaha Vixion R 155

Yamaha Vixion R 155

Sebenarnya, spesifikasi yang diusung Yamaha Vixion R 155 ini nantinya tak akan berbeda jauh dengan motor sport buatannya, yaitu R15. Hanya saja, dari segi desainnya tampak berbeda di mana pada varian Yamaha Vixion yang satu ini tak dilengkapi full fairing sebagaimana R15. Namun, yang jelas bahwa motor naked bernama Yamaha Vixion R 155 yang merupakan garapan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini akan hadir dengan segudang keunggulan yang cukup handal dengan ragam fitur canggih yang siap menunjang kenyamanan dalam berkendara. Terlepas dari itu, jika melihat dari segi tampilan eksterior, Yamaha Vixion R 155 mengusung desain yang lebih sporty dengan konsep aerodinamika sehingga akan berdampak pada akselerasi yang lebih optimal. Sementara itu, dari segi performanya sendiri, naked bike garapan Yamaha ini dinilai cukup handal dan gahar mengingat motor ini mengusung mesin berkapasitas 155 cc dan dilengkapi teknologi VVA sebagaimana yang disematkan pada R15. Tentu saja, dengan berbekal kemampuan tersebut maka kinerja dari Yamaha Vixion R 155 pun akan mampu menghasilkan tenaga yang powerfull. Sementara itu, untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan, pastinya motor naked ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik dan canggih. Di sisi lain, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki motor naked ini. Apa saja itu? Simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Vixion R 155 yang akan Mas Sena sajikan pada segmen di bawah ini!

Motor Yamaha Vixion R 155

Review Yamaha Vixion R 155

Desain

Naked Bike dengan Bekalan Desain Agresif dan Aerodinamis Tampilkan Kesan Sporty

Sebelum kita jauh membahas lebih dalam mengenai spesifikasi Yamaha Vixion R 155, tampaknya akan lebih baik jika kita berkenalan lebih dulu melalui sektor desain eksterior yang dibawanya. Melihat tampilan bodinya tersebut, tampaknya motor baru buatan Yamaha ini memang dihadirkan dengan balutan konsep desain sporty dan aerodinamis. Hal itu tampak jelas pada setiap sisi bodinya. Dari tampilan pada sektor depan saja sudah tampak begitu agresif di mana Yamaha Vixion R 155 ini mengusung headlamp berteknologi LED dengan bentuk yang cukup menarik dan atraktif, seperti membentuk huruf “V”. Sehingga, selain mampu memberikan pencahayaan yang cukup terang, tentu saja tampilannya akan semakin garang dan gagah. Bahkan, lampu Hazard pun juga turut disematkan pada Yamaha Vixion R 155 ini guna memberi tanda darurat ketika terjadi musibah pada pengemudinya. Lalu, pada bagian samping pun juga tak kalah menarik. Bagaimana tidak? Tampak dengan jelas desain tangki bahan bakar yang berkapasitas 11 liter dengan lekukan tajam nan begitu sporty di mana pada bagian bawah tangki terpasang Under Cowl yang dibuat dengan rongga besar guna memaksimalkan aliran arah angin ketika Yamaha Vixion R 155 ini berakselerasi di jalan. Kemudian, tak ketinggalan juga susunan mesin pun tampak begitu rapi dan mampu memberikan kesan kegagahan. Di sisi lain, sedikit mundur ke belakang, Yamaha akan membekali naked bike buatannya ini dengan jok empuk berbahan material yang memiliki kualitas tinggi di mana dibuat dengan bentuk standar motor naked. Sehingga, akan membuat pengemudi maupun penumpang Yamaha Vixion R 155 ini merasa nyaman waktu berkendara. Nah, menginjak pada bagian belakang, sobat akan menemui stop lamp LED yang dirancang begitu sporty dan modern sehingga mampu memberikan kesan sebagai motor naked yang begitu gagah dan futuristik. Selain itu, stop lamp yang diusung spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini dinilai cukup terang namun tak membuat silau para pengendara yang berada di belakang motor.

Spesifikasi Yamaha Vixion R 155

Speedometer

Mengusung Instrumen Indikator Panel Full Digital yang Begitu Informatif

Beralih pada segmen berikutnya, kali ini kita akan mengulas panel indikator pada spesifikasi Yamaha Vixion R 155. Hadir sebagai naked bike modern, tentu selain mengusung desain bodi yang menarik, Yamaha juga membekali motor buatannya ini dengan instrumen indikator modern dengan mengusung konsep panel Full Digital. Panel digital yang digunakan pun juga akan menampilkan beberapa informasi mengenai kondisi motor yang sedang ditungganginya. Di mana, pada panel indikator motor Yamaha Vixion R 155 ini akan memperlihatkan speedometer atau kecepatan dalam hitungan Km/jam, posisi gear, jarak tempuh dan tingkat rpm serta indikator bahan bakar. Selain itu, pada sisi kanan juga disematkan lampu indikator berupa lampu sein dan lampu tembak. Sedangkan pada sisi samping kiri akan ditampilkan lampu netral dan indikator oli dari motor Yamaha Vixion R 155 tersebut. Tak ketinggalan juga bagian bawah pun juga dilengkapi dengan tombol reset dan select guna mengatur ulang speedometer dan jarak tempuh. Dengan mengetahui segmen indikator yang diusung spesifikasi Yamaha Vixion R 155, tampaknya pengendara akan lebih mudah dalam mengetahui kondisi motor yang sedang ditungganginya.

Spesifikasi Motor Yamaha Vixion R 155

Dimensi

Dimensi Ideal dengan Rangka Kokoh

Tak lupa juga bahwa spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini pun juga akan disokong rangka yang kokoh dengan bentuk bodi atau dimensi ideal. Hal ini diterapkan oleh Yamaha guna memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan untuk meraih keseimbangan yang maksimal. Maka dari itu, Yamaha pun akan membekalinya dengan rangka Delta Box yang dikenal cukup kuat dan ringan. Selain itu, dari segi dimensi pun juga dinilai sudah pas di mana Yamaha Vixion R 155 akan mengusung dimensi dengan panjang 1.950 mm, lebar 720 mm, ketinggian 1.025 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.320 mm. Ukuran dimensi yang begitu ideal tersebut akan mampu memberikan keseimbangan yang pas dan posisi berkendara yang nyaman. Selain itu, ground clearance pada motor naked Yamaha Vixion R 155 ini memiliki ukuran yang sangat pas sekali, yakni 165 mm sehingga akan membuat berkendara pun menjadi lebih lancar meski melewati jalan yang penuh bebatuan atau pun polisi tidur tanpa perlu khawatir bagian bawah bodi motor tergesek. Di sisi lain, pada bagian ketinggian jok pun juga dinilai cukup sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia di mana Yamaha Vixion R 155 ini memiliki ketinggian jok yang berukuran 795 mm yang sejajar dengan letak setang kemudi di depan. Sehingga, dengan ketinggian jok tersebut maka pengemudi pun akan merasa nyaman ketika mengendarai motor ini meski beban yang dibawa terasa berat. Tentu, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 pada sektor dimensi ini dinilai cukup ideal dan pas sehingga akan memberi kenyamanan kepada setiap pengemudi.

Review Yamaha Vixion R 155

Suspensi

Berbekal Kaki-Kaki Kuat Siap Menopang Beban

Sementara itu, selain memiliki dimensi bodi yang ideal dan pas, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 pun juga akan mengusung sektor kaki-kaki kuat dan kokoh. Keberadaan kaki-kaki pada sebuah motor, apalagi motor naked yang memiliki dimensi besar dan bobot 131 Kg ini, tentu menjadi sektor penting guna menjaga keseimbangan ketika dikendarai. Oleh sebab itu, guna menunjang hal tersebut maka Yamaha Vixion R 155 pun dibekali dengan suspensi handal bertipe Telescopic pada bagian depan. Sedangkan, untuk suspensi bagian belakang akan mengandalkan tipe Swing Arm. Kedua suspensi tersebut diyakini akan mampu memberikan keseimbangan maksimal pada motor naked ini. Bahkan, kehandalan Yamaha Vixion R 155 ini pun juga terletak pada kekuatan atau daya redamnya yang kuat, terutama ketika melewati jalan bergelombang atau bergeronjal. Sehingga, pengguna pun akan merasa nyaman meskipun melalui jalan yang tidak rata. Sementara itu, untuk membuat motor naked ini kian nyaman dikendarai maka Yamaha Vixion R 155 pun dibekali dengan velg sporty yang berdiameter 17 inci. Di mana velg tersebut akan dibalut ban tipe Tubeless berukuran 90/80-17M/C di bagian depan dan ban berukuran 130/70-17M/C pada bagian belakang. Tak cukup sampai di situ saja, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini pun juga akan dibekali pengereman Disc Brake pada bagian depan maupun belakang yang dinilai cukup handal.

Harga Motor Yamaha Vixion R 155

Mesin

Dipersenjatai Mesin SOHC Berteknologi VVA dengan Kapasitas 155.1 cc

Setelah kita tahu betapa ideal dan kuatnya dimensi maupun kaki-kaki yang dibawanya, kini waktunya Mas Sena untuk mengupas tuntas bagian jantung pacu pada spesifikasi Yamaha Vixion R 155. Seperti dengan apa yang sudah dikatakan di awal tadi bahwa naked bike buatan pabrik asal Negeri Matahari ini bakal memiliki kemampuan daya mesin super handal. Hal itu memang benar adanya mengingat motor bernama Yamaha Vixion R 155 ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 155.1 cc dengan tipe SOHC 4 katup dan 4 langkah. Mesin yang dibawa naked bike ini akan mampu menghasilkan tenaga yang begitu powerfull di mana mampu mencapai batas titik maksimal hingga 19.3 Hp (14.2 Kw) setiap putaran ke 10.000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi hingga 14.7 Nm. Maka, akan sngat wajar jika Yamaha Vixion R 155 ini mampu melaju begitu pesat dan super kencang. Di sisi lain, yang cukup menarik bahwa sektor dapur pacu yang diusung motor naked ini akan dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang siap menjaga tenaga dan torsi maksimum dan merata pada setiap putaran mesin. Sehingga, performa yang dihasilkannya pun akan tetap stabil. Di samping itu, tak ketinggalan juga pada Yamaha Vixion R 155 sistem pendingin Liquid Cooled pun tersematkan pada ruang olah pacunya guna menjaga suhu agar tetap sejuk dan stabil. Tak cukup sampai di situ saja, sistem bahan bakar Fuel Injection pun juga turut disematkan pada jantung pacunya sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien dengan perbandingan kompresi 11.6 : 1. Sehingga, selain mampu memberikan performa yang powerfull, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 pada sektor dapur pacunya ini pun juga bakal menjadikannya sebagai naked bike ramah lingkungan.

Fitur

Hadir dengan kelengkapan Fitur Canggih

Kini, menginjak pada segmen ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas fitur-fitur yang turut disematkan pada spesifikasi Yamaha Vixion R 155. Tak perlu berlama-lama, yang pertama bahwa untuk menunjang keselamatan maka naked bike buatan Yamaha ini sudah dibekali rem cakram yang cukup handal dalam mengendalikan laju dari motor. Selain itu, untuk semakin menambah kesempurnaan motor, Yamaha Vixion R 155 pun juga akan dilengkapi pula dengan teknologi DiASIL Cylinder dan Forgen Piston di mana kedua fitur ini akan mampu menunjang daya tahan mesin menjadi lebih awet, kuat, dan ringan. Bahkan, pada bagian belakang pun akan dilengkapi spakbord (mud guard) berdesain gantung yang bisa dilepas sewaktu-waktu. Tak hanya itu, jalur kabel pada Yamaha Vixion R 155 pun bisa digunakan untuk menunjang USB Charger sebagai alat untuk mengisi daya baterai pada smartphone. Sehingga, bisa juga dianggap fitur yang akan dibekalkan Yamaha pada motor ini tergolong cukup sangat lengkap dan membuatnya layak menyandang nama “LIVE THE LEGEND”. Apakah dengan keunggulan yang diusung spesifikasi Yamaha Vixion R 155 tersebut sobat sudah tahu harganya?

Spesifikasi Yamaha Vixion R 155

Mesin
Tipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 58 x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6±0.4 : 1
Volume Silinder 155.1 cc
Daya Maksimum 14.2 kW / 10000 rpm
Torsi Maksimum 14.7 Nm / 8500 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Wet Sump
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist & Slipper Clutch
Tipe Transmisi Manual
Dimensi
P X L X T 1950 x 720 x 1025 mm
Jarak Sumbu Roda 1320 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 795 mm
Berat Isi 131 kg
Kapasitas Tangki 11 L
Kaki-kaki
Tipe Rangka Deltabox
Suspensi Depan Teleskopic
Suspensi Belakang Swing Arm
Tipe Ban Tubeless
Ban Depan 90/80-17M/C 46P
Ban Belakang 130/70-17M/C 62P
Rem Depan Disc Brake
Rem, Belakang Disc Brake

Harga Yamaha Vixion R 155

Pembahasan mengenai spesifikasinya sudah selesai, kini pada segmen terakhir ini Mas Sena bakal memberi tahu sobat semua terkait dengan harga Yamaha Vixion R 155. Tampaknya, jika membahas tentang banderol, pasti tak lepas dari spesifikasi yang saling bersesuaian. Maka, tak salah sebelum jauh mengulas harganya lebih lanjut, Mas Sena ingin mengingatkan kembali keunggulan yang dimiliki motor naked ini. Seperti dengan paparan di atas, Yamaha Vixion R 155 resmi diperkenalkan pada ajang IIMS 2017 dengan membawa desain yang tampak lebih modern dan futuristik yang dikombinasikan dengan konsep sporty. kesan tersebut terlihat jelas pada setiap sisi bodinya sehingga cukup mampu memikat hati para konsumen. Tak hanya itu saja, sektor jantung pacu Yamaha Vixion R 155 pun juga tak bisa dipandang sebelah mata mengingat motor ini akan dibekali mesin berkapasitas 155.1 cc tipe SOHC dengan teknologi VVA sehingga performa dan torsi maksimalnya pun menjadi lebih stabil. Tentu saja, dengan kemampuan mesin pacunya tersebut akan berdampak pada harga Yamaha Vixion R 155. Di sisi lain, beberapa fitur canggih pun juga disematkan untuk memberikan kenyamanan dan menunjang keselamatan pengendara. Nah, berbekal kemampuan pada spesifikasinya tersebut, berapa ya harga Yamaha Vixion R 155 ini?

Harga Yamaha Vixion R 155

Harga Yamaha Vixion R 155 Terbaru

Meski baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu namun pihak PT YIMM masih belum memberikan keterangan resmi terkait harga Yamaha Vixion R 155. Akan tetapi, meskipun belum ada pemberitahuan secara resmi, namun apabila kita membandingkan dengan seri Vixion Standar 150 yang spesifikasinya berada dibawah motor ini harganya dibanderol 26 jutaan maka diprediksi bahwa kemungkinan besar harga Yamaha Vixion R 155 ini bakal tembus di angka Rp 30 jutaan mengingat spesifikasi dan fitur yang diusungnya berada di atas setingkat Vixion Standar. Dengan demikian tentu harga tersebut memang cukup standar dan berada pada kisaran yang dapat dijangkau para konsumen yang disasarnya. Selain itu, tampilan Yamaha Vixion R 155 ini yang tampak begitu jantan, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi motor semakin di depan ini untuk dapat menarik calon konsumen muda. Bagaimana sob? Apakah dengan harga Yamaha Vixion R 155 tersebut, sobat sudah pada siap untuk memboyongnya?

Harga Yamaha Vixion R 155

Sekitar  Rp 30.000.000,-
Daftar Harga Motor Yamaha


Catatan : 

  • Harga motor Yamaha Vixion R 155 diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha Vixion R 155

Sekali lagi Mas Sena ingatkan bahwa harga Yamaha Vixion R 155 di atas merupakan prediksi yang disesuaikan dengan spesifikasi dan segmen yang dituju. Sehingga, sangat dimungkinkan sekali bahwa harga Yamaha Vixion R 155 akan berubah sewaktu-waktu. Di sisi lain, naked bike buatan pabrik berlogo garpu tala ini hanya akan menawarkan satu pilihan warna saja, yaitu warna merah (Red). Sehingga, dengan adanya satu warna tersebut dipastikan tak akan ada perubahan atau fluktuasi harga terhadap pilihan warna. Namun, tampaknya Yamaha Vixion R 155 harus waspada dengan Honda CB150R dan Suzuki GSX S-150 yang menyasar pada segmen sama di mana kedua motor buatan Honda dan Suzuki tersebut juga mengusung spesifikasi dan harga yang cukup menarik. Nah, sampai di sini dulu ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Vixion R 155. Jangan lupa baca juga mengenai Honda CB150R Streetfighter dan Suzuki GSX S150.

Top