Harga Yamaha YS 125 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Yamaha YS 125 dan Spesifikasi – Di awal tahun 2017, tepatnya pada bulan April lalu, Yamaha secara resmi memperkenalkan produk barunya bernama Yamaha YS 125. Motor street fighter ini dihadirkan oleh Yamaha Eropa untuk meneruskan generasi sebelumnya, yaitu YBR 125 yang diklaim cukup sukses di pasar otomotif Benua Biru. Di sisi lain, kedatangan motor street fighter bernama Yamaha YS 125 buatan pabrik berlogo garpu tala ini juga sebagai produk garapannya yang memang diluncurkan untuk melengkapi jajaran produk entry level di pasar Eropa. Membawa mesin berkapasitas 125 cc, membuat motor streetfighter ini memiliki kapasitas yang lebih kecil. Hal ini pula yang mempengaruhi banderol harga dari Yamaha YS 125 ini menjadi cukup murah jika dibandingkan dengan beberapa motor street fighter lainnya di Eropa. Dengan demikian, tak heran apabila motor street fighter garapan Yamaha ini akan menjadi salah satu produk yang cukup diburu oleh para konsumen, terutama para pengguna di kelas pemula. Tak hanya itu saja, meski memiliki banderol yang lebih murah namun spesifikasi yang diusung Yamaha YS 125 ini tak bisa dianggap murahan. Lantas, apa sih yang menarik dari motor buatan Yamaha ini?

Yamaha YS 125

Yamaha YS 125

Memang, jika berbicara sisi menariknya, Yamaha YS 125 memang diluncurkan bagi para konsumen di kelas pemula. Namun, dalam hal spesifikasi, produsen asal Negeri Sakura ini tak membekali motor buatannya ini dengan komposisi spesifikasi sembarangan. Bagaimana tidak? Dari segi desain luarnya saja, motor yang mengusung nama Yamaha YS 125 ini dibangun dengan rangka kokoh di mana kesan sporty pun terlihat begitu jelas pada setiap sisi bodinya, baik dari depan, samping maupun belakang. Sehingga, rasanya pantas saja jika street fighter garapan Yamaha ini mampu memikat para calon konsumennya. Belum lagi dengan performanya di mana Yamaha YS 125 ini akan dipersenjatai mesin SOHC 4 langkah yang memiliki kapasitas 124cc. Walaupun tak segahar dengan motor street fighter kelas premium namun dengan bekalan mesin tersebut, motor buatan pabrik asal Jepang yang bernama Yamaha YS 125 ini diyakini tetap mampu melaju dengan tenaga yang cukup mumpuni di kelasnya. Di sisi lain, beberapa fitur pun juga turut serta menyertai motor ini sebagai pelengkap kecanggihannya dalam bersaing dengan para kompetitornya. Nah, bagi teman-teman Mas Sena yang penasaran dengan motor ini, simak saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha YS 125 yang akan Mas Sena bahas pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Yamaha YS 125

Review Yamaha YS 125

Desain

Street Fighter Entry Level dengan Desain Sporty Khas Motor Premium

Di awal ulasan ini, perkenankan Mas Sena untuk memperkenalkan motor entry level buatan Yamaha, mulai dari sisi tampilan fisik atau bagian eksterior pada spesifikasi Yamaha YS 125. Berkaitan dengan tampilan fisik, motor gagah buatan pabrik asal Negeri Samurai ini memang bisa dibilang cukup memukau. Pasalnya, setiap sisi dari bodi motor street fighter ini dibangun dengan bentuk desain yang mengedepankan gaya sporty. Dari depan bisa dilihat headlamp LED bergaya “V” Shape pada Yamaha YS 125 ini seperti pada Vixion. Sehingga, membuat tampilannya dari depan tampak cukup menarik dan terkesan sporty. Kemudian, shroud pada bagian sisi samping tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 14 liter pun juga semakin memperlihatkan kesan motor berotot yang berwibawa. Belum lagi dengan panel pada Yamaha YS 125 yang memadukan panel analog dan digital yang begitu informatif sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam memahami kondisi motor yang sedang ditungganginya. Sementara itu, jok pun dibuat memanjang dan menyatu namun sedikit naik ke atas dengan bahan cukup berklualitas. Tentu saja, kehadiran jok ini pun juga akan semakin membuat posisi riding pada Yamaha YS 125 ini pun menjadi lebih pas dan nyaman. Sementara itu di sisi lain, pada bagian sampingnya juga terlihat bagaimana susunan mesin yang begitu rapi yang mempertegas sebagai motor street fighter. Nah, menginjak pada bagian belakang, bisa kita lihat bagaimana sektor belakangnya terlihat cukup menantang dengan stop lamp berdesain sporty mengikuti alur desain dari depan. Tentu saja, bisa disimpulkan bahwa eksterior dari spesifikasi Yamaha YS 125 ini bisa dinilai cukup menawan dan menarik berkat desain bergaya sporty yang dibawanya.

Spesifikasi Yamaha YS 125

Speedometer

Panel Indikator Cukup Informatif Berkat Kombinasi Panel Analog dan Digital

Di sisi lain, hal yang cukup penting dan menarik untuk dibahas yakni pada instrumen indikator dari spesifikasi Yamaha YS 125. Bukan tanpa alasan mengingat panel indikator ini merupakan salah satu sektor yang diperlukan oleh pengemudinya sebagai media informasi terkait kondisi motor. Karena cukup penting maka Yamaha pun menghadirkan kombinasi panel digital dan analog pada instrumen indikator Yamaha YS 125 tersebut. Pada kombinasi tersebut, peletakan panel pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi kiri untuk panel analog sedangkan sisi kanan untuk panel digital. Nah, pada panel analog, akan ditampilkan informasi mengenai odometer dengan jarum telunjuk yang cukup jelas. Sedangkan di sisi lain, pada bagian kanan, panel digital yang diusung Yamaha YS 125 ini akan menampilkan informasi terkait dengan kecepatan Km/jam, indikator bahan bakar, dan posisi gear. Sedangkan, tak ketinggalan juga untuk semakin memudahkan pengendaranya, pada bagian atas panel digital Yamaha YS 125 ini juga terdapat beberapa lampu indikator, seperti lampu netral, lampu sein kanan-kiri, dan lampu jarak jauh (high beam). Nah, jika ditelisik secara lebih mendalam, tampaknya sektor instrumen indikator ini bisa dibilang cukup modern dan informatif sehingga memang menjadi salah satu spesifikasi Yamaha YS 125 yang akan memudahkan pengguna dalam memahami kondisi motor yang sedang ditunggangi.

Spesifikasi Motor Yamaha YS 125

Dimensi

Motor Gagah dengan Dimensi Ideal dan Rangka yang Kokoh

Beralih pada segmen berikutnya, kali ini Mas Sena akan berbagi mengenai sektor dimensi dari spesifikasi Yamaha YS 125. Jika dilihat sekilas, bodi motor buatan Yamaha ini memang tampak cukup pas sebagai street fighter kelas pemula. Bentuk bodi dan desain yang cukup ideal tersebut ternyata tak lepas dari peran rangka kokoh berupa Steel Double Cradle serta dimensi pembentuknya. Di mana Yamaha YS 125 ini memiliki dimensi dengan ukuran panjang 2005 mm, lebarnya 735 mm, dan tingginya mencapai 1050 mm. Dengan begitu maka pantas jika motor ini tampak cukup ideal untuk sekelas street fighter. Selain itu, jarak sumbu rodanya juga dinilai sepadan dengan ukuran dimensinya. Pasalnya, Yamaha sendiri membangun Yamaha YS 125 ini dengan wheelbase berukuran 1320 mm. Bahkan, ketinggian jok pun dinilai cukup standar dengan ukuran 795 mm dan berbobot 125 Kg saja sehingga bagi konsumen yang memiliki postur tubuh pas-pasan tak akan kesulitan dalam mengendalikan motor Yamaha YS 125 ini ketika mesin mati. Di sisi lain, berkenaan dengan ground clearance, pabrik asal Negeri Matahari tersebut juga merancangnya dengan jarak terendah ke tanah setinggi 150 mm. Maka, dengan ukuran ground clearance 125 tersebut, tentu saja selain menyempurnakan spesifikasi Yamaha YS 125 ini hal tersebut juga membuat perjalanan akan semakin aman dan nyaman meski melewati jalan terjal dan penuh bebatuan tinggi.

Review Yamaha YS 125

Suspensi

Kenyamanan Berkendara Disokong Kaki-Kaki Tangguh dan Didukung Pengereman Mumpuni

Memang, jika membahas tentang dimensi maka tak ketinggalan pula Mas Sena pun juga akan turut mengulas sektor kaki-kaki pada spesifikasi Yamaha YS 125. Sebagai salah satu bagian yang cukup penting maka Yamaha pun akan melengkapi motor barunya ini dengan suspensi yang kokoh dan kuat pada sektor kaki-kakinya. Di mana, motor ini akan disokong suspensi tipe Telescopic Forks pada bagian depan dan suspensi tipe Bottom Link Swing arm pada sektor belakang. Meski memiliki tipe yang berbeda namun kedua suspensi dari Yamaha YS 125 tersebut diyakini bakal mampu menunjang keseimbangan motor ketika dikendarai serta sanggup meredam setiap goncangan pada saat melewati jalanan berlubang atau bergeronjal sekalipun. Tentu saja keberadaan suspensi tersebut akan membuat pengguna kian merasa nyaman ketika berkendara. Di sisi lain, tak ketinggalan pula bahwa pada sektor kaki-kaki dari Yamaha YS 125 pun juga akan dibekali roda berupa velg sporty standar dengan berdiameter 18 inci. Velg tersebut akan dibalut dengan ban berukuran 2.75-18-42P pada bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang, akan dibalut ban berukuran 100/80-18-59P. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang pengereman maka Yamaha YS 125 pun akan dipersenjatai rem depan tipe cakram tunggal yang berdiameter 245 mm dan pada bagian belakang akan dilengkapi rem tipe Drum yang memiliki ukuran 120 mm. Walaupun belum dilengkapi dengan teknologi ABS namun dengan kelengkapan spesifikasi Yamaha YS 125 yang dibawanya tersebut, tampaknya dirasa sudah cukup untuk melengkapi kecanggihannya.

Harga Motor Yamaha YS 125

Mesin

Sektor Permesinan Andalkan Tipe SOHC 4 Langkah 2 Katup Berkapasitas 124 cc

Nah, setelah kita mengulas pada bagian suspensi di atas, menginjak pada sesi kali ini kita akan bersama-sama menilik kehebatan pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha YS 125. Seperti dengan yang sudah Mas Sena singgung di awal tadi, meski menyasar pada segmen pemula namun performa yang diusung motor buatan pabrik berlogo garpu tala ini tak bisa dianggap remeh. Bukan tanpa alasan, pasalnya kali ini motor gagah yang mengusung nama Yamaha YS 125 bakal hadir dengan berbekal mesin silinder tunggal yang mengusung tipe mesin SOHC 4 langkah 2 katup serta memiliki kapasitas yang mampu berkubikasi hingga 124 cc. Nyatanya, mesin tersebut diklaim cukup handal dalam memproduksi tenaga, apalagi dengan bakalan sistem transmisi manual 5 percepatan tipe Constant Mesh. Maka, tak heran jika Yamaha YS 125 ini sanggup memacu power maksimalnya hingga 10.4 Hp per 7500 rpm dan mampu mencapai titik torsi maksimal hingga 10.8 Nm pada putaran ke 6000 rpm. Tak cukup sampai di situ saja, departemen permesinan yang diusung motor street fighter bernama Yamaha YS 125 ini pun juga dilengkapi dengan sistem Fuel Injection yang membuatnya semakin irit bahan bakar dan tentunya ramah lingkungan. Nah, dengan demikian maka jelas bahwa sektor dapur pacu dari motor ini tak hanya terbilang cukup handal namun juga membuat spesifikasi Yamaha YS 125 tetap irit bahan bakar serta ramah lingkungan.

Fitur

Kenyamanan Berkendara Ditunjang Fitur-Fitur Canggih dan Modern

Beralih pada segmen ini, saatnya Mas Sena untuk membahas beberapa fitur yang bakal disematkan pada spesifikasi Yamaha YS 125. Tanpa ragu, meski menyasar pada segmen entry level, pabrik yang berasal dari Jepang ini pun juga melengkapi motor baru garapannya ini dengan segudang fitur yang cukup canggih dan modern. Pertama, dari segi keselamatan, di mana motor ini akan dibekali fitur UBS (Unified Braking System) yang akan membantu pengemudi dari Yamaha YS 125 ini agar lebih mudah dalam melakukan tindakan pengereman ketika terjadi pengereman dadakan. Selain itu, motor ini pun juga sudah menggunakan panel indikator analog dan digital yang diyakini akan mempermudah para pengemudi Yamaha YS 125 tersebut dalam memahami ataupun mengetahui kondisi motor yang dikendarainya. Di satu sisi, teknologi Fuel injection dan sertifikasi lulus uji Euro 4 pun juga turut membuatnya semakin memperkuat keberadaannya sebagai street fighter yang irit bahan bakar serta ramah lingkungan. Tak hanya itu saja, posisi stang dari Yamaha YS 125 ini yang ideal dengan jok akan membuat pengemudinya pun kian terasa nyaman. Kemudian, suspensi Telescopic Forks dan Bottom Link Swingarm pun juga menjadikan penggunanya kian merasa nyaman berkendara meski melewati jalur yang tak merata. Lantas, dengan bekalan spesifikasi Yamaha YS 125 tersebut, apakah teman-teman semua sudah bisa menebak harganya?

Spesifikasi Yamaha YS 125

Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, air-cooled, SOHC, 2-valves
Displacement 125cc
Bore x Stroke 52.4 mm x 57.9 mm
Rasio Kompresi 10.0 : 1
Power 7.8 kW @ 7,500 rpm
Torque 10.8 Nm 1.1(kg-m @ 6,000 rpm
Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pelumasan Wet sump
Transmisi Constant Mesh
Sitem Pengapian TCI
Dimensi
Panjang 2,005 mm
Lebar 735 mm
Tinggi 1,050 mm
Jarak Sumbu Roda 1,320 mm
Kapasitas Tangki 14 liter
Jarak Terendah 150 mm
Berat 129 kg
Tinggi Jok 795 mm
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic forks 120 mm
Suspensi Belakang Swingarm 112 mm
Rem Depan Single Disc, Ø 245 mm
Rem Belakang Drum, Ø 130 mm
Ban Depan 2.75-18-42P
Ban Belakang 100/80-18-59P

Harga Yamaha YS 125

Kini, setelah spesifikasinya kita bahas habis maka kali ini tiba saatnya Mas Sena untuk menginformasikan harga Yamaha YS 125. Tapi sebelumnya perlu untuk kawan ketahui bahwa tentu saja motor street fighter yang hadir sebagai produk Yamaha di kelas entry level ini dibekali dengan spesifikasi yang cukup handal lagi mumpuni. Bahkan, kehandalannya pun seakan-akan tampak jelas dari desain fisiknya di mana motor Yamaha YS 125 ini dibuat dengan rangka kokoh serta gaya desain yang terkesan sporty khas motor street fighter modern. Belum lagi dengan performanya yang ditunjang mesin SOHC berkapasitas 124 cc yang dipastikan bakal mampu menyemburkan tenaga yang cukup powerful. Sementara itu, dengan harga Yamaha YS 125 yang dibanderol cukup terjangkau untuk sekelas motor streetfighter yang meluncur di Eropa, fitur-fitur handal pun juga tak ketinggalan turut disematkan pada motor bergaya street fighter ini. Nah, dengan keunggulannya tersebut, kira-kira berapa angka yang pantas untuk membanderol harga Yamaha YS 125?

Harga Yamaha YS 125

Harga Yamaha YS 125 Terbaru

Sebagaimana yang sudah berkali-kali disinggung pada beberapa segmen di atas, harga Yamaha YS 125 ini memang tak akan dibanderol semahal motor-motor lain di kelas Eropa. Sebab, jika mendasarkan atas informasi yang Mas Sena dapatkan dari beberapa sumber terpercaya anti abal-abal, harga Yamaha YS 125 ini dibanderol senilai 2799 poundsterling. Atau, jika dikonversikan ke nilai tukar rupiah harga dari motor ini di pasaran Eropa akan setara dengan Rp 46 jutaan. Tentu, dengan banderol yang dinilai cukup terjangkau di kelas otomotif Benua Biru tersebut maka dipastikan bahwa motor bernama Yamaha YS 125 ini bakal membuat para konsumen kepincut. Apalagi dengan tiga pilihan warna menarik, yakni merah, hitam dan putih. Warna yang semakin menambah kecantikan dari motor ini pun diketahui tidak akan berpengaruh pada fluktuasi harganya, sehingga tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri. Nah, apakah dengan harga Yamaha YS 125 tersebut, teman-teman tertarik untuk membelinya?

Harga Yamaha YS 125
Sekitar Rp 46.000.000,- (Eropa)
 Daftar Harga Motor Yamaha

Catatan : 

  • Harga motor Yamaha YS 125 diatas merupakan harga di Eropa
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha YS 125

Memang, jika melihat nominal harga Yamaha YS 125 tersebut, tampaknya bagi konsumen pemula di Indonesia masih terbilang cukup mahal. Namun, apa daya angka tersebut merupakan nominal yang dipatok untuk pasar Eropa, khususnya Negeri Britania Inggris yang memang harga tersebut dinilai cukup terjangkau. Di sisi lain, terkait dengan kehadiran Yamaha YS 125 ini di Tanah Air, sampai saat ini masih belum diketahui apakah Yamaha Indonesia akan meluncurkannya di tanah Air atau tidak. Namun, yang jelas bahwa bagi teman-teman yang menginginkan motor street fighter buatan Yamaha ini, untuk sat ini baru bisa dilayani secara import dari Eropa dengan banderol harga Yamaha YS 125 sekitar 46 jutaan seperti yang sudah disebutkan di atas. Bagaimana kawan? Untuk kawan-kawan pecinta touring, motor ini sepertinya patut dipertimbangkan, pasalnya dengan harga yang terbilang terjangkau tersebut, kawan akan disuguhkan dengan fitur-fitur dan spesifikasi berstandar Eropa. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha YS 125. Semoga informasi tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bagi teman-teman semua. Jangan lupa baca juga mengenai Ducati Streetfighter 848 dan Ducati Monster 797.

Top